badge

Sabtu, 15 Oktober 2016

Lakukan 7 Cara Ini Supaya Ibu Tetap Sehat Untuk Nikmati Precious Moment



Ibu ngga boleh sakit. 
Ibu harus kuat
Ibu harus sehat 
bla..bla..bla... 

Statement seperti itu kadang benar, kadang juga salah. Ibu harus bisa menjaga kesehatannya supaya bisa tetap prima mengurus anak dan suami. Tapi di sisi lain, ngga bisa dihindari juga kalau sakit ternyata harus datang dan menghampiri ibu. Mau gimana lagi kalau memang sudah waktunya sakit. Kan kita sebagai ibu pun ngga mau juga sakit. 



Menurut Wikipedia sakit adalah persepsi seseorang yang merasa bahwa kesehatannya terganggu. Biasanya disebabkan oleh suatu penyakit. Dan penyakit bisa diartikan sebagai proses fisik dan patofisiologis yang sedang berlangsung dan dapat menyebabkan keadaan tubuh dan pikiran menjadi abnormal. 

Kita memang ngga pernah tahu kapan sakit itu akan datang. Kalau boleh pilih, ya maunya sehat terus dong. Karena sebagai ibu, banyak bergantung pada kita. Kalau tiap pagi rumah selalu ramai dengan suara ibu yang bangunin anak-anaknya, saat ibu sakit tiba-tiba jadi  sepi. Kalau tiap pagi bau masakan dari dapur selalu jadi pengharum ruangan, jika ibu sakit tiba-tiba hambar. Kalau tiap pagi ada yang sibuk siapin sarapan demi mengisi perut-perut yang akan beraktivitas, tiba-tiba meja makan kosong. Sepi. 

Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit memang ngga sulit tapi ngga bisa dibilang mudah juga. Pola makan dan gaya hidup menjadi penentu kesehatan kita. Mungkin bagi ibu yang fisiknya kuat, kalau cuma pilek batuk aja sih masih bisa mengerjakan pekerjaan rumah. Tapi bagaimana dengan ibu yang kondisi tubuhnya lemah, tentu ibu harus banyak istirahat. 

Drama Sakit Gigi

Menurut mamah, dari keempat anaknya, hanya saya yang memiliki daya tahan tubuh lebih baik. Jarang sekali sakit apalagi berurusan sama dokter. Walau badan saya susah gemuk, tapi mamah bilang saya sehat-sehat aja. Dan itu tetap terjadi sampai saya menikah dan sekarang punya 3 anak. Saya sangat jarang sekali sakit. Sejak menikah hingga saat ini, bisa dihitung dengan jari berapa kali saya sakit. 

Tapi, sudah hampir 2 bulan ini saya sakit gigi. Sampai awal bulan lalu, saat ngajak anak dan suami traveling ke Singapura dan Malaysia, saya pun lagi sakit gigi. Jadi, selama ini sering badmood karena nahan sakit gigi.

Walau cuma sakit gigi, ternyata berpengaruh banget ke aktivitas sehari-hari saya di rumah. Pekerjaan rumah jadi ngga keurus dan jadinya berantakan banget. Efek sakit gigi, kepala pun ikutan sakit karena memang sarafnya kan nyambung ke kepala ya. Saya jadi lebih banyak tiduran untuk meredakan sakit. Sempat minum obat pereda nyeri, tapi karena takut efeknya, jadi ngga diminum lagi. 

Menyelesaikan Kerjaan
Kalau ada yang pernah bagaimana rasanya sakit gigi, pasti ngerti deh kenapa sakit gigi itu bisa mengacaukan mood. Rasanya sebel banget kalau ada yang berisik dan benar-benar bikin mati gaya. 

Tiba-tiba Sakit Gigi :( 
Sakit gigi yang saya alami ko seperti dirapel gitu. Terakhir kali saya sakit gigi itu ketika SMA. Setelah belasan tahun, akhirnya ngerasain sakit gigi lagi. Ngga tangggung-tanggung hampir 2 bulan ini sakit gigi ngga kunjung sembuh. Kadang sakitnya reda sebentar, tapi ngga lama ya balik lagi. 

Karena sakit gigi inilah, ngeblog pun jadi terganggu. Termasuk job dari klien yang pasti ada deadlinenya. Bagaimana mau nulis, kalau gigi, gusi, dan kepala nyut-nyutan. Tapi karena tanggungjawab, walau lagi sakit tetap aja tugas mesti dikerjain. Saat sakit inginnya sih istirahat biar cepat pulih, tapi di sisi lain ada kerjaan yang kalau ngga dikerjain malah jadi numpuk. 

