badge

Jumat, 24 Juli 2020

5 Hal Yang Bisa Ibu Lakukan Supaya Lebih Rileks



Semuanya pasti setuju, kalau menjadi ibu itu bukan hal yang gampang. Di lihat dari sisi manapun, jadi ibu itu perlu perjuangan yang berat. Bukan nakut-nakutin yang belum jadi ibu ya, tapi memang begitu keadaannya. Ngga bisa dihindari, bahkan kalau di rumah ada assisten rumah tangga sekalipun. Apa kabar ibu yang ngerjain semua-muanya sendiri? Kebayang gimana rasanya deh.

Tips happy buat ibu

Terlebih buat ibu yang sedang hamil atau menyusui, rasa capeknya memang bisa berlipat-lipat. Mesti bagi fokus antara ngurus rumah, anak dalam kandungan atau bayi, dan mesti ngurus diri sendiri juga. Jangan sampai kecapekan ngurus yang lain, eh malah diri sendiri ngga diperhatikan. Kalau sudah sakit, malah lebih repot karena tenaga kita jadinya terbatas. 

Makanya, ibu perlu juga buat punya waktu khusus. Waktu di mana bisa men-chareg ulang tenaga, istilahnya me time gitu lah. Ngga mesti ke tempat-tempat fancy, karena di rumah pun bisa. Yang pasti, waktu untuk diri sendiri itu penting buat menjaga kewarasan diri. 

Me Time Buat Ibu Supaya Lebih Rileks 

Sebagai ibu dari 4 orang anak, dimana 1 diantaranya adalah bayi, saya cukup merasakan gimana capeknya seharian ngurus rumah dan isi-isinya. Gimana rasanya harus bagi waktu supaya semua kerjaan rumah dan anak bisa selesai. Ngerasain juga gimana saat benar-benar mau makan, eh harus tertunda karena bayi minta nyusu. Yang lebih epic, saat mau nyuap makanan, eh si bayi ngeden dan pup. 

Lalu, apa saya menyesal punya banyak anak? tentu tidaa :p Saya selalu bilang ke diri saya sendiri, anak itu rezeki yang ngga semua orang bisa miliki. Dengan begitu, saya ngga jadi orang yang ingkar pada nikmat dan rezeki yang sudah Allah tetapkan. 

Nah, saat capek dan lelah sudah di ubun-ubun, yang saya lakukan adalah berhenti sejenak. Tarik napas dan saya lakukan hal-hal yang bisa bikin mood balik lagi. 

Rebahan 

Saya bukan generasi rebahan, karena ya memang ibu-ibu macam saya ya ngga bisa always rebagan dong. Tapi, saya akan lakukan ini ketika badan sudah mulai berasa capek. Saya minta suami buat gantian jaga anak-anak dan saya rebahan yang seringnya berujung tidur. 

Walau cuma 30 menit, pas bangun, badan jadi lebih rileks lagi. Dengan begitu, saya jadi punya tenaga lagi buat kembali melakukan kerjaan rumah. Kembali berkutat dengan peralatan dapur. 

Baca 8 Rekomendasi Peralatan Dapur Berkualitas Pilihan Risalah Husna 

Coffee Time 

Saya bukan tipe anak nongkrong di coffee shop, walau suka ngopi. Ya sesekali (tapi benar-benar jarang banget) kalau ada temannya atau saat butuh banget tempat buat kerja, saya datang ke coffee shop. Tapi ya selesai kerja, yaudah langsung pulang lagi. Karena seringnya tuh malah kepikiran sama anak-anak. 

Ngopi di Malang


Coffee time bisa bikin saya lebih rileks. Tempat ngopinya ya bisa di rumah aja. Seringnya saya menyeruput segelas kopi di dalam kamar. Sambil melempar pandangan keluar jendela kamar. Kadang, memerhatikan bayi yang sedang terlelap. Memandang wajah anak-anak saat mereka tidur di malam hari. Itu sudah bikin saya bisa punya semangat lagi. 

