badge

Senin, 18 Desember 2023

Kolaborasi Sasakawa Health Foundation dan NLR Indonesia Dalam Edukasi Kusta di Indonesia

 

Masih membincangkan kusta di Indonesia. Karena, penyakit yang satu ini masih belum tuntas ditangani dengan sempurna. Baik pemerintah maupun organisasi non-pemerintah seperti NLR Indonesia, berkolaborasi untuk penanganan kusta di Indonesia.

Minggu, 03 Desember 2023

Peran Aktif Remaja Disabilitas Dalam Pemilu 2024

 

Sebagai masyarakat Indonesia yang aktif, pasti tahu ya kalau 14 Februari 2024 nanti bakal ada Pemilihan Umum serentak. Semua rakyat Indonesia yang sudah berusia 17 tahun memiliki hak pilih untuk bisa digunakan. Tidak terkecuali bagi mereka para Penyandang Disabilitas. Undang-Undang No. 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, pasal 13 yang menyatakan bahwa hak politik bagi Penyandang Disabilitas. Pasal 75 ayat 1, pemerintah menjamin agar Penyandang Disabilitas dapat berpartisipasi secara efektif dan bermakna dalam kehidupan politik.

Kamis, 23 November 2023

Kurangi Gatal Pada Dermatitis Atopik dan Kulit Sensitif Dengan Atopiclair


Saya masih ingat betul gimana stressnya punya anak dengan kulit sensitif. Ya, maksudnya bukan stress yang gimana-gimana sih, tapi lebih ke bingung cari cara gimana menanganinya. Sudah mencoba banyak cara, tapi rasanya ngga tuntas juga. Akhirnya hanya bisa pasrah dan ketika sensitifnya kambuh, saya cuma usap-usap dan gendong biar ngga rewel.

Kurangi Gatal Karena Dermatitis

Minggu, 05 November 2023

Peran Media Sebagai Wadah Edukasi Kusta Yang Valid dan Inklusif

 

Kusta di Indonesia masih jadi isu yang terus diperbincangkan. Bukan karena tidak peduli, tapi memang edukasi kepada masyarakat masih harus terus dilakukan. Apalagi, kusta ini menjadi salah satu penyakit, yang menyerang masyarakat yang memiliki keterbatasan akses informasi dan teknologi. Oleh karenanya, peran masyarakat dan pemerintah sangat dibutuhkan. Terutama media informasi baik media online, media sosial, dan media elektronik lainnya, sangat diperlukan. Peran aktif media, akan menjangkau lebih banyak orang, agar lebih sadar akan isu kusta. 

Kusta bisa disembuhkan


Selasa, 08 Agustus 2023

Cara Alami Atasi Masuk Angin Dengan Minyak Kayu Putih Habbie

 

Sejak kembali jadi ibu menyusui, ngerasa banget kalau badan itu rasanya gampang capek. Semuanya dikerjain sendiri, ditambah harus ngurus bayi dari pagi sampai malam sampai pagi lagi. Kalau mulai pusing, badan mulai sakit, tiba-tiba langsung panik. Panik bukan karena sakitnya, tapi karena mikirin bayi dan anak-anak kalau sampai ibunya sakit. Duh, kebayang repot plus sedihnya. Walau pasti dibantuin suami, tetap aja rasanya beda. Makanya, saya benar-benar menjaga banget supaya ngga gampang tumbang. Kalau sekadar masuk angin, cukup pakai minyak kayu putih aja. Atau, minum yang anget-anget. 

Tips atasi masuk angin


Jujur amaze banget sama badan sendiri. Bisa ya kuat banget, padahal yang diurus banyak. Punya lima orang anak, plus suami yang juga harus diurus. Hanya bisa bersyukur karena punya badan yang ngga gampang tumbang. Mungkin Allah tahu kalau saya harus ngurus banyak anak, jadi dikasih badan yang kuat :) 

Gimana kalau anak yang sakit? Ini salah satu part sedih dari perjalanan mengurus anak. Ngga cuma anak, kalau suami sakit pun rasanya patah hati banget. Kalau ada yang mulai bersin-bersin, lemes, apalagi sampai demam, mulai ketar ketir deh hati ini. Walau sebenarnya khawatir, sebisa mungkin saya ngga menunjukkan wajah panik. Karena kalau ibunya panik, anak malah jadi makin rewel. 

