badge

Selasa, 22 Januari 2019

Kenapa Bali Jadi Destinasi Favorit Buat Liburan?


Udah pernah ke Bali? Seenggaknya, kalau ada yang nanya kaya gitu, saya udah bisa jawab 'Alhamdulillah, udah'. Walau ke Balinya udah 5 tahun yang lalu, tapi kenangannya masih berasa aja. Apalagi, perjalanan ke Bali yang saya dan keluarga tempuh itu lewat jalur darat. Berangkat dari Bekasi hari Senin dan sampai Bali hari Rabu. Bukan waktu yang sebentar, kan? Lumayan bikin pinggang pegel-pegel juga karena kelamaan duduk di dalam mobil.



Tapi ya walau lama di jalan, perjalanan ke Bali lewat jalur darat itu cukup menyenangkan. Karena waktu itu bawa Una yang masih bayi plus kakaknya yang masih balita, jadi suami (yang jadi supir) pun banyak berhenti buat istirahat. Belum lagi ada sesi kita nyasar ke dalam hutan yang sepiii bener. Duh, kalau inget itu bikin deg-degan deh. 


Setelah 5 tahun berlalu, saya kangen Bali lagi. Kebetulan kakak sepupu masih tinggal di sana, jadi lumayan kalau ke Bali ya ada tempat nginep gratisan :p Kangen sampai pantai-pantainya, kangen sama jalanannya yang naik turun, kangen sama udaranya, dan kangen sama suasananya yang khas banget. 


Kenapa Bali jadi destinasi favorit turis? Mau turis lokal atau international, pasti suka deh liburan ke Bali. Malah ya, banyak turis luar negeri itu yang tau Bali tapi ngga tau kalau Bali itu ada di Indonesia. Sedih juga, sih. Padahal, Indonesia ngga cuma Bali aja ya, kan. 

Tapi ya emang, Bali punya pesona tersendiri. Kalau ingat Bali, jadi ingat sama film 'Perahu Kertas' yang dibintangin sama Maudy Ayunda dan Adipati. Banyak scene yang diambil di Bali dan itu berasa banget Balinya. Dan, Sejak nonton film itulah saya jadi suka sama aktingnya Reza Rahardian, lahhh :p (agak-agak ngga nyambung gimana gitu, ya)

(source : pixabay)

Di postingan ini, saya tuh pengen nulis kenapa Bali jadi destinasi favorit buat dikunjungi. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya, sih. Kenapa banyak yang rela bolak-balik demi liburan di Bali, gitu. 

Surga Pantai 


Pulau Bali itu surganya pantai. Karena ya memang banyak banget pantai yang ada di Bali. Yang paling terkenal itu Kuta, sampai ada lagunya gitu, kan. 

Pulau yang terletak di anatara pulau Jawa dan Lombok ini punya puluhan pantai yang ngga bakal habis dikunjungi dalam sehari. Saking banyaknya, gitu. Waktu ke Bali, saya cuma berhasil mengunjungi pantai dreamland, pandawa, sanur, kelan, sama kuta aja. Itupun dalam waktu 2 hari. Karena, mengunjungi satu pantai di Bali aja, bikin kita ngga mau beranjak. Pengennya ya seharian di pantai. 

Buat masyarakat urban kaya mereka yang tinggal di Jakarta, liburan ke Bali pastinya bisa bikin fresh. Kan di Jakarta adanya cuma pantai ancol yang kalau weekend pengunjungnya udah kaya cendol :p Kalau mau bagusan dikit, ya ke pulau seribu. 

Bali jadi destinasi favorit karena kekayaan pantainya yang menawan. Itu juga yang jadi daya tarik Bali di mata turis Internasional. Banyak bule yang datang cuma buat ngitemin kulit doang. Katanya sih biar kulitnya eksotis. Secara di negara mereka, mataharinya kurang panas kali yaa. Malah, saking cintanya mereka sama pantai Bali, ada loh yang akhirnya punya property kaya rumah di Bali, bahkan nikah sama orang Bali.  

Ya, jadi intinya kalau ingat Bali, ya ingat Pantainya yang indah dan memesona. 

Destinasi Wisata Alam Khas Bali 


Selain pantai, Bali punya banyak destinasi wisata alam lainnya. Gunung, hutan, atau sawah berundak khas Bali, bakal memanjakan mata dan menyejukan hati. Salah satu destinasi wisata yang ngetop di Bali itu Uluwatu. Di Uluwatu ada Pura yang masih digunakan buat ibadah masyarakat  Bali, bukit menanjak yang ketika sampai di puncaknya kita bakal dibuat terpesona, dan rombongan monyet yang berkeliaran bebas. 

Mau yang lebih berasa banget Balinya, main deh ke Ubud. Jalanannya yang tenang dan adem bakal bikin kangen pengen balik lagi. Di film 'Perahu Kertas', Keenan (Adipati Dolken) pergi ke Ubud buat jadi seniman. Ya, Ubud terkenal banget sama seniman, bahkan sebagian besar masyarakat Ubud bermata pencaharian sebagai seniman. 

