badge

Minggu, 11 Februari 2018

Blogger Dapat Uang Dari Mana?


Blogger dapat uang dari mana? Ini pertanyaan yang selalu akan ditanyakan ketika ketemu orang, trus dia nanya 'kerjaannya apa?' Sebenarnya rada capek jelasinnya. Karena buat orang yang awam apa itu blogger, kadang perlu dijelasin panjaaaaaang banget. Dan itu makan waktu cyiin, belum lagi kalau merembet nanyanya. Makin ngga cukup lah waktu sejam buat jelasin. 

Saya bikin tulisan ini sebagai jawaban bagi yang ingin tau, gimana blogger dapat uang. Atau, bagi mereka yang mau mulai ngeblog karena ingin punya penghasilan. Materi ini juga yang jadi tema saat saya jadi narasumber workshop di beberapa tempat, termasuk waktu di Hongkong #ehmm


Kalau buat ibu rumah tangga, menjalani profesi sebagai blogger itu recomended menurut saya. Asal bisa bagi waktu dengan baik, Insya Allah 2 profesi (ibu rumah tangga & blogger) bisa dijalani beriringan. Tulisan ini juga bisa buat rekomendasi lah ya, kalau ada yang nanya soal penghasilan blogger, tinggal kasih link tulisan ini aja. Terus biarkan deh mereka baca.

Menghasilkan uang dari blog itu ngga secepat numis kangkung apalagi masak mi instan. Mi instan aja yang katanya fast food, mesti dimasak dulu dan ada prosesnya. Mulai dari beli minya, masak airnya, siapin wadah, buka mi, masukin bumbu, masukin mi ke air mendidih, dan nunggu mi matang. Sama kaya ngeblog. Semua butuh proses dan prosesnya harus dijalani dulu. Jangan berpikir, blogger yang penghasilannya belasan hingga puluhan juta itu bisa langsung ujluk-ujluk dapat uang segitu gedenya.

Blogger yang saat ini pengahasilan dari blognya udah banyak banget, awalnya pasti tekor duluan. Mulai dari beli domain dulu biar lebih profesional, cari-cari bahan tulisan di berbagai tempat, jajan dan nyobain makanan di resto atau kafe demi konten bagus, beli smartphone mumpuni, beli kamera biar fotonya bagus, dan banyak lagi. Itu semua BUTUH MODAL kan. Tapi itu semua bisa didapat sambil jalan dan konsisten.

Kaya saya nih misalnya, pengen banget punya kamera DSLR supaya foto di blog lebih bagus. Ya udah saya berdoa sambil terus nulis yang bagus. Ngga nyangka, ternyata salah satu tulisan saya terpilih sebagai satu dari tiga terbaik di Wings Journalist Award dan dapat hadiah kamera DSLR. Konsisten yang akhirnya mengahasilkan. Kalau kata quote, practice makes perfect. 


DSLR Hadiah Wings Journalist Award  :) 

Terus gimana soal blogger dapat uang dari mana? Based on experience dan hasil mengamati, karena saya anaknya observer banget, blogger mendapatkan penghasilan itu dari beberapa cara. Perlu digarisbawahi yaa, kalau ngga semua blogger melakukan semua cara yang saya share ini. Jadi tergantung yang paling cocok aja yang mana. Atau buat yang baru mau menjadi blogger, bisa lah dicoba-coba semua cara di bawah ini. Nanti pasti akan nemu mana cara yang sesuai.

Baca Etika Untuk Blogger 

1. Pasang Iklan 


Yang paling populer sih cara ini. Banyak orang awam yang mengira kalau blogger itu ya dapat uangnya cuma dari iklan. Ada 2 cara pasang iklan, yaitu lewat Advertising Networks dan Direct Advertising. Bedanya dimana? Advertising Networks itu jaringan layanan iklan yang menghubungkan blogger dengan brand. Jadi, Advertising Networks ini ibarat jembatannya. Tinggal daftar aja dan ikuti prosesnya. Nanti akan ada kode yang diberikan dan harus dipasang di blog. Pendapatan akan kita terima kalau ada yang klik iklannya, istilahnya Pay Per Click (PPC). Pendapatan itu ngga bisa langsung diterima loh ya karena harus dikumpulin dulu sampai batas minimal transfer. 

