badge

Minggu, 27 November 2016

Kenalan Sama Fitur Baru BBM, Yuk!



Dulu pas lagi boomnig-boomignya Blackberry, saya tuh ngga kesampaian punya handphone yang satu itu. Selain ngga ada uang buat belinya, trus saya pikir ko jadi ikut-ikutan banget kalau pakai BB juga wkkwkk. Akhirnya ya sampai sekarang pun ngga pernah ngarasain punya Blackberry. 


Pas lagi zamannya chating pakai Blackberry Messeger (BBM), saya sempet lah ngerasain euforiaya. Saya pakai android yang kebetulan bisa dipakai buat BBM-an juga. Kan ada fitur BBM yang bisa diunduh gratis lewat play store. Malah BBM  itu sempat saya jadikan media buat dagang online. Alhamdulillah, hasilnya bisa buat nambah-nambahin beli beras dan jajan anak. 

Sampai satu saat, handphone saya hilang. Handphone yang saya jadikan alat buat jualan online diambil orang. Sedih. Sejak itu semangat buat dagang online jadi ngga ada lagi. Dan pas punya rezeki bisa beli smartphone lagi, saya sempet unduh BBM. Tapi karena error terus, akhirnya saya uninstal. 

Sempat lama banget ngga pakai BBM. Kalau pas ada yang nanyain pin BB, saya jawabnya 'maaf ya, ngga mainan BB lagi' -___-   sampai akhirnya kemarin itu ada temen yang kasih tahu kalau sekarang BBM bukan cuma buat chating aja, tapi kita bisa nonton video juga kaya youtube gitu. Jadi tergoda dong buat unduh BBM lagi. Dan ya, akhirnya benaran saya instal BBM lagi di smartphone saya. Pin BB saya D58438FB, kalau mau add silakan loh, kan jadi akrab hahaha  :) *modus* 

7 Hal Menarik Dari BBM Yang Harus Diketahui

Sejak hadir 8 tahun yang lalu, BBM ini udah punya banyak penggemar. Kan pengguna BB saat itu juga banyak banget. Sampai saat booming itu, hampir semua selebritis pakainya Blackberry. Handphone yang satu itu dianggap sebagai game changer terbesar di industri smartphone saat itu. Dan, yang paling mencuri perhatian ya karena adanya aplikasi pesan instan BBM itu. 

Saat ini, BBM ngga kaya BBM yang dulu. Karena, ada pengembangan dari versi sebelumnya. 

1. BBM Jalin Kerja Sama Dengan EMTEK.



PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) merupakan grup media terkemukan di Indonesia. Dan, EMTEK telah memiliki lisensi dan kekayaan intelektual (IP) dari BBM. Perusahaan asal Indonesia ini akan mengoperasikan platform BBM secara global dan mengembangkannya untuk pasar Indonesia. 

Kemitraan ini dikabarkan bernilai US$207.5 juta untuk jangka waktu 6 tahun. Keduanya sih melihat adaa kesempatan besar untuk menumbuhkan bisnis konsumen BBM, bukan hanya di Indonesia tapi secara global. 

2. Bisa Isi Ulang Pulsa dan Beli Token Listrik

Biasaya saya beli pulsa atau token listrik pakai mobile banking, e-commerce, dan mobile walet. Eh sekarang ternyata BBM juga bisa dipakai buat isi pulsa atau beli token. Makin banyak pilihan aja ya. Apa keuntunganya beli pulsa atau token listirk lewat BBM? Kita ngga akan dikenakan biaya administrasi. Jadi kalau beli pulsa 50K ya bayarnya cukup 50K juga. Whuaaa.. jarang-jarang nih yang kaya begini, biasanya administrasi paling murah itu 1500. 

Selain bisa beli pulsa dan token listrik, lewat BBM kita juga bisa bayar iuran BPJS. Membantu banget kalau pas ngga sempet keluar rumah. Caranya juga gampang
  1. Pilih menu 'Discover' lalu pilih ikon pulsa/PLN/BPJS 
  2. Masukkan nomor dan pilih jumlah yang ingin dibeli.
Proses ini ngga memmbtuhkan kita untuk buat akun atau log in. Kita bisa membayarnya pakai kartu kredit atau transfer bank melalui fitur baru BBM Checkout. Gampang ya :) 

3. Berbagi Foto Kualitas Tinggi 



Kalau di versi sebelumnya kita cuma bisa update atau posting informasi berupa teks aja, di versi terbaru ini kita bisa buat foto berkualitas tinggi lalu dibagikan langsung. Kita bisa bagikan secara langsung tanpa harus memperbarui gambar avatar untuk menampilkan foto. Cara berbagi foto lewat BBM versi terbaru, yaitu :


      Masuk ke BBM Feeds
      Tap ikon foto
   Beri izin kepada BBM untuk mengakses kamera ponsel kamu, pilih sebuah foto, potong, masukan keterangan foto, bagikan!

4. Nonton Video Dan Baca Berita di BBM Feeds 


Ini loh yang seru. Terhitung mulai November 2016, selain bisa unggah foto, kita juga bisa nonton nonton video ayaknya nonton di youtube. Versi BBM yang terbaru ini, bikin pengguna BBM jadi betah. Saya sempet dong nonton drakor terbarunya Oppa Lee Min Ho wkwkkwk. Terusnya ngeri takut kecanduan :)

Pilihan video yang bisa kita tonton pun banyak banget. Ada sports, music, vlog, news, entertainment, travel, fashion, automotive, technology, health, tutorial, food, kids, tv show, dan sinetron pun ada. Bisa juga nonton channel tv lokal kaya mnc tv, rtv, sctv, indosiar, trans tv, trans7, dan yang lain. Selain nonton video yang ada di BBM Feeds, kita juga bisa ikutan unggah video. Tapi syaratnya kita harus punya BBM Channel dulu. Cara unggah videonya seperti ini ya;

      Masuk ke Channel Management Console (CMC)
      Copy/paste tautan video yang telah diunggah ke Vidio.com
      Edit judul atau deskripsi kemudian posting. 


