badge

Jumat, 19 Mei 2017

Menikmati Menu Ramadhan Di Gastromaquia


Ramadhan udah tinggal hitungan hari lagi, persiapan udah sampai mana buibu? Kalau persiapan logistik mah saya malah belum prepare sama sekali, tapi kalau fisik, Insya Allah udah dipersiapkan. Logistik mah gampang lah ya. Masih bisa dibeli dadakan. Bukan cuma tahu bulat aja yang bisa dadakan. 

Satu hal yang kayanya bikin Ramdhan lebih berwarna adalah wisata kuliner. Siapa yang hobi beli makanan buka puasa daripada bikin sendiri? hayoo ngaku *lalu saya tunjuk tangan* :) Banyak yang malah lebih sering beli makanan buka puasa daripada bikin sendiri. Alasannya biar lebih cepat dan ngga capek masak. Imbasnya, resto-resto selalu penuh jelang buka puasa. Apalagi pas weekend ya kan. Kalau datangnya pas bedug maghrib, bisa ngga kebagian duduk. 



Jelang Ramadhan, biasanya banyak resto yang bikin menu khusus. Tujuannya biar konsumen bisa dapat variasi menu dan momen Ramadhannya jadi lebih berasa. Kaya resto yang baru kemarin saya kunjungi. Namanya Gastromaquia, rada susah ya nyebut namanya. Resto yang posisinya ada di Jalan Ciniru, Kebayoran Baru, Jakarta ini punya menu khusus menyambut bulan Ramadhan. 

Penasaran sama menu Ramadhannya, saya ngajak anak-anak buat ke Gastromaquia. Berangkat dari rumah sekitar jam 4 sore dan jam 5.30 kami sampai di resto bergaya klasik ini. Kedatangan kami disambut seorang waitres yang ramah yang langsung mempersilakan duduk. Interiornya bagus dan pernak-perniknya pun lucu-lucu. 





Menu Ramadhan 

Ada 7 varian menu Ramadhan yang ditawarkan Gastromaquia. Ngga mungkin pesen semuanya juga sih, khwatir malah jadi mubazir aja. Karena abang suka sama roti canai, jadi dia saya pesenin Acehnese Chicken Curry. Ada roti canai yang saya pikir lebih mirip kebab. Lalu ada kari ayam yang kata abang enak. Porsinya lumayan banyak, jadi si abang ngg sanggup habisin makanannya. 

Acehnese Chicken Curry, 75K
Buat kakak dan una, saya pesenin mereka Mix Seafood Salted Egg Yolk Sauce. Menu ini adalah cumi dan udang yang digoreng dengan tepung, jadi semacam tempura gitu. Lalu dimasak dengan kuning telur asin. Disajikan dengan nasi putih dan tumis baby buncis. Rasanya beneran enak. Cuminya ngga alot dan kuning telur asinnya berasa banget. Porsinya ngga terlalu banyak, jadi buat perut anak-anak rasanya pas. 

Mix Seafood With Salted Egg Yolk Sauce, 80K
Saya sendiri pilih Aglio Olio With Crispy Calamary. Karena memang hobi makan pasta, saya penasran sama rasa oglio olio dari resto spanyol ini. Menu yang saya pesan merupakan pasta yang dimasak sama olive oil, bawang putih, dan cabai bubuk. Lalu ada tambahan potongan daging sapi yang malah ngga saya makan. Alasannya, cuma karena ngga sesuai sama lidah aja sih. Mungkin kalau diganti sama daging giling kaya bolognese sauce, pasti langsung habis. Aglio Olio ini disajikan dengan crispy calamary yang empuk dan gurih. 

Aglio Olio With Crispy Calamary, 68K

Menu terkahir yang saya pesan adalah Arroz Negro. Dari namanya aja, udah kebayang ya kalau menu yang satu ini berwarna hitam. Arroz negro adalah nasi yang dimasak dengan tinta cumi, jadi nasinya berubah jadi hitam pekat. Disajikan dengan udang dan calamary. Yang makan menu ini adalah suami. Dan ketika ditanya bagaimana rasanya, dia bilang enakk. Sampai ngga bersisa loh nasinya :p 

Selain menu yang saya pesan itu, ada menu lain juga kaya Seafood Fideua yaitu hidangan seafood yang disajikan sama spanish noodle. Lalu ada Crsipy Dory With Sambal Matah, ikan dori yang digoreng pakai tepung. Lalu diberi rempah dan disajikan dengan sambal matah dan nasi. Terakhir ada Liwetan yang merupakan kuliner khas Indonesia. 

Arroz Negro, 95K

Untuk minumannya, di menu Ramadhan ini pilihannya cuma 2. Hanya ada ice/hot tea dan orange juice. Anak-anak pesan orange juice sama strawberry juice. Sedangkan saya (tentu aja) cappucino. Rasanya kaya ada yang kurang aja kalau ngga nyobain cappucino. Jadi, kalau mampir di resto atau kedai, yang saya tanyain duluan ya cappucino. Alhamdulillah, cappucinonya enak dan bikin mata melek. 

Selain menu Ramadhan, masih banyak pilihan menu yang lain. Mungkin bisa jadi referensi buat kumpul bareng teman sambil buka puasa. Atau, tempat ngumpul bareng keluarga juga bisa. Kita bisa makan di lantai 2 yang suasanya lebih cozy dan adem. Ada outdoornya juga, tapi sayangnya saya ngga sempat foto bagian outdoornya. Penasaran sama Gastromaquia, langsung googling aja yaa kalau mau tau posisi tepatnya. Kalau saya yang jelasin, khawatir gagal fokus :) 


Gastromaquia 
Jalan Ciniru 1 No. 1 
Kebayoran Baru, Jakarta 
Telp. (021) 29305091

www.gastromaquia.com




3 komentar:

  1. masakannya memang ala ala eropa gitu..itu kayak kue cane enak..

    BalasHapus
  2. Keliatannya enak-enak yah..menu campur2 kayaknya yah, ada internasionalnya ada tradisionalnya

    BalasHapus
  3. Keliatannya enak-enak yah..menu campur2 kayaknya yah, ada internasionalnya ada tradisionalnya

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...