badge

Kamis, 04 Mei 2017

IGNIS, Urban SUV Untuk Keluarga Muda


Kebutuhan akan kendaraan saat ini bisa dikatakan meningkat ya. Banyak orang yang menganggap kalau kendaraan --baik roda dua atau empat-- itu adalah sebuah kebutuhan. Apalagi sekarang ini banyak yang nawarin kredit kendaraan dengan DP yang sangat terjangkau. Bisa diatur mau DP berapa pula. Makin tergiur aja deh orang-orang yang mau punya kendaraan. 

Bagi pasangan yang baru menikah, mungkin juga kan berpikir buat punya kendaraan yang lebih nyaman. Kalau tadinya cuma punya kendaraan roda dua, barangkali akan berpikir untuk punya kendaraan roda empat yang lebih nyaman. Bisa pergi berduaan tanpa kehujanan dan gerah. Makin romantis kan ya.

suzuki IGNIS



Buat para pasangan muda yang baru nikah ((BARU NIKAH YA)), yang lagi cari-cari kendaraan yang nyaman, baik nyaman digunakan dan nyaman di kantong juga, mobil terbaru dari Suzuki yang satu ini mungkin bisa jadi rekomendasi yang oke banget. IGNIS, Sport Utility Vehicle (SUV) pertama di Indonesia yang pas banget buat pasangan baru nikah atau keluarga kecil. 

suzuki IGNIS


Kenapa saya katakan pas buat pasangan baru nikah? karena ukuran mobilnya yang memang ngga terlalu besar. Mirip-mirip city car yang kapasitasnya cuma 4 atau maksimal banget 5 orang. Tapi ya, walaupun bodinya kecil jangan dikira dalamannya sempit. Karena, kalau lihat bagian dalamnya, mobil ini bakal kasih kenyamanan selama berkendara. Kabin dalamnya luas, jadi bisa selonjoran. 

IGNIS, Urban SUV Dari Suzuki Yang Super Nyaman 

Saya berani bilang kalau IGNIS ini adalah mobil imut yang nyaman. Karena, saya sempat ikutan test drive saat launching di Kota Kasablanka, 20 April 2017 yang lalu. Pertama kali lihat performanya aja saya udah jatuh cinta.

Suzuki IGNIS
Mau Ikut? :) 



IGNIS punya dimensi sepanjang 3.700 mm dengan struktur bodi Total Effective Control Technology yang jadi pendukung keselamatan. Ada platform baru HEARTECT yaitu berupa struktur baru high-rigid underbody dengan material high-tensille steel. struktur baru ini memungkinkan IGNIS tetap mumpuni di jalanan offroad sekalipun. 

IGNIS memang didesain bagi masyarakat urban yang katanya sih kekinian dan serba modern. Desain aerodinamika pada IGNIS memberikan efisiensi bahan bakar ketika melaju dengan kecepatan konstan. Nah, karena Jakarta dan beberapa daerah perkotaan itu suka rawan banjir, IGNIS punya air intake setinggi 700 mm. Gunanya apa? gunanya agar IGNIS bisa menerjang genangan air. Jadi ngga mogok kan ya. Ngga lucu juga tuh, mobil keren tapi cuma lewat banjir sebetis aja mogok :p Beda lagi ya kalau banjirnya seleher :) 

Soal konsumsi bahan bakar gimana? Tenang, IGNIS terbilang mobil yang irit kok. Karena berdasarkan hasil tes di jalan yang dilakukan BT2MP-BPPT, 1 liter bensin bisa menempuh jarak 23,64 km untuk transmisi manual dan 23,44 km untuk transmisi AGS. Jadi, kalau cuma Jakarta - Bekasi mah 2 liter bisa cukup buat bolak balik yaa. Keiiritan bahan bakar ini karena IGNIS menggunakan mesin bertipe K12M, dengan konfigurasi empat silinder segaris, DOHC, VVT, yang terbaik di kelasnya. 

