badge

Rabu, 11 Oktober 2017

Belajar Soal Saham Bereng ARO


Saham. Dengar katanya udah berasa ribetnya. Iya, ribet bagi awam kaya saya. Bayangin punya saham aja kayanya ngga pernah deh. Bagi saya, saham itu investasinya bos-bos, konglemerat, atau para esmud yang eksklusif kaya CEO-CEO Start-Up. Kalau pas nonton berita dan lagi bahas saham, mending skip aja daripada mumet.


Ngomongin soal saham ini, saya jadi inget deh pernah nonton filmnya Merry Riana. Dimana dia bisa sukses di negara orang dengan investasi saham. Jadi ceritanya kan, Merry Riana itu terpaksa 'lari' dari Indonesia ketika tragedi 98, ketika kerusuhan terjadi dimana-mana. Warga tionghoa diburu dan dibunuh. Tragedi paling buruk yang terjadi di orde baru. Saya juga ngerasain lari-lari di tengah dentuman bom, duh ngeri lah kalau diinget-inget. Demi menyelamatkan diri, Merry Riana dipaksa pindah ke Singapura oleh orangtuanya. 


Survive di negara orang dimana ngga punya uang banyak, memang berat banget. Setelah mencoba berbagai kerjaan, akhirnya saham lah yang membuat Merry Riana akhirnya sukses. Filmnya keren banget menurut saya, sampai sekarang masih inget aja jalan ceritanya. 

Jadi, masalah saham itu ribet, ya masalah kita yang awam ini. Yang ngga pernah mau tahu soal saham, ngga mau mencoba tahu soal saham, dan ngga mau belajar soal saham. Saya sih itu atau buibu atau kamu yang juga sama kaya saya. Kita ngga akan pernah tahu bahkan tertarik kalau ngga mencoba dekat dan cari tahu. Walaupun ngga pengen terlibat soal saham, ya setidaknya cari tahu dulu aja sih.


Makanya, pas diajak ke acara Launching sebuah aplikasi saham di Bursa Efek Jakarta, saya pun ngga nolak. Sebenernya pengen datang karena emang penasaran sama saham. Belum kepikiran sih kalau harus investasi saham, tapi setidaknya saya bisa kenalan dulu sama saham. Kalau kata pepatah kan, tak kenal maka tak sayang. Jadi better ya kenalan dulu, yes. 

Aplikasi saham yang diluncurkan ini namanya RHB Trade Smart with ARO dari PT RHB Sekuritas Indonesia. Sekilas soal perusahaan sekuritas ini dulu ya. Jadi, RHB Sekuritas merupakan bagian dari RHB Banking Group, grup layanan finansial terintegrasi terbesar keempat di Malaysia. RHB Trade Smart ini aplikasi perdagangan saham pertama di Indonesia.


Aplikasi ini punya fitur yang friendly soal saham. Dengan fitur ARO (Assisted Robo Optimization), investor dan trader dibantu ketika mengambil keputusan dalam transaksi sahamnya secara real time. Fitur ARO juga bisa memberikan rekomendasi saham secara mudah, cepat, dan cerdas. Dalam fitur ARO kita bisa menemukan beberapa fitur lagi, diantaranya;
  • ARO Signal. Informasi tentang saham-saham yang menjadi trading di pasar setiap hari dan ada trading signal BULL, HOLD, dan BEAR. Jadi kita bisa tahu apa yang sedang hot di pasar. 
  • ARO Library. Berisi indikator dan parameter tambahan yang detail mengenai saham yang mendapat notifikasi, jadi para trader dan investor bisa memiliki trading plan yang lengkap. 
  • ARO Technical. Berisi parameter tambahan Automatic Support, dan Resistance untuk membantu mengambil keputusan dari trader terhadap sinyal rekomendasi ARO. Dapat dijadikan panduan ketika mau beli atau jual. Sebagai panduan harga support atau resistance saham secara otomatis, tanpa harus membuka chart yang ribet. 

Kalau menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat literasi masyarakat Indonesia akan pasar modal, serta tingkat utilitas produk pasar modal itu masih rendah banget kalau dibandingkan dengan negara lain. Selain data dari OJK, ada data lagi dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menunjukan kurangnya minat masayarakat Indonesia terhadap saham. Jumlah investor pasar modal yang tercatat hanya ada sekitar 600.000 saja. Jumlahnya sangat minim ya kalau dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. Kondisi inilah yang mendorong BEI menggerakkan kampanye 'Yuk Nabung Saham'. Tujuannya mengajak masyarakat untuk mulai kenalan dan mau berinvestasi di pasar modal.

