badge

Jumat, 04 Maret 2016

Belajar Menjadi Blogger Bayaran Di NGOPI Bareng NOVA



"gimana sih biar blog kita bisa menghasilkan uang?"
"pengen deh punya penghasilan dari blog kaya dia"
"ko dia bisa dapet banyak job ya di blognya, gimana sih caranya?"

Pernah dengar percakapan seperti itu? Kalau saya, sering banget. Sekarang ini bisa dibilang blogger itu lagi naik daun. Banyak brand yang mulai bekerja sama dengan blogger untuk mempromosikan produknya. Bukan cuma brand saja, bahkan sekarang kementrian atau departemen kepemerintahan sudah mulai membuka diri dengan blogger. Tujuanya tidak lain supaya campaign atau program yang sedang dijalankan bisa tersampaikan ke seluruh masyarkat. 

Karena blogger kini sudah mulai famous jadi banyak juga yang ingin jadi blogger dan muncul deh blogger-blogger pemula. Tidak semua blogger pemula itu paham bagaimana proses kreatif dalam menulis sebuah blog. Saya mengatakan tidak semua ya, artinya banyak juga yang sebenarnya paham. Blogger pemula yang memiliki tekad dan niat yang kuat, biasanya akan awet dan konsisten. Sebaliknya, jika niatnya kurang, bisa jadi malah berhenti di tengah jalan. 

Jum'at 26 Februari 2016, saya beruntung bisa menjadi bagian dari acara NGOPI bareng NOVA. Tema acaranya sangat menarik yaitu tentang "Cerdas Menjadi Ibu dan Blogger Berbayar, Why Not?". Dari sinilah saya dapat banyak informasi dan ilmu baru seputar dunia blogger. Acara yang diadakan di Birdcage Park, Jakarta ini dibuat sesantai mungkin. Nara sumber yang dihadirkan adalah sahabat blogger saya sendiri, Annisa Steviani. Annisa yang akrab dipanggil Icha ini berbagi rahasianya bagaimana menjadi blogger bayaran yang sukses. Selain Annisa, ada Romy Palar yang memberikan tips sederhana fotografi. 

Sukeses Jadi Blogger Bayaran

Temanya yang membuat saya tidak bisa menolak undangan ini. Apalagi nara sumbernya itu teman sendiri. Rasanya pas jika saya mengusahakan diri untuk hadir. Annisa yang sudah ngeblog sejak tahun 2010 ini punya banyak pengalaman jadi blogger bayaran. Makanya, pas sekali menyampaikan materi ini.

Annisa Steviani
Ada beberapa jenis penghasilan yang bisa didapatkan dari blog, seperti:

1. AdNetwork (Google AdSense atau PPC lain)
2. Placement artikel
3. Lomba blog
4. Paid Review 

Menurut Annisa, untuk menjadi blogger bayaran yang sukses itu tidak mudah. Karena, sebelumnya kita harus kerja keras dan punya branding. Misalnya, jika kita memang senang menulis tentang pengasuhan (parenting) tulislah beragam artikel tentang itu. Komposisinya harus lebih banyak dari tema yang lain. Begitu pun kalau kita punya kemampuan menulis teknologi, misalnya. Perbanyaklah konten teknologi dibanding tema pendukung yang lain. Dari situ, kita bisa mulai membangun braning di blog. Istilahnya, blog kita itu memiliki niche.

Ada tips blogging yang dibagikan Annisa. Dan, tips ini sebaiknya diterapkan untuk semua blogger.

1. No Money Oriented

Memang tidak salah kalau kita ngeblog untuk mendapatkan penghasilan. Tapi, alangkah baiknya jika tujuan mencari uang lewat blog dijadikan tujuan yang kesekian. Karena apa? Karena kalau tujuan utama ngeblog hanya untuk mendapatkan penghasilan, kita akan lelah sendiri. Kalau cepat dapat job, kalau tidak? Kita pasti akan malas-malasan ngeblognya.

