Senin, 27 Februari 2023

Mengenal Probiotik dan Manfaatnya Bagi Tumbuh Kembang Anak


Kalau dengar probiotik, buibu pasti sudah familiar ya. Eh atau masih ada yang belum tau nih bedanya antara probiotik dan prebiotik? Kalau suka lihat iklan di tivi, pasti familiar deh dengan istilah probiotik dan prebiotik. Walau terdengar sekilas mirip, tapi keduanya beda loh buibu. Terus, apa bedanya probiotik dengan prebiotik? Semoga artikel saya yang satu ini, bisa membantu buibu untuk lebih memahami dan tau beda dari keduanya. 

Interlac Probiotik

Probiotik merupakan bakteri hidup yang diberikan dalam jumlah tertentu yang dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna. Sedangkan prebiotik, merupakan makanan probiotiik yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif terhadap bakteri penghuni kolon. Umumnya, prebiotik adalah karbohidrat seperti oligosakarida atau fructooligosaccharide (FOS). 

Jumat, 03 Februari 2023

Berjejak dan Berbagi Inspirasi di Syukuran 11 Tahun Kumpulan Emak Bloggger

 

Flashback ke tahun 2015, ketika saya memutuskan buat fokus di dunia blogging. Saat itu saya cuma punya ekspetasi bisa kenal dengan para blogger, lalu bisa dikenal sebagai blogger. Saya mau tulisan saya banyak yang baca tanpa harus melewati drama penerbitan, layaknya penulis buku. Sebelum benar-benar fokus jadi blogger, saya memang fokus nulis fiksi dan non-fiksi. Nulis memang jadi hobi, lalu berujung pada cita-cita jadi penulis terkenal seperti Helvy Tiana Rossa, Asma Nadia, dan Dewi Lestari. Penulis-penulis favorit yang karyanya banyak saya miliki. 

Risalah Husna

Saya punya 9 buku antologi, yang saya tulis bersama rekan penulis lain. Alhamdulillah saja, walau mungkin buku-bukunya ngga lagi dicetak dan dijual. Setidaknya, saya pernah merasakan bahagia melihat nama saya tercetak dalam buku antologi.