badge

Jumat, 18 Maret 2016

7 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan

manfaat cokelat bagi kesehatan


Siapa yang tidak suka cokelat? Kalaupun ada, jumlahnya pasti tidak sebanyak penyuka cokelat. Selain berbentuk batang, cokelat juga tidak kalah lezat jika disajikan dalam bentuk minuman. Bukan cuma anak-anak yang ngefans dengan cokelat, orang dewasa pun tidak mau kalah. 

Cokelat terbuat dari biji kakao, dikeringkan dan sebagian diferementasi dari pohon kakao (Thebroma Cacao). Cokelat pertama kali diperkirakan tumbuh di daerah Amazon Utara sampai ke Amerika Tengah. Tapi, menurut data UN Food & Agriculture Organization (FAO) tahun 2012, Inonesia adalah negara penghasil kakao terbesar ke-2 di dunia setelah Pantai Gading (Afrika).
Saya termasuk penggemar minuman cokelat. Disajikan hangat atau dingin sekalipun, minuman cokelat tetap lezat. Tapi, kalau lihat cuaca yang akhir-akhir ini lebih seirng hujan, sepertinya cokelat hangat enak sekali. Pagi ini pun saya sudah menikmati segelas cokelat hangat. Teman yang sangat pas untuk sarapan. 

Selain lezat dikonsumsi, cokelat punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Bukan cuma satu atau dua, tapi banyak sekali. Namun, pada postingan ini saya akan menulisakan 7 manfaat cokelat bagi kesehatan.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Mengkonsumsi 6,3 gram dark chocolate setiap hari selama 18 minggu dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Cokelat membantu menurunkan tekanan darah tanpa menyebabkan peningkatan berat badan. 

2. Meningkatkan Daya Ingat

Cokelat mengandung flavanol yang dapat membantu meningkatkan daya ingat dan meningkatkan fungsi kognitif otak dengan cara menjaga sel-sel neuron dari kerusakan. Dan, meningkatkan metabolisme struktur molekul otak yang bertanggung jawab terhadap daya ingat. 

3. Mencegah Penyakit Jantung

Cokelat mengandung bahan alami yang membantu sistem kardiovaskular agar berjalan lancar. Dark chocolate mampu mengurangi resiko serangan jantung sampai 50% jadi bukan sebuah masalah jika kita mengkonsumsi cokelat tiap hari. Cokelat dapat meningkatkan HDL (lemak baik) dan menurunkan LDL (lemak jahat)

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Mengkonsumsi cokelat bisa memperlancar aliran darah ke retina sehingga memperbaiki fungsi penglihatan kita dan meningkatkan kekuatan mata. 

5. Menurunkan Berat Badan 

Mengkonsusmi dark chocolate akan memberikan efek kenyang daripada cokelat putih. Tentu ini akan efektif dalam menurunkan nafsu makan sehingga bisa membantu mengurangi berat badan. 

6. Mengobati Diare

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan di Rumah Sakit Anak Oakland Research Institute menemukan bahwa flavonoid  di dalam kakao akan mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berpotensi menghentikan diare. 

7. Mengobati Rasa Lelah

Kelelahan yang kita alami bisa menyebabkan kesehatan kita terganggu. Kita bisa menderita sakit kepala, tubuh terasa nyeri dan masaalah kesehatan lainnya. Mengkonsumsi cokelat sebanyak 50 gram tiap hari bisa membantu kita dalam mengatasi kelelahan. Cokelat juga bisa membuat kita lebih rileks. 

Itu dia 7 manfaat cokelat bagi kesehatan. Nah, untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, kita bisa loh rutin minum coklat hangat. Misalnya saja dengan minum Up Hot Dark Chocholate dari CNI. karena, kandungan dan manfaatnya sangat baik kesehatan tubuh.


Up Hot Dark Chocolate dari CNI ini adalah minuman cokelat instan yang kaya manfaat. Terbuat dari perpaduan antara bubuk cokelat, gula, susu skim, krimer nabati. Yang membuat berbeda, di dalam Up Hot Dark Chocolate ini ada tambahan ekstrak ginsengnya. Ginseng terkenal sebagai herbal yang dapat meningkatkan stamina tubuh, sehingga kita akan merasa fit tiap hari. 

Jenis cokelat yang digunakan dalam Up Hot Dark Chocolate adalah jenis dark chocolate Red African Cocoa Powder. Jenis cokelat ini memiliki aroma yang harum, warna yang lebih pekat, dan rasa yang lebih lezat. Susu yang digunakan adalah susu rendah lemak sehingga rendah kalori. Tidak perlu takut gemuk, ya. 


Dengan mengkonsumsi Up Hot Dark Chocolate, kita juga berkontribusi dalam meningkatkan produksi kakao tanah air. Jadi, membantu menyejahterakan petani kakao juga, ya. Untuk mendapatkan satu cangkir cokelat ya lezat, satu sachet Up Hot Dark Chocolate cukup dilarutkan dengan 150 ml air panas/hangat saja. Secangkir cokelat panas/hangat siap menemani aktivitas kita. Apalagi jika dinikmati ketika hujan turun, tentu akan membuat tubuh terasa hangat. Menikamati secangkir cokelat hangat dapat memberikan mood yang baik, sehingga aktivitas yang sedang kita jalani bisa berjalan lancar. 

Untuk mendapatkan Up Hot Dark Chocolate, bisa kunjungi website Gerai CNI. Kita bisa membelinya secara online dengan mudah. 



www.geraicni.com
twitter @geraicni
Instagram @GERAI CNI
Facebook Gerai CNI

10 komentar:

  1. Hmm... baru taghu nih kalo cokleta juga bisa meningkatkan fungsi mata.. Kirain coklat cuma bikin jerawatan ya ternyata banyak manfaatnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada zat yang bisa melancarkan darah termasuk ke retina mata. Jadi bisa memperbaiki fungsi penglihatan kita.

      Hapus
  2. Aku suka ngemil cokelat Mba.. kata orang bikin badan jadi gemuk, tapi aku koq gak gemuk2 ya tetap aja langsing meski doyan makan ci=oklat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cokelat ga bisa bikin gemuk juga sih mba, terutama cokelat hitam.

      Hapus
  3. Suka dark cokelat tapi baru tau inii, ternyata manfaatnya lumayaaan banget yah mba. .ini langsung seduh aj yah, jadi pingin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini langsung seduh dan rasanya hmmm.. enak banget pokonya. Aku sampe irit-irit minumnya biar ga cepet habis hahahaha..

      Hapus
  4. Nah lho ... ternyata coklat bis amenurunkan berat badan :-0

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...