Rabu, 26 Agustus 2020

ASI Berkualitas Berasal Dari Ibu Yang Bahagia

Kalau kita cari referensi tentang apa saja yang membuat ibu sukses menyusui, salah satu jawabannya pasti bahagia. Beberapa kali ikut kelas ASI, narasumber yang kebanyakan adalah dokter, selalu mengatakan 'ibu menyusui harus bahagia'. Bukan tanpa alasan loh kalau kebahagiaan merupakan kunci keberhasilan menyusui. Karena memang para ahli, terutama dokter sudah punya hasil penelitiannya. 

tips sukses menyusui


Menyusui bukan hal yang mudah bagi ibu. Tapi bukan berarti ngga bisa dilakukan. Banyak faktor yang menjadikan menyusui itu ngga mudah. Ada ibu yang diberi keberlimpahan ASI, tapi karena satu hal, ngga bisa menyusui anaknya. Ada yang punya keinginan dan tekad yang kuat buat menyusui, tapi ASI nya ngga keluar sama sekali. Dan, ada yang ASI nya berlimpah tapi ada faktor yang membuatnya ngga bahagia saat menyusui. 

Pengalaman menyusui 4 orang anak, membuat saya banyak merasakan nano nano dalam menyusui. Ngga melulu happy, tapi ada sedih, kesal, lelah, dan pernah rasanya mau menyerah aja. Apalagi kalau lingkungan sekitar sudah terlalu banyak ikut campur, makin down aja. Pernah mencoba 'tutup telinga' dari omongan-omongan yang merusak mood menyusui, tapi saat sudah terlalu lelah, masuk juga ke hati. 

Makanya, ketika ada teman yang curhat soal tantangan menyusui, saya hanya bisa menyemangati saja. Karena, sesama busui itu memang harus saling menyemangati. Bukan malah membanding-bandingkan. 

Baca Nutrisi untuk ibu hamil 

Mempersiapkan diri untuk menyusui itu sebenarnya harus sudah dilakukan sejak masa kehamilan. Makanan yang dikonsumsi harus benar-benar diperhatikan. Malah ada anjuran bagi ibu hamil untuk ngga makan jenis makanan tertentu secara berlebihan. Seperti misalnya makanan yang banyak mengandung gas, asam, hingga makanan yang pedas. 

Saat hamil, yang dipikirkan bukan lagi diri sendiri. Tapi ada calon bayi yang butuh nutrisi agar ia bisa berkembang dengan baik. Jadi, apapun yang dikonsumsi ibu, akan ikut dimakan sama si janin. Oleh karenanya, ibu hamil sangat disarankan untuk selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi. Punya gizi dan manfaat buat perkembangan janin. Juga, sebagai persiapan untuk memasuki masa menyusui.



Baca juga Sehat saat hamil

Tantangan Menyusui, Stay Strong Ya Bu!

Jangankan menyusui, hamil aja tantangannya banyak banget. Perut begah, jalan susah, tidur susah, duduk kelamaan pun engap. Tapi kan ngga bisa juga kita 'taro' dulu perutnya biar enak ngapa-ngapain. Ya kali kaya lego bisa bongkar pasang. Mau ngga mau, ya harus kita hadapi kan. 


Tips sukses menyusui
Menyusui Dimanapun, Kapanpun :)


Sama aja kaya menyusui. Tantangannya banyak. Tapi kalau dijalani dengan hati yang bahagia, Insya Allah semua tantangan menyusui pasti bisa dilalui. Dari pengalaman menyusui 4 orang bayi, tantangannya memang beragam. Cuma karena udah keras kepala banget pengen kasih ASI Eksklusif, Alhamdulillah saya bisa melalui semua tantangannya. 

