badge

Senin, 13 Agustus 2018

Pilih - Pilih Sampah, Yuk!


Sebenarnya pengen deh aktif ikutan campaign #ZeroWaste gitu. Dan,  udah lama juga pengan membersihkan rumah dari segala macam sampah plastik.

Terutama kantong kresek yang ya ampun makin lama makin banyak aja. Rasanya kaya tertimbun sama plastik tak guna di rumah.


Itu baru kantong kresek yaa. Belum lagi sampah plastik yang lain kaya botol-botol minuman, kecap, saos, dan banyak lagi. Tapi, keinginan buat beresin semua sampah itu sering terhalang sama rasa malas, huhuhu. 

Apa daya, kalau bebersih rumah itu pengennya dikerjain sendiri, tapi baru 5 menit bersih-bersih langsung bersin-bersin. Akhirnya, kegiatan beberesnya cuma bertahan 5-10 menitan, karena berakhir dengan rebahan. 

Good news, sekarang saya lagi senang aja ikutin orang-orang yang hobi beberes. Kaya yang ngikutin metodenya Konmari gitu. Rasanya, lihat rumah mereka rapih dan minimalis dari barang-barang itu kok seneng banget. Hidupnya kayanya lebih lengang dan lega gitu. Bahagia. 

Karena sering lihat postingan mereka, jadi terpengaruh mau ikutan beberes juga. Minimal bisa pilah-pilih barang antara yang masih terpakai sama yang ngga terpakai lagi.

Dikit-dikit mulai pilihin antara sampah plastik dan kertas yang masih bisa di recyle dengan yang ngga. Masih belajar dan pelan-pelan banget. Karena, bebenahnya ya kalau pas lengang dan ngga malas hahahah.

Pilih Sampah Pakai Dropping Box 


Mestakung kayanya deh pas tiba-tiba dapat undangan PRAISE yang mau launching satu inovasi mereka. O iya, kalau yang belum tahu apa itu PRAISE, lemme tell you yaa.



Jadi, PRAISE (Packaging and Recycling Association for Indonesia Sustainable Environment) adalah sebuah asosiasi yang concern pada penggunaan kemasan dan dan proses daur ulang, demi Indonesia yang berkelanjutan.



Didirikan pertama kali pada tahun 2010. PRAISE diluncurkan untuk mengokohkan komitmen untuk terciptanya pengelolaan sampah kemasan di Indonesia yang holistik, terintegrasi, dan berkesinambungan. Ada tiga bidang yang jadi fokus utama PRAISE yaitu Advokasi, Penelitian & Pendidikan, dan Kemitraan & Kolaborasi. 

Karena lagi suka banget soal bersih-bersih dan pengelolaan sampah, jadi kusenang sekali bisa hadir di acaranya PRAISE.



PRAISE kerjasama dengan Waste4Change meluncurkan satu inovasi yang menurut saya keren. Jadi, keduanya membuat Droping Box sebagai solusi pengumpulan sampah. Untuk langkah pertama ini, akan ada 100 unit dropping box yang akan ditempatkan di wilayah Jakarta. 

Sementara ini, baru tersebar di public space kaya mall, kantor, co working space, atau tempat-tempat pelayanan publik. Tujuan dari hadirnya dropping box ini sebagai saran edukasi buat masyarakat. Sekaligus, supaya masyarkat tuh punya kebiasaan untuk memilah sampah.



Sampah yang dikumpulkan dalam dropping box ini dibagi jadi dua, yaitu plastik dan kertas. Kedua jenis sampah ini nantinya bakal didaur ulang, yang nantinya bakal jadi barang yang punya sifat ekonomis. Dengan begitu, sampah ngga terbuang percuma kan. 

Indonesia Darurat Sampah 


Tahu ngga sih kalau negara kita ini adalah salah satu penghasil sampah terbanyak di dunia.  Sure deh, itu bukan sebuah prestasi yang membanggakan.

Sampai-sampai yaa, waktu pejabat bank dunia datang ke Indonesia, yang dibahas itu soal kantong kresek. Duh, malu tahu. Si bapak itu tahu kalau negara kita juga penghasil sampah plastik terbesar, makanya kaya disindir gitu.

Di negara-negara maju, penduduknya udah punya kesadaran tinggi dalam hal pengelolaan sampah. Jadi wajar kalau negaranya bersih dan rapih.

