badge

Rabu, 29 November 2017

Belajar Lewat Sebuah Cerita Bersama CERDIK



"Lala mengajak SingSing piknik di tepi sungai, tiba-tiba mereka mendengar suara teriakan meminta tolong. Lala berusaha untuk menolong tapi ......"



Mata abang, kaka, dan una tertuju pada sebuah cerita di layar tablet. Antusias mereka sama seperti sedang mendengarkan kisah abinya yang ketika kecil suka main ke sawah, plus angon kerbau. Kisah Lala dan SingSing juga menarik perhatian mereka. Kisah seorang anak perempuan bersama teman ajaibnya yang bisa berubah wujud. 
Cerita yang disaksikan #thetazakka adalah cerita yang didapatkan dari sebuah frame berisi sebuah kartu. Bukan sembarang kartu, karena kartu itu adalah kartu AR (Augmented Reality) yang bisa hidup. Ya, bisa hidup dengan bantuan aplikasi. Namanya So Good CERDIK (Cerita Digital Interaktif). Dengan bantuan aplikasi yang diunduh ke gadget, anak-anak bisa menyaksikan sebuah kartu berubah menjadi buku cerita digital. Di dalamnya ada cerita dimana semua tokohnya hidup layaknya animasi. Ada narator bersuara merdu yang menjadi pemandu jalan ceritanya. Anak-anak jadi lebih paham dengan jalan ceritanya.



Lala dan SingSing adalah satu dari 3 seri cerita So Good CERDIK. Selain Lala dan SingSing, ada seri Umbo Larage, dan seri Chika & Chiko. Tapi seri cerita yang dimiliki #thetazakka masih belum lengkap. Satu seri cerita itu ada 4 part. Rencananya, saya akan terus cari sampai bisa punya kesemua serinya. Jangankan mereka, saya juga senang banget bisa nonton animasi yang asalnya hanya dari selembar kartu. Menurut saya, inovasinya juara banget. Anak-anak sampai terkagum-kagum lihat kartu yang discan tiba-tiba bisa hidup.

Bagaimana caranya sebuah kartu bisa menjadi hidup, mengeluarkan suara dan cerita, lalu menghipnotis anak-anak, mengikuti jalan cerita hingga akhir? 




Unduh aplikasi So Good CERDIK di Play Store atau bisa klik gambar di atas ya untuk bisa langsung unduh. Setelah diunduh, bisa langsung dibuka saja ya aplikasinya.




Pilih seri yang sudah dimiliki. Bisa dicocokin saja sama gambarnya. Cerita yang mau dilihat harus sama dengan kartu yang dimiliki. Karena kalau ngga sama, aplikasinya ngga mau lanjut. Jadi, pastikan kartu dan seri cerita yang dipilih sama yes.  


Nah, kalau cocok pasti kartunya akan langsung berubah jadi buku cerita deh. Abang, kaka, dan una sudah mulai senang nih karena kartunya berhasil berubah jadi buku. Supaya lihat ceritanya lebih seru, tombol 'AR' nya dinonaktifkan saja. Jadi frame yang berisi kartunya itu ngga perlu dipegangin. Ceritanya akan tetap berlanjut kok. 


Dan cerita pun dimulai. Kisah Lala dan SingSing, bikin mereka anteng banget. Ngga sabar lihat cerita-cerita yang lain. Tuh, sampai dipegangin satu-satu framenya. 'Abis Lala, Umbo ya bun' kata abang. 'Abis Umbo, Chika Chiko ini ya bun' kaka ngga mau kalah. Bundanya cuma bisa bilang 'iya, gantian aja ya, kan tabletnya cuma ada satu' 

Bunda ngga kalah excited pengen nonton cerita Lala dan SingSing

Kartu AR dari So Good CERDIK ini bisa didapatkan setiap pembelian So Good kemasan 400gram atau yang bertanda khusus. Karena memang anak-anak suka banget sama nugget, jadi di rumah memang selalu punya stock nugget. Apalagi kan, abang sama kaka setiap hari bawa bekal makan siang. Kalau saya lagi ngga sempat masak, So Good ini penyelamat banget dan dijamin anak-anak suka. Karena kan emang enakk.

Nugget Favoritnya Anak-Anak

Kenapa Harus Bercerita 

Saat bayi sudah mulai bisa mengenali lingkungan sekitarnya, biasanya dia akan kasih respon ketika ada yang menarik perhatiannya. Mungkin sekitar bayi itu berusia 2 atau 3 bulan lah yaa. Si bayi sudah bisa mencari dan memberikan respon ketika mendengar suara. Saat usianya masuk 4 bulan, dia mungkin sudah ngeh ketika ada yang panggil namanya. Ahh.. milestone bayi dari masa ke masa memang yang paling menarik buat diperhatikan. Apalagi kalau kita bisa jadi orang pertama yang jadi saksi 'kebisaan' mereka. 

