badge

Minggu, 28 Mei 2017

Tips Sehat Dan Praktis Selama Ramadhan



Marhaban yaa Ramadhan. Ngga terasa ya kita disampaikan lagi di bulan Ramadhan. Bagaimana Ramadhan hari ini? Semoga ibadahnya lancar hingga akhir Ramadhan dan bisa lebih baik dari Ramadhan terdahulu. Aamiin. 

Selain kita meningkatkan kualitas ibadah kita di bulan Ramadhan, biasanya kita nih, para ibu akan disibukan dengan hal-hal lain. Salah satunya mencari menu sahur dan berbuka puasa. Kayanya, ini yang selalu bikin buibu bingung. Udah googling resep, disave pula, tapi ternyata ngga satupun dieksekusi -_____- alasannya ribet, susah cari bahannya, atau ngga sempet lah. Lah terus, ngapain juga nyari resep yaa. 



Menu selama Ramadhan, harusnya bukan sekadar enak ya buibu. Tapi, kadar gizi dan nutrisinya pun harus tetap dipikirkan. Walau kebutuhan energi jadi lebih berkurang karena biasanya kita akan hemat untuk membuang energi, tapi kebutuhan konsumsi makanan yang seimbang tetap diperlukan. Nah, ngobrolin soal kebutuhan gizi dan nutrisi selama bulan Ramadhan, beberapa waktu yang lalu saya senang banget bisa hadir di acara talkshow "Ramadhan Sehat dan Praktis Bersama Philips"

Acara ini benar-benar pas banget karena diadakan jelang bulan Ramadhan. Ada narasumber yang wajahnya sering wara-wiri di televisi, Rita Ramayulis DCN, M.Kes yang juga seorang ahli nutrisi. Lewat talkshow ini, saya jadi banyak tahu soal kebutuhan nutrisi selama berpuasa. Acara yang diadakan oleh Philips ini sebagai bentuk dukungan Philips, untuk meningkatakan gaya hidup sehat dengan menjaga kesehatan mulai dari rumah. Karena kita tahu kan ya, kalau saat ini gaya hidup sehat sudah mulai digemari oleh masyarakat. 

Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

Saat puasa tentu pola makan kita jadi berubah ya. Yang biasanya ada makan siang, pas puasa ya ngga makan siang. Tapi, bukan berarti kebutuhan nutrisi kita malah berubah juga. Menurut Rita, pada prinsipnya, saat puasa itu kita malah dapat kesempatan untuk hidup sehat. Berpuasa itu memungkinkan tubuh kita mengalami proses detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Tapi, manfaat puasa itu ngga akan maksimal kalau asupan makanan saat sahur, berbuka dan ketika malam itu ngga diperhatikan.

Makanan Favorit Saat Berbuka :) 
Biasa deh kalau pas puasa itu segala makanan pengen kita makan. Lapar mata lah istilahnya. Kita mendadak jadi kalap sama makanan apa aja. Akhirnya, kita ngga mikirin gizi dari makanan yang kita konsumsi saat berbuka puasa. Padahal kebutuhan nutrisi saat puasa itu ngga boleh diabaikan.



Rita menambahkan, walaupun di bulan puasa kegiatan kita tetap sama seperti hari-hari biasa, kebutuhan energi menjadi lebih sedikit. Itu karena saat puasa secara otomatis, tubuh kita akan melakukan penghematan energi. Tubuh kita akan beradaptasi dimana pengggunaan energi akan menurun dibandingkan saat tidak berpuasa.  Karena perubahan tersebut, konsumsi makanan perlu diatur. Makanan yang kita konsumsi harus tetap seimbang antara kabohidrat, protein, lemak, sayur, buah, air, dan juga serat. Ada tips sehat ketika berpuasa yang bisa kita lakukan, diantaranya;
  • Hindari makanan yang mengandung kalori tinggi dan yang bisa menyebabkan dehidrasi karena akan mengganggu metabolisme tubuh untuk detoksifikasi. 
  • Sebaiknya jangan berbuka dengan minuman yang sangat manis dan dingin. Karena kadar gula darah kita akan cepat naik tetapi akan cepat turun. Sehingga menjadikan kita akan mudah sekali lapar dan mendorong kita akan makan apa saja. Dan itu sangat tidak baik bagi lambung. 
  • Berbuka dengan satu sampai tiga butir kurma bisa mengembalikan kadar glukosa dalam darah kita menjadi stabil. Ini yang selalu saya lakukan ketika berbuka puasa. Mengkonsumsi kurma bisa segara mengembalikan stamina. Sunnah Nabi ini pun dibuktikan kebenarnnya, karena kurma itu mengandung glukosa, sukrosa, dan fruktosa alami. Anak-anak pun selalu saya anjurnkan untuk berbuka dengan kurma terlebih dahulu. Alhamdulillah mereka suka dan sudah terbiasa.
  • Hindari berbuka dengan gorengan. Walau berbuka dengan gorengan sudah menjadi ciri khas, tapi ternyat sangat tidak baik bagi kesehatan. Kandungan minyak dan karbo yang berlebih dalam gorengan bisa menyebabkan kolseterol. 
  • Sebaiknya hindari makanan yang akan memicu asam lambung naik. Seperti makanan pedas atau kafein. 
  • Perhatikan selalu asupan kalori dalam tubuh. Untuk perempuan, kebutuhan kalorinya hanya 25 kkal sedangkan untuk laki-laki, kebutuhan kalorinya 30 kkal. Untuk porsi makan sahur sebaiknya 1/3 dari kebutuhan kalori sehari, dan jangan terlalu kenyang.
  • Tetap mengikuti prinsip seimbang dan beraneka ragam yang terdiri dari; 50% karbohidrat, 25% lemak, dan  15% protein dari total kebutuhan energi, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan setiap orang. 
Sebenarnya, sadar atau ngga dengan berpuasa kita akan lebih sehat loh. Ketika kita ngga makan selama lebih dari 12 jam, tubuh kita seperti diberi kesempatan untuk melakukan tugasnya tanpa gangguan. Dengan begitu, organ dalam tubuh kita bisa bekerja lebih maksimal. Saat bukan bulan puasa, kita kan cenderung akan makan semaunya tanpa memikirkan kinerja organ tubuh kita, terutama pencernaan. Nah, ketika puasa, tubuh kita bisa bekerja dan melakukan regenerasi dengan baik. 

