badge

Sabtu, 12 Agustus 2017

ASI & MPASI, Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Si Kecil



Kalau dipikir-pikir, waktu kok cepat banget berlalu. Kayanya baru kemarin hamil anak pertama, ngerasain mual parah, dan sempat pendarahan sampai harus bedrest. Dramanya banyak dan kalau dipikir perjuangan banget jaga si bayi yang ada di dalam perut. Tapi pas dia lahir, semua perjuangan dan lelahnya kebayar. Senang, terharu, sedih, semuanya campur aduk. Sekarang, si sulung usianya udah 10 tahun aja. Sudah punya 2 orang adik juga lahir 3 dan 6 tahun setelah kelahiran si sulung.


Merasakan 3 kali hamil, melahirkan, dan menyusui merupakan pengalaman yang ngga akan pernah saya lupain. Seumur hidup. Kayanya semua ibu bakal begitu deh. Mana bisa ya kita lupa momen dimana kita mempertaruhkan nyawa demi si bayi mungil yang di dalam perut, supaya dia bisa keluar. Sekarang, kalau ada yang nanya kapan nambah anak lagi, hmmm.. senyumin aja dulu deh. Bukannya ngga mau, tapi saat ini 3 anak udah cukup bikin rumah rame setiap hari. Walau kadang suka mupeng juga sih kalau liat bayi yang baru lahir. 

Menyusui, Dimana Bonding Ibu dan Anak Tercipta 

Setelah fase hamil dan melahirkan yang penuh warna dan perjuangan, ibu bakal masuk di fase berikutnya. Menyusui. Dan saya termasuk yang kekeuh buat kasih ASI Eksklusif ke anak-anak saya. Saya sempat gagal di anak pertama. Karena waktu itu masih kerja jadi si anak pertama kena susu formula sejak usianya bahkan belum 1 bulan. Saya tetap kasih ASI tapi setelah pulang kerja dan pas mau berangkat kerja. 

Anak kedua, saya kaya balas dendam. Karena saya pun udah ngga kerja di luar lagi, jadi ngga ada alasan buat ngga kasih ASI Eksklusif. Anak kedua ini anak yang paling susah lahirnya karena sempat diinduksi dan bikin saya pendarahan sampai hampir pingsan. Setelah dia lahir, masih ada masalah. Si bayi ngga bisa minum ASI. Ada masalah dalam usus kecilnya, yang bikin dia memuntahkan semua ASI karena emang ngga bisa dicerna. Akhirnya, di usia yang baru 11 hari, dia harus masuk ruang operasi dan usus kecil yang abnormal harus dipotong. Saya, yang masih dalam kondisi nifas dan jahitan di jalan lahir yang belum kering, harus bolak balik masuk ruang NICU. Alhamdulillah, operasinya berjalan lancar. Kini, si anak kedua usianya udah 7 tahun. Sehat dan aktif luar biasa. 

Anak ketiga, sukses dapat ASI hingga 2 tahun. Bagi saya, ASI adalah anugerah besar dari Allah yang harus kita syukuri. ASI adalah hak bayi yang harus kita berikan. Makanya kadang saya suka sedih banget deh kalau ada ibu yang ngga bisa menyusui. Lain ceritanya kalau si ibu ngga bisa menyusui karena memang adalah masalah kesehatan. Tapi bagi ibu yang sehat, bugar, dan ngga punya masalah apa-apa tapi enggan buat kasih ASI ke bayinya, saya kok jadinya kesel banget. Ada loh ibu yang ngga mau menyusui karena takut badannya jelek, Ya Allah. Padahal pendapat kaya gitu sama sekali ngga ada benarnya. 
Menurut Dr. dr. Damyanti R Sjarif , Sp. A (K) "Asupan terbaik bagi bayi di usia 0 hingga 6 bulan adalah ASI, namun menginjak umur enam bulan ke atas bayi juga memerlukan MP-ASI (makanan pendamping ASI) untuk melengkapi kebutuhan zat-zat nutrisi lainnya. Banyak terjadi kesalahpahaman di antara para orangtua tentang pengenalan sayur dan buah yang lebih diutamakan, dibandingkan melengkapi kekurangan ASI terhadap energi, protein, lemak serta vitamin dan mineral, yang paling dibutuhkan oleh anak untuk tumbuh-kembang terutama otak di usia ini adalah zat gizi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan mikro (vitamin dan mineral) yang lengkap, cukup dan seimbang.”


