badge

Senin, 09 April 2018

Manfaat Minum Susu Bagi Orang Dewasa


Manfaat minum susu bagi dewasa. Adakah buibu yang ngga suka minum susu? Atau malah ada yang ngga bisa hidup tanpa minum susu? 

Kayanya sudah hafal diluar kepala deh ya tentang manfaat susu. Apalagi kalau yang sudah punya anak atau bayi. Selain dipercaya baik untuk kesehatan, susu juga banyak mengandung vitamin juga nutrisi penunjang yang lain. 



Susu memang bukan yang paling utama dalam pemenuhan nutrisi. Tapi, susu dianjurkan untuk dikonsumsi supaya kebutuhan kalsium kita terbantu. Kalau biasanya ngomongin susu itu identik sama anak, kali ini ngobrolin susunya untuk keluarga secara umum. Yang temasuk didalamnya kita-kita ini, para buibu. 

Bukan cuma anak-anak yang perlu minum susu, karena orang dewasa pun perlu tambahan asupan susu juga. Apalagi kalau sehari-hari kerjanya berhubungan sama fisik atau tenaga. Perlu cukup energi buat jalanin aktivitasnya. 

Kalau manfaat susu untuk anak-anak pasti udah banyak yang bahas yaa. Tapi, kalau yang bahas manfaat susu untuk orang dewasa, jarang nih. Yuk, cari tahu kenapa orang dewasa (kaya kita nih) masih dianjurkan untuk minum susu juga. 
  • Susu mengandung karbohidrat yang akan memberikan tenaga. Jadi, segelas susu tiap pagi bisa jadi tenaga sebelum menghadapi kerempongan yang terjadi. 
  • Rutin minum susu bisa mencegah keasaman dalam perut
  • Susu mengandung kalsium yang tinggi. Kalsium ini sangat baik untuk kesehatan, kekuatan, dan kepadatan tulang
  • Selain tinggi nutrisi, susu juga tinggi air jadi bisa mengatasi dehidrasi. Tapi, carilah susu murni yang tanpa tambahan rasa apa-apa
  • Sebuah penelitian mengatakan, kalau mereka yang rutin minum susu memiliki tingkat strees yang lebih rendah daripada mereka yang ngga minum susu
  • Susu juga punya manfaat untuk menjaga kesehatan mata 
  • Kandungan nutrisi di dalam susu bisa menormalkan tekanan darah. Artinya, rutin minum susu bisa mencegah hipertensi 
  • Jika dikonsumsi dengan benar, susu bisa mencegah obestitas loh
  • Asam laktat yang terkandung pada susu sangat baik untuk kesehaan kulit. Itulah kenapa banyak produk kosmetik yang mengandug susu
  • Segelas susu sebelum tidur bisa membuat tidur kita lebih nyenyak. Jadi pas bangun tidur, badan kita lebih fresh. 
Banyak kan yaa manfaatnya. Tapi usahakan yang kita minum adalah susu murni. Artinya susu yang ngga banyak tambahan ini itu. Manfaat susu murni itu lebih baik daripada susu yang sudah banyak campurannya. 

Kalau yang ngga doyan minum susu, tapi mau dapat manfaat dari susu juga gimana?


Selalu ada jalan menuju roma, ehh. Kalau ngga suka minum susu, boleh loh susu murninya dibuat olahan lain. Sebagai ibu, kita harus kreatif dan ngga boleh kehabisan ide. Kaya anak yang ngga doyan makan sayur, jangan dibiarkan gitu aja. Harus cari cara supaya sayur tetap bisa mereka makan, tanpa ketahuan kalau kita lagi ngasih sayur ke mereka. Yah pokonya harus pinter-pinter deh yaa. 



Pun begitu sama orang dewasa, kalau ngga suka minum susu ya diolah aja jadi sesuatu. Cemilan atau makanan lain pun oke juga. Resepnya? banyak banget di internet atau bisa buka-buka youtube. Tinggal search pakai kata kunci 'olahan susu' gitu, nanti bakal dijembreng banyak banget resepnya. Tinggal pilih yang paling mungkin dieksekusi. 

