badge

Jumat, 07 Agustus 2015

7 Manfaat Minum Kopi Bagi Wanita



Anda yang berpendapat bahwa kopi adalah minuman yang tidak ada manfaatnya. Bahkan sebagian ada yang mengatakan bahwa kopi  malah akan membuat penyakit karena kandungan kafeinnya. Namun, tahukan anda bahwa kopi memiliki banyak manfaat, jika dikonsumsi dengan tepat dan benar. 

Bagi wanita penggemar kopi--termasuk saya--, kopi memiliki beberapa manfaat yang sayang jika dilewatkan. Berikut manfaatnya:

1. Menjaga Fungsi Hati

Minum kopi secara teratur dapat mengurangi resiko primary sclerosing cholangitis (PSC). PSC merupakan suatu autoimun langka yang bisa menyebabkan sirois hati, gagal hati bahkan kanker. 

2. Menurunkan Resiko Diabetes Tipe II

Mengkonsumsi kopi dengan porsi yang tepat setiap hari, akan membantu mengurangi resiko terkena diabetes tahap II. Walau demikian, memperhatikan takaran gula dalam kopi harus tetap diperhatikan. Minumlah kopi rendah gula atau tanpa gula.

3. Menurunkan Resiko Alzheimer 

Sebuah penelitian menunjukan bahwa seorang wanita yang rutin minum kopi, memiliki prosentase hampir 60% lebih rendah dari resiko Alzheimer. Karena, kopi diyakini dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative. 

4. Mencegah Kanker Kulit

Rutin minum kopi dengan porsi yang tepat dapat ternyata dapat mengurangi resiko kanker kulit. Wanita yang minum kopi satu-dua cangkir sehari, lebih kecil kemungkinan untuk terjangkit kanker kulit dibandingkan dengan wanita yang tidak minum kopi.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi kafein dengan porsi yang sesuai mampu mengurangi nafsu makan. Kafein juga dapat mengakibatkan tubuh memproses panas dan energi. Makanya, tidak heran kalau setelah minum kopi kit akan buang air kecil. Suplemen dan obat untuk mengurunkan berat badan pun biasanya mengandung kafein yang jika dikonsumsi harus sesui petunjuk dokter. 

6. Menghindari Stress

Aroma kopi diyakini memiliki peranan penting dalam mengurangi stress. Karena, memicu aktivitas gen yang mampu melindungi sel-sel saraf. Pada sebuah penelitian, wanita yang minum kopi minimal 2 cangkir kopi tiap hari akan mengurangi resiko bunuh diri. 

7. Melawan Depresi 

Pada sebuah penelitian, ditemukan adanya hubungan antara depresi dengan minum kopi. Terlebih bagi seorang wanita yang rentan terkena depresi akibat pekerjaan sehari-hari. Wanita yang minum kopi, dapat mengurangi 10 % depresi dari mereka yang tidak minum kopi. 

Itulah 7 manfaat minum kopi bagi wanita. Namun perlu juga diingat, mengkonsumsi kopi terlalu berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Jadi, minumlah maksimal 2 gelas saja perhari. Pilih kopi yang tidak terlalu pekat dan rendah gula. 

--smell cofee--

10 komentar:

  1. suka minum kopi tiap hari 1x

    BalasHapus
    Balasan
    1. *tosss* mba ratna. Saya pun cukup 1 cangkir aja sehari.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. ternyata banyak manfaatnya. Yuk, ngopi ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuukk... pake dolce gusto ya mbak ^__^

      Hapus
  3. Oh bisa menurunkan berat badan ya, baru tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuup.... sekarang udah tau kan ^__^

      Hapus
  4. Ternyata banyak manfaatnya, ya. Saya jarang minum kopi. Kalau minum maagnya langsung kambuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopiny jangan yang terlalu pekat mbak, bikin yang encer aja. Yuuk.. ngopi

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...