ASI merupakan makanan terbaik buat bayi. Nutrisinya tak terhingga dan ngga ada yang bisa menyamakan. Dengan ASI, bayi usia 0-6 bulan nutrisinya bakal terpenuhi walau ngga makan. ASI jadi makanan terpenting dalam hidup bayi. Sekarang udah banyak rumah sakit yang pro ASI. Jadi, ketika bayi dilahirkan langsung diletakkan di atas dada sang ibu. Inisiasi Menyusu Dini (IMD), menjadi momen dimana si bayi merah itu mencari makanannya sendiri. Di situlah momen yang paling mengharukan. Kalau saya, cuma di anak ketiga aja yang melewati proses IMD. 

Momen menyusui juga selalu penuh warna. Waktu baru-baru mah PD saya sampai lecet, perih, bahkan berdarah-darah. Mood ketika menyusui juga harus terjaga banget. Jangan sampai pas menyusui dalam keadaan marah atau kesal. Karena itu sangat berpengaruh sama kualitas ASInya. Itu kenapa, dukungan dari pasangan (suami) sangat penting. Suksesnya ibu menyusui, ngga lepas dari support pasangan dan keluarga.  

Ibu yang menyusui bayinya juga bakal punya bonding (ikatan) yang lebih kuat, dibanding dengan yang ngga menyusui. Saat kita menyusui bayi, pasti ada sentuhan antara kulit kita dan bayi. Bayi bisa merasakan detak jantung ibu, begitupun sebaliknya. Bayi menatap wajah ibu dan merekamnya, kalau bayi udah bisa ngomong, dia mungkin akan bilang 'oh, ini ya ibu saya yang cantik'. Pandangan cinta ibu pada bayi ketika menyusui bisa membuat bayi nyaman. 

Makanya, sayang banget ya kalau ada yang ngga melewati fase menyusui. Karena artinya momen terdekat dengan bayi terlewat sudah. 

MPASI, Pelengkap Nutrisi Untuk Bayi 

Setelah usia bayi masuk 6 bulan, saatnya kasih nutrisi tambahan. Karena bayi makin besar, tentu bayi butuh makanan yang lebih variatif. Ini penting buat bantu pertumbuhannya. ASI tetap diberikan namun memberikan makanan pendamping tetap diutamakan.

Menurut Dr. Damyanti dalam acara talkshow bertema "Solusi Untuk Menjawab Kebutuhan Nutrisi Anak" bayi usia 6-12 itu kebutuhan harian zat besinya itu mencapai 11 mg dan itu ngga cukup didapatkan dari ASI aja. Sumber zat besi itu bisa didapatkan dari daging merah, ikan, hati ayam, sayuran berwarna hijau, dan kacang-kacangan. Pemberiannya masih dalam porsi kecil aja karena kebutuhan bayi juga masih belum banyak. Untuk sayur dan kacang-kacangan karena banyak mengandung serat, sebaiknya pemberiannya itu dikombinasikan dengan sumber vitamin C seperti tomat atau jeruk. Supaya penyerapan zat besinya lebih cepat.