Buat yang memang ngga suka minum susu, bukan berarti ngga bisa dapat manfaat atau kebaikan dari susu. Tingginya kalsium yang terkandung dalam susu itu kan baik buat kita tetap sehat. Apalagi buibu kaya kita nih, yang sehari-hari berkutat sama urusan domestik rumah tangga. Which is, perlu tenaga dan energi supaya rumah tetap on track 😅😅😅


Nah, beberapa hari yang lalu tuh saya lihat ada teman yang posting satu merk susu murni. Nama susu murninya masih kurang familiar di telinga saya, namanya Hometown Dairy. Karena, postingannya menggoda banget, jadi tergoda juga kan mau nyobain. Kebetulan anak-anak di rumah suka sama susu murni. Akhirnya dapetlah ya si Hometown Dairy ini. 

Then what? ngga cuma anak-anak yang cobain susu baru ini, tapi keponakan, kakak ipar, ibu mertua, semua ikutan nyobain karena penasaran dengan rasa susunya. Jadilah tuh susu dinikmati bareng sambil ngobrol-ngobrol cantik dan ganteng. 

Kenalan sama susu Hometown Dairy, yuk!


Karena saya penasaran sama si susu ini, jadilah saya cari tau. Bukan anak milenial namanya kalau ngga manfaatin internet buat tau lebih banyak tentang sesuatu. Berbekal jaringan wi-fi keluarga yang kenceng, akhirnya dapatlah info soal Hometown Dairy.


Jadi, Hometwon itu susu pasteurisasi yang 100% alami dan murni. Diproses pada suhu 75 derajat celcius, sesuai standar proses susu segar. Tanpa tambahan gula, air, perisa, stabilizer, dan juga pengawet. 

Kalau kita lihat susunya, bakal ada semacam krim yang mengambang di atasnya. Itu adalah lemak susu yang memang ada di susu murni. Rasanya jadi lebih creamy dan gurih. Saya jadi inget waktu kecil suka dicekokin susu murni sama mamah. Which is ketika susu itu agak dingin, akan ada layer yang mengambang di atasnya. Dan saya suka iseng mainin lemak susunya itu.



Hometown Dairy ini dihasilkan dari sapi jenis Holstein dari Australia. Sapi-sapi itu dirawat di peternakan Hometown yang berlokasi di Terbanggi Besar Km 77, Lampung Tengah. Susu yang dihasilkan, diolah di ruangan pengolahan susu yang modern (modern milk parlor) yang terjamin kehigienisannya. 

Menurut informasi yang saya baca, peternakan sapinya itu terintegrasi dan menjadi peternakan pertama di dunia yang berada di dataran rendah negara tropis. Peternakannya berada di tengah kebun nanas milik PT Great Giant Pinapple. Hometown Dairy ini diproduksi oleh PT Great Giant Livestock Subsdairy Company dari PT Gunung Sewu Kencana yang berada di Lampung.




Hometown Dairy sudah punya sertifikasi halal dari MUI loh. Jadi, bisa dipastikan kalau seluruh bahan baku dan prosesnya ngga tersentuh atau bersinggungan dengan yang haram. Buat muslim, minum susu Hometwon jadi ngga khawatir kan.

Cara lain menikmati Hometown Dairy


Karena susu murni Hometown tanpa tambahan apapun, susu pasteurisasi ini expirednya hanya 12 hari sejak tanggal produksi. Untuk mempertahankan rasa dan kualitas, susu harus berada di suhu 0-4 derajat celcius. Setelah seal botol susu dibuka, susu harus segera dikonsumsi maksimal 3 hari yaa buibu. Kalau ngga segera habis, susu bisa berubah rasa. Karena kan Hometown ngga pakai pengawet. Better sih kalau sudah dibuka ya langsung dihabiskan saja.



Rasa alami dari susu Hometown ini banyak yang bilang mirip susu segar dari negara lain seperti Jepang, Australia, New Zealand, Amerika, atau Eropa. 

Hometown Dairy ini available dalam 3 ukuran yaitu 1 liter, 2 liter dan 3 liter. Kalau pilihan saya sih yang 1 liter, biar langsung habis sekali minum. Range harganya berkisar dari 38.000 hingga 95.000 rupiah. Bisa didapatkan di supermarket seperti Lotte Mart, The Food Hall, Ranch Market, dan beberapa store lain. Sila search atau googling sendiri yes. 

As I told you, orang yang ngga suka minum susu, tetap bisa dapat kebaikan dari susu. Caranya dengan mengolah susu jadi sajian lain seperti puding, krim sup, atau pasta. Nah, karena saya ngga kaya anak-anak yang suka banget sama susu putih, saya olah aja deh susu Hometown jadi makanan.