Untuk meredakan sakit dan mengembalikan mood, saya mencoba untuk bekam. Mengeluarkan darah kotor yang menyebabkan sakit di seluruh badan, termasuk di titik sakit gigi. Alhamdulillah setelah bekam, nyeri gigi berkurang. Setidaknya saya bisa beraktivitas kembali dan mengerjakan tugas-tugas saya sebagai seorang ibu dan blogger. 

7 Cara Agar Ibu Tetap Sehat

Itu drama saya saat saya sakit gigi. Memang jadinya ngga produktif karena sakit itu tadi. Tapi sebagai ibu, walau dalam kondisi sakit, tetap aja harus bisa ngurus anak. Saat saya sakit, Alhamdulillah suami mau bantu handle anak-anak. Jadi, saya bisa istirahat untuk meredakan nyeri. 

Sebagai ibu, memang harus sebisa mungkin jaga kesehatan. Bukannya ngga boleh sakit sama sekali, karena kan kita ngga tau juga kapan sakit itu datang. Tapi jika kita melakukan tindakan preventif, kita pun bisa meminimalisir penyakit yang datang. Untuk ibu, lakukan 7 cara ini supaya tetap sehat. Dengan begitu, kita bisa menikmati momen-momen berharga bersama anak-anak dan suami. 

1. Jangan Marah 

Tahu ngga ketika kita kita marah dan berbicara sambil tarik urat, itu akan membuat kita mudah terserang penyakit. Biasanya kepala akan mudah sakit. Kenapa begitu? karena, ketika kita marah, otak dan otot menjadi tegang. Marah juga mengaktifkan hormon stress sehingga banyak organ dalam tubuh yang bekerja lebih cepat dari normal. Akibatnya, tekanan darah bisa naik, kulit bisa mudah keriput dan jadinya tua sebelum waktunya -____-  

Don't be Angry :)


Penyakit yang bisa datang kalau kita sering banget marah, diantaranya; sakit kepala, masalah pencernaan, insomnia, tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, serta gelisah dan  depresi, Intinya, kalau kita mau sehat, jauh-jauh dari yang namanya ngomel dan marah-marah ya bu. Kalau lihat rumah berantakan macam kapal kalah perang, dinikmati saja. Karena itu tandanya anak-anak kita sehat. Bukankah satu kebahagiaan kalau lihat anak-anak sehat?

2. Kunjungi Teman atau Kerabat

Mengunjungi / silaturahmi ke rumah teman atau kerabat bisa membuat pikiran lebih rileks loh. Apalagi buat ibu-ibu yang setiap harinya bergelut dengan anak, cucian, gosokan, dan urusan dapur. Ada saatnya ibu melemaskan otot dan pikiran dengan bertemu teman atau kerabat. Saat bertemu, pasti akan ada cerita yang mengalir. Bertukar pikiran, saling sharing hal-hal yang menyenangkan, atau melakukan aktivitas seperti masak bareng. 
Jika sedang penat dengan segala urusan rumah, kita bisa sharing untuk setidaknya mengurangi beban pikiran. Jika ada teman berbagi, pikiran pun jadi lebih ringan. 

3. Temani Anak Main 

Cara lain agar tetap sehat adalah dengan sering-sering menemani anak bermain. Kenapa? Iya karena ketika kita bermain dengan anak, maka kita akan lebih rileks. Masuk ke dunia anak-anak itu sangat menyenangkan loh. 


Menemani Una Main 
Cara ini sering sekali saya lakukan karena memang terbukti menghilangkan stress. Saya sering bermain peran sama Una. Dia jadi dokter, saya jadi pasiennya. Terserah deh dia mau ngapain saya, saya pasrah aja. Una pakai headset sebagai stetoskop terus pulpen dia jadiin suntikan. Lalu, saya pura-pura mengeluh sakit. 

"bu dokter, saya sakit gigi" sambil pura-pura nangis kesakitan
"hmm..... makanya jangan makan permen sama coklat ya. Kalau mau bobo, sikat gigi dulu. Coba buku mulutnya" dan dia mulai memeriksa gigi saya -____-

Selain bisa menghilangkan stress, bermain sama anak juga kan bisa membuat bonding kita dan anak jadi lebih kuat. Otot dan otak kita pun akan jauh lebih rileks. Kalau kita rileks, kinerja organ tubuh kita pun bisa bekerja dengan baik dan normal. 

4. Bersyukur

Ini yang kadang luput kita lakukan. Saat lagi tertimpa musibah baru deh ingat kalau ternyata kurang sekali syukurnya. Saat dapat rezeki, lupa kalau kita harus mengucapkan terima kasih kepada yang memberikan rezeki. 

