badge

Selasa, 09 Januari 2018

Tips Memilih Web Hosting


Tips Memilih Web Hosting. Bagi blogger, istilah 'Hosting' pasti sudah familiar banget yaa. Kalau ada blogger yang ngga ngerti apa itu hosting, ya belajar lagi aja. Di era digital  dan informasi terbuka lebar, mencari referensi untuk satu hal pasti gampang banget. Begitu juga pengertian hosting yang mungkin ada aja yang belum ngerti. Tapi, kalau ribet nyari-nyari referensi lagi ya tinggal baca posingan ini aja. Karena, saya bakal menjelaskan apa itu hosting, kegunaanya, serta tips memilih web hosting.


Pengertian Hosting 


Supaya lebih gampang dicerna, kita pakai perumpamaan aja yes. Hosting itu ibarat sebuah lahan yang kita gunakan untuk bangun rumah. Kan kalau bangun rumah tapi ngga ada lahannya, gimana deh. Ada juga yang menyebutkan kalau hosting itu adalah rumah. 
Jika dianalogikan, website adalah sebuah bangunan, maka hosting adalah sepetak tanah dan domain adalah alamat dari sepetak tanah tersebut. Sebuah hosting dari sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi (wikipedia)
Jadi, udah paham ya apa itu hosting. Biasanya, masih ada yang bingung perbedaan  domain dengan hosting. Domain itu 'alamat rumah' dari lahan yang kita pakai. Sedangkan hosting itu, lahannya.

Kegunaan Hosting 


Setelah paham apa itu hosting, sekarang kita cari tahu kegunaanya yes. Hosting diperlukan supaya kegiatan kita yang berhubungan dengn website itu berjalan lancar. Apalagi bagi sebuah perusahaan, usaha online, atau mereka yang penghasilannya dari internet. 

Bagi blogger yang ngeblognya di blogspot, boleh senang lah ya karena disediakan hosting gratisan. Google sebagai yang punya blogspot, menyediakan hosting bagi para bloggernya. Saya pun, saat ini sebenarnya masih pakai hosting dari blogspot. Tapi, ngga nutup kemungikinan juga next blog atau project saya bakal pakai self-hosting atau hosting berbayar. 

Kegunaan hosting secara umum adalah sarana penyimpanan. Bukan penyimpanan sepatu atau tas macam di mall itu ya. Tapi, penyimpanan data yang kita buat di website. Jadi gini, blogger itu kan pasti punya banyak postingan di blognya. Kalau ngga yang 'bertanggungjawab' menyimpan semua postingan kita itu, ya bisa hilang dong semua yang capek-capek kita tulis. Apalagi kalau di blog itu banyak data dan foto-foto kece yang kita ambil dengan penuh perjuangan, ahh... bisa ter-Audy (baca : menangis semalam) deh kita. 

Then, apalagi kegunaan hosting? memudahkan pengelolaan website yang kita gunakan. Penggunaannya jadi mudah karena punya kostumisasi yang dikelola oleh Control Panel (CPanel). Hosting yang kita beli sendiri juga biasanya akan memudahkan kita mengelola data. Misalnya aja kalau data-datanya mau dipidahin, kita bisa serahkan urusan itu ke penyedia web hosting yang kita sewa.

Tips Memilih Web Hosting 


Setelah kita tau apa itu hosting dan kegunaanya, sekaran giliran memilih web hosting atau penyedia web hosting. Saking jaman sudah makin digital dan serba online, mau nemuin apa-apa yang jadi mudah. Termasuk menemukan web hosting atau penyedia hosting yang ingin kita gunakan. 

Memilih web hosting itu mirip-mirip kaya milih pacar #ehh maksudnya ya ngga bisa asal pilih juga sih. Karena menyangkut kreatifitas dan ide kita nantinya yang dituang dalam sebuah blogpost. Harus dilhat dan dibandingkan dulu antar web hosting. Namun pada akhirnya, banyak yang memilih dari segi harga. Kalau buat sebuah perusahaan sih pasti ngga masalah kalau pakai yang paling mahal. Tapi kalau buat blogger yang penghasilannya 'tergantung' ya pasti adalah pertimbangannya. 