Untuk tipe, IGNIS punya 2 tipe yaitu GX dan GL. Kalau untuk pilihan warnanya ada 6 untuk tipe GL yaitu Silky Silver, Arctic White Pearl, Midnight Black Pearl, Uptown Red Pearl, Tinsel Blue Pearl Metalic, dan Glistering Grey Metallic. Sedangkan tipe GX punya 7 pilihan warna Silky Silver, Midnight Black Pearl, Arctic White Pearl, Glistering Grey Metallic, Dual Tone Uptown Red Pearl & Midnight Black Pearl, Dual Tone Tinsel Blue Pearl & Midnight Black Pearl, dan Dual Tone Tinsel Blue Pearl & Arctic White Pearl. 

Desain Modern & Futuristik

Buat pasangan yang baru nikah dan tinggal di kota besar macam Bekasi ((BEKASI)) --karena sesungguhnya Bekasi adalah kota metropolitan juga-- IGNIS bisa jadi rekomendasi dan bisa diandalkan. Walau terjebak macet itu ngga enak, apalagi terjebak nostalgia, tapi kalau macet-macetannya di dalam IGNIS, tetap nyaman lah ya. Plus macet-macetannya ditemani sama suami / isrtri tercinta.

Ngomongin soal eksteriornya yuk. IGNIS puna LED Projector & Daytime Runnung Light (tipe GX). Dilengkapi juga sama fog lamp dengan chrome. Teknologi LED ini bisa memaksimalkan pandangan selama berkendara. Jadi pas dipakai di malam hari, kita bisa aman. IGNIS memilih LED karena awet dan tahan lama, ngga cuma cinta aja yang bisa tahan lama ya kan.

Desain lain yang bikin IGNIS ini makin gemes adalah ada kotak-kotak kecil pada bagian grill. Dan itu menjadikan karakter SUV Suzuki makin kuat. Pada bagian belakang mobil, ada desain tarikan garis tegas yang mengahadirkan kesan tangguh. Diperkuat juga dengan flare fender dan rear bumper garnish berwarna hitam




Nah, sekarang gimana interiornya? Saya mah pertama kali masuk ke dalam mobilnya aja udah beneran jatuh cinta. Pas duduk di balik kemudi itu berasa keren banget. Kursinya nyaman dan ada bantalan--yang hampir ngga keliatan-- di kiri kanan kursi. Gunanya supaya posisi duduk kita itu jadi lebih stabil. Jok dibuat sporty dengan model bucket seat. Ditambah head rest yang bisa diatur ketinggiannya.


Interiornya futuristik dan modern. Pada kemudinya udah disematkan kontrol untuk Multi Information Display (MID). Audio udah terkoneksi dengan ponsel. Ini memudahkan kita menerima atau menolak panggilan dari ponsel.

Ada meter cluster yang terdapat di balik kemudi yang fungsinya untuk mengetahui kondisi kendaraan. Dari meter cluster itu kita bisa tahu informasi mulai dari baterai aki, immobilizer, power steering, ABS, hand brake, oli indicator, RPM meter, speedometer, safety belt, hingga airbag. 


Yang Ngga Pegang Kunci, Ngga Akan Bisa Buka Pintu :)

Untuk tipe GX ada fitur Keyless Entry. Ini nih yang bikin saya sempet heran, karena lewat fitur ini, kita ngga perlu pencet alarm mobil dulu buat buka pintu. Kita cukup meletakkan kunci mobil di kantong atau tas dengan jarak ngga lebih dari 80 cm dari mobil. Dan tekan tombol hitam kecil yang ada di bagian pintu mobil, dan pintu mobil pun terbuka. Saya sempet nanya keamanannya, ternyata beneran aman selama kunci ada di tangan kita. Orang lain ngga akan bisa buka.

Performa

Kalau urusan mesin, iya sih saya ngga paham-paham amat. Belum ada niat belajar soal mesin mobil juga sih. Tapi  yang saya tahu, IGNIS ini punya mesin bensin empat silinder K12M dan punya kapasitas 1.197 cc. Didukung juga sama variable Valve Timing dan DOHC.