Sekecil apapun yang kita dapat, jangan lupa untuk bersyukur. Ketika kita bersyukur dari apa yang didapat, itu akan membuat kita lebih tenang. Ada efek psikologis yang akan membuat diri kita lebih bahagia. Kalau kita bahagia, kita akan jauh lebih sehat. 

5. Hilangkan Iri Dengki 

Ini masih berhubungan dengan poin 4. Harusnya kan kita bersyukur dengan apa yang sudah kita dapatkan. Bukan malah sibuk mikirin apa yang ngga kita dapatkan. Misalnya aja nih, saat kita dapat hadiah yang lebih kecil dari apa yang didapat teman kita. 


(sumber gambar :www.michelarosati.it)
Iri pada sesuatu yang ngga kita dapatkan itu bisa membuat kita sakit loh. Ngga percaya? Perasaan kita jadi ngga tenang, karena terlalu mikirin apa yang didapat teman kita. Gelisah, karena terus aja mikirin soal hadiah itu. Mood jadi kacau karena masih kesal karena kita ngga dapatkan apa yang kita inginkan. Akibatnya jadi marah-marah, dan marah itulah yang akan berkontribusi mengganggu kesehatan kita. 

Jadi kalau mau hidup lebih sehat, hilangin deh iri dengan teman atau orang lain yang menurut kita lebih beruntung. Karena semakin kita iri, kita kan mudah terserang penyakit seperti sakit kepala, gangguan pencernaan, hingga darah tinggi. 

6. Perbaiki Gaya Hidup 

Gaya hidup ini menjadi poin dan penting dalam menjaga kesehatan kita. Menjaga pola makan dengan tetap makan makanan dengan gizi yang seimbang. Seimbang antara makan sayur, lauk hewani dan nabati, serta karbohidrat. 

Bagi yang terbiasa begadang, sedikit-sedikit bisa dikurangi karena efeknya tidak baik bagi kesehatan. Saat malam tubuh kita perlu istirahat supaya organ tubuh kita bisa melakukan tugasnya tanpa terganggu. Sama seperti seorang pekerja, organ tubuh pun punya jam kerja dimana pada jam kerjanya itulah organ bekerja dengan aktif. Berdasarkan ilmu kesehatan Tiongkok, berikut jam kerja organ tubuh kita;

  • 05.00 - 07.00 > Usus Besar 
  • 07.00 - 09.00 > Lambung 
  • 09.00 - 11.00 > Limpa 
  • 11.00 - 13.00 > Jantung 
  • 13.00 - 15.00 > Usus Kecil 
  • 15.00 - 17.00 > Kandung Kemih 
  • 17.00 - 19.00 > Ginjal 
  • 19.00 - 21.00 > Selaput Jantung 
  • 23.00 - 03.00 > Hati 
  • 03.00 - 05.00 > Paru-paru 
Dari jam kerja diatas, kita bisa lihat siapa yang bekerja kalau kita begadang dan tidak tidur semalaman. Yaa, mulai dari selaput jantung, hati dan paru-paru akan bekerja ekstra kalau kita ngga istirahat. Hati akan bekerja pada jam kerjanya untuk membuang racun hasil metabolisme tubuh. Hati juga akan melakukan regenerasi sel-sel organ hati, makanya pada jam kerjanya hati, kita diwajibkan untuk berhenti melakukan aktivitas. 

Kalau kita memaksakan untuk tetap melakukan aktivitas di malam hari -yang harusnya kita istirahat- maka jangan heran kalau kita bakal mudah terserang penyakit. Apalagi jika begadangnya ditambah dengan merokok dan minum kopi, ya makin parah aja. Tidak tidur saat malam hari aja ngga boleh, apalagi ditambah dengan roko dan kopi. Kanker hati, salah satu penyakit yang bisa menyerang orang-orang yang hobi begadang. Ngerii ya. 


Dari jadwal kerja organ tubuh yang saya tulis diatas, kita jadi punya panduan untuk membantu kinerja mereka. Dengan begitu, kerja mereka jadi ngga terlalu berat. Efeknya kita bisa sehat dan bisa menjalani aktivitas tanpa keluhan. 

7. Suplai Tubuh Dengan Multivitamin 

Kalau sehat ngga perlu minum multivitamin kan? Ya ngga gitu juga. Multivitamin juga dibutuhkan oleh tubuh. Karena, mungkin, ngga semua makanan yang kita konsumsi memiliki vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu multivitamin yang bisa dikonsumsi dengan aman adalah Theragran-M.  



