badge

Selasa, 27 Oktober 2015

Blogger Camp, Berkumpul Dan Belajar Menciptakan Blog Yang Kredibel



Dunia blogging saat ini menjadi dunia yang paling dekat dengan keseharian saya. Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga yang monoton membuat saya terkadang merasa bosan. Maka, lewat menulis di blog lah saya memiliki dunia baru yang ternyata sangat menyenangkan. 

Satu tahun serius untuk menulis di blog membuat saya makin produktif mengahasilkan tulisan. KIni, dalam 1 bulan, minimal ada 10 tulisan yang saya posting.  Saya selalu berusaha untuk mengahadirkan tulisan-tulisan yang bermanfaat, terutama bagi para pengunjung blog saya. Saya masih menulis apa saja yang ingin saya tulis. Istilahnya saya masih belum bisa menciptakan niche pada blog. Tiap kali saya menemukan ide, saya berusaha mengeksekusinya menjadi sebuah tulisan. 

Dan, saya masih terus mengupgrade kemampuan saya dalam hal blogging. Saya akan selalu berusaha hadiri di setiap event blogger demi mengembangkan kemampuan blogging. Dan, ketika ada seorang teman yang menginformasikan bahwa akan ada sebuah event blogger besar, tentu saya tidak akan melewatkan kesempatan itu. Saya pun sabar menunggu sampai waktu registrasi dibuka. Dan. Alhamdulillah, kesempatan itu saya dapatkan. 

Belajar Menciptakan Kredibilitas Blog

Blogger Camp, merupakan event blogger besar pertama yang saya hadiri. Saya merasa sangat beruntung bisa bergabung bersama para blogger yang sudah banyak memiliki pengalaman di duna blogging. Sebut saja Ndorokakung, seorang blogger senior yang menjadi inspirasi bagi para blogger. Dan, masih banyak blogger-blogger senior yang hadir. Saya merasa inilah kesempatan saya untuk lebih profesional lagi dalam dunia blogging. Apalagi ketika saya tahu bahwa tema yang diangkat adalah "Membangun Kredibilitas Blog", tentu saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan besar ini. 

Mengambil lokasi di Camp Hulu Cai, Ciawi Bogor, saya bersama lebih dari 50 blogger Jabotabek hadir memeriahkan Blogger Camp. Acara ini memang disetting dengan sangat baik oleh para panitia. Kami membaur dan tidak tersekat antara blogger senior dan blogger newbe. Saya yang baru menggeluti dunia blogging ini  juga tidak merasa minder. 

Saya dan teman-teman blogger disuguhi oleh materi-materi yang sangat bermanfaat. Ketika malam hari, ada sharing session soal citizen journalism oleh kru Net Media. Ada Adrian Zakhary yang memberikan ilmu soal membuat video citizen journalism yang baik dan benar. Adrian mengatakan bahwa untuk membuat sebuah video yang menarik tidak harus menggunakan kamera video yang mahal. Cukup memanfaatkan gadget yang kita milki dan mengerti tekniknya. Yang perlu diperhatikan untuk membuat video yang baik adalah:
  • Widht. Perhatikan cakupan view dalam kamera ponsel kita. 
  • Landscape. Ini posisi yang benar. Posisi pengambilan gambar harus mendatar.
  • Close Up. Posisi memegang yang benar adalah dekat dengan dada. Ini untuk mencegah terjadinya getaran dan membuat gambar tetap stabil.
  • Paint Kanan Kiri. Ini posisi menggerakkan kamera ponsel. Gerakkan ke kanan dan ke kiri dengan perlahan. 
  • Till Up Down. Gerakkan ke atas dan ke bawah juga secara perlahan. 


Dari sharing session ini, akhirnya saya pun tahu bahwa tidak terlalu sulit untuk bisa membuat video. Net juga menyediakan aplikasi membuat video citizen journalism yang bisa diunduh secara gratis di google play. 

Selain Net Media, ada sharing session dari BlueBird dan Uteesme selaku sponsor yang mendukung Blogger Camp ini. 

Inti acara ada di pagi harinya. Saya bersama teman-teman blogger berkumpul di sebuah aula untuk menyimak materi utama. Sebelum masuk ke materi utama, ada sebuah video dari Indosat yang mengenalkan "Indosat Love" sebagai media community yang bisa dimanfaatkan bagi para blogger.


