badge

Minggu, 17 Desember 2017

Menjaga Asupan Sehat Selama Hamil, Demi Bayi Sehat Ketika Lahir


Menjaga Asupan Sehat Selama Hamil. Perempuan punya 4 fitrah yang ngga bisa dialihkan ke laki-laki yaitu: menstruasi, hamil, melahirkan, dan menyusui. Keempat fitrah itu cuma bisa terjadi sama perempuan dan ngga bisa dialihtugaskan ke laki-laki. Makanya, perempuan itu jadi makhluk Allah yang paling istimewa dari mahkluk lainnya. Jadi, kita harus bangga yaa jadi perempuan.



Dari keempat fitrah yang saya sebutkan di atas, yang paling istimewa adalah hamil. Momen hamil itu adalah momen yang paling istimewa buat semua perempuan. Yang tadinya makan ya buat diri sendri, pas hamil ya makannya buat berdua. Ada janin yang harus diberi makan supaya bisa tumbuh jadi bayi yang sehat. Ada nutrisi yang perlu dilengkapi supaya perkembangan janin dari bulan ke bulan itu sesuai. Maksudnya sesuai itu adalah sesuai dengan tahapan perkembangan yang seharusnya. Misalnya aja ketika bulan keempat, janin sudah mulai berbentuk menjadi bayi dan sudah mulai bergerak. 

Drama Saat Hamil 

Sudah 3 kali hamil dan melahirkan, bikin saya tahu gimana rasanya momen itu. Walau banyak dramanya, tapi tetap excited menjalani semua prosesnya. Yang paling ngga enak sih memang morning sickness karena bikin capek dan perut rasanya ngga enak banget. Tapi itu terjadi di trimester pertama aja. Setelah melewati trimester pertama, semuanya jadi enak. Jelang HPL, baru deh mulai ngga enak tidur, karena perut makin besar dan bayi di dalamnya juga sepertinya sudah ngga betah di perut. Makin banyak bergerak yang bikin jadi mules.


Kehamilan anak pertama dan ketiga, saya lewati dengan baik-baik aja. Keduanya juga lahir dengan sehat. Nah, di kehamilan kedua yang menurut saya paling banyak dramanya. Saya jadi sangat sensitif dan mood swingnya ngga bagus banget. Akibatnya, saya jadi suka nangis, kesal, dan marah ngga jelas. Pas waktunya lahiran, si bayi susah keluar karena jalan lahir ngga nambah sejak pembukaan pertama. Jeda dari pembukaan pertama ke pembukaan sepuluh itu hampir seminggu. Sungguh luar biasa deh merasakan mulas dalam waktu seminggu. 

Ketika dilahirkan, si bayi keliatannya sehat. Tapi ternyata dia punya kelainan di usus. Sedihnya luar biasa ketika dokter memberikan opsi buat operasi. Yang harusnya saya bahagia karena punya bayi yang lucu, tapi semua kaya mimpi buruk. Bayi merah saya harus masuk ruang operasi buat diperbaiki ususnya. Atreshia Jejunum yang membuat dia ngga bisa minum ASI, harus dibuang dan kemudian disambung. Setelah operasi, si bayi merah saya itu akhirnya bisa minum ASI. Badannya perlahan menggendut dan lucu. Hingga hari ini, si nomor dua tumbuh sehat dan aktif melebihi dari Abang dan Adiknya. 

Bunda Peduli Asupan Sehat 

Ibu hamil itu harus peduli dengan asupan yang masuk ke dalam tubuhnya. Ibu hamil memang ngga ada pantangan makanan apa-apa, tapi tetap harus dijaga. Kalau ada yang bilang ibu hamil ngga boleh makan seafood (karena katanya bisa menyebabkan bayi autis), ternyata itu ngga benar. Ibu hami boleh makan apa aja asal dalam batas yang wajar. Jangan berlebihan, karena kan yang berlebihan itu ngga baik. 




