badge

Senin, 18 Februari 2019

Hijab Celebration Day : Karena Muslimah Harus Percaya Diri



Setelah ngga bisa kemana-mana after melahirkan, akhirnya Ahad (17/2) kemarin saya bisa hadir lagi di sebuah acara. Walau masih harus ditemani, Alhamdulillah bisa refresh setitik demi busui yang happy. Hijab Celebration Day (HCD) 2019 yang diadakan Hijup jadi kaya refershing buat saya. Ketemu banyak orang, termasuk beberapa teman blogger yang udah lama banget ngga ketemu. Lumayan bisa ngobrol-ngobrol dan ketawa. 



Hijab Celebration Day 2019 kali ini digelar di Bintaro Xchange Park yang ada di area mall Bintaro Xchange. Rangkaian acaranya banyak diisi sama talkshow inspiratif dari public figure dan orang-orang yang berpengalaman di bidanngnya. Ini merupakan kali kedua Hijup menggelar Hijab Celebration Day dalam memperingati movement world hijab day yang jatuh setiap tanggal 1 Februari. 

Untuk tahun ini Hijup berkolaborasi sama Kementrian Badan Usaha Milik Negara. HCD 2019 ini bertujuan untuk lebih menginspirasi para muslimah milenial agar dapat terus mengembangkan dirinya. Sekarang ini kan banyak muslimah yang jadi enterpreneur dan itu jadi fenomena yang bagus banget. Anak muda jadi lebih kreatif dengan ide-ide bisnisnya. 

HCD 2019 ini selain diisi sama talkshow interaktif yang tentunya inspiratif, ada juga fun run 5K yang iikuti oleh ratusan peserta dan bazar curated halal industry yang serius bikin ngiler semuanya. Kalau lihat semangat UKM memasarkan produknya, saya jadi pengen banget buka usaha lagi. Dagang itu sebenernya bikin nagih, apalagi kalau sudah punya konsumen yang loyal. 



Saya sempat mengikuti talkshow yang pematerinya adalah Chief Excecutive Officer HIJUP, Diajeng Lestari. Menurut Diajeng, kegiatan HCD 2019 ini diharapkan bisa menjadi inspirasi dan motivasi buat para muslimah agar bisa terus berkarya dan produktif. Hal ini selaras dengan campaign HIJUP yaitu #EmpowerChange . Karena fokus Diajeng pada perkembangan fashion muslim, lewat kegiatan ini HIJUP ingin menunjukkan komitmen bersama demi menciptakan ekosistem industri halal. 

Saya pernah terlibat jadi salah satu team di ajang pameran fashion dan itu benar-benar membuka mata saya. Bahwa Indonesia merupakan negara dengan perkembangan fashion yang bagus banget, terutama fashion muslim. Target Indonesia jadi kiblat fashion muslim dunia pada tahun 2020 itu sudah di depan mata. Makanya, perlu banget ada kolaborasi baik antara designer dan stakeholder, demi mewujudkan visi itu. 

Kalau merujuk pada data yang dikeluarkan oleh State of the Global Islamic Economy Report 2018, Indonesia menempati urutan ke 3 sebagai pasar fashion muslim terbesar dengan pengeluaran sebesar US$ 20Bn. Diprediksi, pada tahun 2023 nanti pengeluaran pada industri fashion ini akan meningkat sebanyak 5% menjadi sebesar US$ 361Bn secara global. Artinya, ini jadi peluang besar buat Indonesia. Jadi, perlu ada kerjasama buat meningkatkan kinerja dan sinergi untuk menguatkan berbagai aspek dari hulu hingga hilir. 

Orang Indnesia, terutama perempuan itu kan hobi banget beli baju. Apalagi sekarang fashion muslim itu sudah jadi lifestyle. Ngga heran lah ya kalau fashion muslim itu selalu banyak peminatnya. Malah ada online shop baju muslim yang sekali ngeluarin produk baru, pasti selalu jadi rebutan. Soalnya saya pernah jadi korbannya, jadi tahu gimana rasanya rebutan baju keluaran terbaru dari online shop yang famous itu. 

#HijabCelebrationDay 2019 kali ini didukung penuh oleh Himpunan Bank Milik Negara Syariah kaya BTN Syariah, BNI Syariah, dan BRI Syariah. Ada Wika, Pertamina, Telkom, dan Pegadaian yang juga turut mendukung meriahnya HCD 2019. Talkshow interaktif juga diisi oleh public figure seperti Suhay Salim, Rachel Venya, Chiki Fawzi, Ria Ricis, Anisa Rahma, dan Syakir Daulay. 

