badge

Sabtu, 17 September 2016

Yuk, Buat Indonesia Bangga Dengan Pakai Produk Lokal



Siapa yang lebih bangga kalau pakai produk impor?
Prestise seperti apa sih yang didapat jika menggunakan produk luar negeri?

Kadang, suka terbesit pertanyaan seperti ini ketika saya melihat banyak orang -yang kebetulan banyak uangnya- dengan bangga menggunakan produk luar negeri. Ya, saya memang sama sekali tidak punya hak melarang mereka yang memiliki kecukupan dan mampu beli produk impor. Toh, saya pun bukan siapa-siapa mereka. Cuma ya, kadang suka bingung aja kenapa mereka tidak mau atau mungkin tidak tertarik sama sekali dengan produk lokal. Padahal kan, kalau soal kualitas, produk lokal juga tidak kalah. Tapi ya, cuma mereka saja sih yang tahu jawabannya. 


Kalau kita sempat, coba deh berkunjung ke Galeri UMKM atau lebih dikenal dengan SMESCO. Letakknya ada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Gedungnya unik jadi sangat mudah dikenali. Di SMESCO ini, kita bisa menemukan ratusan produk lokal yang bagus, unik, dan kualitasnya tidak kalah dengan produk impor. Mulai dari produk fashion hingga kuliner, bisa loh kita dapatkan di SMESCO.

Gedung SMESCO (sumber : ukmgallery.blogspot.com)
Selain SMESCO, banyak sekali UKM yang sudah memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk mereka. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan dengan mudah. Tinggal search saja mau cari apa, akan ada ratusan bahkan ribuan produk lokal yang menarik.

Produk Yang Bisa Temukan di SMESCO
Lalu, mengapa kita perlu memakai produk lokal? 

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa kita perlu membeli dan memakai produk lokal.

1. Tidak Kalah Bagus 

Iya, produk lokal tidak kalah bagus dari produk impor. Saat ini UKM tanah air sedang berlomba untuk menghasilkan produk yang bisa bersaing dengan produk impor yang sejenis. Sebut saja sepatu. UKM sepatu banyak kita jumpai di Bandung. Bahkan banyak brand-brand sepetu terkenal tanah air yang mempercayakan pembuatan sepatunya di Bandung. Diana Rikasari dengan brandnya "Up' mempercayakan proses produksi sepatunya pada pengerajin sepatu di Bandung. Dan, brandnya ini sendiri sudah dijual sampai Malaysia.

Brand 'Up' Dari Diana Riksari (sumber : website up)

Sedihnya, masih banyak dari kita yang masih meremehkan kualitas produk lokal. Padahal, produk kita ini sering sekali menjadi buruan para turis International ketika berkunjung ke Indonesia. Tidak sedikit dari mereka yang memuji hasil karya anak bangsa. Bahkan ada yang sampai menjualnya kembali di Negara asal mereka.

Pernah satu kali saya bertemu dengan seorang bapak saat saya melakukan perjalanan dari Jogjakarta menuju Bekasi. Bapak ini kebetulan duduk di samping saya. Saat itu ponselnya berdering, dan si bapak pun mulai berbincang dengan seseorang. Bapak itu berbincang menggunakan bahasa inggris. Karena suaranya yang cukup besar, saya pun bisa mendengar perbincangan mereka.

Saya pun mencoba menyapa si bapak dengan bahasa inggris. Iseng sih sebenarnya. Eh, si bapak malah senyum-senyum dan mengatakan kalau pakai bahasa indonesia saja. Dan, mengalirlah sebuah cerita. Bapak yang ramah ini adalah seorang pengusaha aksesoris di Jogja. Dan yang tadi menelponnya adalah konsumen tetapnya yang ada di Jerman. Woow banget kan. Tiap beberapa bulan sekali, ia mengirimkan produknya ke Jerman. Kalau tidak salah ingat, si bapak mengirimkan produknya mengguanakan kontainer.

Bapak yang saya ceritakan itu hanya satu dari ribuan pengusaha kreatif di Indonesia. Produknya lebih dikenal di luar negeri daripada di negara kita. Kenapa? Karena masih banyak dari kita yang belum bangga dengan produk lokal. Kita masih menganggap produk impor jauh lebih membanggakan jika dipakai daripada memakai produk anak bangsa. Padahal, produk lokal tidak kalah bagus dari produk luar.

2. Buat Bangga Indonesia

Jika kita pelan-pelan memilih dan memakai produk bangsa sendiri, itu akan berdampak pada kemajuan negeri kita sendiri. Para pelaku UMKM di Indonesia akan sejahtera dan makin banyak membuka peluang lapangan pekerjaan. Dengan begitu, pengangguran di negara kita pun akan berkurang. Taraf hidup rakyat akan meningkat dan tidak ada lagi yang kekurangan. Tidak ada lagi pengemis, tidak ada lagi anak putus sekolah karena tidak ada biaya, dan mengurangi tindak kejahatan yang dilakukan orang-orang yang butuh makan.