Asal sabar, cara Advertising ini sih lumayan menghasilkan juga walau lama. Karena kan ngga semua pengunjung blog mau klik iklan. Jujur sih kalau saya mah ngga pakai cara ini. Bahkan sejak pertama kali memutuskan jadi blogger. Jenis Advertising Networks yang paling populer dan banyak dipakai oleh blogger adalah Google Adsense (GA). Apa itu GA? sila googling sendiri yess. Kalau mau jadi blogger, awali dengan ngga males baca. 

Cara lain yaitu Direct Advertising. Cara ini adalah menawarkan langsung blog ke pihak pengiklan. Istilahnya jemput bola gitu deh. Tapi cara ini perlu effort yang lebih. Karena blogger harus membuat calon pemasang iklan tertarik sama blognya si blogger. Kalau blognya ngga menarik dan pengunjungnya sedikit, orang yang mau masang iklan bakal mikir juga lah yaa.

*Kemudian jadi ingat kasusnya Elle Derby :(

2. Sponsored Post 


Biasa disebut juga dengan istilah Paid Review. Cara ini adalah blogger menuliskan review sebuah produk atau jasa punya orang lain atau brand di blog. Di sini kemampuan nulis sebagai seorang blogger diuji. Blogger harus menulis dengan baik kalau mau terus 'dipakai'. Baik bukan berarti menjilat dengan nulis yang bagus-bagusnya aja. Tapi harus obyektif juga. Jika produk yang direview memiliki kekurangan, sampaikan dengan positif. 

Baca Creative Writing Bagi Blogger 

Bayaran untuk sponsored post ini biasanya deal-dealan. Maksudnya, ada kesepakatan antara pemberi job dengan blogger. Besarannya juga disesuaikan dengan kualitas dan popularitas blog. Makin populer blog yang dibuktikan dengan pageview yang bagus, makin besar juga fee nya. 

Cara ini yang sekarang banyak dipilih blogger. Ngga heran kalau banyak blogger yang isi blognya ya banyakan iklannya. Ada blogger yang mengemasnya dengan sangat soft (biasanya ini yang udah profesional), ada juga yang masih kaku dan terlalu 'iklan' banget.

3. Content Placement


Cara ini juga sering digunakan oleh blogger untuk mendapatkan penghasilan. Blogger hanya diminta untuk mempublikasikan artikel yang sudah jadi di blognya. Awal-awal monetize blog, saya pun menerima content placement. Bayarannya ada yang sudah ditentukan oleh pihak pemberi job, ada juga yang berdasarkan kesepakatan. Nominalnya pun bervariasi. 
Content Placement ada yang bisa direvisi oleh blogger untuk disesuaikan dengan bahasa blog si blogger itu sendiri. Ada juga yang saklek ngga boleh diubah. Nah, yang itu yang agak membuat blog jadi messy. Karena, bahasa yang digunakan di content placement yang diberikan itu biasanya kaku. Suka ngga sama dengan bahasa yang sering digunakan. 

4. Menghadiri Event / Blogger Gathering 


Ada sebuah sebutan buat blogger yang sering banget datang ke event, yaitu blogger spesialis event 😄😄 . Blogger jenis ini tuh rajin banget hadir dari event ke event. Kadang ya satu hari bisa 2 sampai 3 acara.

Event yang dihadiri itu kaya peluncuran produk baru, campaign, atau opening sebuah resto misalnya. Blogger biasanya diundang langsung atau datang karena undangan dari komunitas blogger. Blogger hadir mengikuti semua kegiatan di acara itu, lalu diminta untuk menuliskan review dari acara tersebut. Setelah itu, blogger akan mendapatkan fee sesuai perjanjian.

baca Tips Membuat Reportase Untuk Blogger 

Memang ngga semua event itu memberikan bayaran cash (baca : uang) ke blogger.  Ada yang sekadar memberikan pengganti transport yang jumlahnya pun kadang ngga tentu. Ada juga yang memberikan produk yang memang baru diluncurkan atau barang-barang yang lumayan bagus yang dimasukan ke dalam sebuah tas bernama 'Goodie Bag'. Ada sih yang kreatif dengan ngumpulin barang-barang Goodie Bag, then barangnya dijual atau dilelang.

