badge

Minggu, 30 Agustus 2015

Menikmati Kopi Di Gerai Baru Starbucks JI Expo

Gerai Baru Starbuck JI Expo (Photo by Rosid)

Hari ini, Sabtu (29/8) jadi hari yang menyenangkan bagi saya. Karena, saya dapat kesempatan untuk menghadiri ‘syukuran’ gerai baru dari Starbucks Indonesia. Tahu dong, Starbucks itu apa. Iya, coffee shop yang cozy dan selalu menyenangkan untuk dikunjungi.

Gerai baru Starbucks Indonesia ada di Kawasan Jakarta International Expo (JI Expo), tepatnya di Holiday Inn Kemayoran. Untuk bisa mencapai lokasi ini, kita bisa masuk lewat pintu 4. Suasana gerainya sangat sangat cozy dan nyaman. Berdinding kaca dengan interior yang mengambil tema ‘go green’, coffee shop ini jadi makin enak buat tempat nongkrong bareng teman.

Bersama dengan teman-teman blogger lainnya, kami diajak untuk mengenal lebih jauh soal Starbucks Indonesia dan produknya. Starbucks Indonesia berada di bawah bendera PT Sari Coffee Indonesia. Dan, PT Sari Coffee Indonesia merupakan kerjasama dari brand Starbucks Coffee International dan PT Mitra Adiperkasa. Hingga saat ini, jumlah gerai Starbucks Indonesia sudah mencapai  200 lebih. Jumlah yang terbilang sangat besar untuk ukuran coffee shop.

Tumbler Khas Starbucks


Starbucks memang perusahaan kopi berskala international yang berdiri sejak tahun 1971. Pastinya, kredibilitasnya tidak bisa diragukan lagi. Terbukti dari jumlah pegunjung yang selalu ramai di tiap gerainya. Siapa pun pasti betah kalau sudah ngopi di Starbucks.


Beralih pada konsep gerai barunya ini. Seperti gerai-gerai yang lainnya, Starbucks memang selalu menghadirkan sesuatu yang unik di tiap gerainya. Untuk gerai terbarunya ini, konsep yang diambil itu ‘go green’ dengan tema ‘woody’. Ada ornamen kayu seperti lampu gantung yang dipasang di gerai ini. Cantik dan sangat alami.  Untuk lantainya sendiri, Starbucks JI Expo ini menggunakan batu yang dibuat mirip dengan kayu. Awalnya, saya pikir lantainya terbuat dari kayu ternyata saya salah.


Ada yang menarik di sudut gerai ini. Sebuah lukisan handmade di dinding bergambar sebuah peta. Lukisan ini bukan sembarang lukisan, itu adalah The CoffeeBelt yang merupakan peta dari negara-negara tempat penghasil kopi. Ada Asia, Afrika dan Amerika. Dari negara-negara itulah kopi dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan Starbucks di seluruh dunia.

Belajar Soal Kopi

Immanuel S Souhoka yang akarb disapa Noel, menjadi narasumber kami buat belajar tentang kopi. Noel adalah Store Manager yang juga seorang barista. Sambil mencicipi suguhan kopi, Noel memberikan kami pengetahuan baru soal kopi. Bagi saya pecinta kopi, ilmu ini bermanfaat sekali. 


Noel mejelaskan tentang varian kopi yang ternyata ada tingkatannya. Kopi dengan tingkat roasting yang tinggi ternyata memiliki tingkat keasaman (acid) rendah. Sebaliknya, kopi dengan tingkat roasting rendah maka tingkat keasaamannya akan tinggi. Di Sturbucks sendiri, kopi dengan tingakat roasting yang rendah itu diberi merk Veranda. Dan untuk yang roasting tinggi diberi merk Italian Roast.




Saya sempat mencicipi biji kopi yang baru di roasting. Hmm.. pahit. Seorang teman saya malah bercerita, seorang pecinta kopi sejati itu akan memakan biji kopinya terlebih dahulu sebelum biji itu diolah. Baginya itu sudah biasa. Ah.. bagi saya, akan sangat nikmat jika minum kopi, bukan makan kopi.
Varian Kopi Dengan Tingkat Roast Rendah


High Roast

Noel menambahkan, bahwa kopi itu lebih baik jika diminum ketika panas. Jangan membiarkan kopi terlalu lama dan dingin. Karena, salah satu penyebab asam lambung naik adalah minum kopi yang sudah dingin. Nah, ini jadi ilmu baru juga bagi saya yang baru jadi coffee lovers. Oke, saya akan minum kopi ketika masih hangat dan harus segera menghabiskannya sebelum dingin.

