badge

Minggu, 25 Februari 2018

7 Hal Kecil Yang Perlu Dilakukan Blogger Supaya Tetap Good Mood


Hal Yang Perlu Dilakukan Supaya Tetap Good Mood. Salah satu pekerjaan yang mungkin banget dikerjakan oleh ibu rumah tangga, salah satunya adalah ngeblog. Sekarang mah banyak ibu rumah tangga yang double job jadi blogger juga. Termasuk saya. 

Memutuskan buat fokus ngeblog ya berjalan gitu aja. Awalnya emang suka nulis-nulis cerpen, cerita non fiksi, dan artikel. Karena merasa nulis is a part of my life *ceileh* jadi ya sekalian aja diseriusin. Bukan cuma hubungan laki-laki dan perempuan aja perlu diseriusin, ya kan.



Sampai saat ini, saya belum punya buku solo sih. Dan mimpi bisa punya buku sendiri masih tetap ada, entahlah kapan bakal terwujud. Tapi dari hobi nulis,  saya udah punya 9 buku antologi. Hampir semuanya karena saya menang lomba nulis. Kemudian naskah para pemenang itu dijadikan buku. 

Sekarang udah jadi tahun keempat saya jadi blogger. Belum lama sih, kalau ibarat balita tuh lagi senang-senangnya eksplor sana sini. Udah mau masuk TK dan lagi banyak ngomong dan nanya. 

Ada banyak cerita dari 4 tahun perjalanan ngeblog saya. Ngga cuma yang senang-senangnya aja, yang sedih dan bikin sakit hati pun ada. Yah, namanya juga hidup kan. Pasti ngga bisa maunya bahagia terus. Pasti ada ngga enaknya dan kita ya harus terima. Semuanya bikin perjalanan ngeblog jadi makin hidup dan berasa. 

Beberapa waktu yang lalu, ada yang nanya ke saya 'pernah bosan ngga sih jadi blogger?' sambil senyum, saya jawab 'bosan sih ngga, tapi kadang suka bad mood aja' 

Beda ya antara bosan dan bad mood. Walau keduanya kata sifat yang berhawa negatif, tapi punya pengertian yang berbeda. 

bosan /bo.san/ kata sifat : sudah tidak suka lagi karena sudah terlalu sering  atau banyak. Jemu (KBBI)

Bad Mood  / bed.mud/ adjective : paduan kata 'Bad' yang berarti buruk dan 'Mood' yang berarti suasana hati. Jika digabungkan makna Bad Mood menjadi suasana hati yang buruk

Bad mood itu bisa diatasi, sedangkan bosan biasanya susah buat diatasi. Makanya kalau ada yang nanya bosan atau ngga jadi blogger, pasti saya bakal bilang ngga. Karena kalau bosan, bisa jadi saya ngga akan nulis di blog lagi, ngga jadi blogger lagi deh. Trus kalau banyak yang kangen sama tulisan saya gimana? 😂 😂 😂

Mungkin bukan cuma saya yang ngerasain bad mood dalam ngeblog. Saya yakin, hampir semua blogger pernah ada dalam posisi dimana blank banget mau nulis. Ngga semangat nyusun kata-kata, ngga pengen pegang keyboard, sampai ngga punya ide buat nulis. Saya punya tips balikin good mood buat blogger, dimana tips ini sering saya lakukan pas bad mood datang. 

1. Ngeblog di coffee shop


Bad mood kadang pencetusnya adalah suasana yang monoton. Jadi yang kita perlukan adalah atmosphere yang baru. Melipir sebentar ke coffee shop hal yang mungkin bisa kita lakukan.



Saya sering juga mampir ke kedai kopi cuma sekadar ngerjain deadline report atau bikin tulisan. Biasanya, kedai kopi itu punya ambience yang hangat dan sunyi. Pengunjungnya kan suka sibuk sendiri-sendiri. Jadi tenang deh buat mulai ngeblog lagi. 

2. Hadir di event


Menghadiri acara blogger juga jadi salah satu yang bisa bikin mood balik lagi. Apalagi kalau acaranya pas banget sama minat kita dan narasumbernya adalah artis favorit. Bikin mood jadi good lagi dong yaa. Ketemu dengan blogger pun bisa perbaiki mood yang jelek.

Kalau bertemu dengan banyak orang, kita jadi banyak network juga. Banyak teman juga bisa memperpanjang silaturahmi juga kan.

Hadir di Blogger Gathering :)

3. Ngobrol dengan  sesama blogger 


Salah satu yang saya lalukukan untuk perbaiki mood adalah ketemuan dengan teman blogger. Biasanya sih ketemuannya di sebuah event. Ataupun sengaja janjian aja buat ngopi dan ngobrol. Kalau nemu yang pas diajak ngobrol, bisa berjam-jam dan sampai suka lupa pulang.

Apa aja yang diobrolin? ya biasanya seputar blog dan isu-isu yang lagi hot di jagat per-blogger-an. Berbagi cerita soal job dan mimpi-mimpi juga. Rasanya kalau udah asik ngobrol ya suka susah udahan.

4. Ikutan workshop 


Cara ini selain bisa bikin mood jadi baik lagi, bisa buat meningkatkan skill. Workshopnya pun ngga sebatas tentang blogging aja. Kalau saya kan suka banget sama art & craft gitu, jadi kalau pas ada workshop art & craft dan temanya menarik, saya suka ikutan. Apalagi kalau di workhop itu kita ketemu orang-orang baru, uhh makin seneng aja deh.

