badge

Selasa, 11 Desember 2018

Tips Anti Bete Liburan Ke Bandung



Kalau lagi pengen banget liburan yang tipis-tipis, maksudnya yang agak hemat dan bisa bikin rileks, maka saya akan pilih Bandung buat jadi destinasi liburan. Ngga punya saudara sih yang bisa dikunjungi which is bisa jadi tempat nginep gitu. Tapi kan ada ratusan tempat nginep yang bisa jadi pilihan. Mau yang murah, mau yang mahal, mau yang kelas melati atau bintang 5, ya tinggal pilih aja. Tapi yang paling penting sih, pilih yang sesuai sama budget. Ngga maksa pengen stay di hotel berbintang padahal mah ngga ada budgetnya. Jangan kaya gitu ya gaes (teryutub) :p



Walau Bandung udah ngga ada bedanya sama Jakarta soal kemacetannya, tapi entah kenapa selalu senang berkunjung ke kota yang dapat julukan Kota Kembang ini. Soal macetnya termaafkan dengan sejuknya udara Bandung. Makanya, kalau ke Bandung itu selalu pilih tempat nginep di daerah-daerah yang tinggi kaya Ciwidey atau Lembang. Udaranya sejuk dan enak banget buat pernafasan. 


Then, sebagai masyarakat urban yang suka sama Bandung, saya mau kasih sedikit tips liburan ke Bandung ala ala nih.  Siapa tau bisa bermanfaat buat yang mau liburan ke Bandung gitu. 

1. Jangan Pergi Saat Long Weekend

Kalau ke Bandungnya lewat jalur darat, kaya pakai bus atau kendaraan pribadi, jangan pilih saat long weekend alias libur panjang. Why? jalur Jakarta - Cikampek lagi ada pembangunan jalan layang dan LRT. Jadi, everyday is always macet. Tambah macet parah lagi saat long weekend karena banyak orang yang juga mau liburan. So, pilihlah hari libur biasa kaya sabtu - ahad buat ke Bandung walau  tetap macet-macet juga, tapi ngga separah saat long weekend. 

Orang Bekasi kaya saya, udah familiar banget deh sama jalur tol Jakarta - Cikampek yang lagi parah-parahnya. Riewuh banget kalau dilihat karena banyak tiang-tiang beton, seng penghalang yang masih berantakan dimana-mana. Jadi, percayalah kalau jalan tol yang seharusnya bebas hambatan itu ngga berlaku di jalur tol Jakarta - Cikampek. 

2. Pakai Jalur Alternatif 

Tapi yaa, kalau emang pengen ke Bandungnya pas long weekend, bisa pakai jalur alternatif. Kalau yang dari Jakarta, macetnya bakal berasa banget ketika masuk Bekasi. Jadi, dari Jakarta bisa keluar tol Bekasi Barat atau Bekasi Timur. Setelah itu, bisa telusuri jalur Kalimalang, Cibitung, Cikarang, dan seterusnya. Ada marka jalan yang bisa jadi petunjuk, kok. Atau, kalau masih bingung yaa tinggal buka google maps aja. 

3. Pergi Malam Hari Atau Sebelum Subuh 

Ini sih niat banget yaa ke Bandungnya. Tapi kalau mau tetap lewat tol dan menghindari macet, bisa dicoba waktu berangkat yang lebih aman. Mungkin setelah Isya atau sebelum subuh sekitar jam 3 atau 4 gitu. Walau ngga bisa jamin juga bakal lancar banget, karena kemungkinan juga bakal ketemu kontainer-kontainer besar dan panjang di jalan tol. Tapi setidaknya, jalurnya ngga sepadat pagi dan siang hari. 