Contohnya waktu saya ke Hongkong deh. Pas beli barang di satu swalayan, si petugas nanya mau pakai kantong plastik atau ngga. Karena kantong plastik di sana ngga gratis, kudu bayar. Walau murah itungannya, tetep aja berasa ngeluarin uang buat selembar kantong kresek yang mana dibuang pula.

Di talkshow bareng PRAISE saya sempet nanya ke salah satu narasumber soal kantong kresek ini. Inget dong kalau tahun lalu ada kebijakan soal kantong kresek berbayar. Duh, jujur saya seneng sama kebijakan itu. Tapi harus kecewa karena itu ngga bertahan lama. Kayanya sih ngga sampai setahun. Kantong kresek di swalayan jadi gratis lagi.

Menurut Bpk Dr. Novrizal Tahar dari Kementrian Lingkungan Hidup, kebijakan itu sebenarnya memang efektif mengurangi peredaran kantong kresek. Tapi nyatanya, ada yang masih perlu dikaji ulang. Dan, sampai sekarang kebijakan itu belum diterapkan lagi.

Ada data yang menyebutkan kalau rata-rata orang Indonesia itu menghasilkan sampah sekitar 0,7 kg per hari. Amazing ngga tuh. Dalam setahun, Indonesia menghasilkan sampah lebih dari 7000 ton dalam setahun. Saya sampai sulit bayangin segitu banyaknya sampah, ada di negara kita.

Makanya yaa, mulai dari sekarang please lah bijak dalam penanganan sampah. Mulai deh ikut gerakan #ZeroWaste dimana kita bisa mulai mengurangi jumlah sampah.

Kalau beli makanan, biasain bawa wadah sendiri dari rumah. Supaya ngga ada sampah kemasan / makanan yang kita tinggalkan. Saya sendiri udah mulai loh. Awalnya sih berasa ribet gitu. Tapi yakin, kalau dibiasain bakal biasa aja.

Yukk, mulai dari sekarang kita bijak kelola sampah demi Indonesia bebas sampah. 

32 komentar:

  1. Semangat Mba!
    Kita sebenarnya bisa mengurangi sampah yang kita hasilkan. Nanti ada perasaan bahagia yang bersemayam di hati saat kita bisa konsisten mengurangi sampah. Saya mengapresiasi usaha PRAISE & waste4change dlm hal recycle ini.
    Semangat ya Mba! 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, masih usaha nih ki. Semoga bisa konsisten kaya kamu yaa

      Hapus
  2. Saya pengen juga bisa zero waste. Tapi, setidaknya berusaha untuk semakin bijak mengelola sampah lagi, deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting dicoba dulu ya mbak. Semoga bisa, semangatt

      Hapus
  3. Aku ada temennya nih, kalau beres-beres suka diselingi sama rebahan trus males hahaha *itu sih elu, fi*

    Duh jadi pengen lebih bener lagi ngurusin sampah di rumahku, nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah banget kalau mulai beberes :( bersin-bersin dan berakhir rebahan.

      Hapus
  4. Ngomongin sampah emang gak ada habisnya ya Mbak. Ini di kampungku malah sekarang gak ada tukang sampahnya yg ambil tiap beberapa hari. Jadinya numpuk, malah kadang ada yg dibuang ke sungai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, dibuang ke sungai :( kasian banget sungainya jadi kotor dong. Semoga ada solusi lain yang jauh lebih bijak yaa mbak.

      Hapus
  5. alhamdulilah saya sdh milah2 sampah dan ditabung di bank sampah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ada bank sampah, jadi bisa dikelola sampahnya. Kalau aku baru bisa dikumpulin dan dijual ke tukang loak aja.

      Hapus
  6. Alhamdullilah di surabaya sudah ada Bank sampah. Setiap sampah plastik yang ditukar dengan kupon , bisa dipakai naik Bus Suroboyo dengan kupon itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. programnya keren banget tuhhh. Jadi semangat buat pilihin sampahnya. Semoga banyak ditiru sama daerah lain yaa.

