badge

Jumat, 08 Juli 2016

Tips Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Sakit



Bahasannya agak berat sedikit nih. Bicara soal sakit, tentu kita ngga akan pernah tahu dong kapan sakit itu datang. Kalau waktunya harus sakit ya pasti ngga akan bisa kita tolak juga. Kadang, sakit itu juga sebagai peringatan kalau tubuh perlu istirahat.


Terkadang ketika sakit, kita baru sadar betapa nikmatnya sehat itu. Mungkin segala upaya akan kita lakukan supaya cepat sembuh dari sakit. Banyak aktivitas yang ngga bisa kita lakukan ketika sakit. Ada pekerjaan yang terlantar juga kalau tubuh sedang ngga bersahabat. Seperti seorang blogger yang sekarang ini sudah banyak dapat job nulis. Gimana mau ngerjain tulisan kalau hidung meler, kepala pusing, mual, sakit perut, badan sakit, dan lain-lain. Tentu jadinya ngga akan bisa fokus.

Makanya, menjaga kesehatan itu penting banget ya. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Dan, mungkin tips dari saya ini bisa membantu dan memberi inspirasi dalam menjaga kesehatan.

1.  Perhatikan Pola Makan 

Makan itu salah satu cara manusia agar bisa bertahan hidup. Tapi, bukan sekedar makan juga sih. Makanan yang kita konsumsi haruslah makanan dengan gizi seimbang. Maksudnya, antara karbohidrat, protein, vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ya harus seimbang. Misalnya, ngga boleh kebanyakan karbohidrat tapi kurang protein.

Buah juga sangat disarankan untuk rutin dikonsumsi. Kandungan serat dan vitamin dalam buah sangat baik untuk pencernaan. Kandungan air alami dalam buah juga bisa membuat kita tetap fresh dan ngga kering.

2. Olahraga

Ini sih yang kadang sengaja dilupakan. Padahal, walau cuma 15 menit dalam sehari namun jika rutin dilakukan, pasti efeknya sangat bagus buat tubuh. Joging ketika pagi di sekitar komplek rumah, jalan kaki ke minimarket, atau bersepeda ketika mengantar anak ke sekolah. Itu sudah sangat lumayan. Jadi, kalau ngga ada waktu untuk ke gym, kita bisa olahraga ringan sendiri di rumah. Sekarang kan sudah banyak tuh video-video senam di youtube. Tinggal search yang sesuai saja.

3. Kurangi Junk Food dan Makanan Instan

Kalau yang ini mungkin sudah banyak yang tahu juga ya. Mengkonsumsi makanan cepat saji atau instan terlalu banyak, sangat tidak baik untuk kesehatan. Bukannya tidak boleh sih, tapi ya jangan setiap hari juga. Mungkin satu bulan sekali sudah sangat cukup ya. Kandungan dari makanan instan tidak sama dengan makanan segar (yang kita olah sendiri). Memang ada sih vitamin dan kandungan nutrisi yang lain, tapi tidak sebanyak dan sebaik makanan fresh.

Makanan cepat saji selain ngga terlalu baik bagi kesehatan, tentu ngga baik juga buat kondisi dompet :) coba aja hitung-hitung berapa harga makanan di fast food resto dan bandingkan dengan harga bahan makanan yang kita bisa masak di rumah. Pasti kelihatan bedanya. Kalau kata temen saya mah #sayanguangnya :p

4. Minum Vitamin atau Suplemen

Bagi yang memiliki aktivitas yang sangat banyak, apalagi aktivitas diluar ruangan, akan sangat baik jika mengkonsumsi vitamin atau suplemen. Bisa cari yang terbuat dari bahan alami (herbal) jika alergi dengan obat-obatan kimia. Sekarang sudah banyak sekali yang menjual suplemen herbal yang aman dikonsumsi setiap hari.

Vitamin atau suplemen bisa membuat tubuh kita lebih fit dan segar. Kita juga bisa mendapatkan tambahan energi untuk melakukan pekerjaan rutin. Saya sendiri rutin minum suplemen agar badan ngga gampang capek dan lelah. Karena suplemen yang saya minum terbuat dari bahan herbal, saya pun ngga waswas minumnya.

Jika masih ragu apakah kita perlu minum suplemen atau tidak, bisa dikonsultasikan dulu dengan dokter ya. Biasanya sih kalau ada referensi dari dokter akan lebih tenang juga ya. Jadi, silakan tanya-tanya dulu dengan dokter.


5. Perbaiki Gaya Hidup 

Ngga bisa dipungkiri kalau gaya hidup saat ini makin modern saja. Orang banyak yang memilih hangout di kedai-kedai kopi, ngobrol ngalor ngidul, nyeruput kopi plus cemilan penuh gula dan coklat, bahkan ngga sedikit yang merokok.

Kalau buat sebagian blogger yang juga udah mulai padat jadwalnya, kadang masih sering abai juga sama kesehatan. Sering diundang ke sebuah acara dan ngga jarang acaranya itu sampai malam. Sampai dirumah udah larut banget, dan kadang masih harus menyelesaikan job dan berkutat dengan laptop hinga dini hari. Jika aktivitas seperti itu sering sekali dihadapi, maka jangan heran kalau kita nantinya bakal gampang ngdrop.

Yang tahu kondisi tubuh kita itu ya kita sendiri kan. Hanya kita yang bisa merasakan ketidakberesan yang dialami tubuh. Dan, kalau sudah sakit baru deh kita mau istirahat dengan wajar. Baru deh nyesel kalau sehat itu nikmat banget.

Gaya hidup modern seperti sekarang ini, kadang membuat kita lupa bahwa ada hal yang perlu dipersiapkan jika musibah seperti sakit datang tiba-tiba. Jika dituruti, biaya untuk 'gegayaan' mungkin akan menghabiskan gaji kita. Kadang kita lupa untuk menyimpan sedikit dana untuk biaya tak terduga. Lupa juga bahwa punya asuransi kesehatan itu penting. Padahal, asuransi kesehatan itu tidak melulu ribet dan mahal. Misalnya seperti Asuransi Jaga Diri Pasarpolis  yang bisa menjadi referensi.



Itu tips menjaga kesehatan yang mungkin bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Intinya, ketika sehat jangan terlalu dipush tenaganya. Jika sudah ada 'warning' dari tubuh, segera istirahat. Jangan tunggu sampai sakit baru mau istirahat dengan normal. Semoga kita selalu dilimpahi kesehatan ya. 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...