(baca Pengusaha Muda Yang Sukses Dengan Produknya )

Reza Nurhilman, Owner Maiicih (sumber:seputarmakan.com)
Kemajuan UMKM ada di tangan kita sebagai rakyat Indonesia. Karena, konsumen pertama yang disasar oleh para pelaku UMKM ya kita-kita ini. Mereka ingin menunjukan bahwa produk yang mereka buat bisa loh memenuhi kebutuhan kita. Kita tidak perlu jauh-jauh cari tas kalau di Cianjur itu banyak produsen tas yang keren-keren. Cari sepatu atau sekedar cari cemilan unik, bisa kita dapatkan dengan mudah di Bandung.

Lofty Rainidi, Orang di Balik Seblak Instan 

Yasa Singgih, Owner Men's Republic (sumber : jppn.com)

Para penggerak UKM atau wirausaha biasanya adalah para pemuda. Dengan ide kreatif yang bahkan tidak dipikirkan sebelumnya, mereka mencipatkan sesuatu yang inovatif. Mereka itulah yang menjadi harapan bangsa kita dalam hal perekonomian.

3. Kualitas Boleh Diadu 

Kalau ada yang lebih memilih untuk beli produk impor karena alasan kualitas, sepertinya harus coba lagi melihat produk lokal. Jika ada yang beli tas impor hanya karena kulitas, Indonesia punya banyak sekali brand dan UKM yang memproduksi tas dengan kualitas yang boleh diadu.

Nilou, salah satu brand lokal yang produknya sudah go international. Ownernya bernama Ni Luh Putu Aruh Pertami Djelantik. Produknya adalah tas, sepatu, dan sabuk handmade. Nilou sendiri sudah ada sejak tahun 2004 dan hingga kini produknya sudah sampai ke Eropa dan Amerika. Brand ini juga sudah mampu bersaing di pasar Paris yang terkenal sebagai pusat mode. Bahkan tiap bulannya, Nilou mampu mengirimkan beribu-ribu pasang sepatu untuk memenuhi permintaan pasar di Paris. Luar biasa bukan.

Nilou, Brand Lokal Yang Sudah Go International (sumber dari sini
Jadi kalau masih ada yang meragukan kulitas produk lokal, maka itu salah besar. Produk anak bangsa tidak pernah kalah saing dengan produk impor. Buktinya, produk lokal mampu menembus pasar internasional yang tidak mudah ditembus.

4. Ikut Memajukan UKM Tanah Air 

Ya, kalau semakin banyak yang menggunakan produk lokal artinya UKM dan wirausaha yang ada di Indonesia tentu akan makin maju. Produk mereka banyak dicari dan dipakai, otomatis permintaan pasar pun meningkat. Dengan begitu, mereka akan makin produktif demi memenuhi permintaan pasar. Bangga karena permintaannya datang dari masyarakat Indonesia.

Saat ini UKM kita banyak yang sedang berjuang dalam mengembangkan bisnisnya. Mencari cara agar produk yang dihasilkan bisa menjangkau seluruh Indonesia bahkan dunia. Tidak sedikit sih yang sudah memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk mereka. Itu semua untuk mengikuti perkembangan dan kemauan pasar.

(baca Memanfaatkan Digitial Marketing

Masyarakat kita saat ini kan sudah go mobile. Jadi ya apa-apa mau yang serba mobile, simpel, dan cepat. Termasuk saya :). Memanfaatkan sosial media demi mencari barang yang dibutuhkan. Jadi, cara pelaku bisnis tanah air dengan memanfaatkan sosial media untuk jualan adalah langkah yang sangat tepat. Dengan begitu, produk mereka makin banyak dikenal dan memiliki jangkauan yang lebih luas.

Produk UKM Yang Dijual Online di MatahariMall.Com 

Kita tinggal buka e-commerce yang sudah banyak bermunculan saat ini. Misalnya saja MatahariMall.Com. Disana bisa kita temukan banyak sekali produk-produk lokal yang kita butuhkan mulai dari pakaian, tas, sepatu, hingga cemilan atau bumbu masak sekalipun. Semuanya bisa kita dapatkan dengan mudah.

JOA (Jualan Online Aja) MatahariMall.Com 

Salah satu e-commerce yang memberdayakan dan mendukung UKM di tanah air adalah MatahariMall.Com. Situs belanja online ini ternyata punya kepedulian terhadap perkembangan UKM. Ini dibuktikan dengan program JOA (Jual Online Aja). Dalam program ini, MatahariMall.Com memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi UKM untuk maju.

MatahariMall.Com E-Commerce Yang Mendukung dan Memfailitasi UKM Untuk Go Mobile 
JOA memberikan edukasi tentang apa saja yang dibutuhkan dalam berbisnis online kepada para pelaku UKM. Dan, memberi fasilitas untuk memasarkan produk yang dihasilkan. Dengan begitu, UKM yang ada di Indonesia bisa mengembangkan bisnisnya.

