badge

Senin, 03 September 2018

Traveling Aman Dan Sehat Bareng Anak


Sejak nekat masuk ke hingar bingar dunia blogging, saya ngga punya ekspetasi yang terlalu tinggi. Yang penting saya bisa salurkan hobi nulis saya di tempat yang benar, that's it.

Saya ngga pernah nyangka kalau dunia blogging sebegini luasnya. Ada mimpi-mimpi kecil saya perlahan terwujud lewat jalan ngeblog. Salah satu mimpi saya, traveling yang jauh naik pesawat.


Beberapa kali traveling sendiri, akhirnya punya mimpi bisa ajak anak-anak traveling juga. Alhamdulillah tercapai, walau baru sampai Singapura sama Malaysia doang.  

Traveling sendirian tentu beda banget sama traveling bareng anak. Jangan ditanya repotnya kaya gimana, yang jelas repot banget. Tapi apa saya kapok jalan sama anak? oh, tentu tidak. Malah pengen lagi dan lagi. 

Repotnya Traveling Bareng Anak 


Pergi sama anak yang cuma keluar kota aja ribet banget, apalagi keluar negeri. Barang yang perlu disiapkan banyaknya berkali-kali lipat dibanding kalau traveling sendirian. Tambah repot lagi kalau anak yang diajak traveling itu masih balita. Ya, mesti banyak-banyak sabar aja deh.


Satu yang paling penting ketika mengajak anak traveling adalah mikirin makannya mereka. Orangtua mah bisa ngikut aja, yang penting anak makan teratur dan kenyang. 

Flashback waktu traveling ke Singapura dan Malaysia sama 3 anak dimana yang satu diantaranya masih balita. 2 anak yang besar sudah bisa bawa ransel sendiri yang isinya baju-baju mereka aja. Perlengkapan lain kaya cemilan, susu, dan alat mandi masuk semua ke ransel abinya.

Yang paling repot ya bawa perlengkapan si balita ini. Saya memutuskan bawa stroler karena si anak kecil ini suka rewel kalau cape. Dengan bawa stroler, pastinya jadi nambah beban bawaan lagi dong. Belum lagi cemilan, susu, dan makanan lain yang harus dibawa demi mencegah anak-anak pada crancky.


Nah, urusan makan berat saat itu saya serahkan pada kedai makan aja. Jadi, saat waktunya makan, saya cari kedai makan. Karena setiap makan harus beli, jadinya ya budget paling bengkak ada di makanan. Apalagi kalau anaknya laperan melulu, bentar-bentar minta makan. 

Tips Traveling Bareng Anak 


Jadi, ketika acara mom blogger gathering bareng Cosmos, ada mba Pafitri, SKM, RD, seorang ahli nutrisi yang sharing tentang bagaimana mempersiapkan makanan buat anak selama traveling. Senang banget sama materinya, karena akhirnya saya jadi sadar kalau traveling itu bukan berarti anak bisa makan sembarangan.


Menurut mba Pafitri, penting banget untuk memnuhi gizi selama traveling. Artinya, jangan mentang-mentang traveling, kita jadi bisa makan sembarangan. Ada point penting yang perlu diperhatikan, diantaranya:
  • Mempertahankan simpanan glikogen 
  • Memertahankan hidrasi tubuh 
  • Menjaga kebugaran tubuh 
  • Mencegah stress selama perjalanan 
  • Siap melakukan ativitas 
Selama traveling, jangan sampai kurang makan dan minum. Karena, yang namanya traveling itu perlu stamina yang baik, kan. Gimana travelingnya mau enak kalau lemes atau malah sakit. Duh, jangan deh ya. 

Terus, gimana dong mempersiapkan makanan dengan gizi seimbang selama traveling? Tenang, jangan panik dulu. Ribet itu kan cuma mindset, kalau kita bikin asik, bakalan asik kok. Kita bisa loh bawa sayuran dan bahan makanan lain yang kita persiapkan dari rumah. 

Cara menyiapkannya dengan memasukkan bahan makanan ke dalam wadah kedap udara. Atau, kalau mau lebih simple lagi, bisa masukkan ke dalam plastik klip yang bebas BPA. Boleh ditulis keterangan di bagian luar, supaya ngga bingung. 

Contoh bahan makanan segar yang bisa jadi rekomendasi : 
  • Sayuran seperti wortel dan brokoli, dicelupkan minyak zaitun
  • Telur rebus, jangan dikupas 
  • Kentang panggang 
  • Potongan daging, ikan, ayam 
  • Salad siap pakai 
Dan, berikut ini contoh makan kering yang bergizi dan sangat bisa untuk persiapan traveling 
  • Dendeng, Abon, Rendang 
  • Kacang-kacangan 
  • Biskuit rendah kalori 
  • Buah kering
  • Buah-buahan segar seperti apel, pisang, alpukat, atau jeruk. 
So, buat yang hobi traveling bareng anak seperti saya, jangan sepelekan yaa soal makan ini. Walalu punya budget lebih dan bisa aja makan di restoran, tetap lebih enak kalau bisa siapin makan sendiri.