Chan Kong Min, Presiden Direktur PT RHB Sekuritas Indonesia
Presiden Direktur PT RHB Sekuritas Indonesia, Chan Kong Min juga turut hadir dalam peluncuran aplikasi RHB Trade Smart. Dalam sambutannya, Chan Kong Min mengatakan kalau hadirnya aplikasi saham ini untuk memudahkan masyarakat mengenal lebih banyak soal saham. Atau bagi mereka yang mulai tertarik dan ingin berinvestasi saham.

Saat peluncuran aplikasi saham ini ada Merry Riana yang didaulat jadi Duta RHB. Kenal dong siapa Merry Riana itu. Perempuan hebat yang mampu survive di negara orang dengan investasi saham. Kisahnya dijadiin film dan mampu menginspirasi banyak orang.



Ketika sesi tanya jawab, saya bertanya 'ketidakmengertian' saya soal saham. Jujur aja kalau saya awam banget soal saham. Saya bertanya pada Merry Riana soal newbie yang mau investasi saham, apa yang harus dilakukan. Dengan gaya penyampaian khas motivator, Merry pun menjawab pertanyaan 'polos' saya. Jadi, saat ada pemula yang mau belajar investasi saham yang perlu dilakukan adalah
  • Unduh aplikasi RHB Trade Smart with ARO dulu :) 
  • Setelah itu, mulai kulik dan perhatikan pergerakan saham 
  • Saat ada istilah yang ngga dimengerti, coba cari tahu lewat mesin pencarian. Atau, bisa juga bertanya sama teman yang sudah lebih dulu kenal dengan saham. 
  • Jangan langsung beli saham. Karena kita harus pelajari dulu, mana saham yang bagus dan yang tidak. Pesannya Merry, perhatikan aja dulu jangan langsung buru-buru beli. 
  • Setelah paham, kita bisa mulai investasi saham. Beli semampunya aja dulu, ngga usah gragas pengen beli banyak tapi modalnya ngga ada. Itu malah nantinya bikin susah. 
Menurut saya, apa yang dikatakan Merry Riana itu benar sih. Saat kita mulai tertarik sama investasi yang satu ini, kita ngga boleh buru-buru. Harus dipelajari betul-betul. Jangan sampai yang maunya untung, malah buntung a.k.a rugi, ngga enak kan. Jadi better, kita belajar dulu lewat RHB Trade Smart with ARO. Dipelajari betul-betul kalau memang tertarik mau mulai investasi pakai saham. Ngga ada salahnya juga nanya-nanya sama temen yang duluan kenal dan investasi saham.



Kalau kata Merry Riana, ketakutan masyarakat buat investasi saham itu karena menganggap risikonya yang terlalu tinggi. Padahal sebenarnya, risiko itu muncul karena kurangnya pengetahuan seseorang akan produk investasinya. Hadirnya RHB Trade Smart with ARO ini, setiap orang bakal dapat akses informasi dan kemudahan untuk investasi. Apalagi buat yang sibuk dan ngga sempat mengamati perkembangan saham. ARO akan bantu dengan memberikan rekomendasi, jadi bisa jadi bahan pertimbangan buat yang mau investasi. 

RHB Trade Smart with ARO ini bisa diunduh gratis di playstore bagi pengguna android, apple store bagi pengguna Iphone, dan bisa diunduh versi desktopnya juga. Lengkap. Setelah unduh, apa yang harus kita lakukan? 
  • Sign up dengan isi data diri, lalu scan kartu tanda pengenal.
  • Buka email buat lihat password dan username sementara untuk membuka aplikasi 
  • Proses pembukaan rekening saham sesuai dengan aturan BEI akan dilakukan
  • Tunggu verifikasi dari call centre, untuk melakukan verifikasi data dan proses Know Your Customer (KYC), menunggu nomor dan kode investor dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), serta Rekening Dana Investor (RDI) yang dikeluarkan dari Bank-Bank ternama di Indonesia
  • Akan ada dokumen lengkap yang dikirimkan ke alamat kita. Tanda tangani dokumen tersebut dan kirimkan kembali ke Kantor Pusat RHB Sekuritas Indonesia di Wisma Mulia Lt. 20, Jalan Gatot Subroto No. 42 Jakarta
  • Setelah semua proses verifikasi selesai, kita akan menerima Investor ID (SID) beserta nomor rekening investor (RDN)
  • Kita bisa melakukan transfer dana dan mulai trading saham dengan panduan dari ARO
Gimana, udah ada gambaran soal saham? kalau masih bingung juga, ikuti yang dikatakan Merry Riana aja. Belajar pelan-pelan, kulik aplikasi RHB Trade Smart with ARO dan mulai mencoba fitur-fiturnya. Kalau udah yakin, baru deh buka rekening dan mulai ikutan investasi. Perlu info lebih banyak? sila kunjungi websitenya RHB Sekuritas Indonesia aja yes. Karena banyak informasi yang bisa kita dapatkan. Selamat belajar tentang saham yaa. Kalau ada yang berhasil, sharing-sharing yes. Biar banyak yang terinspirasi juga :)