Kalau saya, prefer pilih setelah subuh kalau pas mau main ke Bandung. Karena udah terbiasa dengan macet, jadi ya no probs lah macet-macet gitu. Tapi kan buat yang ngga pengen terjebak masa lalu eh macet, mungkin bisa ikutin saran saya

Destinasi Wisata Yang Bisa Dikunjungi di Bandung

Kalau berangkat malam dan bawa kendaraan sendiri, better siapkan kondisi banget ya. Siapin kopi, permen, kacang, atau cemilan pedes supaya mata tetap on. Cemilin cabe rawit pun bisa jadi alternatif tuh supaya mata tetep melek. Serius, suami saya suka ngemilin cabe rawit pas ngantuk dan dalam kondisi nyetir. Silakan dicoba kalau sanggup yaa :p 

Kalau ke Bandungnya naik bus atau mobil travel, bisa lebih fleksible sih yaa. Ada kok travel yang berangkatnya malam atau pagi buta sekalian. Coba aja cek salah satu situs penyedia tiket online kaya Traveloka buat tau jadwal bus travel ke Bandung

4. Booking Penginapan H-7

Walau bisa aja sih mendadak cari penginapan pas nyampe Bandung, tapi yaa better seminggu sebelumnya udah booking penginapan. As I told, banyak banget pilihan penginapan di Bandung. Mau yang kelas melati atau bintang 5 pun ada. Kenapa saya bilang buat booking H-7? karena biar ratenya bisa lebih murah. Pengalaman saya, kalau bookingnya dadakan, suka susah cari rate yang murah. Kalau beruntung, kita tuh bisa loh dapetin hotel mewah dengan rate yang lumayan murah. 

Sebelum booking, pastiin kita udah bandingkan harga dari beberapa situs booking hotel online yaa. Karena biasanya, antar situs itu suka ada persaingan harga. Kalau saya seringnya pakai Traveloka, soalnya suka ngasih promo gitu dan sure saya bakal pilih yang paling murah dong. Maklum keluarga muda dengan banyak anak, jadi budget pun harus diatur seketat mungkin. 

5. Main Ke Daerah Minim Macet 

Bandung itu sekarang emang ribet jalurnya, karena kalau udah salah jalur suka jauh banget muternya. Banyak jalan yang cuma satu arah, jadi kalau kelewat yaa mesti cari puteran yang lumayan jauh juga. Macetnya bakal lebih parah kalau hari libur. Tapi, ya bukan Bandung namanya kalau ngga bikin kanget. Semacet apapun, tetep weh banyak yang datang ke Bandung. 

Kalau Ngga Sudi Macet-Macetan, Jangan Ke Sini :p 

Kalau boleh kasih saran, coba deh mainnya jangan melulu ke pusat kota yang jelas macetnya. Bisa deh main-main ke daerah-daerah deket kaki gunung atau melipir ke pedesaaan gitu lah. Selain minim macet, bisa beneran bisa refreshing karena pastinya udaranya lebih sejuk. Mungkin bisa ke Lembang atau Ciwidey gitu yaa. Atau yaa bisa coba deh googling dulu. 

Nah, itulah tips anti bete liburan ke Bandung ala risalahhusna. Sebagai yang sering bolak-balik ke Bandung buat liburan, semoga tips ini bisa dipercaya dan jadi rekomendasi ya. Yang penting sih, namanya liburan itu kan mesti ada budget yaa. 

Jadi, siapkanlah budget khusus liburan supaya liburannya ngga pakai bete. Lebih baik lagi, kalau diprepare sejak sebulan sebelum liburan. Apalagi kalau banyak anak kaya saya, budget yang dibutuhkan juga ngga sedikit. Walau bisa bawa bekel dari rumah, tetap aja sih anak-anak perlu jajan di Bandung. Jangan sampai pengen hemat, tapi malah laper dan anak-anak malah jadi bete. 

So, selamat mempersiapkan liburan yaaa. Semoga liburannya menyenangkan dan bebas bete :) 

3 komentar:

  1. Iya kalau long week end ke puncak, aww ngeri sama macetnya, habislah waktu liburan di jalan raya

    BalasHapus
  2. Makasih tipsnya, intinya menghindari kemacetan ya yang paling utama hahaha

    BalasHapus
  3. siip .. penting banget. kelihatannya sepele tapi perlu

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...