Dr. Damayanti juga menegaskan kalau bayi itu boleh diberikan makanan keluarga. Maksudnya makanan yang kita makan. Jadi, jangan terpaku sama tren makanan bayi tanpa garam, gula, yang pada akhirnya si bayi jadi ngga doyan makan. Lah kita aja ngga mau makan makanan hambar gitu, apalagi bayi. Bayi boleh diperkenalkan dengan makanan-makanan indonesia, tapi tentu ada caranya. Kan ngga mungkin juga bayi usia 6 bulan makan rendang. Kita bisa buat makanan keluarga yang kita biasa dimakan dalam bentuk bubur. Tinggal blender aja sampai benar-benar lembut dan bisa dimakan.

Prinsip MPASI kan mengenalkan makanan keluarga dengan tekstur yang disesuaikan dengan kemampuan oromotornya. Jadi, ngga ada salahnya mengenalkan makanan lokal. Dari bayi diajarin buat cinta makanan Indonesia daripada makanan luar.

Pengalaman Bikin MPASI Sendiri

Anak pertama saya pertama kali makan di usia 4 bulan, sedangkan yang kedua dan ketiga makan di usia 6 bulan. Ceritanya mengikuti anjuran dokter aja sih. Alhamdulillah, ketiganya ngga pernah ada masalah di soal makan. Makanan apa aja yang saya buatkan pasti dimakan.

Saat baru pertama makan, saya memilih biskuit bayi yang dilembutkan sama air. Anaknya lahap banget makannya. Makan biskuit itupun ngga lama, setelah saya rasa biskuit ngga cukup, saya bikin bubur saring. Masih inget banget betapa rempongnya kalau pagi-pagi. Setelah shalat subuh, saya udah di dapur buat bikin bubur. Sekali bikin itu buat 2 kali makan. Biasanya saya mencampur nasi, sayur, daging atau ayam atau ikan. Setelah itu masih harus diblender untuk dapetin tekstur yang halus. Ngga mau juga lah kalau si bayi keselek karena tekstur makanannya masih kasar.

MPASI yang berisi campuran nasi, hati ayam, wortel, dan brokoli

Selain bubur nasi saya juga kasih variasi makanan. Tujuannya supaya si bayi ngga bosan. Buah yang dihaluskan atau pure itu yang paling gampang. Biasanya saya kasih buat selingan. Selain pure, saya juga kasih bubur manis kaya bubur sumsum yang ngga pakai santan. Sebagai ibu pejuang MPASI, bikin variasi makanan itu penting banget deh. Supaya si bayik ngga bosen sama makanannya. Makanya, saya rajin banget ngumpulin resep MPASI demi si bayi. Banyak banget referensinya, tinggal pilih yang paling mungkin dieksekusi. Biasanya milih yang bahannya ngga susah dicari dan cepat bikinnya.

Nah, kalau buibu bikin MPASI gimana sih? kalau saya sih pakai cara tradisional yaitu masak pakai panci dulu atau dikukus dulu pakai kukusan, setelah itu baru deh pakai blender buat menghaluskan. Kadang kalau teksturnya masih kasar, saya saring lagi pakai saringan. Repot emang, tapi kan saat itu saya emang ngga punya alat khusus buat bikin MPASI. Ya udah lah ya, manfaatin barang yang ada.

Dan saya baru tahu kalau Philips AVENT punya produk khusus yang namanya 4-in-1 Healthy Baby Food Maker. Sebuah produk inovatif yang menggabungkan fungsi kukus, blender, defrost, dan reheat (menghangatkan) dalam satu produk. Dengan produk ini, kita bisa menyiapkan MPASI dengan lebih mudah dan cepat. Bahan-bahan makanan bayi bisa langsung dikukus dengan tingkat kematangan yang lebih rata tanpa harus direbus dulu. Pas lihat dan coba produknya, saya kok jadi mupeng pengen punya bayi lagi *lahh* maksudnya pengen punya produknya juga. Kan bisa juga dipakai buat bikin bubur atau pure buat una.