Tantangan pertama, dari diri sendiri. Iya, tantangan terberat memang berasal dari diri sendiri. Makanya niatnya mesti kuattt banget buat menyusui. Minimal banget bisa kasih ASI Eksklusif selama 6 bulan. Puting lecet, mastitis, payudara bengkak, sampai panas dingin dan berakhir meriang. Wah, luar biasa itu deh rasanya. Semuanya pernah saya rasakan. Solusinya? Minta support system utama kita, yaitu suami buat pijit, kompres, dan pegang si bayi dulu selama kita istirahat. 

Tantangan kedua, dari si bayi. Jangan dikira semua bayi bisa menyusui dengan mudah. Dikasih payudara, tinggal lep gitu. Oh, no. Ada bayi yang bikin kita mesti berjuang banget supaya dia mau nyusu. Dari pengalaman menyusui 4 bayi, bayi pertama saya yang menyusuinya terpaksa harus berhenti di usia 6 bulan. Karena saya sakit seminggu lebih dan ngga bisa nyusuin. Pas sayanya sembuh, eh si bayi menolak nyusu. Saya sampai nangis-nangis karena ditolak, berasa kaya abis nembak terus ditolak gitu, sakit. 

Tantangan ketiga, dari lingkungan. Nah ini, yang ngga kalah berat. Kayanya banyak banget yang punya masalah menyusui karena lingkungan yang ngga mendukung. Kaya orangtua atau mertua yang lebih menyarankan pakai susu formula karena merasa ASI kita ngga cukup buat si bayi. Apalagi kalau ditambah, si bayi nangis padahal abis nyusu. Wah tambah gencar aja deh ngasih saran pakai susu formula. Kesel sampai nangis, kalau ingat betapa harus berbusa-busa bilang 'no susu formula'. 

Semua tantangan itu pernah saya hadapi. Alhamdulillah bisa saya lalui, berkat support dari suami juga. Buat yang baru siap-siap mau jadi Busui, jangan gentar ya. Beratnya tantangan itu akan kebayar kalau lihat si bayi tumbuh sehat. 

Tips Sukses Menyusui, Ibunya Happy Baby juga Happy

Tadi kan tantangannya. Sekarang gimana sih tips menyusui biar sukses? Sekali lagi, ini berdasarkan pengalaman saya ya bu. Ditambah dengan hasil baca-baca artikel plus beberapa kali ikutan workshop dan seminar yang membahas soal ASI. 

Support System

Ini penting banget, loh. Sejak si bayi belum launching, ada baiknya kita dan suami bikin semacam kesepakatan. Kita mau kalau si bayi full ASI Eksklusif selama 6 bulan, jadi minta suami untuk mendukung. Jika ditengah jalan ada tantangan-tantangan, minta dikuatkan. Biar lancar menyusui bahkan hingga 2 tahun. 

Ngga ada salahnya juga untuk sounding ke orangtua atau mertua. Beri tahu kalau nantinya si bayi bakal full ASI. Minta dukungan dan bantuan agar nantinya bisa menyusui dengan lancar. 

Support system juga bisa datang dari lingkungan luar seperti teman atau komunitas. Boleh loh ikut komunitas atau forum ASI yang banyak sekali di media sosial. Lewat komunitas, kita bisa banyak ilmu dari pengalaman teman yang yang lain. Kalau kita punya masalah dalam menyusui, bisa sharing dan biasanya akan banyak yang kasih saran. Pokoknya, lingkungan itu berperan penting untuk kesuksesan kita dalam menyusui. 

Me Time

Punya waktu walau 1 jam saja, demi melakukan hal yang bikin rileks, juga penting buat ibu menyusui. Seharian bersama bayi yang maunya nempel terus, pasti akan membuat kita lelah juga. 

Saya melakukan sesuatu yang saya suka saat si bayi terlelap. Jadi, ibu juga bisa memanfaatkan waktu untuk sekadar nonton tv, window shopping di e-commerce, dengar musik, atau melakukan hal lain yang disuka. Jika bayi sudah masuk fase MPASI, ibu bisa deh minta tolong suami buat jaga bayi. Sementara kita bisa pergi 1-2 jam buat nyalon, belanja, atau sekadar makan di resto favorit. 