Ketemu Teman 

Saya punya beberapa circle teman. Saat bertemu mereka dan ngobrol, ada perasaan bahagia yang itu bisa bikin mood kembali happy. Kalau ketemu sama teman dan nyambung saat ngobrol, kayanya ada perasaan bahagia. Bisa curhat sesuatu yang ngga bisa diobrolin sama suami. Jadi lebih lega dan setelahnya bikin hidup lebih ringan. 

Saya punya banyak teman, tapi ngga punya banyak teman dekat (sahabat). Karena saya memang pemilih, saat ingin menjadikan seseorang jadi teman yang dekat banget gitu. Pokoknya sejak menikah dan punya anak, sahabat saya tuh ngga sampe 5 orang kayanya. Tapi saya sih happy, karena saya tahu sahabat saya adalah orang-orang pilihan. 

Dengar Musik & Nonton Film 

Hobi saya dengar musik dan nonton film mungkin nurun dari papah. Karena memang, papah itu memang suka banget dengerin musik dan nonton film. Papah juga suka tuh nyanyi dan suaranya menurut saya bagus. Jadi, beliau tuh dulu suka karaoke-an di rumah. Kami punya audio yang cukup bagus. Kami sering diajak nonton bareng, terus suasananya dibikin kaya di bioskop gitu. Audionya sengaja di setting mirip bioskop. Wah, seru banget. 

Dari situlah, saya jadi suka sama musik dan film. Buat saya, bisa dengar musik yang saya suka itu bisa bikin rileks. Kalau lagi nulis pun, pasti saya akan putar lagu favorit. Buat saya yang sehari-hari disibukkan sama urusan rumah dan keluarga, musik bisa jadi penenang. Kenapa bukan dengerin murrotal al-qur'an? oh itu pasti, tapi sengaja ngga saya masukin list. Karena, urusan ibadah jadi urusan pribadi. 

Saya juga nonton drakor, kok :) Biasanya waktu nontonya pas anak-anak tidur. Oh iya, saya lebih suka nonton drakor yang sekali habis bukan yang berseri. Karena, biar waktunya juga ngga habis kebuang buat nonton berepisode-episode drakor. Orangnya susah dibuat penasaran juga sih saya ini :p 

Spa Time

Buat saya, spa ngga mesti di salon. Di rumah pun jadi lah. Bisa kehitung jari deh berapa kali saya ke salon buat spa. Karena memang ngga terlalu suka, ngga suka ngeluarin uangnya juga sih  >_<

Sekarang, mau spa di rumah ngga pakai ribet lagi. Karena apa? karena kalau punya printilan buat spa, ya spa di mana aja, hayuk aja lah. Sekadar pengen pijit-pijit biar rileks cukup pakai massage oil atau herbal oil. Itu sudah bisa menenangkan loh. 


Sebagai ibu menyusui yang akrab sama pegal-pegal, saya punya teman baru buat menghilangkan pegal dan capek. Kenalan, yuk! Saya baru aja temenan sama Mama's Choice Herbal Oil, produk barunya Mama's Choice

Jadi, Mama's Choice Herbal Oil ini merupakan minyak herba yang diformulasikan untuk ibu hamil dan menyusui. Pas banget kan buat saya :) Dibuat dari 100% bahan alami, tanpa pewangi buatan, apalagi pengawet. Komposisi Mama's Choice Herbal Oil ini ada 4 minyak alami diantaranya : minyak lavender, minyak zaitun, minyak biji anggur, dan minyak kayu putih. Keempat minyak alami itu punya khasiat masing-masing yang kesemuanya bisa bikin rileks. 