Pesan yang disampaikan mba Pafitri buat yang suka traveling berikut ini perlu jadi perhatian loh. Jangan sampai pengen senang-senang, malah jadi bermasalah. 
  • Perhatikan hygiene dan sanitasi makan dan minum yang dikonsumsi 
  • Makan sesuai pola kebiasaan rutin 
  • Rencanakan makanan di pesawat
  • Makan sering tapi jumlah sedikit 
  • Persiapan penanganan terjadinya gastroenteritis dan diare. Tidak ada salahnya bawa obat diare untuk jaga-jaga. 
Selain mba Pafitri, ada Kushandari Arfanidewi seorang chef yang berbagi tips menu yang simple buat traveling. Khususnya buat mereka yang punya bayi dan harus mikirin banget soal MPASI si bayi.


Chef yang juga seorang selebgram ini kasih resep Nasi Kuning Brokoli yang bahannya simple banget. Menu ini dibuat khusus sebagai MPASI yang gizinya pas banget. Dari cooking demo itu, saya jadi punya ide MPASI buat si baby yang bakal launching beberapa bulan lagi.



Traveling Jadi Simple Dengan Cosmos Mini Digital Rice Cooker


Sekarang sih, kalau mau traveling bareng anak ngga perlu pusing mikirin makannya mereka. Asik sih kalau punya anak yang no picky eater, jadi bisa makan apa aja tanpa drama. Yang greget kan kalau si anak makannya pilih pilih. 

Nah, solusi dari Ibu Pafitri adalah dengan melatih anak terlebih dulu sebelum waktu traveling tiba. Jadi, ajarkan anak buat makan makanan selain makanan yang mereka suka. Latih mereka dengan cara yang menyenangkan, caranya ;
  • Ajak si kecil ke pasar untuk memilih bahan makanan. Ngga ada salahnya kalau kita bertanya 'adek lagi mau makan apa?' sambil menunjukkan jenis-jenis bahan makanan. 
  • Ceritakan manfaat-manfaat bahan makanan seperti sayur dan lauk lainnya. Jelaskan pada mereka kalau semua bahan makanan itu bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan. Ceritakan juga dampak buruk apa yang akan timbul kalau menu makanannya itu-itu aja. 
  • Ajak anak buat masak bersama. Setelah menjelaskan tentang manfaat bahan makanan, ajak anak buat membuat hidangan bersama. Anak itu paling senang makan makanan yang mereka buat. Jadi, biarkan si kecil berkreasi. 
Dengan dilatih seperti itu, harapannya si kecil bisa makan makanan apa saja. Asalkan makanan yang dimakan mengandung gizi yang baik. 

Nah, buat persiapan agar urusan makan anak ngga bermasalah, ada nih solusinya. Mini Digital Rice Cooker dari Cosmos yang ukurannya super mini ini bisa jadi teman selama traveling. Ukurannya yang ngga makan tempat, bikin rice cooker mini ini bisa diselipin di tas atau koper.



Cosmos Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 ini pas banget dibawa oleh mereka yang suka traveling tapi tetap peduli sama asuapan nutrisi. Dengan rice cooker mini ini, kita bisa masak sendiri. Ngga cuma masak nasi atau bubur, masak sayur pun bisa loh. Kita tinggal bawa bahan masakan yang kira-kira mau dimasak aja.

Produk baru dari Cosmos ini seakan jadi jawaban buat ibu-ibu yang merasa ribet kalau mau traveling bareng anak. Ribet karena harus mempersiapkan makanan selama traveling. Ukurannya yang mini, bikin rice cooker ini jadi barang wajib yang harus dibawa selama traveling.



Kapasitas Cosmos Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 ini cuma 0,3 liter. Jadi masaknya bisa buat sekali makan aja. Dilengkapi dengan panci anti lengket, pengukus serbaguna, cup pengukur, dan sendok nasi. Ada tempat penyimpanan kabel di bagian bawah rice cooker, jadi bisa lebih rapih, praktis, dan aman.

Soal kualitas, ngga perlu diragukan lagi deh. Mamah saya pengguna cosmos sejak dahulu kala, dan saya pun sudah pakai Cosmos sejak awal berkeluarga. Buat saya, Cosmos itu udah familiar banget sebagai produk rumah tangga yang berkualitas.


Cosmos kan hadir di Indonesia sudah 42 tahun, jadi memang kehadirannya sudah jadi bagian dari keluarga Indonesia. Tagline Cosmos yang masih saya ingat sampai sekarang itu adalah 'Ingat Beras, Ingat Cosmos'. Karena legendaris banget deh tagline itu, sampai kalau mau simpan beras, ya simpannya di Cosmos.