Baca Juga 7 Rekomendasi Kebutuhan Bayi 

Pokoknya, apapun yang bisa bikin happy di sela waktu mengurus bayi, lakukan saja. Karena pasti, itu bisa bikin kita bahagia. Kalau sudah bahagia, produksi ASI bisa lancar. 

Jangan lupa, Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold Setiap Hari

Nah, kalau ini asupan yang ngga kalah penting demi ASI berkualitas. Selain asupan bergizi dari makanan dan minuman. Ibu menyusui jugs perlu menambahkan suplemen supaya produksi ASI jadi lebih lancar. 

Multivitamin buat ibu menyusui


Sejak hamil, saya sudah rutin konsumsi Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold. Karena memang vitaminnya diformulasikan untuk ibu hamil dan menyusui, akhirnya ya saya lanjutkan hingga masa menyusui sekarang ini. Kapsul lunak ini ngga bikin eneg kok saat dikonsumsi. Walau terbuat dari minyak ikan, Blackmores tidak berbau. 

Kenapa ibu menyusui perlu minum multivitamin? Karena saat hamil dan menyusui, kita perlu banyak sekali asupan vitamin, mineral, dan kalsium yang mungkin tidak bisa didapat hanya dari makanan. Saat bayi baru lahir sampai usia 6 bulan, bayi ngga makan apa-apa selain ASI. Jadi, apapun yang kita makan, pasti akan ikut dimakan juga oleh anak melalui ASI. Kebayang kan, kalau kita makannya sembarangan, apa iya si bayi bakal tercukupi gizinya? 


Makanya, perlu juga menambahkan multivitamin untuk membuat ASI bernutrisi. Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold ini mengandung 17 nutrisi esensial yang penting bagi ibu menyusui. Nutrisi yang terkandung dalam Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold sudah diformulasikan untuk mencukupi kebutuhan ibu dan jugs bayi, diantaranya :

  • Tinggi kalsium. Tubuh kita ngga bisa memproduksi kalsium sendiri. Makanya ibu menyusui perlu banget asupan kalsium untuk mencegah osteoporosis. 
  • Tinggi asam folat yang dapat mencegah ibu dari risiko anemia
  • Zat besi yang dapat menjaga energi ibu, hingga tidak mudah sakit
  • Fish oil dengan Omega 3 dan DHA yang penting bagi pertumbuhan otak bayi
  • Vitamin B6, B12, dan mineral lain yang dibutuhkan selama menyusui
Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold, nutrisinya sudah diformulasikan agar kebutuhan ibu selama hamil dan menyusui tercukupi. Tujuannya, agar tumbuh kembang bayi jadi lebih optimal. Ibu juga dapat kebaikan dari kandungan Blackmores. 

Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold


Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold membantu menjadikan ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa. Karena, tiap tetes ASI sangat berharga. Tiap tetesnya pun mengandung cinta bagi pertumbuhan buah hati. 



Cukup dua kapsul sehari, Insya Allah bisa membantu menjaga agar kebutuhan nutrisi ibu dan bayi bisa tercukupi. Tentu harus diboost sama makanan dengan gizi seimbang juga ya. Gimana pun juga, ibu menyusui itu perlu banyak makan. Biar kuat terus kasih ASI ke bayi. 

Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold sekarang sudah bisa didapatkan di e-commerce favorit ibu ya. Pastikan belinya di toko yang bertanda Official Store untuk menjamin keaslian dan kualitasnya. 


Kolaborasi Blackmores dan Bumi Sehat Foundation

Moms tahu ngga, kalau setiap tanggal 1-7 Agustus diperingati sebagai World Breastfeeding Week. Dalam seminggu itu, biasanya banyak sekali aktiviti atau event untuk merayakan dan memberikan support bagi para ibu menyusui. So, special banget deh jadinya buat kami para busui. 