Hampir semua bayi itu senang banget kalau diajak ngomong. Kadang kitanya yang kewalahan kalau bayi pengennya diajak ngobrol terus. Karena senang diajak ngobrol, bayi pun senang juga kalau dibacakan cerita. Sampai mereka beranjak besar, anak-anak paling senang dengar cerita, misalnya saja kaya dongeng. 

Begitu pun sama #thetazakka. Mereka suka banget kalau dengerin cerita dari bunda atau abinya. Kadang mereka yang minta buat diceritakan masa kecil bunda sama abinya. Kalau lagi dengerin cerita, mereka suka excited sambil senyum-senyum sendiri. Tanya ini itu, terus heboh sendiri. Senang banget kalau bisa berbagi cerita sama mereka.

Bercerita itu bagus banget untuk memperbanyak kosa kata yang dimiliki anak. Selain kosa kata, imajinasi mereka pun jadi lebih terasah. Mereka jadi lebih kreatif dan selalu punya ide-ide yang menarik. Cerita mampu meningkatkan daya imajinasi anak yang ngga pernah ada batasnya. Jangan heran kalau ada anak yang bercerita soal kuda yang bisa terbang, rumah yang mengambang di udara, atau tentang hujan permen. Ngga ada yang pernah salah dengan imajinasi anak.

Manfaat So Good CERDIK Bagi Anak 

Cerita Digital Interaktif yang diciptakan oleh So Good ini ngga cuma memberikan hiburan. Bagi anak-anak, cerita bergambar apalagi yang bisa menghasilkan suara itu menarik. Mereka yang awalnya ngga peduli, bisa tiba-tiba terpaku dan menyaksikan cerita bergambar itu.

Menurut saya, inovasi yang diciptakan So Good bisa menjadi sarana belajar bagi anak. Anak ngga cuma terhibur dengan sajian animasi yang keren. Tapi, ada pelajaran yang bisa diambil dari sebuah cerita yang mereka lihat.
  • Ada banyak kosa kata yang diucapkan narator dan itu bisa jadi tambahan kosa kata bagi anak-anak. Kemampuan bahasa, terutama bahasa Indonesia yang baik dan benar anak-anak pun akan terlatih dan lebih baik. 
  • Selain kemampuan bahasa yang akan teralatih, anak-anak juga mendapatkan pelajaran soal sikap dan moral. Cerita Lala dan SingSing, mengajarkan anak untuk membantu teman ketika teman mendapatkan kesulitan. Melatih anak untuk senantiasa peduli pada lingkungan sekitar. Empati anak juga dilatih supaya nantinya anak terbiasa peduli, bahkan pada hal-hal yang mungkin dianggap sepele. 
  • Mengenalkan anak pada ragam budaya. Pada cerita Umbo Larage, rasa budayanya terasa sekali. 
  • Mengenalkan bentuk, warna, dan suara. Untuk anak balita kaya Una, 3 hal itu selalu menarik. Apalagi kalau ketiganya digabung menjadi satu, seperti cerita-cerita yang ada di kartu CERDIK. 
  • Jika mereka ditemani nontonnya, maka akan terjadi kedekatan emosional antara anak dan orangtua. Saat #thetazakka nonton Lala dan SingSing, saya ikutan menemani. Momen ngumpul seperti itu yang membuat saya jadi lebih dekat dengan anak-anak. 
Seru deh, mainan sama kartu CERDIK dari So Good. Abang, kaka, dan una sih udah nagih buat beli So Good lagi, supaya kartu CERDIKnya jadi lengkap. Dan mereka bisa tahu lanjutan-lanjutan cerita dari kartu CERDIK yang sekarang mereka punya. Rasa penasaran anak-anak itu kadang bikin greget. Tapi ya begitu deh anak-anak. Selalu punya cara buat senang, bahagia, happy. Kalau kata Kirana 'happy selalu yaa' 




7 komentar:

  1. Oooh ternyata kalo tombol AR nya digeser kita ga perlu ngarahin kamera gadget ke frame terus ya? Ceritanya tetep bisa jalan ya? Langsung praktekin ah.
    Oh ya mbak, satu cerita terdiri dari 2 part kayanya bukan 4 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, jadi ngga pegel peganging terus 😀
      1 judul ada 2 part, 1 part isinya 2 part. Jadi total 1 judul ada 4 part, aku gabungin aja mba jumlahnya ;)

      Hapus
  2. Aku juga mainan ini, bareng ponakan karena GazaRo kan belum bisa main hape hehehe. Trus aku jadi exited gitu, maklum waktu kecil kan gak ada mainan model begini kwkwkw.

    BalasHapus
  3. Kreatif ya.. bisa menggugah selera makan... pas banget nih buat stok di rumah

    BalasHapus
  4. Fatih senang dengan aplikasi ini, ceritanya seru dan mengajarkan kebaikan, kasih sayang dang pantang menyerah ya

    BalasHapus
  5. Fatih senang dengan aplikasi ini, ceritanya seru dan mengajarkan kebaikan, kasih sayang dang pantang menyerah ya

    BalasHapus
  6. Makasih infonya,Kak. Jadi bisa beli nih kalau udah punya pasangan :)) wkwkwk *eh

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...