  • Minyak Kayu Putih (Oleum Cajuputi) : Obat alami mengatasi masalah pernapasan, mengobati nyeri otot, dan masalah persendian 
  • Minyak Biji Anggur (Grape Seed Oil)  : Tinggi oksidan, melembabkan kulit, tanpa menyubat pori-pori
  • Minyak Zaitun : Menghidrasi dan melindungi kulit agar kulit tetap halus dan lembut
  • Minyak Lavender : Aromatheraphy yang bisa menenangkan


Lalu, gimana cara mengatasi pegal-pegal saat menyusui? Pakai Mama's Choice Herbal Oil ini untuk pijit bagian tubuh yang pegal. Bisa banget minta bantuan suami buat pijit, lebih enak malah yaa kalau dipijit sama suami. Karena pijitannya penuh cinta  #eaaa :p 

Cukup aplikasikan minyak herbal dari Mama's Choice ini ke bagian tengkuk menuju tulang belikat, sebatas dada. Lalu, pijat dengan gerakan melingkar. Ulangi gerakan itu beberapa kali sampai terasa hangat dan otot-otot lebih rileks lagi. 

Pijit itu memang cara tradisional yang ampuh banget buat bikin otot-otot yang kaku, jadi lebih lemes lagi. Ibu hamil dan menyusui adalah orang yang paling gampang banget pegal-pegal. Ngga perlu dijelaskan ya kenapa mereka mudah terserang pegal-pegal :p 

Produk Mama's Choice bisa didapatkan di e-commerce seperti Shopee. Oh iya, buibu bisa loh dapetin potongan harga sebesar 25 ribu rupiah (minimal belanja 150 ribu rupiah) untuk pembelian produk Mama's Choice. Caranya? masuk ke profil akun shopee kita, lalu klik 'voucher saya', kemudian masukan kode voucher MAMASANTY. Setelah itu bisa deh langsung dipakai buat belanja produk Mama's Choice. 

Buat tau lebih banyak tentang produknya Mama's Choice, follow aja deh akun instagramnya Mama's Choice : @mamaschoiceid 
 
5 hal yang saya sebutkan di atas, memang yang saya lakukan ketika dirasa sudah terlalu lelah. Saya akan melakukan hal yang bisa bikin rileks. Karena, setiap hari melakukan hal yang sama itu kadang membosankan. Kalau ngga segara dicari penawarnya, bisa berujung stress. Makanya, sebagai ibu, kita harus punya waktu juga buat mencintai diri kita sendiri, memberikan waktu untuk istirahat, sehingga kita bisa terus bersama keluarga. Mengurus mereka dengan happy dan hati yang bahagia. 

Jadi, jangan lupa untuk tetap bahagia ya bu! 

5 komentar:

  1. Iya ya, spa time. Sudah lama banget saya nggak benar benar menikmati waktu untuk diri saya sendiri sesederhana spa time. Nonton aja masih kena usil bocil dan kadang bikin buyar emosi kalo lagi adegan sedih dan mau ikutan mewek atau adegan lucu dan baru aja mau ketawa. Huhuhu.

    BalasHapus
  2. Aku paling suka pijat dengan minyak zaitun dicampur minyak kayu putih

    Nah kalau lavender, aku dapatkan wanginya dari body soap gitu. Apa pun yang berbau lavender pasti aku beli. Bahkan di mobil parfumnya lavender hihi..

    Kalau tau ada Mama's choice lavender kayak gini udah pasti langganan! Cuus ah pake kode voucher MAMASANTY biar dapat diskon!

    BalasHapus
  3. Enak banget kalau punya printilan spa di rumah ya kak, kalau lagi stress tinggal spa di rumah aja nggak perlu repot ke tempat spa.

    BalasHapus
  4. Aku pake yang lavender!! Suka minta pak suami pijetin pake ini malem-malem hahaha. Wanginya nenangin bgt~

    BalasHapus
  5. Waah samaan nih kita pakai Herbal Oil-nya Mama's Choice. Aku juga pakai itu mbak dan emang bantu banget ngilangin pegel2 dan wanginya bikin rileks.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...