badge

Rabu, 15 Juli 2015

Ini 7 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik



Yang punya kampung halaman, pasti udah mudik ya. Atau ada yang mudiknya setelah shalat Ied? Nah.. sebelum mudik jangan lupa 7 hal yang harus dilakukan sebelum mudik. Apa aja? yuukk... simak.

1. Jangan menunjukkan bahwa rumah dalam keadaan kosong, misalnya gelap. Jika perlu pasang lampu yang bisa menyala otomatis. Jadi, tidak ada yang tahu kalau sebeneranya rumah kita kosong dan sedang ditinggal mudik.

2. Sebelum berangkat, pastikan semua jendela dan pintu terkunci dengan baik. Jangan menyimpan kunci cadangan di bawah keset atau pot bunga >___< karena ini sudah terlalu mainstream. Jika dirasa perlu menyimpan kunci cadangan dengan alasan khawatir kunci utamanya hilang, maka cari tempat yang tidak pernah terpikirkan orang lain, misalnya di dalam sepatu atau dikubur di tanah. 

3. Jangan meninggalkan barang berharga di dalam rumah. Simpan saja di bank dengan menyewa kotak penyimpanan. Atau, kita bisa menyiasatinya dengan menyimpan barang-barang berharga itu di tempat yang unik. Misalnya, simpan perhiasan di dapur (kotak bumbu, tempat bawang, tempat menyimpan beras). Pencuri tidak akan pernah berpikir kalau pemilik rumah menyimpan hartanya di tempat-tempat itu. Mindset mereka rata "perhiasan pasti ada di dalam lemari, di kamar". Siapa yang sangka kalau harta itu tersimpan di dapur.

4. Sebelum berangakat, matikan semua aliran listrik yang tidak diperlukan. Karena, khawatir akan memicu arus pendek yang bisa menyebabkan kebakaran. Tidak sedikit, kan rumah yang terbakar yang penyebabnya hubungan arus pendek. 

5. Untuk keamanan, tidak ada salahnya memasang CCTV di titik-titik tertentu. Seperti, halaman rumah, ruang tidur, dan ruang tamu. 

6. Pamit pada tetangga yang tidak mudik. Sekaligus memberikan info bahwa kita akan mudik dan meninggalkan rumah. Minta tolong pada tetangga untuk mengecek rumah kita selagi kita tinggal, tentunya dengan permohonan yang sopan. Jangan lupa belikan buah tangan untuk tetangga kita nanti, sebagai ucapan terima kasih.  

7. INI PENTING!! Tidak perlu  buat status di media sosial bahwa kita akan mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Karena, kita tidak akan pernah tahu lewat jalan apa musibah akan terjadi. 

Itu dia 7 hal yang harus dilakukan sebelum mudik. Semoga perjalanan mudik tahun ini bisa lancar, aman dan lancar. Kita juga tidak was-was ketika meninggalkan rumah. 

Selamat mudik, tetap jaga keselamatan diri dan keluarga. 

18 komentar:

  1. Habiskan makanan yg bisa basi jika ditinggalkan ^_^. Cuci piring kotor juga. *Nasib bapak-bapak tanpa ART

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah... pengalaman pribadi nih mas :)

      Hapus
  2. Nice tips, Mbak. Cm kalo maling/penjahatnya baca postingan ini, mrk bakalan berfikir utk mencari barang2 berharga di dapur dan tempat2 unik yg disebutkan pd artikel. Jadi kudu cari tpt unik lain drh ini.... Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. malingnya kekinian juga dong ya kalo sampe bisa baca postingan ini. Ngga mau kalah dia, pengen jadi blogger juga :)

      Hapus
  3. Tambahan :
    Jangan membawa yang tidak dibutuhkan, contohnya membawa kenangan bersama mantan. Sangat berbahaya😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. bhahahahah... mbak Ri bisa banget nih.

      Hapus
  4. Tambahan :
    Jangan membawa yang tidak dibutuhkan, contohnya membawa kenangan bersama mantan. Sangat berbahaya😁😁

    BalasHapus
  5. Jangan lupa bawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah ya, Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah... itu mah wajib kudu mesti Key :)

      Hapus
  6. Klo di komplek perumahanku, Alhamdulillah ada petugas ronda yg lbh waspada klo musim mudik. Hehe jd sedikit tenaaang... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, jadi lebih tenang ya mbak noe ninggalin rumah pas mudik.

      Hapus
  7. Weleh, disaat semua update status mudik, malah kurang bagus ya mbak?
    Selamat mudik mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. khawatirnya, orang yang ngga pengen jahat, pas baca status kita malah jadi jahat.

      Hapus
  8. Mungkin perlu jg dikasih plang "Rumah ini berhantu" agar tak seorangpun berani masuk. Sebab klo dikasih plang "Awas ada anjing galak" ketahuan rumahnya tak beranjing, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide bagus tuh mas.. bisa diterapin :)

      Hapus
  9. selamat mudik mbak, hati" di jalan ^^

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...