Keramaian di Nusa Corner

Ketika saya datang, cuaca lagi panas-panasnya. Lumayan bikin silau dan anak-anak jadi crancky gitu. Mereka saya ajak melipir main ke Nussa Corner. Pojokan ini yang bikin anak-anak betah. Karena, Nusa Rara adalah karakter animasi favorit mereka saat ini. Ada kegiatan mewarnai dan nyanyi bersama Nusa Rara yang bikin boothnya jadi rame banget. Di samping booth Nusa Rara ada trampolin kecil yang lumayan bisa menyalurkan naluri loncat-loncatannya anak-anak. 

Nyaman Dengan Noore


Karena acaranya outdoor, jadi berasa banget panasnya. Alhamdulillah banyak pohon yang bisa dijadiin tempat neduh. Tapi yang paling bikin nyaman itu karena saya pakai baju olahraga muslimah dari Noore. Jadi, walau udaranya bikin keringetan, saya tetap merasa nyaman. 



FYI, Noore ini merupakan brand hijab sport yang produknya terbuat dari bahan yang berkualitas. Beneran dingin dan adem banget pas dipakai. Jadi walau dipakai buat olahraga, ngga bikin crancky karena kegerahan. 

Buat yang lagi cari-cari pakaian olahraga wanita muslim, Noore bisa jadi referensi loh. Ada yang didesain khusus buat lari, plus hijab yang ngga kalah nyaman. Penasaran sama produknya, coba aja ceki-ceki website atau akun sosial medianya yaa. 



EmpowerChange Untuk Muslimah Mandiri


Keinginan buat kembali berbisnis kayanya ngga boleh sekadar jadi mimpi aja. Harus diwujudkan. Karena, hal yang paling mungkin dilakukan ibu rumah tangga buat punya penghasilan ya dengan berbisnis. Saya pernah nyicip bisnis kuliner dan fashion, tapi stop karena hamil. Sekarang, saat lagi ngga bisa sering-sering keluar rumah buat hadir di acara blogger, dagang dari rumah lah yang bisa jadi solusi. 

Ketemu Pemilik Blog Cigrey.Com :) 


Muslimah harus percaya diri buat lebih mandiri. Mulai aja dulu dari hal yang disuka. Kalau suka masak, coba aja jualin masakannya lewat sosial media. Kan jadi lebih berfaedah dan ada manfaatnya mainan sosial media. Ngga sekadar scrolling akun-akun gosip yang ngga ada manfaatnya ya kan. 

Semangat #EmpowerChange dari HIJUP lewat Hijab Celebration Day, makin membuka mata saya. Muslimah sangat mungkin berdaya dan sukses. Banyak kok muslimah yang sukses berbisnis walau hnaya dari rumah. Asal ngga gampang putus asa dan giat berusaha, Insya Allah bisnis bisa berjalan dengan sukses. 


7 komentar:

  1. Mbaaa, akhirnya ketemu. Aku suka sama acaranya karena komplit bisa ada wadah utk anak2 juga..
    Terus bisa jajan makanan..klo bosen ya lari2an pasti di lahan taman sbelah sanaaa.
    Alhamdulillah berhijab sekarang makin enak, pakaian sport udah banyak pilihannya nggak kayak jaman duluu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, uchi ketemu uci ;) seneng banget bisa ngobrol2 walau sekejap aja.

      Sekarang berhijab jadi makin enak, banyak pilihan outfit termasuk buat olahraga

      Hapus
  2. yaah, uci udah langsing aja nih, luar biasa deh. btw itu baju olahraga nyaman kan ya buat yang berbobot lebih, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillahh dibilang langsing, padahal mah kerempeng kak. Baju olahraganya super nyaman, nyerap keringat, dan bahannya tuh dingin. Jadi dipakai buat olahraga, nyaman banget

      Hapus
  3. Masya Allah, Mbak Suci...
    Macam anak SMA pun iya kuliah semester satu juga iya.
    Jadi apa resep awet muda? Hahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh.. kanaz bisa aja. Mungkin karena badanku kecil jadi kaya berasanya muda terus ;) resep awet muda, banyak main sama yang muda-muda xixixi

      Hapus
  4. Autofokus sama fotonya
    Dah bisa balik cefet padahal habis lahirannn
    Ihh keren dah mb ucy wkkk
    Iyes emng penting bgts y nyaman sm diri sendiri
    Wanita harus pd
    💪

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...