Theragran-M merupakan multivitamin dan mineral yang sudah lulus BPOM.  Sudah direkomendasikan oleh para dokter selama 40 tahun (sejak tahun 1976). Multivitamin dari Taisho ini dapat membantu kita dalam memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Jika kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh kita tercukupi, maka daya tahan tubuh juga jadi lebih kuat. Dengan begitu, kita ngga mudah sakit. 

Apakah Theragran-M bisa digunakan untuk membantu proses penyembuhan? Tentu bisa. Misalnya saja jika kita terserang flu. Menurut sebuah literatur, kalau kita kekurangan magnesium dan zinc, maka kita akan mudah terinfeksi oleh virus, jamur dan bakteri. Dan, flu itu berasal dari virus yang mungkin ditularkan oleh orang yang sedang flu juga. Theragran-M membantu memulihkan dan menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus, jamur, serta bakteri. 

Theragran-M itu bentuknya tablet salut gula. Multivitamin ini aman dikonsumsi setiap hari asalkan mengikuti dosis yang sudah dianjurkan. Theragran-M ini diminum pada saat atau setelah makan. Bagi yang punya maag maka wajib makan dulu untuk mencegah perih pada lambung. 

Logo Halal Pada Theragran-M 
Ada yang berbeda dari Theragran-M. Setahu saya, jarang sekali ada produk obat yang mencantumkan logo halal. Tapi, Theragran-M ini dengan bangga memasang logo halal di pojok kanan atas kemasan dan ini jadi kabar baik bagi muslim. Bisa mengkonsumsi multivitamin ini tanpa rasa ragu. 

Kandungan Theragran-M 

Tiap tablet Theragran-M mengandung ; Vitamin A (10.000 UI), Vitamin D (400 UI), Vitamin B1 (10 mg), Vitamin B2 (10 mg), Vitamin B6 (5 mg), Vitamin B12 (5 mg), Vitamin C (200 mg), VItamin E (15 UI) Niasinamida (100 mg), Kalsium Pantotenat (20 mg), Iodium (150 mcg), Besi (12 mg), Tembaga (2 mg), Mangan (1 mg), Magnesium (65 mg), Seng (1,5 mg) 

Dosis

1 tablet sehari saat/sesudah makan. Atau, sesuai anjuran dokter jika sedang mengkonsumsi obat dari dokter. 

Kemasan 

Theragran-M dikemas dalam strip aluminium foil berisi 4 tablet. Packingnya didominasi warna biru muda dan tua. Khas warna laut banget ya. 

Harga 

Di strip tertulis untuk harga eceran tertingginya itu Rp. 20.735 / strip. Theragran-M bisa kita dapatkan di apotik atau sesuai resep dokter saja ya. 


-----

Itu 7 cara supaya kita bisa tetap sehat. Kalau kita sehat, kita bisa menikmati precious moment bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Bisa dibayangkan kan ya betapa ngga enaknya kalau kita sakt. Bagi ibu, ketika sakit,  jadi ngga bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti ngurus anak yang mau sekolah, siapin sarapan, masak, sampai beres-beres rumah. Betapa ngga enaknya saat anak-anak minta ditemani main, kitanya malah sakit. 

Kita memang ngga akan pernah tahu kapan sakit itu datang. Tapi kita bisa melakukan tindakan preventif supaya penyakit ngga mudah menyerang. Semoga dengan tindakan 'jaga-jaga'  yang kita lakukan, kita bisa senantiasa sehat sehingga ngga melewatkan momen-momen penting dalam hidup. 

39 komentar:

  1. setujuuu ... Kalau Ibu yang sakit rasanya gimanaaa gitu. Asupan makanan, me time, bersama anak, dan multivitamin harus diperhatikan biar sehat terus, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ibu sakit, semuanya jadi terhambat ya..

      Hapus
  2. Benar bangat Mba Suci, mengkonsumsi multivitamin Theragran-M juga perlu bangat supaya cepat dan tetap sehat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Multivitamin memang membantu kita agar tetap fit ya :)

      Hapus
  3. Jadi ibu terkadang mmg dituntut utk selalu fit yah.. berguna banget itu infonya mengenai jam kerja tubuh, makasih suci infonya

    BalasHapus
  4. benar mba, sakit bisa dikatakan warninh bagi kita untuk perhatikan tubuh. karena klo sakit banyak moment yg terlewati

    BalasHapus
  5. Aaakkk... bner Uchi. Jd ibu emang sebisa mungkin kudu sehatt. Slain Makanan n minuman plus vitamin ibu jg perlu ketemuan sm tmn2 biar ttp warass. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha... yakan bener. Ketemuan sama temen itu bikin fresh :)

