badge

Kamis, 15 Juni 2017

Ibu, Please Jangan Habisin THR Suami



Ada yang masih belum dapet THR? Atau bagi yang udah dapet THR, udah dipakai buat apa aja uangnya? Biasanya buat beli kebutuhan lebaran kan ya kaya baju, sepatu, kue, dan printilan-printilan lainnya. Dimana printilian itu bisa membuat suasana Hari Raya jadi makin meriah. 

Itu buat yang dapet THR, trus kalo yang ngga dapet THR macam ibu rumah tangga, gimana dong? Ya, minta sama suami lah. Karena kan uang suami adalah uang istri. Tapi ya jangan mentang-mentang uang THR suami dikasihin semua ke istri, kita jadi kalap belanja segalanya. Sampai lupa, kalau setelah lebaran masih ada hari yang harus dilewati. Hari-hari yang setelah lebaran itu kan perlu biaya buat makan juga kan. Kalau uangnya dihabisin gitu aja, gimana buat makan selanjutnya?



Kalau dipikir-pikir, jadi ibu itu berat juga ya. Selain dituntut harus jago ngurus keluarga, harus jago juga ngatur keuangan. Kadang ada suami yang malah nyalahin istri kalau tiba-tiba uang belanja habis sebelum waktunya. Udah ngasihnya pas-pasan, pakai ditanyain pula uangnya kok cepet amat abisnya. Belum lagi kalau kebutuhan sehari-hari lagi mahal-mahalnya. Makin pusing kan buibu. Mau nurunin standar makanan yang dimasak, tapinya kasian. Mau dipaksain masak makanan yang bergizi tinggi tapi ya ngga cukup uangnya. Duh, ya Allah. Sabar yaa buibu yang pernah ngalamin kondisi kaya gitu. 

Kalau pas suami dapet THR, emang godaan banget bagi buibu buat belanja. Pengen lah ya beli baju di online shop yang selalu bikin mata berbinar-binar. Bayangin betapa semampainya pakai tunik atau gamis yang ada di olshop. Sampai ngga bisa tidur saking kepengennya punya baju baru. Ya, bolehlah beli kalau emang kepengen banget. Tapi tetap harus dilihat apakah budget yang kita punya sesuai atau ngga. 

THR suami bukan cuma buat beli baju aja. Tapi harus dipikiran juga kebutuhan lainnya. Jadi, kayanya buibu harus pinter-pinter banget atur budget. Jangan sampai ada yang terlalu besar porsinya sehingga porsi yang lain dikalahkan. Tips ala Risalah Husna mungkin bisa bermanfaat, kalau ngga ya semoga bisa diambil ibrohnya aja dah. 

Buat Catatan Pengeluaran

Uang THR biasanya jumlahnya ngga sedikit. Ya, minimal satu bulan gaji ada lah ya. Dengan nominal yang ngga sedikit, biasanya kita udah punya rencana mau beli apa aja. Tapi, ngga pengen juga kan kalau uang THR itu abis gitu aja tanpa bekas. Parahnya sih, kita ngga ingat uangnya lari kemana aja. 

Jadi, buatlah catatan pengeluaran berapapun nominal yang keluar. Even sampai buat beli gorengan, itung semuanya. Jangan sampai kita malah bingung, kok uang THR cepet amat abisnya. Padahal mah ya dipake sama kita juga. 

Setelah dicatat, jangan lupa buat dikalkulasikan alias dihitung. Sudah berapakah uang yang keluar. Dengan begitu, kita jadi tahu digunakan buat apa aja uang THR suami. 

Prioritaskan Kebutuhan Yang Penting 

Kayanya ini tahun kedua dimana Ramadhan dan lebaran itu berbarengan dengan kenaikan kelas dan tahun ajaran baru. Disaat kita butuh dana buat Hari Raya, disaat yang bersamaan juga kita butuh dana buat sekolah anak. Berat ya Allah. Apalagi kalau kita punya anak yang sekolahnya bareng. Misalnya si kakak lulus SD, si adik masuk SD. Mantap jiwa. 