Rangkaian Produk Philips AVENT Untuk Ibu dan Bayi 


Philips AVENT 4-in1 Healthy Baby Food Maker


Seperti yang saya udah jelaskan di atas, kalau produk inovatif dari Philips AVENT ini worth it banget buat menyiapkan MPASI jadi lebih cepat. Selain cepat, kita bisa hemat tenaga. Karena dengan satu produk ini kita udah bisa mengukus, menghaluskan, defrost, dan menghangatkan sekaligus.

Bahan-bahan makanan untuk bikin MPASI tinggal dicuci bersih, lalu masukkan ke delam Food Maker untuk dikukus. Setelah itu, tinggal angkat dan putar posisi wadah 180 derajat dari atas ke bawah. Posisi ini fungsinya buat melumatkan bahan makanan yang tadi udah dikukus supaya bubur.

Produk ini yang mencuri perhatian banget. Karna kan selain buat bikin makanan bayi, bisa juga bikin makanan dewasa. Pakai food maker ini bikin pure atau bubur jadi gampang dan cepat.

Philips AVENT Comfort Electric Breast Pump



Nah, kalau produk ini udah famous banget di kalangan ibu-ibu pejuang ASI. Electric Breast Pump ini akan bantu ibu-ibu dalam memerah ASI. Buat ibu pekerja yang masih menyusui, electric breast pump dari Philips AVENT ini akan menghemat tenaga ketika memerah ASI.

Dulu, saya sempat parno kalau pakai pompa ASI elektrik kaya gini. Ada rasa khawtair kesetrum dan kualitas ASInya jadi berbeda karena diperah pakai listrik. Tapi, pas anak kedua yang terpaksa harus dioperasi dan masuk NICU, dimana dia masih ngga boleh minum ASI, mau ngga mau saya harus perah ASI. Dokter yang menangani bayi saya memang meminta saya buat perah ASI. Nantinya pas di bayi udah boleh minum ASI, saya punya stok.

Di rumah sakit, yang disedikan cuma pompa ASI eletrik. Ya udah mau ngga mau ya harus dipakai. Pas dipakai, malah enak. Hasilnya ngga beda dari perah pakai alat perah manual yang mirip terompet kecilnya tukang roti itu loh.

Dengan Philips AVENT Comfort Electric Breast Pump ini, ibu bisa memerah ASI dengan lebih nyaman. Desainnya ngga bikin pegel karena bantalan pijat yang lembut buat merangsang ASI. Ada 2 jenis pompa yang bisa dipilih, single dan double.

Philips AVENT Fast Bottle Warmer 

Philips AVENT Fast Bottle Warmer


Produk ini adalah penghangat botol berisi ASI. Kalau stok ASI kan pasti ditaruh di kulkas atau freezer. Kan ngga mungkin dingin-dingin gitu langsung dikasih ke bayi. Kita harus hangatkan dulu ASI yang dingin itu sebelum diberikan ke bayi.

Dengan Fast Bottle Warmer ini, ASI bisa cepat hangat hanya dalam waktu 3 menit aja. Bayi pun jadinya ngga nangis karena kelamaan nunggu susunya.


Philips AVENT 3-in-1 Electric Steam Sterilizer 

Produk yang difungsikan untuk mensterilkan botol bayi. Mampu menstrilkan botol hingga 6 sekaligus dengan waktu steril yang cuma 6 menit. Alat ini mampu membunuh kuman berbahaya hingga 99,9%. Botol bekas ASI atau susu kan suka ada bekas susunya. Kalau ngga buru-buru dicuci, bisa dipastikan kalau botolnya jadi sarang bakteri. Dan kalau sampai masuk ke tubuh bayi, bisa berabe deh.

Keempat produk inovatif dari Philips AVENT ini emang jadi solusi bagi buibu yang punya bayi dan balita. Produknya pun awet. Blender di rumah merknya Phillips dan udah saya pakai 7 tahun lamanya. Masih bagus dan awet. Termasuk produk yang diciptakan khusus bagi ibu dan bayi, Philips AVENT. Rangkaian produknya udah teruji dan berkualitas. Makanya, banyak banget yang pakai.

