badge

Senin, 29 Oktober 2018

Yang Harus Diketahui Tentang Nutrisi Ibu Hamil


Nutrisi Ibu Hamil. Jujur, tadinya sih pengen punya anak 3 aja. Apalagi sudah ada perempuan dan laki-laki, jadi sudah berasa lengkap. Tapi, ternyata Allah masih percaya sama saya dan suami. Alhamdulillah, sekarang saya lagi hamil anak keempat. Kehamilan yang boleh dibilang ngga direncanakan, karena saya sendiri merasa sudah cukup dengan 3 anak. Tapi karena menurut Allah saya dan suami mampu, akhirnya dikasih lagi. 

(source pic : pixabay)

Ada yang surprise banget saat tahu saya hamil lagi, karena memang sudah ada 3 anak. Mereka agak amaze karena saya kok mau hamil lagi, padahal jumlah anak yang ada sudah banyak juga. Buat saya anak itu sama dengan rezeki lain yang Allah kasih, jadi sombong banget kalau sampai nolak rezeki ya kan. Yang jelas, hamil itu bukan buat ajang banyak-banyakan anak, tapi soal kepercayaan. 


Di kehamilan keempat ini, saya ngerasa kaya hamil pertama lagi. Mualnya parah sampai harus banyak bedrest. Sebulan kemarin terpaksa ngga ikutan shaum Ramadhan, karena beneran ngga sanggup sama mualnya. Ngga bisa minum air bening, makan nasi, dan payah banget kalau ke kamar mandi. Karena saat masuk kamar mandi, bisa dipastikan saya bakal muntah. 


Jadi, trimester pertama itu berasa berat banget. Susah makan karena beres makan pasti muntah. Efeknya, berat badan saya malah turun karena kurang makan. Pokoknya banyak banget deh dramanya.


Saat konsultasi ke dokter, ya dokter cuma bisa maklum karena memang pengaruh hormon juga. Tapi, dokter tetap menganjurkan untuk tetap makan dengan cara makan sedikit demi sedikit. Gimana pun juga kan di dalam perut ada calon bayi yang butuh nutrisi. Kebutuhan nutrisi ibu hamil pun jadinya beda saat ngga hamil. 

Nutrisi Di Masa Kehamilan 

Yang namanya di perut lagi ada janin yang nantinya bakal berkembang jadi seorang bayi, tentu ibu hamil perlu dapat asupan yang lebih banyak dari biasanya. Ngga perlu berlebihan juga sih, tapi tentu ngga kurang juga. 

Saat masa kehamilan, ibu hamil perlu kalsium sebanyak 1000-1200 mg dan tambahan 300 kalori, terutama di trimester kedua dan ketiga. Zat penting lain seperti folat juga lebih banyak dibutuhkan saat hamil, yaitu sekitar 600 - 800 mikrogram. Sedangkan zat besi kebutuhannya sebanyak 27 miligram. 

Memang, kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan itu akan jadi 2 kali lipat, dari kebutuhan saat tidak hamil. Tapi ngga mesti juga kita makan secara berlebihan, karena menganggap ibu hamil perlu makan dengan porsi 2 kali lipat. Kandungan nutrisi dalam makanan yang dimakan adalah yang paling penting. Dalam kondisi hamil, kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil seperti :
  • Protein, berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan sel atau jaringan, termasuk otak bayi. Protein juga berperan untuk pertumbuhan jariangan payudara ibu. Menurut para ahli, kebutuhan protein ibu hamil sebanyak 75-100 gram per hari. Sumber protein terbaik ada di daging sapi tanpa lemak, daging ayam, ikan, tahu, dan kacang-kacangan. 
  • Karbohidrat, merupakan sumber kalori yang penting bagi ibu hamil. Bisa ditemukan pada nasi, kentang, sereal, atau pasta. 
  • Kalsium, bukan cuma berfungsi untuk kita tapi juga untuk kekuatan tulang dan gigi janin. Kebutuhan kalsium selama masa kehamilan adalah sekitar 1000 miligram. Sumber kalsium terbaik ada pada susu, keju, yogurt, ikan salmon dan bayam. 
  • Folat, berperan penting untuk mengurangi risiko cacat lahir. Sumber folat bisa didapatkan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, hati sapi, buah jeruk, mangga, dan tomat. 
  • Zat Besi, berperan meningkatkan volume darah dan mencegah anemia. Idealnya, ibu hamil mendapatkan asupan zat besi sebanyak 27 miligram selama masa kehamilan. Sumber zat besi terdapat pada sayuran hijau, biji-bijian, roti, atau sereal.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Dengan Blackmores