Usia ketiga anak saya, masing-masing bedanya itu 3 tahun. Jadi nanti ada satu waktu dimana semuanya masuk sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Si abang kuliah, Si Kakak SMA, Si Adik SMP. Saya sampe ngga berani bayangin berapa puluh juta uang yang harus saya dan suami sediakan buat sekolah ketiganya *mendadak pusing*. 

Kita bisa membuat skala prioritas dari arus pengeluaran uang THR. Bisa tuh diurutin dari yang paling prioritas, sampai yang ngga terlalu penting. Karena berbarengan sama tahun ajaran baru anak-anak sekolah, kita bisa memasukkan biaya sekolah anak di urutan pertama atau prioritas utama. 

Kalau yang ikutan asuransi pendidikan sih biasanya tiap jenjang bakal keluar uang asuransinya. Kalau yang ngga ikutan asuransi, ya memang mau ngga mau harus menyisihkan dari pendapatan yang ada. Apapun caranya, mau ikut asuransi, mau pake celengan ayam, mau naro di bawah bantal, pas waktunya anak bayaran ya harus diusahakan ada. 

Setelah biaya sekolah yang ada di prioritas pertama, boleh lah masukin baju lebaran atau biaya bikin ketupat, opor, dan kue lebaran di prioritas kedua. Beli baju lebarannya yang sepantesnya aja ya. Biasanya buibu bakal duluin baju lebaran anak dan suami ketimbang dirinya sendiri. Beli bajunya yang sesuai dengan kemampuan aja, jangan maksa mau beli baju branded di mall padahal budgetnya ngga cukup. Inget buibu, masih ada hari lain setelah lebaran. Ngga mau puasanya nambah sebulan lagi kan. 

Berburu Diskon 

Ini sih kedoyanannya buibu ya. Saya juga kok. Dimana-mana semua ibu atau perempuan itu suka banget hunting diskonan. Bisa beli barang bagus dengan harga super murah, itu prestasi banget. Diskon 30% aja disamperin apalagi yang diskonnya sampai 70% coba. Bikin buibu pada kalap belanja. 

Tapi, ngga begitu juga ya buibu. Jangan mentang-mentang diskon gede-gedean, trus belinya juga jor-joran sampai berkatong-kantong. Ngga boleh gitu juga ah. Belilah barang diskon kalau kita emang bener-bener butuh, bukan karena pengen. Kalau ngga direm, ya sama aja dong boros-boros juga. 

Mau berburu diskon tapi tetap bermanfaat? Coba deh mampir ke Alfamart. Karena di sana lagi ada Pak Rahmat yang baik hati mau bagi-bagi produk dengan harga cuma 500 rupiah aja. Seriusan ini. Caranya gimana? Cukup datang ke Alfamart, terus bubibu belanja produk sponsor senilai 75.000 rupiah aja. Produk sponsornya pun kebutuhan sehari-hari yang pasti kita pakai. Jadi ngga ada istilahnya boros dan berlebihan.





Nah, pas di kasir, kita bakal ditawarin buat tebus murah cuma dengan uang 500 rupiah aja. Barang yang bisa ditebus diantaranya; 
  • Tango Wafer Kaleng 385g 
  • Nissin Wafer Choco Kaleng 330g
  • Sirup Marjan 460ml 
  • Sirup ABC Spesial Grade 485ml
  • Alfamart Kurma Premium 350g
  • Tropical Minyak Goreng 1 liter
  • Sunlight Jeruk Nipis 800ml 
  • Rinso Antinoda 900g
  • Downy Liq Refil 370ml 
  • Daia Detergent 900g
  • Easy Liq 800ml
  • Alfamart Facial Tisu Soft Pack 700g
  • Disney Princess Charm and Bracelets



Tuh, banyak banget kan yang bisa kita tebus cuma dengan uang 500 rupiah aja. Belanja kebutuhan bulanan aja di Alfamart, sambil diperhatiin produk yang kita ambil termasuk produk sponsor apa bukan. Buat lebih jelasnya, lihat aja flyer di bawah ini yaa. Kalau perlu disave jadi nanti pas belanja ngga bingung. 