Yang uniknya, JOA punya program TeMMan Super. Apalagi ya ini? TeMMan Super ini adalah program dimana para pelaku UKM ini saling berlomba dalam menjual barangnya. Ya, seperti banyak-banyakan penjualan produk gitu.

Sejak tahun 2015 lalu, MatahariMall.Com melakukan roadshow dan dalam roadshow itu, MatahariMall.Com memilih dua seller terbaik yang menjadi TeMMan Super yang mendapatkan privilege untuk mengembangkan bisnisnya. Untuk tahun lalu, roadshow telah diadakan di 4 kota yaitu Jakarta, Bandung, Bali, dan Yogyakarta.

Dan, untuk tahun ini roadshow sudah diadakan di Tangerang, Medan, Samarinda, Makassar, Surabaya, Solo, Garut, Lampung, Jakarta, dan Bekasi. Dan masih banyak kota yang nantinya pun akan menjadi sasaran roadshow.

JOA menjadi solusi bagi para UKM tanah air yang bersemangat mengembangkan produknya. Karena, dengan bergabung bersama JOA MatahariMall.Com, para pelaku UKM memiliki kesempatan yang sangat besar agar produknya lebih dikenal lebih luas lagi.

Affiliate Aja!

Ini merupakan program dari MatahariMall.Com yang ditujukan untuk para blogger. Trus apa hubungannya dengan produk lokal? Jadi gini, dengan mengikuti program affiliate dari MatahariMall.Com, blogger bisa ikut membantu UKM dalam memasarkan produknya. Dan, blogger akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang terjadi. Gambarannya seperti dibawah ini ya.


Selain membantu UKM dalam memasarkan produknya. Berikut ini adalah alasan kenapa kita perlu ikut program affiliate dari MatahariMall.Com.


Jadi, jika blogger ingin memiliki penghasilan dari blognya, cara ini bisa loh dilakukan. Komisi dari penjualan yang terjadi memang berbeda-beda. Kelihatannya sih kecil tapi jika dalam satu bulan terjadi pembelian lewat banner yang dipasang di blog, tentu jumlahnya akan menjadi besar, kan.

Besaran Komisi Yang Bisa Didapatkan Dari Program Affiliate MatahariMall.Com 

----

Buat saya pribadi, produk lokal akan memberikan kecintaan lebih pada Indonesia. Produk yang dibuat oleh anak bangsa pasti dibuat dengan penuh cinta. Ide kreatif yang mereka hasilkan adalah demi memajukan negeri ini.

Kalau masyarakat Indonesia sendiri sudah tidak peduli lagi dengan produk lokal, maka jangan menyesal kalau produk lokal itu malah dipasarkan di luar negeri. Apalagi jika produk itu malah booming dan menjadi produk yang paling diminati. Hmm.. menyesal banget pasti.

Dan, cara kita membuktikan cinta pada Indonesia, salah satunya dengan bangga menggunakan produk lokal. Produk yang dibuat anak bangsa untuk bisa dinikmati oleh bangsanya sendiri. Buat #IndonesiaBangga dengan mendorong kemajuan UKM dan produk lokal. Kita tidak akan pernah terlihat kampungan ko dengan pakai barang-barang lokal. Kita tidak akan pernah kehilangan prestise jika memakai sepatu, tas, atau baju yang dibuat di negara sendiri.




14 komentar:

  1. Udah nyobain produk2 di atas dan bangga dengan produk lokal tentunya ;)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang lain :)

      Hapus
  3. Orang Indonesia semakin berkembang jika orang Indonesia itu sendiri yang mengembangkannya. Btw, tulisannya keren banget. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya.. negara kita akan maju kalau bangsanya sendiri mau berusaha. Makasih fery :)

      Hapus
  4. Boleh juga nih programnya mataharimall.com membantu UKM dalam pemasaran produknya..

    BalasHapus
  5. makanya UKM harus dikembangkan ya, semau hal dipermudah daari perijinan dan pemodalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuul banget. Semoga birokrasi di negara kita ngga makin rumit. Para UKM yang butuh perizinan ya dimudahkan :)

      Hapus
  6. Stephani Pechler23 September 2016 10.35

    Hi mbak Uchi hehehe
    kece nih :D :D
    Aku bangga

    BalasHapus
  7. produk UKM emang udah bagus2 sekarang :) ga kalah banget :)

    BalasHapus
  8. Selamat ya mbak jadi pemenang blog kontes <a href="https://pencaricerah.com/cinta-produk-lokal/>Cinta Produk Lokal</a> dari MatahariMall.com. Pantesan menang tulisanya lebih bagus dari tulisan saya

    BalasHapus
  9. Selamat ya, Uci.
    Senangnyaaa...

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...