Pentingnya menjaga asupan sehat bagi ibu hamil, Blackmores membuat kampanye Bunda Peduli Asupan Sehat (PAS). Tujuannya, agar para ibu hamil sadar akan pentingnya makanan atau asupan yang bergizi bagi dirinya sendiri dan bayi yang sedang dikandung. Karena nyatanya, masih banyak sekali ibu hamil yang belum teredukasi soal pentingnya nutrisi selama masa kehamilan.


Blackmore mengadakan sebuah event pada 9 Desember 2017 yang lalu. Event ini dihadiri oleh ratusan ibu hamil beserta suami yang setia mendampingi. Acaranya sendiri diisi dengan seminar edukasi kesehatan ibu hamil. Narasumber yang dihadirkan adalah mereka yang kompeten dan memang ahli dibidangnya. Narasumber yang pertama ada Ibu Lanny Kuswandi, seorang pakar Hypnobirthing dan juga founder Hypnobirthing Indonesia. Ibu Lanny memberikan materi bagaimana ibu bisa relaks saat proses melahirkan. Kan banyak tuh ibu hamil yang strees ketika HPL sudah mulai dekat. Ketakutan ini itu yang menyebabkan proses persalinan jadi terkendala.



Hypnobirthing adalah gabungan dari dua kata, Hypnosis dan Birthing. Hypnosis adalah pemberdayaan energi jiwa bawah sadar untuk tujuan memprogram ulang rekaman-rekman negatif yang sudah terekam di jiwa bawah sadar. Sedangkan Birthing adalah proses persalinan. Ibu Lannya mengatakan kalau banyak ibu hamil yang stress dalam menghadapi proses persalinan. Karena, yang terekam dari sebuah proses kelahiran adalah sakit. Ngga semua ibu hamil itu beruntung menjalani proses persalinan yang cepat. Ada yang lama, kaya persalinan kedua saya yang harus dibantu sama infus buat merangsang mulas. Proses persalinan yang sampai pakai obat rangsang itu yang luar biasa sakitnya. Kalau ngga kuat banget, mungkin ibu bisa pingsan karena kehabisan energi.

Ibu Lanny, mengajak peserta yang hadir untuk melakukan Hypnobirthing. Jelang persalinan, ibu hamil itu harus rileks. Ngga perlu mikir yang macam-macam apalagi sampai takut melahirkan. Rileksasi yang diajarkan oleh Ibu Lanny adalah dengan meminta ibu hamil memikirkan sesuatu yang positif. Berkomunikasi dengan bayi adalah hal simple yang bisa dilakukan. Bayi yang siap lahir itu kan udah punya perasaan juga, karena memang sudah bernyawa. Minta si bayi untuk bekerjasama dalam proses persalinan dan ucapkan kata-kata yang positif.

Hypnobirthing punya banyak sekali manfaat. Selain agar proses persalinan ngga terlalu banyak drama, ibu hamil juga bisa jadi lebih rileks. Menurut Ibu Lanny, hypnobirthing bagi ibu jelang proses persalinan memiliki manfaat seperti:
  • Mengurangi risiko terjadinya komplikasi ketika persalinan
  • Mempercepat fase awal proses persalinan
  • Membantu ibu hamil yang mengalami hipertensi agar tidak terjadi risiko 
  • Mengurangi risiko tindakan operasi 
  • memeprsiapkan agar ibu bisa melahirkan normal, jika sebelumnya pernah melahirkan denga proses operasi caesar
  • Meperbaiki letak janin dengan teknik komunikasi
  • Mempercepat pemulihan pasca persalinan
Praktek Hypnobirthing
Hypnobirthing ngga cuma bermanfaat bagi ibu hamil, tapi juga bagi bayi. Ketika persalinan, bayi akan lebih tenang, mencegah persalinan prematur, meminimalkan trauma psikologis pada bayi, menjaga asupan oksigen pada bayi selama proses persalinan, dan juga bisa meningkatkan ikatan batin ibu, ayah, dan bayi sejak dalam kandungan.