Promo Tebus Murah dari Pak Rahmat ini berlangsung sampai 30 Juni 2017 aja loh buibu. Masih ada waktu sekitar 2 mingguan lagi. Jadi bisa dikira-kira dulu di rumah, apa aja yang udah abis. Terus, beli deh kebutuhan yang memang diperlukan. 

Atau, buat yang belum bikin hantaran lebaran, bisa tuh beli produknya di Alfamart, trus dijadiin parcel deh. Produk tebus murahnya buat kita. Asik kan. Mungkin ada yang mau ngasih parcel ke supir, mba tukang gosok di rumah, tukang sayur, atau mamang ojek. Berbagi di bulan suci kan ngga akan bikin kita rugi. Buktinya, kita masih dapet produk seharga 500 rupiah aja. Berkah kan. 



Setelah sesi tebus murah yang kedua selesai, ternyata Alfamart bikin yang sesi ketiganya loh. Kaya sinetron ya ada sesinya :) Sesi ketiga ini, prromnya Home Care yang pasti kita butuhkan juga di rumah. Promo Home Care berlangsung hingga 15 Juli.



Satu lagi dari Pak Rahmat nih. Buat yang ikutan tebus murah, struk belanjanya jangan sampai dibuang ya. Karena di ekor struk ada kode yang bisa kita ikutsertakan dalam undian berhadiah utama Datsun Go-Panca. Iya bu, itu mobil. Beneran mobil. Duh, duh, agak deg-degan gitu deh kalo soal undian berhadiah gini. Takut menang 😂😂. 

Nah, udah tahu kan ya kalau uang THR itu harus digunakan untuk kebutuhan yang memang benar-benar diperlukan. Jadi please ya buibu, THR suami jangan diabis-abisin gitu aja. Manfaatkan benar-benar buat keperluan kita selama Hari Raya dan setelahnya. Ingat, masih ada hari yang harus kita lewatin setelah lebaran. 




48 komentar:

  1. Hayuuu cari diskonan ah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuk, hidup emak-emak modis (modal diskon) :)

      Hapus
  2. Ini baru bijak. Hehehehehe :D Jadi sisa THR bisa buat keperluan lain atau ditabung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, baiknya emang sebagian ada yang ditabung yaa.

      Hapus
  3. Langsung cuuus ke Alfamart. :D

    BalasHapus
  4. Klo aku 70% pesti niatnya pengen ditabungin ka uci
    Barulah sisanya boleh buat foya foya, eh maksudnya seneng2,....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh, keren banget. Aku juga pengen ditabungin, biar ada simpanan pas butuh nant dibutuhkan.

      Hapus
  5. Wah asyik ThR cair..Berburu diskon hehe..Tapi memang haus dianggarkan misalanya di simpan beli emas sebagian kecilnya, kan jadi investasi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya juga yaa. Beli logam mulia kali yaa. Investasi yang menguntungkan.

      Hapus
  6. Emang godaan kalo THR udah turun. Dengan Pak Rahmat kita jadi bisa hemat ya Mak :)

    BalasHapus
  7. Hihihihii.. jleb banget baca judulnya. Ampunnn.. Okesip, aku mau belajar utk enggak abisin THR suami, dgn lebih cermat belanja kebutuhan lebaran. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha.... curcol banget yaa. Biasa kan kalo buibu rumah tangga yang baru dapet THR dari suami, suka kepengen beli ini itu :)

      Hapus
  8. Ngga cuma kebutuhan dapur, saya sih baju juga cari yang diskonan. Pokoknya prinsip ekonomi harus dipraktikkan, dengan biaya seminim-minimnya harus bisa dapat barang sebanyak-banyaknya. Haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhaha... bisa bangett deh. Mau dapet banyak barang dengan harga yang minim, ya emang harus cari diskonan.