Buat mereka yang baru memulai langkah menjadi blogger, sebaiknya jangan jadikan tujuan ngeblog hanya untuk mendapatkan uang. Tujuan utamanya adalah berbagi dan memberikan manfaat lewat tulisan. Saat kita rajin update dengan tulisan-tulisan bermanfaat dan bermutu, pasti akan ada job (tentu saja yang menghasilkan uang) yang berdatangan.

2. Ikut Komunitas Blogger

Annisa sendiri adalah seorang admin di Kumpulan Emak Blogger. Menurut Annisa, ikut dalam satu komunitas akan membuat kita lebih terpacu lagi untuk lebih baik. Saya pun menganggap kalau komunitas adalah keluarga kedua. Di dalam komunitas kita bisa saling berbagi ilmu blogging.

Komunitas blogger kan sekarang ini banyak sekali. Semuanya punya ciri khas masing-masing tapi tujuannya tetap sama yaitu memfasilitasi para anggotanya untuk meningkatkan kemampuan. Ikut terlibat dalam komunitas pun jangan asal masuk. Kita perlu aktif juga. Karena, kalau kita aktif akan banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan. Salah satunya dilibatkan dalam event blogger.

3. Ikut Lomba Blog

Terlibat dalam kompetisi ternyata bisa membuat kita lebih kreatif. Menurut Annisa, ikut dalam sebuah lomba blog adalah cara untuk mengupgrade diri kita sebagai seorang blogger. Misalnya, saja awalnya kita tidak bisa sama sekali membuat infografis. Lalu, kita mengikuti sebuah lomba yang juga diikuti oleh blogger-blogger yang jago infografis. Mau tidak mau, kita akan berusaha untuk bisa membuat infografis.

Secara tidak langsung, kita seperti 'DIPAKSA' untuk bisa. Walau pada akhirnya kita tidak menang, kita boleh berbangga karena kita sudah melakukan yang terbaik. Dan, akhirnya kita tahu cara membuat infografis.

Jadi, seorang blogger harus mau mengupgrade diri agar lebih profesional. Dan ikut dalam kompetisi blog jadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan diri sebagai seorang blogger.

4. Buat Konten Bermanfaat

Pasti sudah banyak yang tahu kalau konten adalah raja dalam sebuah blog. Makin baik konten yang kita buat, maka tidak menutup kemungkinan blog kita dibaca banyak orang. Untuk membuat konten yang menarik, yang kita butuhkan adalah kreatifitas. Buat satu tema yang sebenarnya biasa menjadi lebih menarik dan tidak biasa.

Konten atau artikel yang menarik tentu akan membuat orang datang untuk membaca. Salah satu cara mendapatkan ide untuk menulis adalah dengan memperhatikan isu yang sedang  hangat diperbincangkan. Kita bisa mencarinya di timeline sosial media, misalnya saja hestek twitter. Jangan lupakan untuk selalu melakukan riset dan kroscek. Karena, jangan sampai karena ikut-ikutan kita malah membuat berita yang minim data.

5. Buat Konten Viral

Ada yang tahu maksud dari konten viral? Iya, Viral bisa diartikan dengan menyebar. Maksudnya konten viral adalah konten yang dibuat itu menyebar dan banyak yang baca. Pasti pernah baca sebuah status yang banyak di share, bahkan samapai ribuan. Seperti itulah konten viral.

Lalu, bagaimana membuat konten viral? Kita hanya harus banyak memperhatikan isu-isu terkini. Namun, tetap harus jaga-jaga ya. Jangan sampai demi membuat konten viral kita malah memicu perselisihan. Tetap menulis cantik ya.

6. Belajar Basic SEO (Search Engine Optimization

Memutuskan untuk menjadi blogger, artinya kita harus siap belajar semua yang berhubungan dengan blogging. Termasuk belajar basic SEO. Banyak yang sudah pusing duluan mendengar kata SEO, padahal mau tidak mau kita harus melek juga dengan proses ini. SEO adalah serangakain proses supaya trafik blog kita meningkat. Membahas soal SEO, rasanya tidak cukup dalam sehari. Kita harus menikmati proses belajar SEO supaya tidak pusing. Karena, kalau kita sudah menikmati prosesnya, SEO akan terasa mudah.