      Hapus
  7. Saya juga sudah mulai belajar bijak mengolah sampah, mgkn blm zero waste banget sih. Tapi setidaknya berproses kesana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah dimulai. Semoga tetap semangat yaa

      Hapus
  8. Susah yaa bisa jadi zero waste gitu. Tapi kudu dicoba juga biar sampah gak makin menggunung.

    BalasHapus
  9. Aku sedang ber-zero waste mba kebetulan. Perlu perjuangan dan konsistensi tinggi wkwk nice post mbaa..

    BalasHapus
  10. Memilah sampah penting banget ya, adanya program PRAISE ini semoga bisa membuat masyarakat semakin sadar dalam menjaga lingkungan.

    BalasHapus
  11. saya belum mampu zero waste nih jadi baru #lesswaste aja dengan menolak pakai plastik akalu belanja :)

    BalasHapus
  12. Belum pernah liat Dropbox ini.Akh andaikan semua rapi dan bersih ya. Sampai juga akan balik lagi bermanfaat ya

    BalasHapus
  13. Kan udh ada ya mak klo kita liat di jalan2 itu versih sampah basah dan sampah kering, cma emang kayaknya emang nggak terkoordinasi jd masyarakat semena2 aja gtu buang sampah, mudah2an yg ini lbh optimal yes

    BalasHapus
  14. hiekz belom bisa maksimal zero waste sih, tapi udah bawa tas kanvas utk ke pasar jadi ga usah minta kresek lagi

    BalasHapus
  15. Budaya buang sampah (apalagi memilah) perlu digaungkan, agar bangsa ini semakin bagus di masa depan

    BalasHapus
  16. Belum sampai zero waste, tapi mulai belajar nggak minta kantong plastik kalau belanja. Bawa tas sendiri :D

    BalasHapus
  17. Sebenarnya di rumah ibu, semua sampah sdh dibedakan antara sampah organik dan non organik. Sampah2 plastik biasanya akan di kasih ke pemulung yg suka dtg ke rumah. Tp sayangnya kebiasaan itu blm ikut ke rumah aku. Kayaknya perlu mulai diterapkan di rumah nih.

    BalasHapus
  18. mantan boleh dimasukin kaya gini sh ga mba?? mantan kan suka bikin kesel kaya sampah ahhaha

    BalasHapus
  19. duhh..bener banget ini Ci, sampah dan masalah lingkungan ini udah makin jadi masalah besar di Indonesia makanya campaign #ZeroWaste ini emang harus makin dikencengin...

    BalasHapus
  20. Aku baru lihat dropbox ini di artikel mbak uci, belum pernah lihat langsung, semoga aja makin banyak dropbox ini agar kita lebih bisa membuang sampah sesuai dengan jenisnya

    BalasHapus
  21. Kalau sekarang ini memang perlu banget dengan adanya pemilihan sampah karena Indonesia paling besar kontribusinya terhadap sampah. Dan yang penting kurangi penggunaan kantong plastik.

    BalasHapus
  22. Belum benar-benar berzero waste sih, cuma memang sudah berusaha mengurangi penggunaan kantong plastik. kalau belanaj biasa pilih kardus kalau kelupaan bawa tas belanja daur ulang hehe. Mengedukasi pemilahan sampah emamng jdi pr besar nih. wong udah jelas dikasih box sesuai kategori sampahnya aja masih banyak yang dicampur aduk huhu

    BalasHapus
  23. Pergerakan yang bagus buat kebersihan bumi kita. Memilih sampah yang masih bisa digunakan. Plastik yang paling rawan hancur.

    BalasHapus
  24. Baru belajar sedikit2 nih memilah2 sampah. Semoga aja bisa lebih optimal ke depannya.

    BalasHapus
  25. beberapa waktu lalu di supermarket kan sempat dibuat aturan bila setelah berbelanja ingin menggunakan kantong plastik hrus membayar, namun sayang pemerintah kita belum fokus mengurus hal tersebut, jadi hanya sebentar saja deh program itu berjalan, padahal aq setuju banget loh kalau berbelanja tidak menambah sampah kantong plastik.

    aq sekarang lagi berusaha mengurangi penggunaan sedotan plastik, jadi dirumah sudah sedia sedotan stainless dan terutama kalo pergi kemana-mana juga wajib bawa, baru bejalan sebulan ini, semoga bisa berlanjut dan yang paling penting gak lupa bawa sedotannya.. hihihi

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...