badge

Rabu, 01 Maret 2017

Blogger Ngga Punya Slip Gaji Pun Bisa Punya Mobil



Mobil pribadi mungkin sampai sekarang masih bisa dibilang sebagai barang mewah. Karena, ngga semua orang bisa memiliki. Walau sekarang banyak bertebaran, beli mobil dengan DP terjangkau, tapi tetap aja ngga semua orang bisa menjangkaunya. Terutama bagi mereka yang ngga punya slip gaji. Karena salah satu syarat pengajuan kredit mobil itu kan slip gaji. Ya beda lagi sih kalau mau belinya cash. Tinggal kasih aja uangnya ke dealer, mobil pun langsung diantar. 

Bagi yang memiliki pekerjaan tetap dan memiliki penghasilan rutin tiap bulannya, tentu bisa aja jika mau mengajukan kredit mobil. Malah bisa dengan mudah disetujui oleh pihak pembiayaan. Tapi, gimana buat yang ngga punya slip gaji?  Walau sama-sama punya penghasilan, mungkin prosesnya ngga semudah yang punya slip gaji.




Nah, bicara soal pembelian mobil. Saya sempat diundang buat ngobrol-ngobrol santai oleh Mobil 123, sebuah portal otomotif no.1 yang sering kali dijadikan rujukan sebelum membeli mobil. Acara ngobrol santai ini menghadirkan narasumber yang memang expert soal pembiayaan kendaraan. Acara yang mengambil tema  Tips Kredit Mobil Yang Menguntungkan ini dihadiri oleh blogger dan media.

Indra Prabowo, Managing Director Mobil123 mengatakan kalau Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif terbesar di Asia setelah China, Jepang, India, dan Korea Selatan. Berdasarkan data World Bank, Indonesia menjadi negara dengan ekonomi terbesar kesepuluh. Data ini dilihat berdasarkan pendapatan kotor perkapita sejak tahun 2000 hingga 2015 yang terus meningkat.

(sumber : Tim Mobil123) 
Saat ini banyak orang yang menganggap kalau mobil merupakan kebutuhan. Jika diimbangi dengan penghasilan, tentu itu bukan jadi soal. Tapi, beda lagi dong kalau ingin punya mobil tapi buat gaya hidup aja. Tentu hal itu harusnya dihindari. Kita harus bisa mengukur kemampuan finansial kita juga. Jangan sampai keinginan memiliki mobil, malah mengorbankan kebutuhan yang lain.

Ada dua cara yang bisa dipilih untuk memiliki kendaraan, yaitu dengan cara membeli tunai dan membeli secara kredit. Keduanya memiliki perbedaan dan keduanya bisa disesuaikan dengan kemampuan kita. Berikut perbedaan antara membeli tunai atau kredit;

Tunai 

1. Harga beli lebih murah karena tidak bunga dan biaya administrasi
2. Lebih mudah dijual kembali, karena surat-surat lengkap sudah ada pada kita. 
3. Tidak perlu memikirkan angsuran tiap bulannya. 

Kredit 

1.  Lebih mahal, tapi angsuran tiap bulannya bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial kita. 
2. Dapat memiliki kendaraan yang kita inginkan dengan cepat, walau masih belum memiliki cukup uang untuk membeli tunai. 
3. Sangat membantu ketika membutuhkan barang dalam keadaan mendesak. 

Mau kredit atau tunai, kembali lagi pada kemampuan kita ya. Kalau menurut saya, kita yang paling tahu kemampuan finansial kita sejauh apa. Ngga perlu memaksakan jika mungkin ngga mampu beli tunai.

MPM Finance, Solusi Pembiayaan Berpengalaman 

Nah, saat kita merasa kalau kendaraan merupakan suatu kebutuhan dan kita belum mampu membeli tunai, kita bisa memanfaatkan jasa pembiayaan. Salah satu perusahaan pembiayaan yang bisa dipilih adalah MPM Finance yang telah berpengalaman selama 26 tahun.

Betty Anjarini (sumber : Tim Mobil123)
PT. Mitra Pinasthika Mustika merupakan perusahan pembiayaan yang memiliki 2 lini bisnis, yaitu Consumer Finance dan Corporate Finance. Menurut Betty Anjarini, Regional Manager MPM Finance, kedua lini bisnis yang dimiliki MPM Finance ini berbeda peruntukannya. Consumer Finance untuk pembiayaan mobil baru dan bekas, motor, dan kredit multi guna. Sedangkan Corporate Finance digunakan untuk pembiayaan alat berat, mesin industri, kapal, dan properti industri.

Saat ini, MPM inance sudah punya 82 cabang dengan total jumlah karyawan sebanyak 2500 orang. Dengan jumlah karyawan tersebut, artinya MPM memang sebuah perusahaan pembiayaan yang cukup besar. FYI, sebuah perusahaan pembiyaan yang terpercaya bisa dilihat dari point-point seperti dibawah ini :



Cerdas Memilih Kredit Mobil

Jika memang kita hanya mampu untuk kredit mobil, kita harus berhati-hati juga. Jangan sampai salah memilih yang pada akhirnya malah menyusahkan kita di kemudian hari. Perhatikan point di bawah ini ya:

  • Pilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan. 
  • Pilih perusahaan pembiayaan yang terpercaya, memiliki pengalaman dan reputasi yang baik. 
  • Pastikan angsuran sesuai dengan kemampuan finansial kita. 
  • Pastikan kalau kendaraan yang kita beli memiliki asuransi all risk selama masa pembiayaan. 
  • Pelajari isi perjanjian. Baca dengan seksama ya untuk menghindari hal-hal yang ngga diinginkan terjadi di kemudian hari. 

Nah, bagi yang ingin mengajukan kredit pembiayaan kendaraan, siapkan semua dokumen yang diminta. Lalu, bagaimana dengan blogger yang ingin kredit mobil namun ngga punya slip gaji.?Padahal salah satu dokumen yang diminta adalah slip gaji. Ternyata bisa loh, asalkan persyaratan di bawah ini bisa kita penuhi. 


Jadi, kalau seseorang ingin memiliki kendaraan tapi ngga punya slip gaji, tetap bisa mengajukan kredit. Asalkan kita bisa membuktikan kalau kita secara finansial kita mampu. Tentu aja mampu membayar cicilan tiap bulannya. So,blogger yang ngga punya slip gaji pun bisa kan punya mobil. 




7 komentar:

  1. ternyata nggak ribet ya kredit mobil meski pun bukan pekerja kantoran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogger jadi punya harapan ya buat punya mobil :)

      Hapus
  2. Thanks artikelnya yah.. Lagi butuh referensi finance nih

    BalasHapus
  3. Wah kece ini,,,biasanya kan slip gaji syarat "mutlak".

    BalasHapus
  4. blogger bisa kredit juga ye.. yuk cari job buat DP :D

    BalasHapus
  5. Mikir2 aku mo beli mobil di Jakarta. Apa bener bsa jadi solusi atau malah nambah masalah, secara macetnya itu lohh

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...