badge

Jumat, 15 Juli 2016

Cantik Dari Hati Itu Artinya Memahami



Cantik itu milik semua perempuan. Siapapun yang terlahir sebagai seorang perempuan, berhak mendapat predikat cantik. Cantik bukan cuma milik Dewi Sandra, Zaskia Sungkar, atau Tatjana Saphira. Bukan. Bukan hanya untuk mereka. Tapi untuk kita. Yang terlahir sebagai perempuan. 

Cantik itu artinya memahami. Memahami bahwa menjadi diri sendiri akan jauh lebih baik. Kita tidak perlu berusaha meniru atau menjadi orang lain. Cantik itu akan memancar dengan sendirinya. Jadi, memakai satu kilo bedak dan lipstik dengan ulasan yang sangat tebal, bukanlah hal yang akan membuat kita tampak cantik. 

Bukan sekali atau dua kali saya merasa iri dengan perempuan yang ditakdirkan sangat cantik. Kulit putih, wajah tanpa noda, mata indah, dan rambut hitam dan cantik. Saya sering sekali merasa minder dan rendah diri ketika harus berdekatan dengan mereka yang sangat cantik. Biasanya saya yang akan menjauhi mereka. 

Tapi, semakin dewasa saya pun menyadari bahwa apa yang mereka miliki bukan tolak ukur dari sebuah kata 'cantik'. Cantik adalah ketika mampu menerima apa yang memang telah ada di dalam diri kita. Tanpa harus berusaha menjadi orang lain. Cantik dapat terpancar dari sikap dan perbuatan. Itu yang akan membuat perempuan tampak cantik memesona. Sikap yang santun serta tutur kata yang baik akan jauh lebih menentramkan. 



Cantik itu artinya memahami. Memahami bahwa ada banyak karakter dan sifat manusia. Kita dikelilingi oleh banyak orang. Tidak semua dari mereka bisa membuat kita tersenyum dan bahagia. Kita akan didekatkan dengan banyak karakter manusia. Ketika salah satu diantara mereka membuat hati ikut sakit, maka pahamilah bahwa memaafkan akan membuat kita makin cantik. 

Cantik itu artinya memahami. Memahami bahwa ada ketentuan Allah yang tidak bisa diubah. Saat memutuskan untuk menikah muda, saya hanya berpikir bahwa mungkin inilah jalan yang Allah berikan. Saat itu saya minim ilmu rumah tangga dan bagaimana bisa saya mengurus rumah tangga. Belum lagi ketika nanti ada seorang, dua atau tiga anak. Bagaimana saya mengurus mereka, bagaimana saya mengurus rumah mereka, bagaimana saya bisa menjadi sahabat bagi anak-anak saya nantinya. 

Menemani Anak Tumbuh
Memutuskan untuk menikah muda, artinya saya harus siap meninggalkan semua. Harus siap meninggalkan pekerjaan demi anak-anak. Demi tiap hari mendengar ocehanya. Demi tumbuh dan berkembangnya mereka. Demi cerita-cerita yang akan mengalir tiap harinya. 

Salah satu hal terberat adalah ketika saya harus meninggalkan seorang teman. Lalu, saya menikah dan dia pun sendiri. Awalnya memang berat meninggalkan dia, sendirian. Tapi, karena saya sudah memilih, maka saya serahkan saja pada Allah. Semoga Allah terus menjaganya dalam kebaikan hingga nantinya ia menikah dan memiliki pasangan yang akan membuat rumahnya seperti surga. 

Cantik itu artinya memahami. Memahami bahwa kebaikan itu harus selalu diupayakan. Melakukan kebaikan bukan untuk dipandang oleh orang lain. Perempuan cantik itu selalu menjadi pioner dalam kebaikan. Sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan, maka balasan terindahnya adalah kebaikan lain yang akan hadir untuk kita. Mengambil dan memindahkan ranting dari tengah jalan, membantu seorang nenek menyebrang jalan, menolong anak kucing yang terperosok ke dalam selokan, atau merapikan mainan anak-anak yang terserak. 

Apapun kebaikan yang kita lakukan, lakukan dengan hati yang ikhlas. Karena, kebaikan yang dilakukan karena mengaharap ridho Allah, tentu akan berbuah manis. Tidak ada kebaikan yang sia-sia. Apapun itu. Maka, lakukanlah. Lagi dan lagi. 

Cantik itu artinya memahami. Memahami bahwa kita harus terbebas dari rasa dengki. Perasaan seperti itu tidak boleh ada pada diri perempuan cantik. Bebaskan diri kita dari semua perasaan buruk. Ada banyak hal yang bisa kerjakan, daripada sibuk memikirkan apa yang orang lain miliki. 

Sejatinya, iri dan dengki adalah bukan karena kita tidak memiliki apa yang orang lain miliki. Tapi karena kita tidak bersyukur dengan apa yang kita miliki. Daripada membuat hati lelah dan kotor karena iri, lebih baik kita mensyukuri apa yang sudah ada dalam diri kita. Karena, apa yang kini kita miliki adalah yang terbaik yang Allah berikan. 

Cantik dari hati itu artinya memahami. Memahami bahwa dengan menjadi diri sendiri, berupaya terus melakukan kebaikan, menerima apa yang sudah diberikan Allah, dan menjauhi dengki adalah cara agar kita bisa terlihat cantik. 




11 komentar:

  1. Keren, makin pinter aja gambarnya ya. Cantik emang harus dari hati yang saling memahami :)

    BalasHapus
  2. Letteringnya udah makin terlihat bakatnya. Hayukk keep practise! :)

    BalasHapus
  3. innert beauty ya mak.. kaya kamu :-)
    makin cantik apalagi sapuan kuasnya kian cakep juga, berbakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. ini masih belajar mba :)

      Hapus
  4. sekarang merambah dunia doodle ya ci, apa yang bisa bikin begitu mesti orangnya juga feminim ya, aku soale gak bisa gambar hehe, setuju cantik itu juga memahami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga juga sih ev, kalo bikin doodle cuma harus rajin latihan aja. Sama aja kaya belajar corel, photoshop, dll.

      Hapus
  5. Iya, aku paham bahwa aku cantik. *dikepret
    Seneng deh jalan-jalan ke postingan kayak gini, ada banyak sekali pengertian cantik dari berbagai versi. Tapi, aku sangat setuju dengan poin bahwa kecantikan terafiliasi dengan kebaikan. Jadi setiap perempuan bisa menjadi cantik dari luar dan dalam. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo inner beauty nya udah bagus, perempuan akan kelihatan lebih cantik :)

      Hapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...