badge

Kamis, 11 Oktober 2018

Saatnya Kita Punya Transportasi Yang Ramah Disabilitas


Kita tahu ya kalau transportasi itu satu hal yang penting bagi sebuah negara. Makin bagus sistem transportasinya, nilai sebuah negara juga jadi makin bagus. Moda transportasi yang ada punya tujuan mempermudah pergerakan kita. Apalagi kalau yang ngga punya kendaraan sendiri. 


Tapi ya, harusnya kemudahan akses transportasi itu bisa dinikmati siapa saja. Berlaku secara umum, baik mereka yang normal dan para difabel atau penyandang diasbilitas.  Karena aktivitas bukan hanya milik orang normal saja ya kan? Difabel juga butuh transportasi. Tentu transportasi yang bisa ramah bagi mereka. Kita tahu kan, kalau difabel adalah kondisi dimana mereka tidak sama dengan manusia normal. Keadaan dimana mereka butuh bantuan kita. Termasuk buat urusan transportasi. Mereka itu butuh banget transportasi yang punya akses bagi kondisi istimewa mereka. 

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, pada 2015 mencatatat jumlah penyandang disabilitas di Ibu Kota mencapai 6.003 jiwa. Jakarta Selatan menjadi daerah dengan penyandang disabilitas terbanyak, yakni berjumlah 2.290, disusul oleh Jakarta Barat  1.155 jiwa.

  Tahun 2018, angka itu ngga banyak berubah. Bayangin deh kalau ada kurang lebih  6.000 penyandang disabilitas yang juga melakukan aktivitas sehari-hari, seperti kita. Mereka juga butuh berpindah dari tempat satu ke tempat lain. Artinya, mereka butuh dong akses transportasi yang support dengan keadaan mereka. 

 Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 98 tahun 2017 tentang Penyediaan Aksesibilitas Pada Pelayanan Jasa Transportasi Publik Bagi Pengguna Jasa Berkebutuhan Khusus, penyelenggara jasa transportasi publik harus menyediakan sarana dan prasarana layanan yang aksesibel bagi pengguna jasa disabilitas.

  Mengetahui data jumlah penyandang disabilitas yang cukup besar di Jakarta dan adanya peraturan menteri tersebut, Budi Karya, Menteri Perhubungan Republik Indonesia pernah berkomentar bahwa saat ini banyak fasilitas publik yang kurang memperhatikan penyandang disabilitas. Untuk itu, beliau pun berjanji akan mengembangkan fasilitas layanan disabilitas dalam sektor transportasi. Kementerian Perhubungan sudah berupaya mengembangkan fasilitas pelayanan jasa transportasi bagi pengguna berkebutuhan khusus atau disabilitas. Agar apa? agar para diafabel juga bisa merasakan kemajuan transportasi seperti kita yang normal. 
  Aksesbilitas sarana dan prasarana transportasi bagi para difabel, diantaranya : 
  •   Alat bantu naik dan turun dari dan ke sarana transportasi. Pintu masuk pun harus aman dan mudah diakses 
  •    Informasi audio visual dan tanda atau petunjuk khusus pada area pelayanan 
  •    Tempat duduk prioritas, toilet yang mudah diakses sesuai kursi roda, serta penyediaan fasilitas bantu yang mudah diakses, aman dan nyaman
  •    Lantai / ubin tekstur pemandu pada pedestarian, loket, dan tanda petunjuk khusus pada area pelayanan seperti area parkir, loket, dan toilet. 
  •   Pintu aksesibel dengan dimensi sesuai lebar kursi roda, area drop zone, dan ramp dengan kemiringan yag sesuai. 
  •   Ruang tunggu prioritas dan ketersediaan kursi roda yang siap pakai

  Penyedia sarana dan prasarana transportasi juga wajib menyediakan ruang pusat informasi dan personel yang dapat membantu pengguna jasa disabilitas. Setiap sektor transportasi harus ada personel yang terlatih untuk membantu memberikan informasi bagi disabilitas. Yang paling penting  sih, penyediaan fasilitas aksesibilitas dan pelayanan khusus ini tidak dipungut biaya.
  Sekarang sih, hal-hal yang saya sebutkan diatas itu sudah banyak terealisasi.  Contohnya, kalau kita naik transportasi umum seperti TransJakarta atau kereta Commuter line, pasti sudah ngga asing dengan kursi khusus yang disiapkan untuk kaum disabilitas. 
  Tapi ya ngga jarang juga  kita melihat langsung tempat yang disiapkan untuk orang berkebutuhan khusus malah diisi oleh orang-orang normal. Saya sering banget deh nemuin mereka yang tanpa berdosa malah nempatin kursi prioritas. Kadang suka kesal sendiri aja, terus dalam hati bilang  “mereka ini apanya yang cacat ya? hatinya, mungkin”. 
  Sudah jelas ada tulisan kursi itu buat disabilitas atau lansia malah yang duduk pemuda atau pemudi normal usia produktif. Itu kalau bukan cacat hati, apa coba? Kan kasian mereka yang memang punya hak atas kursi prioritas.  Seharusnya mereka mendapat fasilitas lebih, malah jadinya ikut berdesak-desakkan di TransJakarta atau Commuter line. Miris, ya. Padahal pembenahan pada sektor transportasi bukan cuma tugas pemerintah. Kita juga harus ikut berkomitmen untuk mendukung program pemerintah terkait peningkatan kesejahteraan disabilitas.
  Jadi ingat kata Budi Karya, Menteri Perhubungan RI saat peringatan Hari Disabilitas Internasional, Desember 2017 lalu "target kita adalah menuju masyarakat inklusif, tangguh dan berkelanjutan. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kehidupan berkelanjutan bagi penyandang disabilitas". 
  Penambahan maupun perbaikan fasilitas sarana dan prasarana pada sektor transportasi, harusnya bisa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jasa disabilitas. Karena pengguna jasa disabilitas itu berhak mendapatkan pelayanan yang terbaik. Sama dengan kita yang normal. Jadi, yuk bantu mereka untuk tetap mendapat haknya di transportasi umum. Jadi, mereka penyandang diasbilitas pun bisa ikut merasakan kemajuan transportasi kita. Apalagi sebentar lagi, kita bakal punya MRT dan LRT. Tambah keren aja kan sistem transportasi kita. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...