7. Visual Itu Penting!

Annisa sampai membubuhkan 'tanda seru' di belakang kalimat. Artinya, kita memang harus peka dengan yang satu ini. Manusia itu pada dasarnya menyukai semua yang berbau visual. Kalau kita perhatikan, seorang bayi ketika penglihatannya sudah mulai baik, sangat tertarik dengan gambar atau sesuatu yang bergerak. Betul kan? Begitu juga dengan kita yang dewasa, gambar atau foto masih sangat menarik perhatian.

Untuk bisa membuat gambar atau foto yang bagus memang harus banyak latihan. Tidak perlu menunggu sampai punya kamera berlensa besar dulu. Karena, dengan modal smartphone saja kita sudah bisa membuat foto yang bagus.

Sisipkan beberapa foto atau gambar penunjang yang masih berhubungan dengan artikel yang kita buat. Jadi jangan hanya tulisan saja. Umumnya, orang akan bosan membaca tulisan yang panjang. Untuk mensiasatinya, maka selipkan foto di awal atau tengah tulisan.

8. Jangan Jadikan Blogging Sebagai 'Sampingan'

Untuk menjadi blogger profesional kita harus fokus. Sebenarnya, apapun kegiatan kita, jika fokus dan serius dilakukan, pasti akan sukses. Begitu juga menjadi seorang blogger. Kita perlu serius dan fokus. Annisa berpesan jangan menjadikan kegiatan ngeblog sebagai kegiatan sampingan. Kenapa? karena untuk menjadi blogger bayaran tentu dibutuhkan keseriusan. Kalau ngeblognya malas-malasan,  siapa juga yang mau melirik blog kita.

Setelah update blog, jangan lupa untuk selalu share psotingan lewat semua akun media sosial yang kita punya. Tujuan tidak lain, untuk menjaring pembaca dan tentunya trafik.

Brand itu biasaanya akan memilih blog yang update dan aktif. Blog yang update pasti dibarengi dengan trafik yang bagus. Tentu saja tujuannya agar produk yang dipromosikan di sebuah blog bisa dibaca banyak orang. Mereka dapat untung dan blogger pun dapat untung juga.

Jika sudah bekerja sama dengan satu brand atau agensi, jaga attitude jangan sampai mengecewakan. Karena, sekali saja kita mengecewakan, efeknya kita tidak akan diajak kerjasama lagi. Jadi, perlu dijaga hubungan baik dengan pemberi job.

"Buat blogger yang masih malas-malasan update blog, yuk diperbarui lagi blognya"

Itu tips blogging dari Annisa. Intinya, jangan kalau ingin sukses jadi blogger bayaran ya harus berusaha memberikan yang terbaik. Perbaiki tampilan blog agar lebih friendly. Tingkatkan kualitas konten yang kita buat agar trafik meningkat. Kalau trafik sudah bagus, job pun akan datang sendiri.

Simple Photography Bagi Pemula

Materi ini tidak kalah seru dengan materi yang disampaikan Annisa. Materi ini diberikan oleh Romy Palar, fotografer dari tabloid NOVA dengan tema "Maksimumkan Blog Kamu Dengan Foto Yang Cantik". Jadi, masih satu bahasan dengan materi dari Annisa.

Romy Palar, Fotografer NOVA

Menurut Romy, ada 3 jenis foto yaitu: Food & Product, Fashion& Beauty, dan Travel Photography. Ketiga jenis foto ini punya cara tersendiri dalam mengambilnya.