Kalbe Blackmores Nutrition sebagai brand yang concern pada pemenuhan nutrisi, ternyata punya kepedulian pada ibu hamil dan menyusui di seluruh Indonesia. Karena, semua ibu berhak mendapatkan nutrisi bagi kesehatannya dan buah hati. Karena alasan itulah, hadirlah kerjasama Blackmores dengan Bumi Sehat Foundation

Bumi Sehat Foundation merupakan organisasi non-profit yang fokus pada penyediaan akses layanan kesehatan berkualitas, higienis, serta pengupayaan kelahiran anak secara layak. 

Sejak tahun 2017, Blackmores bersama Bumi Sehat Foundation membantu pemenuhan gizi dan nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui, dengan pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold. Pembagian multivitamin Blackmores dilakukan di klinik Bumi Sehat yang tersebar di 3 kota, yaitu : Denpasar, Aceh, dan Papua. 


Bumi Sehat Foundation

ASI Bernutrisi, Menyusui Happy 

Jika sudah memastikan apa yang kita konsumsi itu punya nilai gizi yang mencukupi, menyusui pun jadinya lebih happy. Karena kita bisa yakin, si bayi bisa dapat apa yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya. 

Dan, yang ngga kalah penting, menyusui itu momen paling romantis kita dan bayi. Bonding time yang bikin kita dan bayi jadi lebih dekat. Sambil menyusui, kita bisa sambil menatap mata si kecil, mengelus rambut, mencium tangannya, dan berbincang penuh cinta. Makanya, saya tuh paling happy kalau sedang menyusui Khal. Momen dimana saya bisa saling pandang, bercanda, dan ngobrol. 

Buat semua ibu menyusi, selamat menyusui dengan penuh cinta ya. Pastikan kalau yang diberikan pada bayi tercinta hanya ASI bernutrisi, ya bu. 




Untuk informasi lebih banyak soal Blackmores, kunjungi 

Website Blackmores

Instagram @blackmoresid 






46 komentar:

  1. Ibu menysui perlu dapat asupan nutrisi yang bagus biar Asinya banyak dan berkwalitas y mba dan yang pasti rasa selalu bahagia juga bisa bikin menyusui lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, kan asi nya diminum sama bayi yang lagi tumbuh dan berkembang. Jadi penting banget

      Hapus
  2. Ya Allah kak Uci kangen banget deh lama ga ketemu huhu. Btw Blackmores ini emang katanya bagus sih untuk ASI terus si ibu nya juga juga jadi ga gampang lelah dan pusing ( kata Sifora temenku hehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asupan penting buat bumil dan busui.

      Kangen juga sama amel, semoga bisa ketemuan lagi ya

      Hapus
  3. aman sekarang dengan adanya black mores, asi jadi lancar anak tumbuh sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, makanan dengan gizi seimbang juga harus buat busui

      Hapus
  4. ada sodara dan teman yang konsumsi ini juga, katanya di mereka ngaruh juga buat nafsu makan jadi makannya makin banyak dan ASI-nya jadi makan banyak, sampe didonasikan, dan kalau udah produk Kalbe emang ga diragukan lagi kualitasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena memang ada risetnyz, jadi ngga asal bikin ya. Pas buat ibu hamil dan menyusui

      Hapus
  5. Subhanallah hebat banget Mba sudah menyusui 4 orang anak. Aku baru ngerasain 1 aja perjuangannya udah luar biasa. Waktu menyusui aku juga nggak pernah absen minum Blackmores untuk nutrisi ibu hamil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alhamdulillah dikasih kepercayaan sama Allah punya 4 anak. Semangatt mengASIhi yaa mbak

      Hapus
  6. Blackmores ASI Booster terbaik yang udah lama khasiatnya diakui oleh semua bumil dan busui ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aie, yang buktiin udah banyak. Karena memang banyak yang cocok juga

      Hapus
  7. Luar biasa yah perjuangan ibu menyusui tu. Orang2 mah taunya tinggal nemplok, dah, kelar. Pdhl menyusui jg termasuk bonding ibu dan bayi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin sering menyusui, bonding sama anak juga makin kuat. Klo aku bilangnya sih, momen menyusui itu momen paling romantis.