Cappucino, As Always
Green Tea

Menu Lain Di Starbucks

Walau namanya coffee shop, bukan berarti Starbucks hanya menjual kopi saja. Bagi yang tidak minum kopi, Starbucks menyediakan teh dan coklat. Ada juga berbagai macam pilihan roti dan kue yang semuanya menggoda.

Cinnamon Rolls

Fruit Tartlet

Saat acara, saya dan teman-teman blogger disuguhi roti dan kue sebagai teman minum kopi. Ada Fruit Tartlet, pie dengan isian buah yang pasti sedap dan sehat tentunya. Ada juga Cinnamon Rolls dengan wangi khas kayu manisnya. Ini juga cocok jadi teman ngopi.

Beef Filone Sandwich

Selain itu ada burger yang merupakan makanan berat.  Cocok juga buat makan siang atau malam, karena burgernya diisi dengan daging ayam dan sayuran yang pasti bikin kenyang.

Tempat Hangout Super Cozy

Starbucks memang cocok banget dijadikan tempat hangout. Sekedar ngobrol menikmati sore bareng teman atau keluarga. Tentunya sambil menikmati sajian kopi khas Starbucks dan menu lain yang tidak kalah enak.

Dan, gerainya yang cozy membuat aktivitas ngopi makin nyaman. Beberapa jam ngobrolin kopi bareng Noel, juga ditemani Rhesya (Manager) yang super ramah. Rasanya, waktu jadi singkat dan berasa cepat.

Menutup pertemuan kami, Rhesya mengajak kami untuk berfoto di depan gerai. Terimakasih untuk beberapa jam yang diberikan Starbucks untuk saya dan teman-teman blogger. Kami bisa merasakan gerai barunya yang nyaman, kopi yang enak dan sajian lain yang sedap.




:: smeel and drink coffee ::

26 komentar:

  1. Ahahahahha Fruit Tartlet tohhh,,, aku kiranya Fruit Pie mba.. hahahhahahahha.. Itu biji kopinya pengen aku gigittt rasanyaaa.. Keras ga yaaa hahahaha... Sampai ketemu lagi yaaa mbaaa..

    ROOSVANSIA LOVE, LIFE, & MAKEUP JOURNAL | IM THE ONLY DAUGHTER

    BalasHapus
  2. Iya namanya Fruit Tartlet. Eh.. biji kopinya paiiitt. Tapi buat yang biasa, katanya sih enak ^__^

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Kunjungi Starbucks terdekat di kotamuuu >___<

      Hapus
  4. nice place...selalu jadi tempat kietiga yang z=cozy :)...saya sempet jadi barista jaman kuliah dulu di Melbourne. Jadi kangeeen bikin frappucino hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. mba indah pernah jadi barista, kereeen. Ngebayangin perempuan jadi barista, secara laki-laki jadi barista itu terlalu mainstream.

      Hapus
  5. Tempat ngopi paling utama ini mah.. Paling fav gw signature chocolate :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... rasa coklatnya pasti enak banget ya. Mau ahh nanti nyobain signature chocolatenya ^__^

      Hapus
  6. Urusan nongkrong ngopi-ngopi cantik, STARBUCKS selalu menjadi pilihan utama.

    Btw, kopinya keras nggak kalau digigit

    BalasHapus
    Balasan
    1. nice. Biji koipnya garing ko key, kaya makan pilus ekekeke ^__^

      Hapus
  7. fav ku kalo udh ke starbucks itu cuma green tea latte with 1 shot espresso ;) ama beef queche... udh mbak, itu aja..ga pgn yg lain2 ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... suka green tea latte ya, saya belum sempat nyobain itu. Boleh nih jadi rekomendasi pas mampir di sbux lagi.

      Hapus
  8. Ga ada istilah cofee time kayanya kalo di starbuck ya.. rame terus ngga siang ngga sore

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... rame aja. Pagi siang sore malam, gitu aja terus ^___^

      Hapus
  9. Thank youuu... tulisannya enak dibaca :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak Rhesya, makasih undangannya ^__^ nice to see you

      Hapus
  10. salam kenal, mbak Husna ato mbak Suci, ya....sepertinya harga harganya cukup lumayan ya,,,hehe

    BalasHapus
  11. Aku gak suka kopi, tapi menu lainnya di sturbuck aku sukaaa. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiiish, typo: starbuck gak pake "u" :p

      Hapus
    2. kalo coklat pasti suka ya kaaa ^___^

      Hapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...