      Hapus
  6. Maunya semua anggota keluarga gak ada yg sakit. Tapi kalau anak yg sakit, biasanya ibuku bilang "Kalau boleh pilih, biar ibu aja yg sakit." hehe.. Padahal kalau ibu yg sakit, semua keteteran karena gak ada yg melakukan pekerjaan rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhu. .. walau ibu lagi sakit, tetap aja kalau lihat rumah berantakan, tangannya gatel pengen bebenah. Secara akupun begitu :(

      Hapus
  7. Iya bener tuh, ibu mah harus setrooong. Sakit gigi emang paling ga enak. Tapi, gmn cara menghindari supaya ga marah ya? Ada tips nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. stroonnggg.. demi anak dan suami :)

      Hapus
  8. Couldn't agreed more! Happy mommy happy kids lah pokoknya 😘😘😘 thanks sharingnya uci

    BalasHapus
  9. Couldn't agreed more! Happy mommy happy kids lah pokoknya 😘😘😘 thanks sharingnya uci

    BalasHapus
  10. Iyes ibu emang kudu setrooong. Jadi klo perlu asupan multivitamin cusss kudu dikonsumsi. Biar semua urusan bisa beres tiada tertunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. multivitamin dibutuhin supaya ibu tetap sehat yaa :)

      Hapus
  11. Kalo sakit gigi emang nyiksa banget

    BalasHapus
  12. Tips2nya bagus, mba Uci 😁 ternyata hal2 sederhana yang bikin bahagia, bisa menghindarkan ibu dari penyakit ya. Jatuh sakit emang ga enak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hal sederhana itu yang kadang kita lupain :)

      Hapus
  13. Aduhhh pas baca pas lagi drop... kalo ibu sakit tuh efeknya kemana2, mulai kerjaan rumah gak keurus sampe sekeluarga juga bisa ketularan.. luar biasya yaah peranan ibu2 dann emg multivitamin wajib kudu ada dirumah buat jaga3 kalo badan mulai drop...Jd makin syng sy mamah yg slalu standby buat keluarganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhhhh.... mau terbang rasanya dikunjungin etuuuu <3 designer favorittt akuu. Semoga lekas sehat lagii etuu :) Terima kasih udah mau mampir ke blog akuu :)

      Hapus
  14. sakit gogo itu memang bisa merusak semuanya. kegiatan jadi terhambat, mood juga jadi buruk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sakitt gigi bikin mood jadi burukk, betull :)

      Hapus
  15. Unaaa mau dong Bunda Lina jadi pasien Una :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siniiii tantee.. jadi pasien una :)

      Hapus
  16. Suplemen yang penting banget di kala musim hujan nih, supaya badan kita speed recovery ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena ibu harus sehat, jadi perlu tambahain multivitamin yaa :)

      Hapus
  17. Sakit gigi memang menyebalkan, mbak. Dan kadang suka paling males ke dokter. Soalnya selain menakutkan, dan biayanya itu yang bikin males hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah parno duluan klo ke dokter gigi, takutt. Dari kecil begitu deh :)

      Hapus
  18. Theragran-M emang membantu banget buat memulihkan kondisi sakit, aku pun sudah mencobanya. Bahkan saat sehat pun bisa di konsumsi sebagai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh

    Btw komen baliknya ya di artikel theragranku juga :-)

    BalasHapus
  19. Ini iya banget! Beberapa waktu lalu aku sempat sakit dan rasanya ngga enak banget karena jadi ngga bisa dekat-dekat anakku, ngga bisa ngurus dia juga jadinya karena aku ngga sanggup bangun dari tempat tidur padahal anakku kan masih bayi banget, huhu :(

    BalasHapus
  20. Aku tau tuh adegan sakit giginya dmn hahahaha.. btw poin no 6 dan 7 wajib bgt diikutin tuh. gaya hidup dan multivitamin. thx mba uci remindernya keceeeee bgt artikelnya.

    BalasHapus
  21. kalau kita selalu bersyukur insyaaAllah jiwa dan raga selalu sehat, rasa syukur membuat jiwa tenang pikiran sehat

    BalasHapus
  22. Makasih mba uci tipsnyaaa, gaya hidup yaaa, kadang ngga bisa lepas dari gorengan :) goodluck mba

    BalasHapus
  23. Agak susah kalau jangan maraaaah hahahaha. Lagian kalau mendam marah juga ngga bagus kan yaaa, jadi emang harus dapet penyaluran yang tepat buat ini :)

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...