      Hapus
  8. Bener banget mba, kalo Ibunya bahagia asinya pasti lancar jaya, cuma memang tergantung dari asupan nutrisinya juga makanya penting utk makan suplemen juga yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makanya multivitamin seperti Blackmores ini beneren membantu banget

      Hapus
  9. Yes, mbak. Tips lancar menyusui versiku pun sama bahwa ibu menyusui harus bahagia. Nyantai aja dengerin omongan sana-sini. Ibu perlu yakin bahwa ia bisa menyusui.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makanya mesti kuat-kuat deh, terkadang perlu tutup telinga juga sama omongan orang soal ASI kurang lah, anaknya kecil karena ASI doang lah. Aku rasanya udah kebal banget sama omongan kaya gitu. Biarin aja.

      Hapus
  10. Honestly aku masih single sih jadi belum punya pegalaman apa-apa soal menyusui, tapi kalo denger cerita dari sodara atau temen tentang ASI aku suka kebayang-bayang ngeri gitu huhu. Dan beneeer lingkungan tuh ngaruh banget. Pernah denger ibu-ibu senior komen ga enak ketika si ibu baru ASI nya dikit T_T

    BalasHapus
  11. Honestly aku masih single sih jadi belum punya pegalaman apa-apa soal menyusui, tapi kalo denger cerita dari sodara atau temen tentang ASI aku suka kebayang-bayang ngeri gitu huhu. Dan beneeer lingkungan tuh ngaruh banget. Pernah denger ibu-ibu senior komen ga enak ketika si ibu baru ASI nya dikit T_T

    xx,
    Tia

    BalasHapus
  12. Toosss Mbak, kalau niatnya udah kuat dan keras kepala tuk bisa menyusui InsyaAllah akan bisa. Support dari lingkungan juga wajib apalagi dari Suami.
    Blackmores ini idola banget ya.

    BalasHapus
  13. Beberapa kali ikut seminar ASI, ditekankan bahwa kebahagiaan ibu itu memang penting yaa. Soalnya perasaan bahagia ini nanti akan memicu hormon kasih sayang yang berperan dalam produksi ASI juga.

    BalasHapus
  14. apalagi saat menyusui disertai dengan pikiran yang tenang, energi positif, penuh doa dan hati yang bahagia, asi nya baik untuk si kecil ya teh, lahir bathin Insya Allah :)

    BalasHapus
  15. salah satu mood booster alami adalah bahagia, jadi ibu menyusui itu wajib banget tuk bahagia agar ASI lancar jaya.
    selain itu dukungan dari orang sekitar juga wajib banget, kembali lagi ke pasal awal agar busui jadi bahagia doong kalau dapat dukungan dari orang sekitar, gak merasa sendiri tuk perjuangkan proses mengASIhi ini :)
    tiap anak emang punya cerita masing-masing dalam proses mengASIhi, saya pun juga gitu dengan 3 orang anak ini :)
    Blackmores ini idola Busui banget ya Mbak :)

    BalasHapus
  16. Meskipun bukan ibu menyusui, tapi aku akui sih kalo me time itu penting banget. Selain itu, perlu booster juga biar ASI lancar (ini menurut pengalaman sepupuku sih)

    BalasHapus
  17. Setuju banget, kalau ibu happy dan merasa nyaman, insyaallah ASI yang dihasilkan lebih banyak dan lebih baik

    BalasHapus
  18. Kalau ibu happy, nutrisinya bisa terlengkapi. Menyusui pun bisa lebih percaya diri dan maksimal ya. Saat saya menyusui Fahmi belum mengenal Blackmores ini nih. Kalau dikasih hadiah Tuhan Fahmi bisa punya adik, saya akan jaga nutrisi dengan Blackmores ini...

