badge

Selasa, 29 Mei 2018

Sebelum Beli Mobil Bekas, Perhatikan 5 Hal Ini Supaya Bebas Masalah


Ada satu momen dimana jalan tol yang harusnya bebas hambatan, jadi super padat dan macet parah. Tradisi setahun sekali yang fenomenal dan terus mengundang perhatian. Jutaan manusia berbondong-bondong pulang kampung yang dikenal dengan istilah Mudik. 



Buat pendatang yang mencari nafkah di Ibukota, mudik jadi tradisi setahun sekali yang ditunggu-tunggu. Apalah makna Hari Raya kalau ngga kumpul bareng keluarga tercinta. Saking banyaknya yang mudik, imbasnya ya macet dimana-mana. Jarak tempuh ke kampung halaman jadi makin lama. Mungkin yang normalnya cuma 4-5 jam, bisa sampai 12 jam bahkan lebih. 


Ada data yang menyebutkan kalau jumlah pemudik itu selalu naik tiap tahunnya. Naiknya pun ngga kira-kira, bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan pemudik. Ada yang memanfaatkan transportasi umum, ada juga yang pakai kendaraan pribadi. Nah, yang pakai kendaraan pribadi ini jadi salah satu penyumbang macet parah di jalanan. 

Menurut Aris Harvenda, Redaksi Kompas(dot)com, jumlah pemudik yang pakai kendaraan pribadi itu tiap tahunnya selalu naik. Data yang ditampilkan, tahun 2016 ada 5,14 juta pemudik yang pakai kendaraan pribadi. Di tahun 2017, angkanya jadi naik menjadi 6,017 juta. Jadi kalau dihitung, kenaikannya hampir 1 juta pemudik. Wihh, itu bukan angka yang sedikit loh. Wajar ya kalau jalanan jadi keliatan makin sempit aja. Lah wong, kendaraannya jadi makin banyak terus jalanannya ya segitu-gitu aja. 



Dalam acara Blogger Gathering bareng Mobil88 (28/5) di Den of Kalaha, Aris menjelaskan kenapa banyak pemudik yang memilih kendaraan pribadi buat pulang kampung. Ini berdasarkan hasil survey  juga yaa. Jadi, alasannya ;
  • Dengan pakai kendaraan pribadi, waktu jadi lebih fleksible. Mau berangkat kapan aja ya bebas. 
  • Bisa mengangkut barang lebih banyak. Makanya ngga heran ya kalau kita lihat banyak mobil pribadi, yang di atapnya penuh sama barang-barang. 
  • Bisa membawa banyak anggota keluarga. Apalagi kalau kendaraan yang dibawa memang bisa muat banyak. Tentu jadi lebih hemat. 
  • Dengan kendaraan pribadi, kita bisa istirahat kapan aja. Perjalanan mudik itu kan biasanya makan waktu berjam-jam, jadi kalau udah capek ya bisa istirahat dulu.
  • Saat di kampung halaman, bisa wisata atau mengunjungi sanak keluarga yang lain. Lebih cepat dan hemat karena ada kendaraan sendiri. 

Tren mudik dengan kendaraan pribadi ini, pada akhirnya memicu kenaikan penjualan mobil. Ada yang memilih beli mobil baru, tapi ngga sedikit yang lebih memilih beli mobil second (bekas). 

Mobil Baru dan Mobil Bekas, Pilih Mana?


Halomoan Fischer, Presiden Direktur Mobil88, mengatakan kalau sejak 3 minggu jelang hari raya, showroom mobil bekas itu pasti selalu rame. Kenapa? karena banyak orang yang butuh mobil buat dibawa mudik. 

(ki-ka) Rally Marina, Halomoan Fischer, Aris Harvenda

Ada alasan kenapa banyak yang lebih memilih mobil bekas daripada mobil baru, terutama buat mudik, diantaranya:    
  • Proses cepat dan mudah dibandingkan beli mobil baru. Kalau beli mobil baru, prosesnya itu sampai satu bulan. Sedangkan kalau beli mobil bekas, prosesnya cepat. Bayar cash atau kredit lewat leasing, mobil pun segera dibawa pulang. 
  • Harga lebih terjangkau dan kompetitif. Kita bisa dapat mobil yang masih bagus dengan fitur yang maksimal tapi harganya terjangkau. 
  • Pilihan mobil bervariatif dan bisa disesuaikan dengan budget yang kita miliki. 
Saking tingginya permintaan mobil bekas jelang Hari Raya, banyak dealer mobil bekas yang jadinya agak 'nakal'. Mobil-mobil yang performanya udah kurang baik, disetting supaya terlihat baik dan layak jual. Karena banyak permintaan, dealer-dealer nakal itu mematok harga tinggi, padahal kualitas mobilnya kurang baik. 

Padahal kan mobil yang dibeli itu mau dibawa mudik. Kalau mobilnya ngga layak, bisa bermasalah deh mudiknya. Lebih ngeri lagi kalau sampai kecelakaan gara-gara mobil abal-abal. 

Makanya kalau berniat beli mobil bekas, harus pilih dealer yang berkualitas dan terpercaya. Jangan asal keliatan harganya murah, main beli aja. 

Hindari Pengalaman Buruk Beli Mobil Bekas


Rally Marina, seorang pembalap wanita, berbagi pengalamannya saat ketipu beli mobil bekas. Padahal harusnya seorang pembalap ngerti lah yaa soal mobil. Mana yang bagus, mana yang ngga. Tapi, nyatanya dia pun pernah kena tipu. 