Selain video, kita juga bisa baca berita terkini. Ada banyak banget pilihan berita yang bisa kita pilih, supaya tetep update juga yaa. 

5. Main Game Dan Pakai Sticker Juga Bisa Loh 


Kabar baik nih bagi para pencinta game, BBM meluncurkan mobile game pertama mereka pada 1 November 2016, yaitu Fruits Mania: Elly’s travel with BBM. Semua orang bisa bermain secara gratis. Bahkan, pengguna Android dapat berkompetisi dengan teman-teman yang lain. Hingga Desember mendatang BBM akan merilis lebih banyak lagi game gratis.

Ada sticker yang lucu-lucu juga loh yang bisa dipakai buat chating. Ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Tinggal pilih lah ya.



6. BBM Voucher

Inovasi BBM yang pas banget buat yang hobi hunting diskonan. BBM Voucher ini memberikan penawaran menarik dari berbagai toko, restoran, dan tempat hiburan. Voucher yang disediakan itu berbentuk elektronik dan tersimpan di BBM Voucher Shop. Jadi, ngga perlu khawatir vouchernya hilang atau ketinggalan di rumah. Ngga perlu khawatir juga lupa password atau username, karena hanya perlu bikin akun sekali aja, kita bisa manfaatkan fitur ini sepuasnya. Cara pakai BBM voucher seperti berikut;
  1. Pilih menu 'Discover' lalu pilih ikon 'Voucher'. 
  2. Cari dan pilih voucher yang diinginkan. 
  3. Pembayaran dilakukan melalui BBM Checkout.
  4. Penebusan voucher bisa dilakukan langsung melalui tampilan web BBM. 


7. Interface BBM Lebih Fresh 


Tampilan antarmuka BBM yang terbaru ini lebih fresh dibanding versi sebelumnya. Pas saya memutuskan untuk unduh lagi BBM, saya ngga nyesel. Karena tampilannya lebih bagus dan loadingnya pun jadi lebih cepat. Selain memperbarui tampilan antarmuka, BBM juga memperbarui beberapa fiturnya, antara lain;
  • Kontak akan ditampilkan dalam bentuk daftar yang disusun secara default, bukan grid. (Jika kamu lebih suka grid, kamu selalu dapat beralih kembali melalui menu Settings/Pengaturan).
  • Pindai Barcode sudah ada pada pilihan menu. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memindai barcode dan QR code.
  • Ikon Channel di menu Discover sebagai alternatif untuk mengakses BBM Channel Standar 25-detik untuk waktu pesan. Fitur ini memungkinkan pengguna memiliki cukup waktu untuk mengiri pesan berikutnya, dan penerima juga memiliki cukup waktu dalam membaca dengan seksama pesan yang masuk. (Pengguna diberikan pilihan 1, 3, 5, 10 atau 60 detik).
  • Percakapan dengan beberapa orang dan Grup sekarang mewajibkan pencantuman nama. Ini untuk membantu pengguna dalam mengirim pesan, dan memastikan pengguna mengirim pesan yang tepat kepada orang yang tepat
Gimana, makin fresh ya fitur-fitur terbaru yang ditampilkan BBM? Kalau menurut saya sih iya , makanya saya mau unduh BBM lagi :) Dari rangkaain fitur terbaru dari BBM ini, ada informasi yang ngga kalah penting nih. BBM berencana untuk mengombinasikan gudang data dan pada saat yang sama akan meningkatkan kemampuan kecerdasan artifisial (AI). Ini dilakukan supaya pengguna BBM bisa mendapatkan konten yang lebih baik lagi. 

Mau dapetin fitur terbaru juga dari BBM, unduh ya BBM versi terbarunya di Google Play atau  App Store. Bisa juga main-main ke BBM Blog untuk dapatin informasi seputar fitur terbaru BBM. Aku sih udah unduh BBM, kamu? 



9 komentar:

  1. Aku udah lama unduh BBM tapi belum nyoba semua fiturnya ituu. Cuma buat update status 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain mba, bisa buat nonton tivi juga loh.

      Hapus
  2. Pokoknya makin nyaman deh pakai BBM hehe. Hampir semua ada di BBM hehe.
    Cocok banget nih buat saya yang di asrama gak punya tv. hik hik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuup, bis anonton tivi dimana-mana ya wo :)

      Hapus
  3. Aku masih pake bbm juga, iya banyak fitur yang baru, tapi blon coba coba maak, cuma standar aja buat chatingan.
    Pengen nonton tipi nyobain ahh..

    BalasHapus
  4. Eh aku jg udah sempet uninstal krn udah mrasa gak asik sama bbm versi lama, bacca postingan ini jadi pengen install lagi deh. Thanks infonya ya Ciii..

    BalasHapus
  5. wah. BBM skrg makin lengkap dan kekinian ya fiturnya. asik deh. aku kayanya harus aktifkan bbm lagi.

    BalasHapus
  6. Eh..ada fitur baru ya di BBM? Bisa bayar token listrik juga? Mantap deh.. Aku mau install BBM lagi ahh..

    BalasHapus
  7. Wah fitur tambahannya cukup banyak yah.. sepertinya saya harus install lagi.. tapi takut hape nya malah lola

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...