badge

Sabtu, 25 Juni 2016

[Book] Kisah Hebat Nabi Muhammad, Karena Teladan Itu Ada Dalam Diri Rasulullah


"Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan yang banyak mengingat Allah" Q.S Al-Ahzab:21
Suatu hari, Rasulullah didatangi oleh seorang nenek. Nenek itu adalah seorang yang sangat rajin beribadah. Ia hendak meminta pada Rasulullah untuk didoakan agar masuk surga. Dan Rasulullah pun menjawab bahwa beliau tentu akan mendoakan si nenek. 

Tapi, tiba-tiba si nenek menangis mendengar jawaban Rasulullah. Rasulullah berkata bahwa di surga nanti tidak ada seorang nenek. Sang nenek pun menangis dengan sedihnya. Lalu, Rasulullah pun memberitahukan kabar yang menyenangkan. Seketika, sang nenek pun tersenyum senang. 

Apa yang kira-kira disampaikan Rasulullah ya, sehingga sang nenek tersenyum dan tidak menangis lagi?

------

Jawabannya bisa kita temukan dalam sebuah buku terbaru yang ditulis oleh sahabat saya, mba Astri Damayanti. Buku tersebut berjudul Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya. Buku ini berisi tentang kisah-kisah hebat yang terjadi pada zaman Rasulullah. Tidak cuma itu, ada kisah hebat lainnya dari para nabi utusan Allah. 

Seperti kisah seorang wanita pada zaman nabi Daud yang kehilangan gandum terakhir yang dimilikinya. Sebelumnya ia telah menyedekahkan gandum miliknya pada seorang pengemis. Gandum itu tertiup angin sehingga wanita itu tidak bisa membuat roti. Setelah diselidiki, ternyata gandum tersebut tertiup angin atas perintah Allah. Angin diperintahkan oleh Allah membawa gandum wanita tersebut kepada seorang pedagang yang tekatung-katung di lautan. Pedagang itu kelaparan dan bernazar bahwa siapa saja yang memberinya gandum, maka ia akan membagi separuh hartanya pada pemilik gandum. Dan, wanita itu pun menjadi seorang yang kaya raya, karena dialah pemilik gandum yang diterbangkan oleh Allah kepada si pedagang. (Halaman 62)

Nabi, Teladan Bagi Ummat

Semua yang ada dalam diri Rasulullah dan para nabi adalah teladan. Mereka manusia pilihan Allah yang dibebani tugas untuk mengajak orang-orang untuk beriman pada Allah. Tidak sedikit dari mereka yang harus menderita demi mengajak orang musyrik ke jalan Allah. Kisah mereka kini menjadi sejarah yang terus ada. 



Ketika saya kecil, saya senang sekali mendengarkan kisah-kisah nabi dari guru ngaji. Ya, saya hanya mendapatkan kisah menarik itu ketika menghadiri pengajian rutin, tiap sore hari. Kisah-kisah Rasulullah dan nabi lain menjadi kisah yang paling menarik bagi kami, anak-anak kecil yang yang sedang belajar ngaji. Yang tiap sore menenteng iqra, juz 'amma, dan al-qur'an. Adu cepat lari demi mendapat jatah pertama untuk baca. 

Kisah Rasulullah dan nabi lainnya yang pernah diceritakan guru ngaji, hingga kini masih melekat di ingatan saya. Kisah tentang kelahiran Rasulullah, tentang perjuangannya melawan musuh dalam perang badar, tentang burung hud-hud cerdas kesayangan Nabi Sulaiman, tentang Nabi Yunus yang dimakan ikan paus, tentang Nabi Ayub yang memiliki kesabaran luar bisasa, dan banyak kisah lain yang sepertinya akan terlalu panjang jika diurai disini. 

Teladan para nabi menjadi inspirasi bagi kita semua dalam melakukan kebaikan. Kita memang tidak pernah bisa menyaingi para nabi dalam hal kebaikan, namun setidaknya kita berusaha melakukan kebaikan yang pernah dicontohkan. Tidak lantas marah jika apa yang kita inginkan tidak langsung diijabah Allah, tidak berpikir su'udzan kepada Allah ketika keburukan terjadi pada diri kita, atau tidak mau membagikan rezeki kepada yang membutuhkan, padahal ada hak orang lain dalam rezeki yang didapat. 

Bagi saya, tidak ada teladan yang paling mulia selain Rasulullah. Untuk itu saya berusaha agar teladan itu pun bisa didengar dan diketahui oleh anak-anak saya kini. Saya yang hidup ribuan tahun setelah Rasulullah tentu hanya bisa mendengar kisahnya lewat buku-buku. Begitupun dengan anak-anak saya. Namun, sekarang sudah banyak video animasi dan kartun yang berisi kisah-kisah Nabi yang bisa ditonton oleh anak-anak. Saya sendiri, punya beberapa koleksi video kisah nabi yang sengaja disave dalam sebuah flash disk untuk ditonton ketika dalam perjalanan. 

Buku Hebat Untuk Anak 

Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya adalah buku yang recomended bagi anak-anak. Di dalam buku ini kita bisa menemukan banyak kisah teladan. Kisah-kisah tersebut tidak sekadar kisah para nabi tanpa makna. Banyak ibrah (pelajaran) yang bisa kita ambil dari perjalanan hidup para nabi. Mereka--manusia pilihan Allah-- memberikan kita teladan yang bisa kita aplikasikan pada kehidupan sehari-hari. 

Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad ini dicetak dengan kertas yang tebal dan berkualitas bagus. Didesain full color membuat buku ini sangat direkomendasikan untuk anak-anak. Ilustrasi yang digunakan pun sangat menarik dan ini jadi salah satu daya tarik dari buku dengan tebal lebih dari 200 halaman. Buku tebal ini cocok sekali dijadikan buku pengantar tidur. Anak-anak pasti akan senang sekali mendengarkan kisah dari para nabi yang kita bacakan. 



Setiap cerita dikemas dengan ringkas dan tidak terlalu panjang. Sangat cocok bagi anak yang memang mudah bosan. Tidak lebih dari 200 kata dan itu sangat pas bagi anak. Huruf yang digunakan pun tidak terlalu kecil, jadi ketika anak memilih untuk membacanya sendiri, mereka dapat membacanya dengan jelas.

Buku ini sudah tersedia di toko-toko buku seperti Gramedia. Namun jika tidak sempat ke toko buku, kita bisa membelinya secara online di Mataharimall(dot)com. Jangan sampai kehabisan buku bergizi ini. Karena buku ini bukan sekadar buku yang bisa memadatkan koleksi buku kita, tapi buku ini akan memberikan inspirasi dan teladan. Teladan dari manusia-manusia terbaik sepanjang masa. Mereka adalah para Nabi utusan Allah. 


Judul Buku : Kisah Hebat Nabi Muhammad dan Kisah Hebat Lainnya
Penulis : Astri Damayanti 
Penerbit : Qibla, Bhuana Ilmu Populer (Kelompok Gramedia) 
Tahun : 2016
Jumlah Halaman : + 265 halaman 
ISBN : 978-602-394-139-1

Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad bisa dibeli di MatahariMall.com 



3 komentar:

  1. Jd pengen beli jg untuk krucil.. memang bacaan2 berkualitas kayak gini ya mba yg harus dikasi untuk anak-anak kita biar mereka meneladani sifat Rasul semenjak dini ��

    BalasHapus
  2. Awal bulan Juni kemarin saya sempat nyari buku ini di gramed dan belum nemu. Tampaknya best seller ya, akhirnya saya beli di online aja. Cant wait pengen baca langsung.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...