    BalasHapus
  19. Ka suci, kamu tuh ngga keliatan udah punya anak deh.. masih telihat muda dan energic hehe.. mungkin karena minum blackmores ya saat hamil dan menyusui jadi terlihap happy terus karena asi lancar dan tentunya berkualitas

    BalasHapus
  20. Wah dukungan Blackmores sangat berharga sekali untuk bumil dan busui, pastinya bikin tambah semangat memberikan yang terbaik untuk anak.

    BalasHapus
  21. semangat buat semua ibu yang lagi berjuang asi, mau aku rekomendasiin juga ah produk ini ke temenku yang lagi ngasi jugaaa, terima kasih sharing dan infonya

    BalasHapus
  22. Faktor lingkungan itu memang berat dan menjengkelkan. Kalau tetangga sih lebih gampang dicuekin. Yang susah itu kalo bumer atau nemer (nenek mertua) masih ngotot bawa pengalaman zaman dulu, bahwa bayi nangis berarti masih lapar karena ASI-nya nggak cukup dan harus dikasih makan.

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah sekarang ada Blackmores ya mba, jadi melengkapi nutrisi ibu menyusui. Aku mau rekomen ke sepupuku yang lagi hamil deh!

    BalasHapus
  24. semangat menyusui mbak, dibantu dengan suplemen juga. Dan yang penting ibunya harus happy jangan stress.. semangat

    BalasHapus
  25. asupan nutrisi yang bagus itu penting banget busui biar Asinya banyak dan berkwalitas. Lagipula yang pasti ada bonding dgn bayi dan rasa bahagia ya bisa menyusui lancar

    BalasHapus
  26. PR banget buat diri kita berada pada garis bahagia ya, apalagi sedang dalam kondisi ingin setting pada posisi bahagia disaat lingkungan begitu toxic. Semangatttt dan Blackmores ini bagus ya

    BalasHapus
  27. Totally agree sama tips2 sukses menyusuinya Kak Uci, kalo happy ASI ngalir deras, anakpun bisa ngerasain suasana hati kita...

    BalasHapus
  28. Support system memang berasa banget ya kak efek positifnya. Apalagi ditambah dengan asupan suplemen Blackmores. Bisa mengatasi drama di saat menyusui juga. Semangat yaa!

    BalasHapus
  29. Mba Uci, 😍 senangnya punya banyak anak, rame ya mbak. Btw, aku juga konsumsi Blackmores

    BalasHapus
  30. Tentunya akan sangat membantu ya kalau ada suplemen seperti ini, Ibu menyusui juga jadi tenang

    BalasHapus
  31. Produk dari blackmores bagus, aq minum yang fish oil sama buat tulangnya

    BalasHapus
  32. Sama
    Saya juga konsumsi Blackmores karena bikin bayi terpenuhi nutrisinya
    Bahkan saya sudah buktikan cepatnya laju tumbuh kembang si anak

    BalasHapus
  33. Keren banget ya Blackmores ini.. semoga makin banyak busui yang terbantu dalam pemenuhan nutrisinya ya..

    BalasHapus
  34. Ibu menyusui emang perlu banget ya sama yang namanya asupan nutrisi kaya Blackmores ini jadi ibu dan bayi tetap sehat juga lancar memebrikan Asi nya

    BalasHapus
  35. Jadi teringat masa-masa menyusui plus harus kerja dulu. Anak-anakku enggak ada yang lulus ASIX, mungkin karena pikiran juga kemrungsung ya disambi kerja dari pagi hingga sore gitu. Coba dulu udah ada Blackmores ini untuk bantu menjaga kualitas ASI, tentu ada harapan untuk bisa mengASIhi secara eksklusif hingga 6 bulan.

    BalasHapus
  36. Sungguh maha pengasih Allah SWT Yang telah menciptakan ASI. Beruntung Ibu yang dapat mengASIhi Anaknya sampai 2 tahun

    BalasHapus
  37. aku baru tau brand Blackmores ada yang khusus Pregnancy & Breast Feeding Gold, keren euy :D

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.