Biasanya kalau periksa kandungan ke dokter, suka diresepin vitamin kan ya. Kalau saya sih iya, apa mungkin ada yang ngga ya. Ngga tiap bulan sih dapat vitamin, karena suka ditanya kan tuh sama dokter 'vitaminnya masih ada?' terus yaa kalau masih ada ya saya bilang ada. Karena jujur sih, suka skip minum vitaminnya. Jadi yang seharusnya satu botol vitamin itu buat sebulan, saya bisa sampe 2 bulan.



Vitamin atau suplemen tambahan yang dari dokter itu sekadar opsi ya. Terutama buat ibu hamil yang lagi susah makan karena mual. Kalau ngga banyak makanan yang masuk, ibu hamil bisa kekurangan nutrisi ya kan. Makanya, dikasih deh tambahan vitamin supaya kebutuhan nutrisinya bisa tercukupi. 

Kalau ngobrolin soal nutrisi selama masa kehamilan gini emang seru banget deh. Makanya seneng banget pas diundang ke acaranya Blackmores. Acaranya sendiri diisi oleh talkshow dengan narasumber Rini Yulianti, aktris yang sedang hamil dengan usia kandungan sudah  39 minggu. Ada Catherine Sumitri, public figure yang baru saja memiliki bayi dan Adianti Reksoprodjo, trainer senam khusus prenatal dan postnatal. 

Acara yang diberi tema Bunda Peduli Asupan Sehat (PAS) ini diisi dengan berbagi cerita dari Rini dan Catherine dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya. Ternyata yaa, asupan sehat dan bernutrisi itu punya peran penting untuk 1000 hari pertama kehidupan bayi. Dimulai sejak janin berada di perut, hingga usia 2 tahun setelah kelahiran. Ibu perlu punya perhatian lebih soal asupan sehat. Gimana juga kan, kalau janin di dalam perut itu sangat bergantung pada ibunya.



Sama seperti yang udah aku tulis diatas, ibu hamil itu perlu banyak kebutuhan nutrisi. Blackmores bisa loh bantu dalam mencukupi kebutuhan itu semua. Untuk apa? untuk janin tumbumhm dengan baik dan sempurna dong ya. Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold yang di share dalam acara talkshow punya 4 keunggulan loh, diantaranya:
  1. Nutrisi essensialnya sesuai dengan yang direkomendasikan oleh WHO untuk kehamilan yang sehat 
  2. Memiliki kandungan odourless fish oil yang berasal dari sumber alami omega 3 dari laut terdalam, jadi ngga berbau 
  3. Dosis tertinggi yang sesuai dengan pemenuhan dosis harian akan kalsium dan DHA/EPA 
  4. Dosis yang diformulasikan berdasarkan rekomendasi pemerintah 
Nah, ada yang ngga kalah penting nih, Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold ini terbuat dari bahan yang alami dan halal. Walau di kemasannya belum tertera label halal, tapi pihak Blacmores sudah memastikan kalau produk Blackmores khusus ibu hamil dan menyusui ini halal. Proses sertifikasinya sedang diproses. Semoga label halalnya juga segera dicantumkan yaa, biar yang konsumsi juga tambah yakin.



Setelah sesi talkshow, blogger dan influencer diajak buat mengunjungi Mother and Baby Fair di Balai Kartini. Ada sesi kunjungan ke boothnya Blackmores dan lihat-lihat produk serta promo yang berlangsung di booth. Terakhir, ada sesi talkshow di panggung utama MBF2018 dengan narasumber dr. Bram Pradipta, Sp. OG yang sharing soal kebutuhan nutrisi untuk janin dari hari ke hari. Jadi tambah ilmu lagi deh. 

Yang jelas, kebutuhan nutrsi ibu hamil penting bagi perkembangan janin. Kalau mau bayi yang nantinya dilahirkan sehat dan sempurna, maka jangan remehkan asupan selama masa kehamilan. Nah, tugas ibu nih buat makan makanan yang bergizi. Jika perlu, tambahkan dengan suplemen seperti Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold






referensi
https://www.alodokter.com/kebutuhan-nutrisi-gizi-ibu-hamil-yang-harus-dipenuhi.html

1 komentar:

  1. Anak adalah rezeki, jadi gak boleh ditolak. Setuju banget nih. ^^

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...