Food & Product

  • Komposisi. Ini berkaitan dengan komposisi warna dan penting untuk diperhatikan. Tujuannya supaya foto yang dihasilkan lebih artistik. 
  • Angle. Jangan terpaku pada satu angle. Seorang fotografer pro saja perlu puluhan kali mengambil gambar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
  • Pencahayaan. Harus merata, jangan sampai belang-belang karena pasti akan merusak hasil foto. Cahaya yang paling bagus sebenarnya adalah cahaya matahari karena alami. Jangan gunakan flash jika foto menggunakan smartphone. 
  • Garnish & Properti. Ini juga tidak kalah penting. Properti akan membuat foto lebih kaya, berisi, dan menarik. 
Fashion & Beauty
  • Komposisi & Angle. Posisi model (orang) yang akan difoto harus sejajar dengan fotografer. Perhatikan juga komposisi warna dan angle dari model. Ambil beberapa angle sampai menemukan foto yang terbaik.
  • Pencahayaan. Soal pencahayaan tentu yang terbaik adalah cahaya natural yaitu matahari. Sangat disarankan untuk ambil foto di luar ruangan. 
  • Lokasi. Cari lokasi yang sesuai dengan tema agar saling berkaitan. 
Travel  Photography
  • Niat. Untuk menghasilkan foto yang bagus tentu diperlukan niat dan usaha yang kuat. Misalnya saja untuk mendapatkan foto sunrise, tentu kita harus usaha bangun pagi agar keindahan sunrise tidak terlewatkan. 
  • Perkaya Wawasan. Rajin mencari tempat-tempat yang menarik untuk dijadikan obyek foto. 
  • Peralatan. Tentu ini jadi hal yang paling penting. Jika mengambil gambar menggunakan kamera berlensa besar jangan lupa untuk membawa peralatan pendukung lainnya. 
  • Ambil gambar sebanyak mungkin. Karena untuk sekali ambil gambar, belum tentu hasilnya langsung bagus. Jadi, perlu berkali-kali.
  • Foto obyek-obyek menarik yang kita jumpai di perjalanan. Karena, bukan cuma pemandangan saja yang menarik, tapi banyak hal yang bisa kita jumpai dan sayang jika dilewatkan begitu saja. 
Di akhir sesi ini, Romy meminta peserta untuk mencoba mengambil gambar. Obyeknya adalah menu dari Birdcage. Hasil foto yang saya ambil ya lumayan menurut Romy, walau belum bisa baik juga. 

Ini Hasil Foto Saya :)

Happy Birthday, NOVA

Di antara sesi materi, ada kejutan yang dihadirkan oleh redaksi NOVA. Karena, acara NGOPI bareng NOVA ini bertepatan dengan ulang tahun NOVA yang ke 28. Ada speech dari Editor in Chief NOVA, bu Iis R Soelaeman yang berharap NOVA bisa terus menginspirasi wanita dan keluarga Indonesia. Di usianya ke 28, NOVA akan terus memberikan yang terbaik bagi para pembaca setianya. Salah satu effort yang dilakukan NOVA adalah membuat majalah versi digital, website, dan aktif di berbagai media sosial. Ini untuk menghadapi perkembangan tekonlogi digital yang makin pesat. 

Editor in Chief NOVA, Bu Iis
Sambil menyanyikan lagu Happy Birthday, tim NOVA membawa kue ulangtahun lengkap dengan lilinnya. Dan yang serunya, kami semua yang hadir kebagian mencicipi kue ulangtahun :) 

NOVA's Birthday Cake 

Rencananya, acara serupa seperti NGOPI Bareng NOVA ini akan rutin diadakan. Karena, NOVA menganggap keberadaan blogger saat ini sudah makin berpengaruh. Jadi dalam waktu dekat, NOVA akan membuka peluang kerjasama bagi blogger. Apa itu? kita nantikan sama-sama ya. 

94 komentar:

  1. senengnyavterdampar di sini, dpet ilmu kece begini, tengs ya mak uci :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  2. sayangnya pas sesi fotografi waktunya sedikit ya...mudah2an next time buat acaranya lebih lama waktunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kayanya harus bikin sesi sendiri soal fotografi.

      Hapus
  3. Acaranyw cumwn di jakarta saja y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada acara serupa di daerah ya mba :)

      Hapus
  4. Seneng deh bisa liat keseruan blogger2 kota besar...bisa menginspirasi blogger daerah seperti saya dan teman-teman lain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti nanti akan ada giliran buat blogger di daerah :)

      Hapus
  5. ilmunya kece banget yaa

    BalasHapus
  6. Ter'panah' oleh kalimat: jangan jadikan blogging sebagai sampingan. Gagal paham jadinya, kalau saaya yg bekerja full time dan nge blog, jadinya istilahnya apa ya?

