badge

Selasa, 12 Juni 2018

Lebaran Makin Hangat Bersama Minyak Telon Halal



Jelang Hari Raya, pasti banyak buibu yang lagi pada sibuk ya. Ada yang masih berjibaku sama macetnya jalanan demi sampai kampung halaman, ada juga yang udah sibuk di dapur bebikinan kue dan aneka makanan buat lebaran. Euforia Hari Raya emang ngga bisa dipungkiri deh. Terutama buat yang mudik. Ritual setahun sekali yang menuntut kita buat tetap fit dalam perjalanan. Kalau mudiknya bawa anak kecil apalagi balita, kudu siap alat perang juga. Salah satunya ya minyak kayu putih atau minyak telon halal. Kenapa harus halal? biar nyaman dipakai dong ya.



Berhubung dari tahun ke tahun ngga pernah mudik, jadi ya lebarannya cuma ngider-ngider jabodetabek aja. Ngerasain lengangnya jalanan ibukota yang jarang banget dirasain. Tapi ya walau ngga mudik ke luar propinsi, tetap aja selalu ada ritual silaturahmi sama anak-anak. Yang udah pasti sih, saya dan keluarga tiap tahun pasti ke Tangerang. Karena makam nenek dan kakak tertua mamah ada di Tangerang. 

Dari Bekasi ke Tangerang itu cuma makan waktu 2 jam aja. Itu kalau jalanannya agak tersendat sih, kalau lancar jaya ya ngga sampai 2 jam juga. Karena masih punya balita, silaturahmi ke Tangerang pun perlu persiapan yang ngga kalah kaya orang mudik. Karena biasanya, kami bakal lanjut ke keluarganya papah yang ada di Balaraja lalu bermalam di sana. 

Persiapan baju dan segala macamnya udah pasti. Yang namanya traveling dengan anak sih udah pasti perlu pesiapan yang perfect juga. Salah satu printilan yang harus dibawa adalah obat masuk angin anak atau obat kembung anak. Karena bakal lama di dalam mobil which is AC mobil pasti akan ON terus. 

Traveling dengan anak emang sedikit rempong tapi seru. Walau cuma main ke Jakarta aja, alat perangnya mesti siap sedia di dalam mobil. Apalagi yang perjalan jauh ya kan, mesti lebih banyak lagi persiapannya. Minimal harus bawa baju ganti buat jaga-jaga kalau baju yang mereka pakai basah atau kotor. 

Nyaman Selama di Perjalanan Dengan Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon Halal 


Nah, kalau ngomongin soal minyak-minyakan, anak-anak di rumah masih sangat familiar. Soalnya tiap habis mandi, mereka masih selalu pakai minyak kayu putih anak atau minyak telon bayi. Buat Una, minyak telon masih selalu enak dipakai. Bundanya juga senang banget cium-cium dia kalau habis mandi. Berasa bayi terus jadinya. 

Buat saya, minyak telon yang bagus atau minyak kayu putih yang bagus itu kaya pengganti parfum. Anak-anak apalagi balita mah ngga perlu dibeliin parfum, meding pakein kedua minyak itu aja, udah harum banget. Seger pula. 

Selain bisa menghangatkan badan, minyak kayu putih atau minyak telon bisa mencegah kembung juga kan. Jadi, memang pas banget kalau kedua minyak itu jadi senjata saat perjalanan. Apalagi buat yang melakukan perjalanan panjang keluar propinsi. Mudik nyaman dengan anak bisa terrealisasi kalau 'alat perang' buat anak sudah siap sedia. 

Apa sih yang terjadi kalau anak masuk angin ketika dalam perjalanan jauh?
  • Rewel 
Ini sudah pasti. Apalagi kalau masih bayi atau balita. Kita aja yang dewasa kalau masuk angin rasanya ngga enak banget, apalagi anak-anak. Buat bayi, karena belum bisa mengungkapkan, ya mereka cuma bisa nangis. 
  • Muntah 
Ini efek dari masuk angin yang memang ngga enak banget. Duh, kalau sudah muntah itu rasanya perut kaya diubek-ubek deh. Bener-bener ngga enak. Anak-anak pun begitu. 
  • Menangis Berlebihan 
Salah satu yang bikin orangtua stress adalah kalau anak nangis berlebihan, apalagi sampai teriak-teriak segala. Kalau sudah balita, mungkin mereka bisa bilang alasan nangisnya. Kalau bayi kan ngga bisa. Saat mereka masuk angin dan merasa ngga enak badan, mereka akan crancky ngga jelas. Nangis berlebihan sampai bikin pusing. Anak yang biasanya anteng sekalipun, kalau lagi masuk angin pasti tetap akan kasih 'sinyal'. 