Mesinnya ringan dengan material dasar aluminium. Mesin ini mnghadirkan mesin 83 ps pada 6.000 rpm dan kekuatan torsi mencapai 113 Nm pada 4.200 rpm. Untuk transmisi, ada pilihan manual lima percepatan. Buat yang maunya praktis, ada pilihan perpindahan AGS atau yang biasa kita kenal dengan matic.

Soal daya tampung, jangan remehkan si imut ini. Bagian belakang IGNIS bisa menampung barang mulai dari 267 liter (ketika jok berdiri), 469 liter (jok dilipat separuh), dan 947 liter (ketika jok dilipat seluruhnya).


Untuk akses masuk barang juga ngga bikin repot. Pintu bagian bawah ke tanah tingginya 740 mm. Bibir pint bagasi tingginya 715 mm dengan lebar 995 mm. Saat barang ada di dalam kabin, barang bisa kita tumpuk yang tingginya bisa sampai 950 mm den lebar 1160 mm. Yang bikin bagasi jadi keliatan rapih, karena ada semacam penutup. Barang-barang bisa kita susun, jadinya ngga berantakan.

Soal keamanan, IGNIS dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Breakforce Distribution (EBD), serta Brake Assist (BA). Dengan fitur-fitur itu, kita bisa lebih aman saat tiba-tiba harus ngerem mendadak.

Sabuk keselamtan (safety belt) dilengkapi dengan fitur pretensioner dan force limiter. Dan fasilitas yang ngga kalah penting adalah airbag. IGNIS menyiapkan Dual SRS Airbag yang otomatis akan terbuka ketika terjadi benturan.

Gimana, udah mulai tertarik kah? Kalau saya sih iyes. Andai ada rezekinya, mau juga punya Suzuki IGNIS ini buat jadi teman saat harus meeting atau hadir di blogger event. Asik kan kalau pakai IGNIS di jalanan ibukota tercinta. Walau macet ngga udah-udah, tapi kalau ada di dalam IGNIS asik aja.

Yuk, Jalan-Jalan Sama IGNIS :) 

Buat para pasangan muda yang baru nikah, mobil ini recomended deh. Sampai punya anak 2 pun masih bisa lah pakai mobil terbaru keluaran Suzuki ini. Masih berasa lega. Tapi kalau anaknya udah 4 apalagi 5 ya ganti lah sama yang gedean. Suzuki Ertiga misalnya :) 

16 komentar:

  1. Mdh2an nti ada di dpn parkiran rumah ya mba,, noted infny mau ganti juga rasanya tp gk mau nyicil😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaminn... semoga bisa kebeli IGNIS tapi ngga pake nyicil yaa mba :)

      Hapus
  2. Tampilanya si Ignis ini emang kece banget ya maaak, imut imut jugaaa. Cocok nih buat buibu anter jemput anak sekolah.. Hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bener.. buat ibuk-ibuk cantik berjiwa muda, cocok nih pakai IGNIS :)

      Hapus
  3. Ikhhhh bunda, ini mobil yang suka diomongin ama suami saya. Dia pengen banget punya mobil ini. Doain ya kita segera punya 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. ya Allah, semoge bisa segera punya yaaa :)

      Hapus
  4. aku belum lancar pake mobil ni say, apa mau nunggu ini dulu ya di rumah, wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. kursus aja kaaa :p nanti kalo mobilnya udah ada tinggal cusss :)

      Hapus
  5. nawra pengen ganti mobil, la bapak e belum ada duete, ini bagus kayaknya buat keluarga kecil sayah

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga segera punya yaa nawraa :)

      Hapus
  6. kalau isi (penumpang) banyak dan dibawa agak nanjak dia bakal goyang nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stabil unii, enak banget dibawanya :)

      Hapus
  7. Yang warna merah cakep banget. :D

    BalasHapus
  8. warna merah kereen ya mbk. jd pengen.

    BalasHapus
  9. cocok juga utk perempuan muda yang mobile macam kita yah (kita?) ajarin nyetir dong umi Uci...semoga yaa jadi mobil kedua, amin.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...