Untuk blogger yang high level, biasanya sekali dihire ya ratenya udah sangat tinggi. Tapi jangan langsung pengennya kaya mereka

baca Merawat Hubungan Baik Sesama Blogger 

Itu 4 cara yang umum tentang bagaimana blogger mendapatkan penghasilan. Jadi, udah ngga pakai nanya-nanya lagi yaa. Pas saya tahu-tahu pasang foto lagi traveling kemanaa gitu, ngga perlu prasangka duluan. Mentang-mentang blogger sering dapat gratisan, semuanya dianggap gratis. Saya emang suka banget jalan-jalan, makanya dari penghasilan yang saya dapat dari ngeblog, sebagian saya tabung demi selembar tiket promo.


Buat newbie atau yang baru niat mau jadi blogger, banyak-banyak belajar aja. Jangan fokus cuma buat dapat duit, tapi fokus dulu buat branding diri as blogger. Nanti mah rezeki ngikutin kok. Percaya deh.

Makasih udah mau baca postingan tentang 'bloggerlyfe' saya sampai selesai. Sampai jumpa di tulisan 'bloggerlyfe' yang lainnya :) *tebar confetti*



47 komentar:

  1. Keren bgtt nih tulisannya. Jadi membuka wawasan buat yg membaca dan blm paham dgn blogger.Salut deh sama kakak suci yang imut², dari dulu selalu menginspirasi

    BalasHapus
  2. Bener mbak. Jadi blogger emang gak bisa instan. Aku pun mengalaminya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bener kan yaa. Karena semuanya perlu proses, kalau sabar pasti akan keliatan hasilnya.

      Hapus
  3. Makasih Kaka tulisannya sangat mengispirasi

    BalasHapus
  4. makasih sharingnya mbakk, banyak juga yah mbak lahan basah blogger,, xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal dijalani dengan bertanggungjawab dan profesional, 'lahan basah' nya bisa jadi berkah :)

      Hapus
  5. Bagus chi, emang nyebelin kalau ada yang nggak ngerti, blogger itu apa? kalau gue jawabnya yang cepet, "kayak wartawan" hahahaha mereka mangut mangut. udah nggak berisik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak aliya jalanin dua profesi sekaligus nih, jadi bisa tau kan yaa betapa blogger itu perlu berjuang dulu supaya bisa dikenal. Kalau wartawan bisa dengan gampang dikenal karena bawa nama kantor.

      Hapus
  6. Iya nih mbak, aku kadang suka bingung mau ngejelasin profesi sebagai blogger. Tiap harinya harus berkutat pada komputer dan hp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan blognya mba anisa udah bagus banget, bagusan juga trafiknya mba anisa daripada trafik blog saya :) tetap semangat ngeblog yaa mba

      Hapus
  7. Semua emang butuh proses ya Mbak :) Kalau konsisten dan berusaha dengan baik pasti penghasilan sebagai blogger juga semakin meningkat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul banget. Konsisten dan do the best :)

      Hapus
  8. Aku nomor 4 belum pernah, Mba. Maklum tinggal di gunung. Wahahaha.
    Setuju poin bahwa menjadi IRT dan blogger bisa banget beriringan. Manajemen waktu kuncinya. Jadi tambah semangat nih ngeblognya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok banget kalo IRT itu jadi penulis atau blogger. Pekerjaan yang paling mungkin dilakukan di rumah. keluarga keuurus, kerjaan beres :)

      Hapus
  9. gw paling fav kalo dapet paid review (yang ngga perlu dtg ke event) Ci, enak bisa kerja dari rumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, aku juga suka paid review asal yang direview cocok aja :)

      Hapus
  10. satu lagi, dari lomba (kalo menang) hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh iyaa, makasih mba udh ditambahin :) yang penting all out kalau ikut lomba, jangan setengah-setengah. Kalaupun ngga menang, kita puas karena sudah melakukan yang terbaik :)

      Hapus
  11. Saya banyak belajar dari teh Uci...