Mood yang tadinya ngga enak, setelah dapat ilmu baru berubah jadi baikan. Dengan begitu, bakal ada semangat lagi buat ngeblog. Udah gitu, kita jadi punya bahan nulis yang baru. 


5. Ngeblog ditemani sama sesuatu yang disuka


Pas lagi bad mood nulis padahal ada banyak deadline menanti, hal yang saya lakukan adalah membuat sesuatu yang saya suka ada di dekat saya. Ini juga hal yang efektif banget buat mengembalikan mood supaya bisa lebih bersahabat. 

Kalau saya, musik dan benda-benda berwarna cerah yang bakal bikin mood balik lagi. Apalagi blogger hits mah sering banyak deadline kan *sombong* jadi kalau moodnya ngga bagus, bisa-bisa keteteran deh. Mau ngga mau, semua yang harus dikerjakan ya dikerjakan, tepat waktu.



Saya penggila warna hijau. Sampai barang-barang di rumah itu didominasi sama warna hijau. Tapi ya bukan berarti saya ngga suka warna lain sih. Menurut saya, warna cerah itu bisa bikin mood jadi lebih baik. Makanya, pas waktunya ngeblog tapi moodnya lagi ngga baik, saya suka liatin barang-barang berwarna cerah. Better, barang-barang berwarna cerah itu didekatin sama laptop atau tablet. 

Iseng saya cek kepribadian lewat warna di www.knowyourcolor.id tau ngga warna yang cocok buat saya? Orange, seger ngga tuh. Sesuai banget sama kepribadian saya secara umum. Ngga bisa diem, penuh semangat, seger ((seger)), dan ceria. 


Cobain deh cek warna yang menggambarkan diri kamu. Ada yang samaan ngga ya kaya saya warnanya 😍 kalau udah tau apa warna kamu, coba deh cari barang-barang dengan warna itu.

Kalau tiba-tiba mood jelek banget pas mau ngeblog, coba deh deketin barang atau sesuatu yang kita suka.


6.  Makan


Ini sih kebutuhan kita buat hidup yaa. Tapi, yakin deh kalau kita ngga bakal mood ngeblog kalau lapar. Kalau kata iklan 'lo rese kalo laper'. Gimanapun juga, kita ngga akan fokus nulis kalau perut keroncongan. 

Saya suka banget hunting kuliner-kuliner unik, yang belum pernah saya coba sebelumnya. Tahu kan yaa kalau orang Indonesia itu kreatifnya luar biasa. Satu makanan aja bisa dibikin banyak banget variasinya. Misalnya aja nih mie ayam biasa tapi disajikan dengan cara yang unik kaya pakai hot plate.



Jadi saran saya, jangan ngeblog pas lagi lapar 😉😉 Makan dulu. Atau kalau bosan sama makanan rumah, carilah kedai-kedai makan yang punya menu unik dan enak. Selain bangkitin mood, bonusnya kita punya konten soal tempat makan yang kita datangin itu. Satu saat bingung mau nulis apa, bisa deh nulis tempat makan itu. 

7. Jalan-jalan dari hasil ngeblog 


Nah, yang satu ini yang bikin saya selalu balikin mood saya. Bayangin bisa jalan-jalan dari hasil ngeblog itu bikin saya terus semangat. Semangat nulis, ngumpulin duit, cari tiket promo, terus jalan-jalan deh. Dalam negeri atau luar negeri? dua-duanya lahh.



Indonesia punya ribuan destinasi yang worth it buat dikunjungi. Tapi kan sayangya, buat ukuran blogger bintang 3 (hotel kali) kaya saya, nabung dari hasil ngeblognya kudu lamaan kalau mau eksplor Indonesia. Jadi, sambil nabung buat lihat pesona Indonesia yang memukau, saya pilih luar negeri dulu. 

Uang hasil paid / product review, sponsorship, dan kerjaan sebagai freelancer, dikumpulin dikit-dikit demi selembar tiket pesawat. Seriously, ini bikin semangat ngeblog jadi membara lagi. Kalau ingat bisa jalan-jalan keluar negeri dari hasil ngeblog, bisa ilang deh tuh bad mood.

traveling, cara buat mempertahankan mood blogging

Itu tips balikin mood buat blogger, hal yang perlu dilakukan blogger supaya tetap good mood. Ala ala saya aja sih yaa dan memang saya lakukan pas moodnya lagi jelek buat ngeblog. Ngga ada yang salah kok kalau motivasi buat ngeblog itu buat cari penghasilan. Tapi tetap ya, harus improving our skill. Jangan gitu-gitu aja. Harus bisa lebih baik dari hari ke hari. Caranya? banyak belajar dari blogger-blogger lain. 

Intinya, kalau mau jadi blogger profesional ya harus mau improve diri dan lawan semua yang bikin mood jadi ngga bagus. Demi apa? demi konten blog yang bagus dan kepuasan pembaca setia blog kita. Kalau blog bagus, bukan ngga mungkin bakal banyak yang naksir buat kerjasama. Ya kan 😉😉😉 Semangat mengelola mood dan ngeblog yaa. 


4 komentar:

  1. Tips saat bad mood nya, bisa kucontek, karena biasanya kalau bosen pilihanku no 6 alias makan. Mau juga beli kalkulator nya, warnanya bikin mood jadi semangat ngitung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan kayanya bikin mood langsung membara lagi ya mbak :)

      Hapus
  2. Thanks for sharing mba.. kadang suka males nulis memang nih hehehe

    BalasHapus
  3. Lagi bad mood juga nih hehhe jadi maunya BW aja dibanding update blog hehehe

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...