      Hapus
  9. Diskonan yg bikin happy nih mba. Aku mau nyoba period slanjutnya...�� Kmaren nebus minyak goreng seliter... Cuma 500 rupiaah ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. asikk kan bisa beli minyak cuma pakai uang 500 rupiah aja

      Hapus
  10. Ada pak rahmat, thr aman ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman, kalau belanjanya ngga nyambung ke mall :)

      Hapus
  11. Kepala pusing lihat tulisan SALE dan DISKON hahaha Mangkanya abis dapet THR tabungin deh ah, yang penting buat zakat dan sedekah sudah dialokasikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, zakat dan sedekah harus didahulukan sebelum belanja

      Hapus
  12. Kadang suka kalap sih yaa kalo udah ada coretan di price tag 😁😁
    Untung ada Pak Rahmat yang menyelamatkan THR 😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa.. iyaa.. betull. Walau diskonnya cuma 1000, kayanya buibu suka pada ngga tahan yaa :)

      Hapus
  13. Berat ya jadi ibu, jatah dari suami harus pintar2 di siasati

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibu harus serba bisa, termasuk bisa nyimpen uang :)

      Hapus
  14. Kalo ada promo biasanya suka kalap ni. semoga bisa lebih memperhitungkan pengeluaran meskipun mendapatkan THR. hehehhehhe. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga masih suka kalap kalo ada diskonan, tapi mau berusaha berbubah ah demi tabungan :)

      Hapus
  15. Unaaa^^ Aku kenapa ya kalau lihat Una jadi inget anakku. Mungil2nya sama.
    Ngomongin lebaran yang berbarengan sama masuk sekolah, kujuga pusing Mba, hahaha. Wafa masuk TK kok mahal amat ya biayanya. Padahal baru masuk Tk loh. Makanya akhirnya THR disisihkan sebagian ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Una sekolahnya tahun depan, semoga bisa nabung nih emaknya.

      Hapus
  16. eh ide bagus juga nih buat bikin parcel lebaran, deket rumah ada alfa lagi.., thanks infonya Ci!

    BalasHapus
  17. Tips nya ngena banget ini, hehe. Harusnya disisihin dulu sih yang buat ditabung, baru sisanya dipakai buat belanja

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya gitu yaa, tapi kadang suka luupa :)

      Hapus
  18. Memang repot mbak kalau mau menjelang lebaran, namanya saja lebaran, berarti uang memang untuk di lebarin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk... iyaa, tapi klo diabis-abisin aja bisa manyunn deh abis lebaran karena keabisan uang :)

      Hapus
  19. dah habisssssssssssssssssssssssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. akuuuhh, masih ada tapi dikitttttt :)

      Hapus
  20. Aaaakk itu pilihan produk hadiah tebus murahnya banyak banget ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuk, masih ada waktu buat tebus murah :)

      Hapus
  21. Udahlah dapet THR, gajian pun dimajuin.
    Kalau gak pinter2 mah abis lebaran gigit jari.. Hahah
    Tfs yah mbaa

    BalasHapus
  22. THR langsung dibagi-bagi, yang dapet THR malah gak belanja apa-apa hihihihi.

    BalasHapus
  23. Enak ya, kalo punya keluarga dapet THR bisa ngumpul semua. Saya punya keluarga yang kerjanya di kereta api. Tiap lebaran harus dinas karena bukan pegawai tetap. Tapi THR nya malah pasti awet, hehehe

    BalasHapus
  24. Aku udah lama ga kerja kantoran,jadi hampir lupa rasanya dapet thr hihi

    BalasHapus
  25. Aku thr nya malah habis buat ongkos mudik di 2 kota

    BalasHapus
  26. Emang diskon pas mau lebaran banyak banget. yah jadinya banyak maunya deh.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...