Kehadiran Cosmos di Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. Inovasinya juga terus mengalami kemajuan. Ini dibuktikan dengan berbagai penghargaan demi penghargaan yang diterima Cosmos.  Sejak tahun 2003 sampai 2017, Cosmos terpilih sebagai Indonesia Good Design dan Top Brand Award.


Hingga sekarang, PT Star Cosmos yang didirikan oleh Ir. Alam Surjaputra masih terus berinovasi. Demi menghadirkan produk-produk rumah tangga yang sesuai kebutuhan keluarga Indonesia. Seperti Mini Digital Rice Cooker yang baru diluncurkan, dimana jadi solusi buat para ibu yang hobi traveling atau sesuatu yang simple. 

Cara Mudah Bikin Nasi Uduk Betawi 


Menu yang bakal saya share ini bisa banget loh jadi menu pas traveling. Nasi Uduk Betawi yang ,asaknya jadi gampang banget kalau pakai Cosmos Mini Digital Rice Cooker. Tinggal cemplung-cemplung semua bahan, terus tunggu deh.


Bahan nasi uduk betawi juga simple dan sangat bisa dibawa pas traveling. Biar ngga penasaran, langsung aja saya share yaa 

Bahan 
  • 1 cup beras
  • 2 cup santan (kental dan cair)
  • Garam secukupnya
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk 
  • 1 batang sereh, geprek

Cara Membuat 
  • Cuci bersih beras, lalu masukkan ke dalam Cosmos Mini Digital Rice Cooker
  • Campur santan dengan garam, aduk sampai larut 
  • Masukkan campuran santan dan garam ke dalam beras
  • Tambahkan daun salam, daun jeruk, dan sereh
  • Tutup rice cooker, tekan tombol 'cook'. 
  • Tunggu hingga rice cooker mati secara otomatis
Lauk pelengkap nasi uduk bisa tempe orek, bihun, telur balado, perkedel kentang atau semur tahu. Tinggal cari-cari resep lauk-lauk itu aja ya.


Masak nasi uduk buat sarapan pas traveling juga ngga ribet. Bahan-bahannya bisa kita bawa dari rumah dan ngga susah juga bawanya. Kalau masak pakai Cosmos Mini Digital Rice Cooker bisa buat sekali sarapan. Nah, pas makan siang bisa bikin menu lainnya yang beda. Jadi, masak buat sekali makan, ngga pakai sisa. 

Gimana, sudah kebayang gampangnya masak pakai Cosmos Mini Digital Rice Cooker ini kan? Pengen punya juga, kan? Langsung aja beli online di www.belanjacosmos.com dan kamu bisa langsung dapatin diskon 20%. Caranya? pakai kode voucher saya COSMRISALAHHUSNACRJ.

Kalau mau beli produk Cosmos yang lain dan mau tetap dapat diskon, pakai kode vocuher COSMRISALAHHUSNA dan kamu bisa langsung dapatin diskon 15%, asik kan.

Yuk, yang hobi traveling bareng anak, jangan abai soal asupan nutrisi mereka yaa. Jalan-jalan boleh, tapi makan sehat ngga boleh diabaikan ya. Jangan sampai, pulang traveling malah sakit gara-gara makannya nggga bener. 





Sumber Foto 
Koleksi Pribadi & UniCorn AdCom

15 komentar:

  1. huah dapet diskon 20% y mba kalau pake kode itu jadi pengen nih cek dulu ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kode vouchernya berlaku sampai 16 September aja nih, buruan ya. Mayan kan 20%

      Hapus
  2. Wah seru ini kalau traveling bisa bawa anak lagi bawa cosmos deh bisa bikin nasi uduk sendiri deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kita tinggal bawa atau beli lauknya aja, nasi kita masak sendiri deh. Hemat

      Hapus
  3. Nasi uduk nya nyam nyam banget siih :)

    BalasHapus
  4. Pokoknya kalau ditanya rice cooker aku paling tau merk cosmos, entah kenapa aku udah percaya dengan brand yg satu ini. Pas keluar yg ini oh my God, gemes banget jadi pengen deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, akupun udah lama banget jadi pengguna cosmos jadi klo inget beras ya ingetnya cosmos :)

      Hapus
  5. Nanti tambah 1 lagi mba travelling jadi makin seru dn bakalan repot y krn udah punya crj-1031 ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, tambah banyak anak jadi harus makin hemat. Klo urusan makan saat traveling, ya serahin sama Cosmos aja

      Hapus
  6. Sekarang ga khawatir lagi ya, bisa tetap masak sehat buat anak anak saat traveling..

    BalasHapus
  7. yummy skali itu nasi uduknya

    BalasHapus
  8. Simpel ya cara buat nasi uduk nya, bakal sering-sering bikin nih pakai Cosmos Mini Rice Cooker :)

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...