Selain Ibu Lanny, ada dr. Bram Pradipta, Sp.OG yang juga Pengasuh Redaksi Kebidanan dan Kandungan di Klikdokter.com serta ada juga dr. Raissa E Djuanda, M.Gizi, Sp. GK dari Rumah Sakit Hermina Jatinegara dan Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah. Kedua dokter muda tersebut memberikan edukasi yang penting sekali buat ibu hamil, calon ibu hamil, dan ayah yang hadir.


Dr. Bram yang menemukan fakta kalau topik kehamilan adalah yang paling banyak dicari di situs klikdokter.com. Dengan kata lain, banyak orang yang mencari informasi seputar kehamilan. Menurut dr, Bram, nutrisi ibu hamil itu harus benar-benar tercukupi. Karena jika ngga terpenuhi, akan ada gangguan-gangguan kehamilan yang akan terjadi. Gangguan kehamilan yang dimaksud itu seperti ;
  • Pre-eklamsia da kelahiran prematur jika ibu hamil kekurangan zinc dan magnesium
  • Anemia jika kekurangan zat besi dan vitamin B12
  • Pendarahan yang berlebihan saat melahirkan jika kekurangan vitamin K
  • Keguguran atau bayi lahir mati jika asupan yodium tidak memadai 
  • Rabun senja jika selama kehamilan kekurangan vitamin A
Franda, seorang selebritis yang juga istri dari Samuel Zilgwyn yang tengah hami ini ikut berbagi pengalaman kehamilannya. Menurut Franda, ibu hamil itu rentan banget percaya sama mitos. Apalagi mitos dari orangtua-orangtua dulu. Tapi Franda juga ngga serta merta percaya gitu aja sama mitos yang beredar. Makanya, Franda jadi banyak tanya juga soal kebeneran mitos pada narasumber yang hadir. Misalnya aja, apa benar ibu hamil ngga boleh makan rawon, ngga boleh makan durian, nanas dan lain sebagainya. Menurut dr. Raissa, mitos itu ngga benar. Karena ibu hamil itu ngga ada pantangan, yang benar itu ngga boleh berlebihan dalam makan sesuatu.

Dr. Raissa yang seorang spesialis Gizi Klinik mengungkapkan  kalau masih banyak ibu hamil yang belum terlalu aware soal kecukupan gizinya. Akibatnya, ada saja kendala selama masa kehamilan serta ketika proses persalinan.

Menurut Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, ada prevalensi risiko Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada ibu hamil yang jumlahnya 24,3%. KEK ini adalah status gizi kurang yang disebabkan olehh kurangnya asupan nutrisi dalam jangka waktu yang cukup lama. Kondisi KEK ini biasanya terjadi pada wanita usia subur yaitu 15-45 tahun.

Salah satu indikator kehamilan yang sehat adalah berat badan. Pencapaian dan pengaturan berat badan yang ideal dan penerapan pola hidup yang sehat dengan gizi seimbang itu ternyata sangat dibutuhkan. Terutama ketika sebelum, saat, dan setelah periode kehamilan. Tujuannya adalah agar kesehatan ibu dan janin itu lebih optimal.

Dr. Raisa berpesan pada ibu hamil untuk menjaga asupan nutris kalau ingin bayi yang nantinya dilahirkan sehat. Bukan berarti ngga boleh makan ini itu, tapi tetap dijaga aja. Seperti mengurangi makanan dengan kandungan garam, minyak, dan gula yang berlebihan, seimbang makan buah dan sayur, setidaknya lima porsi dalam sehari, makan sering namun lebih baik dalam porsi yang kecil-kecil, pilih makanan yang berkualitas, dan selalu perhatikan cara memasak makanan.

Di akhir acara, ada Kung fu Chef yang memasak menu sehat, khususnya buat ibu hamil. Dengan gaya khas seorang kung fu master, chef memberikan ide menu yang gampang buat dipraktekan di rumah. Kalau dalam kondisi hamil, kadang kan ada yang enggan masak. Malah ada yang mabok cium aroma masakan juga. Tapi kalau menu yang dimasak itu simple dengan bahan yang mudah didapat, ibu juga jadi bisa lebih cepat masaknya.