Bagi yang sedang mencari atau butuh produk dari Philips AVENT, bisa loh cari-cari di JD.id karna sedang banyak promo dan potongan harga, termasuk untuk produk Philips AVENT Steamer dan Blender. Atau kalau mau cari tahu dulu tetang produk Philips AVENT bisa kunjungi sosial media Philips AVENT. 




18 komentar:

  1. Mumpung masih muda ci, masih mupeng liat bayi yg baru lahir kan?? Biar Husna ada temen #eh.. hihihi..

    BalasHapus
  2. Anakku pun juga gitu. Menunya ganti2. Apalagi dia mulai ngerti, jadi hanya mau makan sama apa yang dimakan ortunya. :)

    BalasHapus
  3. Mpasi memang penting banget. Soalnya kalau maksain cuma ASI, yang ada dia malah kurus. Kadang dia masih belum kenyang, ASI udah nggak mau keluar, kaya yang dialami adikku.

    BalasHapus
  4. saya juga masih pakai saringan atau blender bikin MPASI buat si kecil. tiap malam begadang jadinya. he

    BalasHapus
  5. Seru ya bikin MPASI sendiri,bisa bebas berkreasi dengan tetap melihat komposisi gizi. Salam Uchi:)

    BalasHapus
  6. baby ku sekarang udah 9bln biasanya aq buat bubur pakai slow cooker trus abis itu harus aq saring lagi pakai saringan bubur. jadi mupeng sama Philips AVENT 4-in1 Healthy Baby Food Maker keliatannya praktis banget

    BalasHapus
  7. aaah lengkap banget produk Avent... jd inget masa lalu....paling seneng ngumpulin perlengkapan ASI dan MPASI

    BalasHapus
  8. aku rajin banget deh klo urusan MPASI apalagi sering wawancara ahli gizi percuma dong kalau nggak dipraktekin hehe. Makin variatif and mengakomodir kebutuhan bayi ya produk Avent. Buat aku perlengkapan bayi yang punya kwalitas baik itu jd tambah semangat kasih kebutuhan baby.

    BalasHapus
  9. Wah dulu aku bikin mpasi buat anak2 masih manual banget nggak pake alat macem2. Sekarang mah enak ya emak-emak banyak kemudahannya. Pasti jadi lebih rajin bikin homemade mpasi buat buah hati tersayang.

    BalasHapus
  10. canggih banget.. pingin deh buat beli philips avent

    BalasHapus
  11. Dulu pas anakku MPASI, sampai beli buku juga agar MPASI bisa disukai anak. Asik ya skarang makin banyak kemudahan untuk bisa menikmati MPASI

    BalasHapus
  12. Asyik juga itu ya bisa 4 in 1. Aku harus siap-siap peralatan MPASI nih 1,5 bulan lagi Shanum 6 bulan. Masih mikir mau nyobain BLW tapi nya...

    BalasHapus
  13. Philips Avent ini udah inceran banget buat aku calon penganten. Berharap ada yg ngasih ini pas nikahan besok :p

    BalasHapus
  14. canggih alatnya ya, tp kk dulu the bestnya pakai saringan hahaha

    BalasHapus
  15. Dan skrg aku kangen momen2 indah menyusui. Mendekapnya dipelukan dan pangkuan saat sedang mimik asi. Matanya menatap kita penuh cinta, jari jemari mungilnya bermain-main di dada dan wajah kita. Aaaaaakkkk love banget!

    BalasHapus
  16. produk philips memang jaminan.... saya dulu juga pake

    BalasHapus
  17. Semua produk philips emang berkualitas deh..ini aja setrika philips warisan alm.Mama lebih dari 17th masih awet.

    BalasHapus
  18. Dulu waktu mau kasih kado ke temen yang baru melahirkan, banyak yang rekomendasiin produk Philips. Emang bagus yaa :))

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...