Jumat, 05 Mei 2023

Perjalanan Menciptakan Konten Yang Baik Dengan Dukungan Internet Terbaik

 

Pekerjaan sebagai pembuat konten (content creator) itu di satu sisi sangat menyenangkan. Apalagi kalau konten yang dibuat bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Makin tertantang aja buat terus menghasilkan karya. Hanya saja, ada yang fokusnya hanya pada uang. Alhasil konten yang dibuat terkesan ngasal, sekadar viral, atau konten yang ngga ada manfaatnya sama sekali. 

Good Content Creator

Sejak memutuskan untuk fokus jadi blogger di tahun 2015, saya terus mengasah skill dan kemampuan diri. Meluaskan jaringan pertemanan sesama blogger, ikutan berbagai event dan komunitas, ikutan lomba blog, dan berbagai workshop seputar dunia blogging. 

Buat saya, menjadi blogger atau pembuat konten itu tentang mengasah diri. Ngga boleh diam di tempat dan nunggu 'disuapin'. Kalau mau profesional, ya harus mau belajar terus. Even, kalau belajarnya ngga gratis pun, ya harus mau. Kadang, ilmu itu kudu didapatkan dengan sedikit effort ya. Malah ilmu berbayar itu rasanya lebih mantap dan ngga dianggap remeh. Karena pasti kita akan lebih serius mengikutinya. 

Minggu, 30 April 2023

Mengenalkan Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

 

Sudah jadi pemandangan yang sangat biasa, kalau kita melihat anak balita pegang gadget. Mereka bahkan lebih mahir dibanding orangtuanya. Tayangan demi tayangan yang mereka tonton, mampu membuat mereka lupa akan sekelilingnya. Saking fokus dan menikmati tayangan, kalau gadgetnya diambil mereka akan marah dan tantrum. 

Literasi Digital Sejak Dini


Sejak dunia digital itu tanpa batas dimana punya jaringan internet cepat, siapapun bisa mengakses dengan mudah. Walau banyak kemudahan yang akhirnya bisa kita dapatkan dari dunia digital, tapi di satu sisi dunia digital bisa membawa mudharat. Ibaratnya, bisa jadi bumerang kalau ngga dimanfaatkan dengan baik. 

Sebagai ibu, saya harus jeli dan aware soal dunia digital ini. Saya ngga mau anak terlalu terpapar sampai addict, tapi di satu sisi saya ngga mau juga menjauhkan dunia digital dari anak. Bagaimanapun, mereka memang hidup di zaman digital yang serba cepat dan canggih. Tinggal pintar-pintar mengatur dan pegang kendali saja sih. 

Rabu, 19 April 2023

Buka Puasa Full Team di Ayomakan Fast, Feast, Festive Senayan Park

 

Setelah nunggu anak-anak bujang liburan dari pondok, akhirnya bisa juga buka puasa full team keluar rumah. Kali ini pilihannya agak jauh dari rumah karena mau sekalian jalan-jalan aja. Ada festival kuliner dari Ayomakan di Senayan Park, Jakarta. Jadi saya pikir, seru banget nih bisa buka puasa bareng dengan beragam pilihan kuliner, sambil review tempat makan. Sudah gitu, acaranya outdoor jadi makin seru aja. 

Festival Ayomakan

Selepas shalat ashar, kami menuju Senayan Park (SPARK). Alhamdulillah, kondisi jalan lengang dan ngga macet sama sekali. Jadi pas sampai lokasi, saya sama anak-anak masih bisa hunting makanan buka puasa dulu. Sudah nge-tag ini nanti lepas shalat Maghrib bakal beli ini dan itu. 

10 menit jelang buka puasa, kami ke Mushola dulu buat shalat Maghrib. Biar ngga ngantri shalatnya, karena kalau makan dulu, bisa-bisa ngga kebagian shalat Maghrib saking ramenya. Setelah buka puasa di Mushola dan shalat Maghrib, kami langsung bergegas ke area festival Ayomakan

Sabtu, 15 April 2023

5 Ide Hampers Lebaran Awet Untuk Orang Tersayang

 

Sudah masuk pertengahan Ramadan, biasanya sudah banyak nih yang sibuk mikirin mau kirim-kirim hampers lebaran. Bahkan banyak yang sudah berburu barang-barang buat isian hampers. Jadi, kalau sudah masuk pertengahan Ramadan gini, pusat-pusat perbelanjaan tuh jadi makin ramai. Wholesale atau pusat grosir juga kadang jadi penuh, saking banyak orang yang berburu barang-barang untuk dibagikan. 