Budaya Dan Tradisi Khas Bali 


Ngga sedikit yang kepincut hatinya dengan Bali karena budayanya. Masyarakat Bali itu sangat mempertahankan budaya dan tradisi mereka. Jadi, kalau datang ke Bali itu feelnya tuh berasa banget. Misalnya aja kaya kaum laki-laki Bali yang selalu pakai udeng, perempuan Bali berambut panjang atau yang mengenakan kebaya khas Bali. 

(source : pixabay)

Budaya dan tradisi itu yang bikin kangen. Belum lagi warganya yang super ramah dan selalu senyum. Walau sama orang yang baru dikenal, mereka ngga segan menyapa. Saya ngerasain sendiri ramahnya masyarakat Bali. Makanya kalau ada rezeki, pengen banget ke Bali lagi. 

Kuliner Bali Yang Lezat


Kuliner Bali ngga kalah enaknya sama kuliner dari daerah lain. Walau penduduknya mayoritas non muslim, tapi banyak kok kuliner khas Bali yang halal. Sebut aja, Ayam Betutu yang wajib dicoba kalau berkunjung ke Bali. Sambal matah yang khas banget wanginya. Atau, Sate Lilit yang sayang banget kalau ngga dicoba kalau ke Bali. 

Ngga susah kok nemuin makanan halal di Bali. Tinggal minta bantuan google aja buat nyari tempat makan halal di Bali, dijamin bakal banyak pilihannya. 

Bali juga ngga mahal-mahal banget kok kalau soal harga makanan. Kalau dibandingkan sama Jakarta mah jauh. Cari aja kedai-kedai makan di pinggir-pinggir jalan gitu, ngga perlu masuk ke resto mewah. Banyak kedai makan yang menawarkan kuliner khas Bali dengan harga yang sangat terjangkau. Soal rasa, boleh diadu lah sama resto mewah. 

Kapan Ke Bali Lagi?


Pertanyaan itu sebenernya lebih ditujukan buat saya. Saking pengennya ke Bali lagi. Beneran deh, kalau ada rezeki, pengen banget liburan ke Bali lagi sama keluarga. Pengen ke Ubud yang Bali banget atau ke tempat-tempat terpencil di Bali yang bikin tenang. Kayanya waktu seminggu di Bali rasanya masih kurang. 

Ya, kalau beneran ada rezeki bisa ke Bali lagi pengennya sih naik pesawat aja. Biar lebih cepet aja gitu sampai di Bali. Dengan gitu, saya jadi punya waktu lebih lama buat keliling Bali. Tahu sih sekarang tiket pesawat ke Bali itu ngga murah. Apalagi sekarang beberapa maskapai ngga kasih free bagasi lagi, jadi harus keluar biaya ekstra juga kalau liburan ke Bali bareng keluarga. Karena kalau liburannya bareng keluarga apalagi bawa banyak anak, pasti bawaannya jadi banyak banget, kan. 

Salah satu cara supaya bisa ke Bali tapi tetap hemat ya pakai tiket promo, ya kan. Makanya, harus rajin banget tuh mantengin situs booking tiket online. Misalnya aja kaya pegipegi.com dimana kita bisa booking tiket baik pesawat atau kereta api. Ngga cuma tiket kereta dan pesawat aja yang bisa dipesan, mau booking hotel pun bisa lewat pegipegi. Ada lebih dari 20.000 rute penerbangan dan 1.600 rute kereta api yang terhubung langsung di pegipegi.



Mau yang lebih simple, unduh aja aplikasinya. Jadi, bisa ceki-ceki harga tiket dimana aja. Siapa tau pas ngecek, pas ada promo murah ke Bali. Cara bookingnya juga gampang banget. Tinggal tentuin tanggalnya aja dan kita bakal disuguhkan dengan deretan penawaran harga. Mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal. 

Sekarang, saya harus nabung dulu nih biar bisa ke Bali lagi. Maklum, sekarang udah nambah anak dan artinya budget buat liburan jadi nambah juga. Lumayan kalau bisa dapat tiket promo ke Bali. Jadi, budget liburan ke Bali bisa lebih hemat. Yuk lah, hunting tiket promo demi liburan minimalis :) 




14 komentar:

  1. Bali emang selalu ngangenin. Udah kesana 4 kali juga masih pengen ke sana lagi...dan lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh.. udah lumayan sering ya mbak ke bali, aku baru sekali dan pengen banget bisa ke bali lagi

      Hapus
  2. Bali memang bagus ya pantainya

    BalasHapus
  3. Pesan tiket pesawat atau kereta api kalau mau bepergian memang pegipegi jawabannya hehe

    BalasHapus
  4. Jadi pingin liburan ke Bali juga nih wkwk :D

    BalasHapus
  5. Terima kasih informasinya, sangat membantu :)

    BalasHapus
  6. Bali itu memag lengkap banget. Mau bmenikmati apapun ada disana. Pecinta budaya, banyak. pantai, apalagi. belum lagi danau , sungai, hamparan sawah....ahhh rasanya pingin ke bali setiap bulan.

    BalasHapus
  7. Klo bisa setiap bulan, asik ya. Apa sekalian pindah ke Bali aja, gimana? Biar puas main di pantai :)

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...