Makanya, perlu banget buat prepare semua kebutuhan anak, termasuk senjata melawan masuk angin dan kembung, selama di perjalanan. Minyak telon Huki atau minyak kayu putih Huki bisa banget jadi solusi, buat mengatasi masalah anak selama di perjalanan. 

Huki, brand perlengkapan bayi yang memang sudah famous di kalangan ibu-ibu, kini punya produk minyak kayu putih dan minyak telon. Makin variatif aja yaa produknya Huki. Dulu kan kita kenalnya cuma botol susu, dot, dan beberapa perlengkapan lain. 

Satu yang membuat minyak telon dan minyak kayu putih Huki berbeda dengan yang lain, Huki sudah terjamin halalnya. Logo halalnya sudah tertera di kemasan. Jadi, ngga perlu ragu buat pakai minyak telon dan minyak kayu putih Huki buat si kecil tercinta. 

Agar Si Kecil Tetap Fit Selama Perjalanan


Ngga cuma orang dewasa saja yang perlu fit sebelum melakukan perjalanan. Anakpun perlu di persiapkan buat tetap fit. Selain support sama makanan yang bergizi, perlu ada persiapan fisik juga. 

Salah satu yang saya lakukan adalah dengan mulai rutin lagi buat pijit si kecil. Dulu, pas Una masih bayi, saya rutin pijitin dia sebelum mandi. Manfaatnya memang terlihat banget. Una jadi lebih sehat dan gemuk. Makannya ngga susah dan sistem pencernaannya baik. Tapi, saat dia mulai besar, mulai deh agak berkurang ritual pijit bayi yang sering saya lakukan. 



Saat ikutan Blogger Gathering bareng Huki minggu (9/6) lalu, saya jadi tau kalau ternyata balita pun perlu dipijit. Banyak banget manfaat dari aktivitas pijit yang kita lakukan ke si kecil. Menurut dr. Amendi Nasution, Dokter spesialis Rehab Medik Brawijaya Hospital Antasari, manfaat pijit bayi diantaranya:
  • Membantu perkembangan mental, sosial, dan fisik 
  • Bayi lebih rileks
  • Membuat ikatan / bonding dengan orangtua 
  • Membantu sistem pencernaan, respirasi, dan sirkulasi menjadi lebih lancar
  • Membuat tidur lebih berkualitas
  • Membuat rasa percaya diri dalam mengasuh bayi 
  • Meningkatkan komunikasi orangtua dan bayi  
  • Meredakan stress orangtua
Banyak banget kan yaa. Itu alasan kenapa saya mau mulai rutin lagi pijit una. Dulu sih kalau pijit, saya pakainya baby oil. Tapi kalau kata dr. Amendi, better pakai minyak telon atau minyak kayu putih. 

Waktu yang tepat buat pijit itu 1 jam sebelum mandi atau sebelum tidur. Apalagi kalau pijitnya pakai minyak telon atau minyak kayu putih, si kecil bisa dapat manfaat hangat setelah dipijit. 


Gerakan pijit bayi bisa diterapkan juga buat balita kaya una. Menurut Arina, Fisioterapis Brawijaya Hospital Antasari, pijit bayi itu ngga bisa sembarangan. Ada teknik yang perlu diperhatikan. Gerakannya juga teratur dan ngga bisa ngasal. Tiap bagian tubuh ada gerakan khususnya. 

Bagian Dada
  1. Love Motion, gerakan membentuk love dari hati ke bahu atas, lalu turun lagi ke ulu hati. 
  2. Cross, gerakan silang mulai dari kanan bawah ke kiri atas, dan kebalikannya. 


Bagian Perut 
  1. I Love U, gerakan membentuk huruf I L U. Dimulai dari bagian kiri, lalu dilanjutkan ke bagian kanan. 
  2. Walking Finger. Gerakan tap di bagian perut dengan 3 jari searah dengan usus besar dari bagian kanan ke bagian kiri perut baby. Fungsinya untuk mencegah kembung, kram otot perut, dan kolik pada perut baby.


