badge

Kamis, 28 Agustus 2014

Gadget dan Fitur, Antara Kebutuhan dan Kemauan

Varian Gadget

Jika bicara soal gadget dengan anak muda, biasanya mereka akan fasih membeberkan gadget apa yang sedang menjadi tren saat ini karena merekalah pangsa pasar utama bereedarnya gadget. Gadget diartikan sebagai perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Perbedaan gadget dengan perangkat elektronik lainnya seperti televisi atau radio adalah unsur kekinian yang disandang gadget. Biasanya gadget-gadget baru akan muncul membawa teknologi terbaru. 

Jenis gadget antara lain handphone, ipod, laptop, mp3 player, kamera, tablet dan lain-lain. Gadget yang kini familiar dan akrab dalam kehidupan sehari-hari adalah handphone yang kini lebih dikenal sebagai smartphone. Handphone dengan fitur cerdas layaknya sebuah komputer. Fitur-fitur yang dibenamkan dalam sebuah smartphone pun semakin  memudahkan para penggunanya melakukan aktivitas maya. 


Awalnya orang menggunakan handphone hanya sebatas memenuhi kebutuhan komunikasi seperti melakukan dan menerima panggilan juga mengirimkan pesan pendek. Namun, seiring perkembangan teknologi yang semakin cepat, kebutuhan komunikasi pun semakin meningkat. Orang banyak yang beralih menggunakan fitur yang lebih canggih. Layanan pesan pendek kini semakin ditinggalkan, beralih dengan whatsapp, bbm, line dan beragam fitur chat serupa. Handphone dengan tuts nyata berubah menjadi handphone layar sentuh. Hanya dengan mengusap layar, fitur di dalamnya akan muncul. 

Selain smartphone, gadget yang kini sedang diminati adalah tablet. Sebenarnya tablet pun memiliki fungsi dan fitur yang mirip dengan smartphone. Perbedaannya hanya pada ukuran. Jika smartphone memiliki ukuran layar 5 inchi, tablet memiliki layar 7 inchi. Selebihnya fitur yang ditawarkan tidak jauh berbeda.

Kini, banyak varian gadget yang memiliki teknologi up to date menghiasi pasaran tanah air. Selain tampilan yang stylish, fitur yang ditawarkan menjadi daya tarik bagi penggila gadget. Ada sebagian orang memilih gadget dengan fitur super canggih. Dan, sebagian lagi cukup dengan fitur seadanya tanpa mengurangi fungsi utama gadget itu sendiri.

Gadget dan fitur memang tidak bisa dipisahkan. Semakin terkini fitur yang dibawa si gadget maka semakin banyak orang yang mencarinya. Gadget yang memiliki banyak fitur memang digemari, tapi ini akan membuat penggunanya menjadi mengurangi aktivitas sosial mereka dengan lingkungan sekitar. Penggila gadget akan betah berjam-jam memainkan fitur dalam gadgetnya. Tertawa, sedih, marah dan kesal dilakukan sendiri saat berselancar di fitur unduhan itu. Secara tidak sadar, mereka perlahan menarik diri dari aktivitas nyata yang lebih mengasyikkan.

Menurut saya, fitur memang tidak semuanya minus. Banyak fitur edukasi yang ditawarkan bahkan fitur-fitur itu bisa didapatkan secara gratis. Tinggal kita yang memilah dan mimilih. Mana yang dibutuhkan dan mana yang tidak dibutuhkan. Terlalu banyak fitur yang masuk ke dalam gadget kita, akan semakin memperlambat kinerja benda elektronik itu. Jika gedget sudah lambat maka tidak asyik lagi, bukan?

Memilih fitur yang memang dibutuhkan adalah keharusan. Jangan sampai, fitur itu menjadi bumerang bagi kita sendiri. Menghabiskan waktu produktif untuk hal yang tidak produktif. Jika ada fitur yang memang tidak pernah digunakan, lebih baik di unistall saja. Ya, itu lebih baik untuk meringankan kerja gadget kita. Pilih dan unduh hanya fitur yang memang sangat dibutuhkan. 

Bijak menggunakan gadget dan fitur di dalamnya akan membuat kita lebih nyaman. Pilihlah gadget dan fitur yang memang dibutuhkan bukan karena kemauan menuruti tren pasar. Karena, tren akan terus berubah setiap waktu. Jika menuruti tren, sampai kapan kita akan berhenti? karena tren tidak akan pernah berhenti.








2 komentar:

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...