Ide Hampers Lebaran

Jumat, 07 April 2023

Ngemil No Worry Dan Saluran Cerna Terjaga Dengan Cimory Yogurt Squeeze

 

'perut aku sakit, bun' Una merintih sambil memegang perutnya. Awalnya saya cuma curiga kalau dia sakit perut karena belum buang air. Karena memang, Una salah satu anak yang buang airnya ngga rutin setiap hari. 

Tapi kok, sudah hampir 3 hari dia masih ngeluh sakit. Karena curiga, akhirnya saya bawa ke klinik. Setelah diperiksa dokter, ternyata lambungnya ada luka. Dokter bilang penyebabnya karena kurang serat dan kurang minum. Saluran cerna kalau tidak dirawat, efeknya banyak banget. Karena saluran cerna itu ibarat sebuah gerbang. Kesehatan organ tubuh, dimulai dari kesehatan saluran cerna. 

Setelah kejadian sakit perut itu, saya bawel banget soal minum dan makan sayur. Daripada adik dan kakaknya yang lain, Una memang agak picky eater. Apalagi kalau makan sayur. Dia hanya mau makan sayur yang memang dia suka aja. Berbeda dengan adik atau kakaknya yang bisa makan segala jenis sayur. 

Cemilan sehat anak

Kamis, 30 Maret 2023

Ide Main Bareng Anak Sambil Nunggu Waktu Buka Puasa


Sambil nunggu waktu buka puasa, kira-kira apa sih yang seru dilakukan bareng anak? Biasanya sih pada nonton tivi sambil nunggu adzan Maghrib, ya ga sih? Apalagi anak-anak, kadang sudah ngga ada tenaga dan terkapar lemas, berharap waktu buka segera tiba. 

Ide Main Sambil Nunggu Buka Puasa

Tahun ini, ada Khal yang bakal ikutan puasa untuk pertama kali. Walau sudah punya pengalaman di anak pertama hingga ketiga, tapi tiap kali ada yang baru pertama kali puasa, rasanya ya deg-degan juga. Khawatir ngambek, merengek, hingga ngga mau lanjut puasa. Beda anak, beda treatmentnya. Jadi, memang dari sekarang sudah mikirin strategi banget nih. Biar Khal puasanya lancar dan ngga banyak drama. 

Kamis, 23 Maret 2023

No More Worry, Sirop Obat Kini Aman Untuk Anak

 

'Bi, tolong belikan obat penurun panas untuk Khal' Begitu bunyi pesan WA saya pada suami. Saat itu, saya tidak bisa keluar rumah karena harus jaga Khal yang sedang demam. Tak berapa lama, suami membalas pesan saya 

'Memang ngga papa pakai dalam bentuk sirop? Bukannya masih dilarang?' Lalu saya teringat kasus gagal ginjal yang sempat heboh itu. Tapi update yang saya dapatkan, beberapa brand sirop obat sudah aman digunakan.

'Insya Allah ngga papa, beli yang seperti biasa aja' Lalu, suami pulang dengan membawa obat penurun panas untuk Khal. 

Dari keempat (otw kelima) anak yang saya miliki, Khal yang lebih sering kena demam. Dalam 2-3 bulan, pasti ada waktu dimana Khal demam. Jujur, saya sih tidak terlalu worry karena masih dalam tahap wajar. Sempat dengar juga ada dokter yang bilang, masih dikatakan normal jika dalam setahun, anak demam maksimal 12 kali. Jadi kalau sebulan sekali demam, ya tidak apa juga. 

Sirop Obat Aman Untuk Anak


Senin, 27 Februari 2023

Mengenal Probiotik dan Manfaatnya Bagi Tumbuh Kembang Anak


Kalau dengar probiotik, buibu pasti sudah familiar ya. Eh atau masih ada yang belum tau nih bedanya antara probiotik dan prebiotik? Kalau suka lihat iklan di tivi, pasti familiar deh dengan istilah probiotik dan prebiotik. Walau terdengar sekilas mirip, tapi keduanya beda loh buibu. Terus, apa bedanya probiotik dengan prebiotik? Semoga artikel saya yang satu ini, bisa membantu buibu untuk lebih memahami dan tau beda dari keduanya. 