    Tfs mbak, artikelnya kereeeen banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annisa (narasumber) nya pun working mom, tapi ngga menjadikan blog sebagai sampingan. Hasilnya, dia langganan dapat job. Yang penting tetap serius dan fokus ya mba ririe :)

      Hapus
  7. tips tipsnya akuuu praktekin ah mb ucii :D
    tapi lagi malas ikut lomba blog, daku nyerah inpografis.... wkwkwkkwkw
    visual emang penting palagi kalo fotonya foto makanan *itu aku beuuuudd
    jadi penasaran pingin liat ka stev jadi pembicara weheeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus dipraktekin,biar jadi blogger bayaran yang pro :)

      Hapus
  8. Waahh seruu ya acaranya. Sayang aku gak bs datang waktu itu krn seatnya full. Thanks sharingnya ya.
    Btw ada yang typo tuh tulisannya hehee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, typo yang mana mba? Makasih udah mau mampir ya

      Hapus
  9. mantap kakak. sharingnya mau saya praktekkan semua.

    BalasHapus
  10. Kereen..tfs Mba Uci, ijin share ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan mba rotun, with pleasure :)

      Hapus
  11. Senangnya bisa dapat ilmu di sini.
    Makasih mba sharingnya.

    BalasHapus
  12. Seru acaranya bertaburan juga ilmunya

    BalasHapus
  13. Materinya bagus. Makasih sharingnya ya, Mbak Uci. Saya jadi ikut belajar meski nggak bisa hadir langsung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba alfa. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  14. Jadi tambah semangat nih buat nulis di blog :). Terima kasih mba

    BalasHapus
  15. Wah, beruntungnya dirimu bisa ikutan acara ini, Mbak. Keren sharingnya. :)

    BalasHapus
  16. Senangnya bisa ikut acara seperti ini.. Byk informasi yang bermanfaat seputar dunia Blogging ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain itu, banyak kenalan baru juga. Nambah network :)

      Hapus
  17. Monetize blog memang menggiurkan karena yang terbayang adalah guyuran rupiah atau dolar.
    Kenyataannya tak seindah bayangannya
    Kerja keras, kesabaran, dan daya tahan diperlukan.
    Blogger luar negeri bisa mengeruyk puluhan ribu dolar bukan dari satu blog tetapi bisa ratusan blog dengan evergreen article.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget pakde. Kerja keras itu pasti kalau mau sukses. Kembali pada diri masing-masing, mau terus berusaha dan fokus atau tidak. Terima kasih buat kunjungannya pakde :)

      Hapus
  18. Nice info,Mbak. Masukan buat saya,si blogger pemula :-)

    BalasHapus
  19. infografis blm blajar lagi. buat foto2 jg. wsh peer banyakkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoo.. kita belajar. Jangan pantang menyerah ya.

      Hapus
  20. Wah seru banget ya acaranya, sayang waktu itu nggak bisa ikutan, huhu. Makasih sharingnya ya Mbak Uci :)

    BalasHapus
  21. Senangnya bisa ikutan acara yang bertabur ilmu. Seandainya tidak hanya di Jakarta :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, akan ada acara seperti ini di daerah.

      Hapus
  22. Menjadi seorang blogger itu bisa juga profesional ya Mba.. Kalo mau sukses dan eksis gak boleh setengah2 ya..gak boleh sampingan.. kudu intens dan tekun ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mba rita. Yuk, terus upgrade diri :)

      Hapus
  23. Terima kasih sharing ilmunyaa... Kalau acaranya di Bandung aku pasti ikut tuh.

    BalasHapus
  24. Keren sharingnya, sangat bermanfaat dan wajib di praktekan :D

    BalasHapus
  25. Kereen mbak uciii, nampol bgt bagi saya yg ngeblognya sampingan, udah gt curhat mulu isinya, wkwkwk *tutupmuka

    BalasHapus
  26. Kok aku malah liatin celananya Mbak Anisa ya? Hahahaha.