Asupan Sehat Buat Ibu Hamil

Selain berasal dari makanan dan minuman, ibu hamil juga bisa mendapatkan nutrisi dari suplemen atau makanan tambahan. Blackmores, sebagai brand produk multivitamin punya produk unggulan bagi ibu hamil dan menyusui. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold merupakan suplemen dengan kandungan nutrisi essensial bagi tumbuh kembang bayi selama 1000 hari pertama kehidupannya.

Menurut Alvina Christanti selaku Medical Manager Blackmores, produk Blackmores yang dibuat khusus untuk ibu hamil dan menyusui ini punya nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan ibu dan bayi. Nutrisi alami yang berasal dari sayur dan buah tetap harus dipenuhi. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold dengan kandungan esensialnya, menyempurnakan nutrisi yang lainnya.



Ibu hamil itu kan butuh banyak nutrisi seperti asam folat, zat besi, kalsium, ioudium, serta asam lemak Omega 3. Semuanya dibutuhkan supaya janin dapat tumbuh dengan baik dan sempurna. Blackmore Pregnancy and Breast-Feeding Gold punya 4 keunggulan, yaitu;
  1. Nutrisi essensialnya sesuai dengan yang direkomendasikan oleh WHO untuk kehamilan yang sehat
  2. Memiliki kandungan odourless fish oil yang berasal dari sumber alami Omega 3 dari laut terdalam dan ngga berbau 
  3. Dosis tertinggi yang sesuai dengan pemenuhan dosis harian akan kalsium dan DHA/EPA
  4. Dosis yang diformulasikan berdasarkan rekomendasi pemerintah
Dulu, saya mikirnya nutrisi selama kehamilan sudah cukup dari makanan aja. Ternyata, ibu hamil juga butuh nutrisi esensial lain dari suplemen. Karena kan, ngga semua makanan yang dikonsumsi punya smeua kandungan esensial yang dibutuhkan ibu hamil dan janin. Next, kalau dikasih rezeki bisa hamil (lagi) saya akan menambahkan suplemen seperti Blackmores untuk asupan selama masa kehamilan. Setelah bayi lahir, lanjutkan untuk tetap konsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk nutrisi selama masa menyusui.


Buat yang sedang hamil, jangan abai sama nutrisi ya. Kadang kita merasa sudah cukup dengan konsumsi makanan aja, ternyata kita juga butuh tambahan nutrisi yang lain. Demi apa? demi kehamilan yang sehat, bayi yang sehat, dan proses persalinan yang sehat juga. Jadi, better tambahkan dengan minum supleman khusus ya buibu. Kan harapan semua ibu hamil adalah bayi lahir dengan sehat dan ngga kekurangan satu hal pun.



Untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan, sila kunjungi 

Website 
www.blackmores.co.id
Instagram 
@BlackmoresID
Facebook 
Blackmores Indonesia 






9 komentar:

  1. Penting banget tuh buat ibu hamil. Biar ibu dan dedeknya sehat terus sampai lahiran. :D

    BalasHapus
  2. Kalo udah hamil gak boleh egois ya. Semua nutrisi untuk calon bayi harus terpenuhi. Kalo blackmores ini ada gak vitaminnya yang sebelum hamil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ngga boleh egois, karena apa yang dimakan bumil ya dimakan juga sama bayi. Sebelum hamil bisa konsumsi Blackmores yang odourless fish oil 1000, kaya dengan omega 3 yang baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan reproduksi

      Hapus
  3. menjaga asupan selama hamil penting banget. apalagi kalau kita makannya susah. untung ada blackmores yaa jd bisa bantu

    BalasHapus
  4. alhamdulillah, sama mbak aku juga sudah 3 kali hamil dan melahirkan. Tidak ada pantangan makan juga sih, yang penting makan dalam jumlah sewajarnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, udah ngerasain gimana dramanya ibu hamil ya mba. Melelahkan tapi seru.

      Hapus
  5. Ternyata aku baru ngeh Blackmores ini dikonsumsi temen-temenku, makanya yg suplemen ibu hamil aku langsung kasih aja.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...