Kira-kira tampilan Rice Ball yang saya buat seperti ini (sumber : google) 

Kemarin itu saya olah jadi Rice Ball Kornet Sapi. But sorry to say ngga sempat difoto deh tuh Rice Ballnya, karena keburu ludes sama anak-anak 😔😔😔 resepnya? mungkin nanti saya bakal bikin lagi dan resepnya saya tulis di gayaransel aja yaa. Yang pasti, Rice Ball itu saya campur dengan susu Hometown dan rasanya beneran gurih. 

Jadi untuk bisa dapat kebaikan susu, kita bisa juga makan olahan yang mengadung susu. Gizi yang terkandung dalam susu tetap bisa kita dapatkan, walau konsumsi susunya dengan cara lain. Seperti susu Hometown, fresh milk yang ngga cuma  bisa dikonsumsi langsung. Tapi juga bisa dicampur ke dalam kopi, teh, atau sebagai campuran kue dan makanan lain. 





Mau tau informasi lebih banyak solal Hometown Dairy, follow social medianya aja ya

Instagram : @hometowndairy.id


24 komentar:

  1. Sya juga masih menerapkan untuk minum susu tiap pagi nih, menurut saya penting banget untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, buibu kaya kita kan butuh tenaga ekstra tiap pagi :p

      Hapus
  2. Wah enak kalau bisa dicampur di makanan lain. Jadi gak melulu minum susu langsung, tapi bisa dicampur ke makanan lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, bisa dikreasikan jadi makanan gitu. Enak ternyata :)

      Hapus
  3. infonya lengkap banget sih kaka senior ku :* .... suka deh sama tips nya cara lain menikmati susu, ini bermanfaat banget buat yg gak terlalu doyan susu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buibu macam kita harus pinter mengolah apa aja, termasuk makanan dan minuman. Kalau ada yang suka sama susu, tinggal dibikinin cemilan dari susu aja.

      Hapus
  4. anak saya nih sukaaaa banget susu cair seperti ini, emaknya ngalah dulu deh karena lumayan juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengalah demi anak-anak ya mba :)

      Hapus
  5. Susu ini enak karena aku juga konsumsi mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, anak-anak sama suamiku suka :)

      Hapus
  6. Betul banget mbaaak, bukan anak aja yang butuh susu. Ibu-ibu juga yaaah. Untung Hometown Dairy ini rasanya enak. Aku suka banget diminum pagi-pagi, creamy dan segerrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. buibu itu perlu banyak tenaga untuk menghadapi hidup hahahah :)

      Hapus
  7. Creamy on top yang biasa ada di bagian atas, biasanya yang paling saya cari kalau lagi minum susu. Itu bagian paling enak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes mbachii, enak banget cream yang di atas susu itu.

      Hapus
  8. Wah kerrn banget ci tulisannya, komplit dan cakep

    BalasHapus
  9. Wow, this post iss good, my younger sister is analyzing ѕuch
    things, therefօre I am ɡoing tߋ lеt know her.

    BalasHapus
  10. Having read this I thought it was extremely enlightening.
    Ι apрreciate yoou finding the tіme and
    effort to ⲣut this information together. I once aɡaіn fіnd myѕelf spending a ѕignificant ɑmount of timee bߋtһ reading and posting comments.

    Вut sо what, it wwas ѕtill worthwhile!

    BalasHapus
  11. Saya pun termasuk orang dewasa yang doyan susu, mulai dari UHT sampai SKM. Tapi yang home town dairy belum pernah nih, belum ada jualnya di Jambi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah doyan minum susu juga ya mbak. Sehat terus deh. Semoga Hometown bisa segera menjangkau Jambi yaa

      Hapus
  12. KIya anak2 tu picky yaaa, kita kudu puter otak supaya anak2 mau konsumsi makanan yang kita sediakan.
    BTW udah ada resepnya di gayaransel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau ngga pinter-pinter nyari ide masakan, anak-anak malah tambah susah makannya

      Hapus
  13. banyak banget ya manfaat susu buat kita, untungnya anak2ku suka banget sama susu jadi kurang khawatir untuk masalah pertumbuhannya

    BalasHapus
  14. Aku suka juga mbak minum susu Hometown , enak dan ga eneg.. Terus klo di mix sm puding atau buah-buahan juga pas banget..

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...