    Terima kasih Mbak Suci infonya. Apalagi soal foto. Jadi pengen perhatiin lebih detail lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lia mau beli celana kaya annisa yaaa :p

      Hapus
  27. Terima kasih sharingnya... Belajar lagi, tambah ilmu lagi. :)

    BalasHapus
  28. Kalo buatku, fotonya dah cantik mbak. makasih sharingnya.

    BalasHapus
  29. Saya baca Nova pas ada pengumuman Ngopi Barengnya, sayang gak bisa datang krn hari kerja hehe. Tapi beruntung bisa dapat materinya disini. Tengkyu ya Mbak atas sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  30. Wuiih uchi makasih sharingnya,aku ga bs datang acaranya tapi dpt ilmunya dr kamu.. barakallah ya chi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba, semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  31. Acaranya keren banget mbak, banyak ilmu yang bisa di dapet. Ulasan mbak Suci juga lengkap dan menarik, makasi ya mbak sudah share :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah mau baca ulasanku ya riska :)

      Hapus
  32. happy birthday NOVA, itu saya yang masih belum bisa bikin adalah konten viral, masih agak takut hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konten viral ngga mesti yang negatif-negatif kan teh :)

      Hapus
  33. Trima kasih udah berbagi ilmunya..

    BalasHapus
  34. Iya benar harus konsisten dan fokus ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kalau fokus, pasti berhasil deh

      Hapus
  35. Ulasannya menarik mak jadi termotivasi. Selamat ultah Nova semoga makin jaya!

    BalasHapus
  36. Terima kasih ya sharingnya, sangat bermanfaat untuk mengingatkan lebih konsisten ngeblog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat :)

      Hapus
  37. apakah itu blogger atau yang lainnya... attitude harus dijaga.., karena kalau etika ga ada...suka nyinyir..kesempatan akan bisa hilang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuup.. setuju banget sama mba nova, attitude is the main point. Jangan suka nyinyir, mending kita nyisir *eh :p

      Hapus
  38. Wah... dapat ilmu yang sangat banyak di sini. Makasih ya

    BalasHapus
  39. Semoga di usia 28 tahun Nova makin banyak menginspirasi wanita. apalagi jika kerjasama dengan blogger.
    terima kasih ilmunya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kerjasama dengan blogger bisa terus awet :)

      Hapus
  40. Gak bisa datang, jadi baca tulisan ini sangat bermanfaat! thanks Uci

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama ibu, sayang ya ibu ngga datang :(

      Hapus
  41. Dan jangan lupa komitmentuntuk terus berbagi hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. whuaa.. didatangi om cumiiii :) so excited. Doakan supaya tetap bisa berbagi hal yang bermandfaat ya om. Makasih atas kunjungannya.

      Hapus
  42. Setuju dengan semua point di atas teh, perlu effort sih memang, tapi worth it.
    Thank you for sharing Teh Icha :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua oasti butuh usaha neng, kerja keras dan fokus juga. Insya Allah, kalau itu udah dilaksanain, apa yang kita targetkan bisa terwujud.

      Hapus
  43. Wahh wahh makin melek saya sma blog, ternyata punya dunia sendiri yg seru.harus belajar terus biar engga gaptek. Mungkin teh icha bisa ajarin saya,heheh

    BalasHapus
  44. Dah aku mah apa atuh, cuma blogger yang hobinya curhat :3

    BalasHapus
  45. Bagus banget yaa ini acaranya... Kapan yaaa ada acara ngopi bareng Nova lagiii >_<
    Oiya ngeblog emang harus banyak belajar ya.. Visual itu, selain layout yang oke juga tata penulisan. Di blog ini bagus banget sih tiap poin di-bold & beda warna :D

    BalasHapus
  46. Artikelnya bermanfaat bgt ni. Sbg blogger yg blm prnh dpt job, info ini sgt membantu. Btw, gmn mbak cara agar bs aktif d komunitas blogger?

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...