badge

Selasa, 20 September 2016

Supaya Alas Kaki Awet, Perhatikan Dulu Rak Sepatunya


(sumber gambar : desaincantik.com)

Hampir semua rumah itu pasti ada rak sepatu yang digunakan untuk merapikan semua alas kaki seluruh anggota keluarga. Rak yang dibuat khusus untuk meletakan sepatu dan sandal ini memang sangat fungsional bahkan berperan vital. Menurut saya, kalau rumah yang ngga punya rak tentu akan membuat alas kaki kaya ngga punya rumah. Terusnya jadi berantakan gitu deh. Jadi, supaya mereka ((mereka)) tertata dengan rapi, ya perlu pakai rak. Rak sepatu  juga akan membuat alas kaki yang kkita punya jadi lebih terawat karena tersimpan dengan baik.  

Keuntungan menggunakan rak untuk tempat menyimpan alas kaki adalah rumah itu jadi kelihatan rapih dan bersih. Karena, semua alas kaki ngga berserakan dimana-mana. Tapi, supaya terlihat lebih rapi, penempatna rak juga perlu diperhatikan. Kita ngga bisa juga meletakkannya di sudut secara sembarangan sebab akan merusak pemandangan dan jadinya agak ribet untuk menjangkau alas kaki yang mau dikenakan. Jadi, penting banget kan memilih sudut yang tepat untuk meletakan rak sepatu. 

Ada beberapa poin nih yang perlu diperhatikan dalam menempatkan rak sepatu, diantaranya: 

1. Lokasi yang mudah untuk dijangkau

Ada kalanya kita harus buru-buru  untuk segera menyelesaikan urusan di luar rumah sehingga perlu segera mengenakan alas kaki yang tepat. Entah untuk kebutuhan berangkat sekolah, bekerja, bahkan buat ngejar penjual mamang tukang sayur. Kan, perlu tuh pakai alas kaki dengan cepat. 

Supaya alas kaki yang dimaksud bisa segera ditemukan, pastikan memilih sudut ruangan yang memang mudah untuk dijangkau. Secara umum, kita bisa menempatkan rak sepatu pada jalur yang sering kita lewatin, dekat pintu atau di teras. Jadi, setelah rapi mengenakan semua baju dan perlengkapan untuk aktivitas harian bisa langsung pakai sepatu. Bisa langsung barangkat tanpa perlu ngotorin lantai rumah. 

2. Pastikan cukup cahaya

Bagi sebagian orang, untuk menempatkan rak sepatu itu lebih memilih ruangan yang minim cahaya. Alasannya, supaya rak sepatu itu ngga mudah terlihat tamu yang berkunjung. Padahal menempatkan rak khusus alas kaki di tempat yang gelap akan memengaruhi kualitas sepatu dan sandal. Ruangan yang gelap memungkinkan sepatu dan alas kaki lain malah digunakan sebagai sarang hewan. Kaya misalnya kecoa, semut, atau tikus. Hii, ngeri juga. Jadi, sangat dianjurkan untuk ditempatkan pada ruangan yang punya cukup cahaya sehingga aman dan mudah dibersihkan juga. 

3. Ruangan yang ventilasinya cukup

Kita ngga hanya meletakan alas kaki di raknya saat kondisinya bersih. Tapi, alas kaki yang sudah digunakan seharian pun akan diletakan disana. Itulah sebabnya kenapa kita perlu memilih sudut ruangan yang memiliki ventilasi cukup supaya ngga lembab. Udara yang ngga bisa mengalir dengan baik akan membuat aroma sepatu, alas kaki yang lain serta seluruh ruangan menjadi kurang sedap. Aroma dari sepatu yang tertutup bercampur keringat tentu kan kurang enak dihirup. Maka, pilih sudut ruangan yang aliran udaranya lancar atau dekat dengan pintu maupun jendela.

4. Tertutup dan terlindung dari hujan

Banyak dari kita yang menempatkan rak sepatu itu di teras rumah. Namun, usahakan raknya itu ngga terkena cipratan air hujan. Karena air hujan yang merembes ke sepatu akan membuat sepatu dan alas kaki yang lain lembab, basah, dan tentunya beraroma kurang sedap. Pilih sudut rumah yang memang aman dari hujan, sehingga meskipun ditempatkan di teras rumah tetap tertutup dan bebas dari air hujan. 

Penempatan rak sepatu yang tepat tentu akan membuat semua alas kaki seluruh anggota keluarga jadi lebih awet. Jadi, kan kalau sepatu awet ngga perlu sering-sering beli sepatu ya kan. Sepatu, sandal juga jadi lebih rapih kalau punya rumah sendiri. 



3 komentar:

  1. Permasalahan sama rak sepatu aku cepet banget berdebu! Sebel deh, harus punya rak sepatu yang tertutup tapi kalau tertutup juga jadi lembab... Serba salaaah huhuhuhu, bener banget tuh harus cukup ventilasi udara biar ngga lembab

    BalasHapus
  2. Ternyata rak sepatu juga butuh cahaya, ini mungkin biar ngak lembab dan jamuran kali yeee

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...