Berawal dari keinginanya pengen beli mobil temannya yang warna dan bentuknya tuh keren. Saking pengennya, ditanyain terus deh kapan mobil itu dijual. Nah, saat mobil itu beneran dijual, ngga pakai lama, Rally pun beli. 

Setelah beberapa kali dipakai, ternyata mobilnya bermasalah. Nomor mesinnya ngga sesuai dengan surat-surat. Rally kurang hati-hati dan ngga ngecek surat dan mesinnya segala, karena udah percaya aja sama temannya. Saat mobil dibawa jalan jauh, mesin mobilnya panas terus yang menyebabkan Rally harus banyak berhenti, demi mengistirahatkan mesin mobil. 

Dari kejadian itu, dia kapok beli mobil bekas di sembarang tempat. Bukannya untung, malah buntung kan. Makanya, penting banget buat aware kalau beli mobil bekas. 

Supaya ngga nyesel saat beli mobil bekas, coba deh perhatikan 5 tips beli mobil bekas berikut ini;
  • Jangan tergiur harga murah. Better kalau kita survey harga dulu di beberapa tempat. 
  • Cek kondisi mobil, secara keseluruhan. Pastikan interior dan eksteriornya terawat. 
  • Cek kondisi mesin. Nah, ini penting banget supaya kejadian buruk Rally ngga menimpa kita. Perhatikan kondisi mesin mobil, cek juga apa nomor mesinnya sesuai dengan surat-suratnya.
  • Cek dokumen. Kelengkapan surat mobil  itu ngga kalah penting, jadi pastikan dokumennya lengkap dan asli.
  • Beli di tempat (dealer) yang resmi dan terpercaya, misalnya di Mobil88 yang udah pasti terpercaya. 

Kenapa di Mobil88?


Mobil88 merupakan dealer mobil bekas resmi dari PT Astra International. Memiliki pengalaman lebih dari 28 tahun dan punya jaringan yang luas. Punya 21 cabang di 9 kota di Indonesia. Ini cukup jadi bukti kalau Mobil88 itu terpercaya ya. 



Halomoan mengatakan, kalau Mobil88 menjamin mobil-mobil yang dijual adalah mobil yang sudah dipastikan kualitasnya. Sebelum dijual ke pasaran, mobil yang masuk ke Mobil88 diperiksa dengan sangat teliti. Ada pengecekan yang dilakukan, bahkan sampai ke 288 titik seperti pemeriksaan mesin, interior, eksterior, dan lain-lain. Jadi, saat mobil sampai ke tangan customer, mobil dalam keadaan baik dan siap pakai. 

Dokumen kendaraan dipastikan lengkap, jadi ngga perlu khawatir. Mobilnya juga bukan mobil-mobil bermasalah kaya bekas kecelakaan atau korban banjir. Soal keaslian mesin, termasuk nomor mesinnya sesuai dengan dokumen, jadi bukan mobil abal-abal. 



Mobil88 punya fitur Buy Back Warranty loh. Jadi, kalau saat beli mobil tiba-tiba pas dipakai mobilnya bermasalah, maka Mobil88 bakal membeli kembali mobil itu. Atau, pelanggan bisa pilih pengganti mobil yang bermasalah itu. 

Selain memastikan mobil yang dijual adalah mobil dengan kondisi yang baik, Mobil88 juga memberikan layanan service selama satu tahun untuk mobil. Asik yaa. Udah mobilnya dijamin ngga bermasalah, dapat service setahun pula. 

Untuk Ramadhan tahun ini, Mobil88 punya promo menarik loh. Setiap pembelian mobil, baik cash atau kredit, pelanggan berkesempatan buat dapetin cashback sampai 14,39 juta. Ada juga hadiah lain seperti e-toll ratusan ribu dan juga voucher belanja. Promonya berlangsung cuma dari 25 Mei - 30 Juni aja. Tinggal datang ke cabang-cabang Mobil88 dan lakukan pembelian. Siapa tau beruntung, ngga ada yang tau kan :) 

Mudik Aman Bebas Masalah 


Nah, kalau udah dapat mobil pilihan, tinggal siap-siap buat mudik deh. Persiapkan semuanya dengan baik. Ngga ada salahnya memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima sebelum berangkat. Jangan sampai ada kendala di tengah perjalanan, yang nantinya bikin repot. 



Kondisi kesehatan kita, yang mau mudik, harus diperhatikan juga yaa. Jangan sampai pas waktunya mudik malah sakit. Kalau di perjalanan tiba-tiba kurang fit, buru-buru istirahat. Makanya, better kalau bawa anggota keluarga yang bisa diminta gantian buat nyetir. Saat driver utamanya capek, bisa gantian sama driver cadangan deh. Mudik aman, bebas masalah ya kan. 



Selamat mudik buat yang mudik ya. Buat yang ngga mudik kaya saya, ya semoga silaturahmi ke sanak saudaranya lancar. Kendaraan yang dipakai ngga bermasalah, jadi bisa silaturahmi lancar-lancar tanpa kendala. Bisa kumpul bareng keluarga dengan selamat. 


4 komentar:

  1. Mudik emang tradisi yang selalu dirindukan. Jangan sampai ternoda oleh Mobil Bekas yang jelek. Bakal jadi kenangan buruk

    BalasHapus
  2. Sekarang banyak banget penjual mobil bekas yang asal jual ga mikirin masalah apa yang akan konsumen nya terima. mobil 88 benar-benar menjawab kekhawatiran kita selama ini ya. Jadi bebas masalah ya mbak

    BalasHapus
  3. Bener banget, klo mudik pake mobil itu bisa sekaligus plesir pas di kampung halaman

    BalasHapus
  4. Mudik pakai mobil sendiri lebih praktis, yg penting konsentrasi mengemudi

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...