Interlac Probiotik

Probiotik merupakan bakteri hidup yang diberikan dalam jumlah tertentu yang dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna. Sedangkan prebiotik, merupakan makanan probiotiik yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif terhadap bakteri penghuni kolon. Umumnya, prebiotik adalah karbohidrat seperti oligosakarida atau fructooligosaccharide (FOS). 

Jumat, 03 Februari 2023

Berjejak dan Berbagi Inspirasi di Syukuran 11 Tahun Kumpulan Emak Bloggger

 

Flashback ke tahun 2015, ketika saya memutuskan buat fokus di dunia blogging. Saat itu saya cuma punya ekspetasi bisa kenal dengan para blogger, lalu bisa dikenal sebagai blogger. Saya mau tulisan saya banyak yang baca tanpa harus melewati drama penerbitan, layaknya penulis buku. Sebelum benar-benar fokus jadi blogger, saya memang fokus nulis fiksi dan non-fiksi. Nulis memang jadi hobi, lalu berujung pada cita-cita jadi penulis terkenal seperti Helvy Tiana Rossa, Asma Nadia, dan Dewi Lestari. Penulis-penulis favorit yang karyanya banyak saya miliki. 

Risalah Husna

Saya punya 9 buku antologi, yang saya tulis bersama rekan penulis lain. Alhamdulillah saja, walau mungkin buku-bukunya ngga lagi dicetak dan dijual. Setidaknya, saya pernah merasakan bahagia melihat nama saya tercetak dalam buku antologi. 

Selasa, 17 Januari 2023

Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Bagi Ibu dan Anak

 

Saya masih ingat ketika hamil anak pertama, badan saya gatal-gatal lalu muncul bercak merah di sekujur tubuh. Serius, rasanya ngga nyaman sama sekali. Karena sudah ngga nyaman sama sekali, akhirnya saya ke dokter kulit. Dokter menjelaskan kalau kondisi saya disebabkan hormon kehamilan. Memang, saat hamil, ibu akan menghadapi masalah-masalah yang berbeda. Ada yang gatal-gatal, berjerawat, kulit menghitam, dan banyak lagi. 

Sudahlah berat membawa bayi di dalam perut, masih harus merasakan kondisi yang ngga jarang bikin bad mood. Perjuangan ibu ketika hamil memang ngga mudah ya. Yang paling banyak dirasakan oleh para ibu hamil, memang masalah kulit. Ada yang berusaha untuk merawatnya biar ngga makin parah, tapi ya ada juga yang merasa yasudah lah ya, nanti pun akan hilang sendiri setelah bayinya lahir. 


Kesehatan kulit memang ngga boleh diabaikan loh buibu. Baik yang muncul saat kita sedang hamil, menyusui, bahkan yang dialami oleh anak. Bicara soal kesehatan kulit ibu dan anak, ada loh buku yang bahas lengkap soal itu. Penasaran?

Senin, 02 Januari 2023

Tentang Menghadirkan Momen Bonding Bermakna Dengan Anak

 

"Dek Khal, baca buku yuk!" Khal yang sedari tadi sibuk sama legonya, langsung buru-buru menghampiri dan duduk di samping saya. Pandangannya langsung fokus pada tiap lembaran buku yang saya buka. 

Jujur, momen bonding atau kelekatan seperti itu yang bikin saya makin merasa dekat sama anak. Ngga cuma pas baca buku aja, tapi saat saya nemenin dia main pun, jadi berasa banget bondingnya. Walau lebih banyak di rumah, tapi menghadirkan momen bonding itu ngga sulit kok. Even, kita hanya punya waktu 5 menit aja, itu sudah bermakna banget. 

Bangun Bonding pada Anak

Sejak saya memutuskan buat berhenti dari tempat kerja, tujuan utama saya hanya ingin membersamai anak. Saya cuma merasa waktu anak buat ditemani itu ngga lama. Setelah masuk usia sekolah dan punya banyak teman, mereka bakal sibuk main sama temannya, daripada minta ditemani main di rumah. Buat saya, waktu 4 atau 5 tahun itu kaya sebentar banget. Jadi, saya ngga mau kehilangan momen bareng anak. Kalau pas ada rezekinya, saya suka ajak anak-anak keluar rumah. Walau sekadar makan dan main di playground gratisan. 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...