    BalasHapus
  12. Aku juga kadang udah bosen jelasinnya hahahaha. Nanti kalo ada yang nanya kasih link ini aja deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kalau tiba-tiba ada yang nanya soal blogger, tarik nafas dulu trus senyumin. Baru jelasin sekedarnya :)

      Hapus
  13. Klok ada yg nanyak ttg blogger terutama bagian dpt duit dr mana jd blogger ? Aku sodorin tulisan dikau ini ajalah nbk. Mewakili isi hati ampela *loh
    Makasih yak

    BalasHapus
  14. Mantap, terus bakal ada pertanyaan berapa penghasilan blogger? Huhu.. ini pertanyaan kadang bikin deg2 an

    BalasHapus
    Balasan
    1. dijawab aja mba, jangan deg-degan. Akumulasi dalam setahun xixixi :)

      Hapus
  15. aku jarang ikutan event mb hehee bentrok krn jg masi kerja pernah sx ikutan dan baru tau klo event tuh begitu 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana kesan-kesannya neng herva ikutan event blogger? :)

      Hapus
  16. ada beberapa blogger dapat duitnya dari adsense, ini yg konsen memang hanya ngejar adsense, ada juga blogger yg konsen di lomba blog, kalau beberapa food blogger beken malah ngejar duit sampingannya, jadi food fotographer atau food stylish atau ada yg jadi socmed specialist

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena di Indonesia, blogger belum terlalu bisa dijadikan mata pencaharian ya mbak. Ngga semuanya sih, karena ada blogger yang memang sudah famous ya cari uangnya lewat blog. Tapi perlu juga cari 'pintu' yang lain selain dari blogging. Makanya, ibu rumah tangga pas banget kalau mau jadi blogger karena bukan yang wajib cari nafkah :)

      Hapus
  17. wah orientasinya nyari duit ya, kalo saya tidak begitu berharap dapat penghasilan, karena cuma sekedar hobi saja tapi kalo dapet penghasilan ya untung deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya saya bilang, kalau memang mau mulai ngeblog tujuan utamanya jangan uang. Uang akan ngikutin kalau kita serius ngeblognya.

      Hapus
  18. Bikin semangat meroket, wush....
    Kalo mbaknya pengen kamera, saya pengen laptop.
    Makasi y mbk, salam kenal blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo cari-cari lomba blog berhadiah laptop, semangat yaaa. Salam kenal juga mbak Astria :)

      Hapus
  19. saya fokus mengembangkan blog dulu mbak, skearang memang ada GA di blog saya, tapi ya ga diharap juga, biar ada "hiasan" aja di blog dengan adanya iklan,

    nanti kalau sudah tinggi viewsnya baru saya akan coba 2 cara lagi, sponsore post dan post placement

    BalasHapus
    Balasan
    1. apapun caranya, lakukan dengn serius. Nanti hasilnya bakal keliatan kok. Yuk semangatt ngejar viewnyaa :)

      Hapus
  20. Saya juga kadang bingung menjelaskan jadi blogger itu dapat uang dari mana, tapi dg adanya tulisan ini jadi terbantu deh, tinggal didorong tulisan ini ajah

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelaskan sebisanya ya. Makasih udah mampir, salam kenal yaa :)

      Hapus
  21. Pertanyaan2 semacam itu memang kadang membuat kita agak gimana gitu. Tapi ya mau gimana lagi, mau nggak mau tetap harus menjelaskan. Kalo nggak ngerti juga itu urusan mereka. Haha

    Nice post Mbak Husna. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mereka bertanya biasanya karena penasaran. Jawab sebisanya tapi meyakinkan ya. Terima kasih buat kunjungannya :)

      Hapus
  22. Tulisannya mencerahkan buat yg masih bingung sang blogger dapat uang dari mana? hehe
    numis kangkung cepet banget tapi kan nyianginnya juga butuh waktu yaa kak :)) sering dibilang ih kok enak. Alhamdulillah

    BalasHapus
  23. Blogger dapat uang dari mana? ada banyak sekali jalan untuk blogger mendapatkan uang yaa, dan semoga yang kepo ingin nanya, memahaminya. Dan, untuk mendapatkannya juga gak instant. Ada banyak hal yang harus dilalui, salah satunya membuat blog. Hehehe

    BalasHapus
  24. dari lomba bisa juga ci..meski ga instant juga karena apapun itu tetap butuh ilmu dan usaha ya

    BalasHapus
  25. Setuju nih, mbak. Jadi blogger pun perlu proses hingga akhirnya bisa menghasilkan konten yang dibayar, nggak bisa dadakan kayak tahu bulat.

    BalasHapus
  26. Nanti kalo saya punya istri saya paksa jadi Blogger aja..Jgn di kantor,dirumah sambil ngetik kayanya ciamikk 😁😁

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...