Jadi, apa yang perlu kita pikirkan sebelum memilih web hosting? 
  1. Kapasitas. It's a must point ya. Karena apalah arti sebuah hosting kalau daya simpannya ngga mumpuni. Ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita sebagai blogger. Kita butuh kapasitas yang berapa nih, 500 MB atau 1 GB. Makin besar penyimpanan, maka harganya akan makin mahal. Kalau pemakaian kita standar aja, 1 GB juga sudah sangat cukup kok. Biasanya, web hosting punya paket-paket yang bisa dipilih yang kapasitasnya berbeda-beda. Tinggal pilih aja mana yang sesuai. 
  2. Bandwith. Pengertian bandwith adalah besaran data transfer. Jadi, kita harus memastikan berapa bandiwth yang disediakan sebuah web hosting. Makin ramai blog kita diakses, maka bandwith yang disediakan oleh web hosting akan berkurang. Jadi, pastikan bandwith yang kita gunakan cukup. Apabila bandwith yang disediakan oleh server itu besar, maka web atau blog kita akan lebih cepat terbuka, karena server mampu mentransfer data lebih besar tiap detiknya. 
  3. Kecepatan. Ini yang ngga kalah penting. Pernah ngga kita main ke blog tapi blognya itu lamaa banget kebukanya atau malah ngga bisa kebuka. Itu kan nyebelin banget yaa. Bisa-bisa blog kita ngga mau didatangi lagi, sepi dong jadinya. Makanya, kecepatan itu sangat penting bagi performa blog atau website. 
  4. Support Centre. Bisa jadi, hosting yang kita sewa mengalami kendala satu hari nanti. Tapi, kalau web hosting menyediakan support centre atau service centre yang tanggap, maka kita ngga perlu khawatir. Pastikan web hosting yang kita pilih punya layanan dan support yang baik. Bisa dihubungi kapan pun dan dimanapun. 

Itu tips memilih web hosting kalau kita sedang berniat pakai hosting berbayar. Better cari rekomendasi dulu yes sebelum benar-benar beli. Lewat postigan ini, saya mau merekomendasikan salah satu dari sekian banyak penyedia web hosting yang ada di Indonesia.

web-hosting-niagahoster


Niagahoster, ada yang sudah pernah dengar? Belum? Ya, saya juga baru dengar kok. Kemana ajaa yaa, sampai ngga ngeh ada Niagahoster. Tahunya cuma yang itu dan yang itu aja. Jadi, Niagahoster adalah penyedia web hosting asal Indonesia yang memang pemain baru di dunia web hosting. Niagahoster hadir tahun 2013. Walau usianya baru jalan 5 tahun ini, tapi jumlah pelanggannya sudah mencapai 30.000. Prestasi ini yang bikin Niagahoster masuk dalam jajaran 10  perusahaan hosting dengan klien terbanyak di Indonesia.

Apa istimewanya Niagahoster dengan web-hosting lain? Niagahoster mengklaim bahwa harga yang mereka tawarkan adalah termurah. Niagahoster juga punya akses tercepat dengan garansi uptime 99,90%

Untuk sewa hosting, kita bisa membayar mulai dari 19.800 rupiah perbulannya. Ada 4 pilihan paket yang bisa dipilih. Keempatnya punya fitur berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan.


Untuk pengguna Wordpress, Niagahoster punya Server IIX yang handal. Cocok buat para pelaku bisnis, web developer, dan web designer. Layanan cPanel hosting standar industri dengan CloudLinux, SpamExpert, ratusan template, dan aplikasi website gratis.

Salah satu point penting dalam memilih web-hosting itu adalah support centre. Saat tiba-tiba website kita bermasalah, yang kita butuhkan segera adalah support centre. Niagahoster punya layanan pelanggan 24 jam yang bisa kita hubungi lewat telepon atau live chat.

Soal rating? 9/10 berdasarkan review pelanggan yang sudah menggunakan Niagahoster sebagai solusi kebutuhan hosting. Yang membedakan Niagahoster dengan web-hosting yang lain adalah Garansi Harga Termurah. Iyes, Niagahoster menjamin kalau harga yang mereka tawarkan adalah harga terbaik dan termurah. Malah, kalau ada yang menemukan harga lebih murah dari yang ditawarkan Niagahoster, maka pihak Niagahoster akan mengembalikan selisihnya.


Kesimpulan

Dari tips memilih web hosting yang saya tuliskan, hampir semuanya ada di Niagahoster. Maksudnya, kriteria web hosting yang bisa jadi jadi pilihan ada di Niagahoster. Silakan memutuskan yaa. Niagahoster sih menjamin kalau keunggulan yang mereka tawarkan pastinya berbeda dari yang lain.

O iya, mau tahu lebih banyak soal Niagahoster, sila kunjungi websitenya saja atau boleh juga tanya-tanya melalui support centrenya mereka.

www.niagahoster.co.id 

Call Centre
0274 - 29209443


1 komentar:

  1. Klo untuk saya sendiri sih yang pertama bandwidth, terus yang murah tentunya.
    Oia salah satu blog saya juga pakai Niagahoster dan sampai saat ini merasa puas.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...