Website 
https://rhbtradesmart.co.id



41 komentar:

  1. Iya Teh, belajar saham apalagi langsung nekad investasi saham itu ngeri2 sedap, emang harus banyak baca dan nanya ke yang sudah berpengalaman supaya tau celahnya. Dan ARO ini sepertinya bisa banyak bantu para Pemula ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya aku banyak nanya sama kamu, yang udah duluan kenal sama saham. Biar ngerti :)

      Hapus
  2. Sangat membantu bagi pemula yang ingin mencoba investasi saham. Fitur2nya juga langkahnya tidak menyulitkan. Inovasi yg kece dari RHB

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting ada kemauan buat belajar aja ya teh

      Hapus
  3. Mudah ya ternyata, tinggal download sudah ada informasi saham2 apa saja yang pergerakannya bagus. Selanjutnya tinggal belajar cara menganalisanya bagaimana, harus banyak belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak belajar dulu, pas ngerti ngga ada salahnya nyoba ikutan investasi saham :)

      Hapus
  4. Aku lagi ngulik appsnya juga nih Mba Uci, mayan jadi belajar saham dengan cara mudah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, asik nih nia mau investasi saham yaa

      Hapus
  5. jaman skrg dah canggih, utk ikutan inves saham aja ada aplikasi yg memudahkan & semuanya dilakukan secara online. Aku yg ngga ngerti jadi penasaran buat belajar & nabung saham lebih lanjut :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti udah ada renacan mau investasi saham ya kak :)

      Hapus
  6. Keren ya ada aplikasinya juga jadi penasaran mau investasi saham juga niy

    BalasHapus
  7. saya udah belajar saham sejak 2015. ya sekarang masih belajar terus dan terus mbak, kalau transaksi ya udah seringlah , kapan dirasa pas, langsung masuk ke pasar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. keren, bagi-bagi pengalamannya dong :)

      Hapus
  8. Jaman sekarang udah semakin dipermudah dengan teknologi. Tinggal kitanya yang pandai memanfaatkan teknologi dan selalu terus belajar dan mencari ilmu ya, Mbak. Investasi saham ini masih jadi ketakutan terbesarku dalam investasi. Alasannya sederhana sih, karena gak ngerti. Makanya sekarang harus belajar dan memanfaatkan teknologi yang ada ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun baru menjajaki aja, sambil nanya-nanya ke teman yang udah punya saham :)

      Hapus
  9. wah langkah yang gampang diikuti ya dengan melihat fitur- fiturnya yang ada. Jujur awam masalah ini. Inovasi yang patut diapresiasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, supaya semua bisa belajar saham :)

      Hapus
  10. Mulai ada gambaran soal saham nih. Thanks for sharing ya mbaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga next tertarik sama saham ya :)

      Hapus
  11. Yups setuju sama kata - kata Merry Riana, emang kudu pelan - pelan belajarnya soalnya kan menyangkut uang dan untung2an juga sih. MR aja butuh waktu berbulan - bulan kan supaya bisa dapet klien :p

    BalasHapus
  12. padahal aku dulu pernah jadi sekretaris marketing division perusahaan saham, sampe sekarang tetep aja berasa ngeri gitu buat main saham ahhahaha, tapi ini ngeliat review ini kok tertarik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wihh.. aie udah pengalaman dong yaa.

      Hapus
  13. Dulu suka banget maen saham, tapi kemudian ngerasa emosiku belum stabil saat langsung trading, jadinya sekarang pilih reksadana aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, reksadana juga kudu belaja nih. Investasi itu banyak banget macemnya ya :)

      Hapus
  14. akooooh mau banget belajar saham ... ikutan aaaah

    BalasHapus
  15. Berkat applikasi ini, setidaknya jadi tahu dan bisa belajar tentang investasi saham ya mbak. Gak seribet yang dibayangkan

    BalasHapus
  16. Investasi di saham butuh sabar telaten. Ga boleh panik lihat harga yang naik turun. Selamat mencoba, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih belajar dan mengamati dulu :)

      Hapus
  17. Itu Robot ARO ada dimana-mana ih.. gemes

    BalasHapus
  18. Keren ih, dah main saham sekarang ya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih belajar dulu teh :) kali nanti bisa beneran punya saham

      Hapus
  19. wOw sekarang kalau mau inves di saham makin mudah yes, apalagi buat orang awam. Kalau dulu kayaknya gampang banget 'ketipu'. Tapi dengana Apps ini setidaknya orang awam bisa memahami dengan mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, karena appsnya diawasi sama pihak sekuritas langsung. Jadi aman :)

      Hapus
  20. Dari dulu belajar saham, gak pinter-pinter. Mungkin aku butuh ARO juga...

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...