Bagian Lengan Tangan 
  1. Milking / Memerah. Gerakan memerah dimulai dari bagian atas ke bawah. 
  2. Rolling / Memutar. Gerakan memutar dengan dua tangan, dimulai dari pangkal lengan menuju pergelangan lengan 
  3. Finger Shake. Gerakan memijit jari-jari tangan 


Bagian Tungkai Kaki 
  1. Milking. Sama dengan gerakan memerah pada bagian tangan 
  2. Squeezing / memeras. Gerakan memutar dengan satu tangan memutar dari pangkal paha ke arah pergelangan tangan. 
  3. Finger Shake. Gerakannya sama dengan finger shake pada tangan
Bagian Punggung
  1. Love Motion. Gerakannya sama dengan love motion pada dada
  2. Spiral. Gerakan dari bawah leher dengan gerakan memutar sepanjang tulang belakang sampai ke arah bokong bayi. 
  3. Menggaruk. Gerakan menggaruk dari bawah leher turun sepanjang punggung, pinggang dan punggung sampai ke arah bokong. 
Kalau tiap gerakan dari pijit bayi ini diterapkan, Insya Allah si kecil akan terus fit. Jadi, saat di perjalanan mudik atau perjalanan ke rumah kerabat, si kecil ngga masuk angin apalagi sampai kembung. 

Saya terapin gerakan ini ke Una dan favoritnya Una pas gerakan milking di tangan. Dia sampai minta berulang-ulang buat dipijit. Ya sudah, saya nurut saja demi Una :) 

Untuk aktivitas pijit ini, saya lebih milih melakukannya sebelum Una tidur. Jadi, una tidurnya bisa lebih nyenyak dan pas bangun tidur dia bisa lebih fresh. 

Huki, Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih Halal Teman Si Kecil


Risa Trisanti, Marketing Manager Baby Huki mengatakan kalau Huki merupakan brand yang peduli pada kesehatan dan kenyamanan si kecil. Hadirnya minyak telon dan minyak kayu putih Huki karena dua minyak ini merupakan hal essensial bagi si kecil.


Minyak telon dan minyak kayu putih Huki sudah memiliki sertifikasi Halal dari MUI. Terbuat dari bahan pilihan berkualitas dan terjamin kehigienisannya. Hangatnya sesuai dengan kulit anak, jadi nyaman pas dipakai. Yang unik, kemasannya ergonomis dengan flip cover yang saat dibuka ngga gampang tumpah. 

Momennya pas banget nih. Selain persiapan baju dan perlengakapan yang lain, minyak telon atau minyak kayu putih juga perlu dibawa saat perjalanan jauh. Kita ngga tahu juga kan ya kapan si kecil terserang masuk angin. Kalau tiba-tiba masuk angin, kita sudah siap dengan penawarnya. 


Pijat Bayi di Brawijaya Hospital Antasari 


Pijat yang baik pada si kecil memang harusnya dilakukan oleh orangtuanya sendiri. Menurut dr. Amendi, saat aktivitas pijit inilah bonding antara anak dan orangtua tercipta. Makin sering, maka makin kuat juga bondingnya. 

Brawijaya Hospital Antasari punya layanan Baby Massage yang didukung oleh dokter spesialis rehab medik anak dan terapis profesional. Buat ibu yang mungkin ingin memijit si kecil namun tidak punya waktu luang, bisa membawa si kecil ke Brawijaya Hospital Antasari. 

Yuk, Pijit Si Kecil


Dengan rutin memijit si kecil, tumbuh kembang si kecil bisa lebih optimal. Stimulasi sentuhan bisa merangsang sistem sensorik dan motorik untuk pertumbuhan otaknya. Dengan begitu si kecil bisa tumbuh sesuai dengan tahapan usianya. 

Una sudah mulai keasikan kalau dipijit. Artinya, dia menikmati tiap sentuhan yang saya berikan. Belum lagi pakai minyak telon yang ngga cuma harum, tapi bikin hangat badan. O iya, Una masih saya pilihkan minyak telon, daripada minyak kayu putih, karena memang anaknya lebih suka minyak telon. Wanginya juga bayi banget, jadi Una enak banget buat diuwel-uwel :)

Yuk bu, rutin pijit si kecil. Walau sudah balita atau lewat usia balita, pijit itu penting buat kesehatan. 






Info lebih lanjut
website: www.babyhuki.co.id 
Facebook : @BabyHukiOfficial
Instagram : @BabyHukiOfficial


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...