Masuk ke materi utama, ada Ndorokakung yang bertindak sebagai moderator. Narasumber lainnya ada Irwan Dewanto dan Iman Brotoseno. Serta hadir juga perwakilan dari Twitter, Maulana. 

Narasumber Dalam Sharing Session
Di sini kami sangat banyak mendapatkan ilmu bagaimana menciptakan kredibilitas pada sebuah blog. Para narasumber mengatakan bahwa tidak salah jika seorang blogger menulis segala hal. Namun, alangkah baiknya jika blogger memiliki ciri khas (niche) agar ia bisa fokus. Tidak salah juga menerima job-job review untuk ditulis di blognya masing-masing. Namun, penulisannya tetap disesuiakan dengan karakter blog masing-masing. Jangan sampai melenceng jauh dari yang ia kuasai. Karena, akibatnya kita sebagai blogger bisa dianggap tidak berkualitas. Ada beberapa point yang saya catat dari sharing ini, diantaranya:

  1. Menulislah dengan gaya bercerita. Walau dengan gaya bercerita, tetap gunakan bahasa yang baik dan benar.
  2. Berikan manfaat atau efek positif dari tulisan yang kita buat. Agar pembaca blog kita juga bisa mendapatkan manfaat.
  3. Lebih baik jika kita menciptakan branding bagi blog kita. Jika menguasai sebuah tema, maka dalami dan jadikan itu sebagai niche di blog kita.
  4. Selektif memilih job review. Pilih yang sesuai dengan niche blog dan gunakan angle yang tepat untuk membuat tulisan. 
  5. Blog yang berniche lebih baik karena akan membuat personal branding bagi kita sebagai blogger. 
  6. Kalaupun menulis apa saja (lifestyle), carilah sudut pandang (point of view) yang berbeda dan tidak melenceng jauh dari karakter kita. 

Dari sharing session ini, saya jadi banyak tahu seperti apa blog yang berkualitas itu. Di akhir acara dan merupakan acara puncak, pengumuman blogger award. Ada 7 kategori blog yang dipilih, diantaranya; parenting & family, food, travel, lifestyle, gadget & teknologi, fashion & beauty, dan social culture.

Para Pemenang Award yang Berhasil Diabadikan 

Alhamdulillah, ada blogger yang saya kenal mendapatkan award. Seperti Mbak Echa yang dapat The Best Family and Parenting Blog, ada juga Mbak Shinta yang meraih The Best Lifestyle's Blog. Saya ikut bahagia dengan pencapaian mereka. Karena, mereka jadi inspirasi saya juga dalam dunia blog.

Para Pemenang Menerima Award  (foto dari Tommy Prabowo)

Saya sangat-sangat beruntung bisa menjadi bagian dari kemeriahan Blogger Camp ini. Semoga tahun depan, acara serupa seperti ini bisa kembali diadakan. Dan, saya akan menjadi blogger yang pasti akan berpartisipasi di dalamnya.

Peserta Blogger Camp (foto dari Tommy Prabowo)

7 komentar:

  1. Wow, asyik banget ya, Mba acaranya. Aku juga biasanya suka ikutan acara2 keren begini. Tapi sayang, kali ini, terikat urusan pekerjaan sehingga ga bisa cuti. Hilang deh kesempatan emas ini. Beruntungnya dirimu, Mba. :) TFS.
    Salam,
    Al

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. acaranya seru. Ini juga pertama kali saya ikut blogger camp. Kemarin ketemu sama ncie hanie sm blogger bandung yang lain. Teh Alaika ngga keliatan. Semoga tahun depan bisa ikut ya teh ^___^

      Hapus
  2. aku sempet liat dokumentasinya di net mbak. Keren banget yaak, kapan ya aku bisa ikutan event kaya gitu XDDD

    BalasHapus
  3. seruuuuuu banget bisa ketemu mbak Suci lagi dan blogger hebat lainnya :)

    BalasHapus
  4. Waa serunya blogger camp, sayang belum bisa ikutan, mudah2an next time ada di Semarang biar ngga jauh2 hehehe

    BalasHapus
  5. Keren yaa acaranya..para suhu blogger kumpul semua..

    BalasHapus
  6. huaaaa seru banget ini mbak uci
    semoga next blogger camp bisa ikutan

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...