Sehat Dan Praktis Bersama Peralatan Dapur Philips

Tahu kan ya sama Philips. Brand yang aware sekali dengan kebutuhan rumah tangga terutama peralatan dapurnya yang selalu inovatif. Menurut Yongky Sentosa selaku Head of Personal Health Philips Indonesia, Philips mengerti kebutuhan masyarakat yang cenderung memiliki mobilitas tinggi dan keterbatasan waktu, tapi tetap ingin menjaga kesehatan baik pribadi ataupun anggota keluarga. Peralatan dapur inovatif dari Philips memungkinkan kita para ibu bisa menyiapkan makanan sehat dengan cara yang mudah dan praktis.



Produk inovatif Philips yang bisa membuat buibu tersenyum sumringah adalah Philips Airfryer. Saya sempat berujar dalam hati, andai Philips Airfryer ada di rumah, betapa bahagianya hati ini :) Saya bisa menyajikan makanan sehat tanpa proses menggoreng menggunakan minyak. Bukan tidak baik, tapi jika terus-terusan terkontaminasi dengan minyak, tentu itu ngga baik bagi kesehatan.



Selain Philips Airfryer, diperkenalkan juga dengan Blender Philips. Kalau yang ini udah familiar banget. Di rumah, saya pakai blender philips dan memang terbukti bagus dan awet. Blender philips ini pasti banyak jadi pilihan para ibu di Indonesia. Dengan desain yang cantik, blender philips mampu membuat jus yang super lembut dan sehat. Kalau saya suka banget bikin smoothie aneka buah. Misalnya aja kaya pisang dicampur dengan jeruk atau mangga. Enakk banget. Anak-anak yang agak-agak susah makan buah, kalau disodorin smoothie langsung diminum. Apalagi kalau disajikan dingin. Makin enak aja.

Philips memang memahami betul apa yang dibutuhkan seorang ibu di dapur. Dengan peralatan masak yang inovatif, Philips mampu membuat dapur menjadi tempat yang menyenangkan bagi para ibu. Kegiatan masak jadi lebih mudah dan cepat. Makanan yang dihasilkan pun lebih sehat untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga.

Menu Sehat Ala Philips

Acara talkshow bersama Philips juga menghadirkan demo masak. Kali ini yang masak adalah semua yang hadir bukan chef. Ada Philips Airfryer dan Blender yang udah disediakan di atas meja. Dengan bekal selembar resep, kami diminta untuk membuat menu yang sederhana dengan menggunakan produk Philips.

Menu yang kami buat adalah Bola-Bola Ayam Sayur dan Energizer Juice. Kedua menu ini cocok banget dijadikan menu sehat untuk sahur atau berbuka puasa. Bahan-bahannya mudah didapat dan mungkin bisa kita kombinasikan dengan bahan yang lain. Resepnya bisa dilihat dibawah ini ya buibu :)



Bola-Bola Ayam Sayur Ketika Di Dalam Philips Airfryer
Proses pembuatan Bola-Bola Ayam Sayur itu hanya 15 menit saja. Sambil menunggu matang, kita bisa mengerjakan pekerjaan rumah yang lain kan. Kalau goreng dengan cara konvensional itu kan kita harus standby, karena kalau ngga masakannya bisa gosong. Kalau pakai Philips Airfryer ngga perlu takut gosong. Karena kan waktunya bisa kita setting, dan ketika matang mesinnya akan mati sendiri. Asik banget yaa.


Menu sehat yang dibuat adalah Energizer Juice yang memadukan 3 buah sekaligus, yaitu; mangga, melon, dan jeruk. Menu sehat yang satu ini pas banget kalau dinikmati saat berbuka puasa. Cara bikinnya pun sangat mudah, saking mudahnya anak-anak pun bisa loh bikinnya.




Gimana? Mudah banget kan. Dari bahan dan cara membuatnya pasti gampang lah ya buat diikuti. Ajak anak buat bantu-bantu, pasti mereka bakal excited banget. Daripada mereka rewel minta buka puasa, mending libatkan mereka di dapur. Ngga perlu takut berantakan, karena kan bisa diberesin lagi.

Bulan Ramadhan, nutrisi dan gizi harus terus dicukupi ya buibu. Jangan sampai, saat berbuka semuanya disediakan tapi ngga memerhatikan kecukupan nutrisinya. Karena makan bukan sekadar soal kenyang aja. Tapi makan itu perlu sehat juga. Kalau udah sehat, melakukan banyak aktivitas pun ngga akan ada masalah. 


Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan yaa. Semoga Ramadhannya lebih baik dari tahun sebelumnya dan kita bisa lebih sehat. 


4 komentar:

  1. bola-bola ayam sayur bisa dipraktekin nih di rumah, peralatan philips memudahkan para emak untuk daily activity terutama urusan masak dan setrikaan

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Wah, seru nih menu baru bola-bola ayam sayur. Mau juga ah nyoba bikin

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...