badge

Senin, 29 Juli 2019

Apakah Vaksin Flu Penting Buat Anak?


Selain perdebatan antara working mom dan stay at home mom, vaksin atau imunisasi juga masih jadi pro-kontra. Saya, salah satu yang awalnya kontra sama vaksin. Saat itu saya merasa vaksin ngga penting-penting banget. Ditambah saya sudah terlanjur nyaman dengan pengobatan herbal. Akhirnya, jadilah saya satu dari sekian banyak orang yang anti-vaksin.



Seiring waktu, apalagi ketika saya diminta jadi kader posyandu, saya mulai membuka diri. Mulai belajar dan cari tahu soal vaksin. Hingga saat ini, saya tidak lagi anti-vaksin. Walau begitu, saya masih tetap cari-cari informasi tentang semua vaksin yang umum diberikan, terutama pada anak. 

Memberikan vaksin pada anak jadi tindakan preventif. Tidak ada satupun orangtua yang suka anaknya sakit. Semuanya pasti berharap kalau anak-anak tumbuh dengan sehat. Malah kalau bisa mah tidak usah sakit sama sekali. Tapi ya kan kita ini manusia, bukan robot. Walau sakit menjadi keniscayaan, tapi tidak ada salahnya berjaga-jaga ya. Better safe than sorry, ceunah.



Saya jadi ingat dengan anak kedua saya yang gampang sekali kena flu. Sepertinya imunnya tidak sekuat kakak dan adiknya. Sejak usia 11 hari, dia sudah merasakan 'bobo' di ruang operasi. Sejak itu deh, dia kaya gampang sakit. Tapi seringnya ya kena flu. Kalau dia mulai bersin-bersin dan ingusan, langsung deh saya minta dia buat stop main dulu. Kalau tidak gitu, hayo aja main, lupa kalau sedang sakit. 

Saking seringnya si kakak ini kena flu, saya jadi 'kebal'. Ketika anak sakit gitu, selain tetap tenang, yang biasa saya lakukan :
  • Memberikan air bening (karena air putih adalah susu) sesering mungkin. Biarlah bolak-balik ke kamar mandi buat BAK, yang penting tubuhnya tetap terhidrasi dengan baik. 
  • Memanfaatkan madu sebagai pertolongan pertama, karenanya madu selalu tersedia di rumah. Satu sendok makan madu dicampur dengan air hangat, cukup untuk meringankan flu.
  • Memintanya untuk istirahat. Boleh main tapi mainnya di kamar saja. No keluar rumah main panas-panasan. 
  • Pijat ringan dan usap-usap. Saya ibu yang percaya pada the power of touch. Anak-anak saya senang banget kalau kepala dan punggung diusap-usap. Apalagi sambil tiduran di kaki bundanya. 
Dengan penanganan yang tepat, anak yang sedang sakit biasanya akan lekas membaik. Yang penting, kita selalu ada di samping anak agar mereka lebih nyaman. Dengan begitu, proses penyembuhannya Insya Allah jadi lebih cepat.

Menurut data, penyakit yang sering banget diderita anak-anak itu antara lain :

  • Demam biasa
  • Demam karena infeksi
  • Influenza
  • Sakit perut 
  • Sakit gigi
  • Trauma fisik
Jika satu diantara penyakit itu tiba-tiba diderita anak, tetap tenang ya bu. Maksudnya sih bukan menganggap sepele. Tapi tetang tenang agar anak pun jadinya ngga rewel. Karena, kekhawatiran berlebih kita itu bisa banget dirasakan oleh anak. 


Mengenal Influenza Dan Tanda-Tanda Influenza 


Salah satu penyakit yang sering diderita anak itu flu. Tidak cuma anak-anak saja sih yang mudah kena flu. Orang dewasa pun pasti pernah kena flu. Influenza adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penyakit influenza sering dianggap ringan, tapi nyatanya berisiko tinggi bagi anak-anak.

7.000 - 26.000 anak dibawah 5 tahun telah dirawat setiap tahunnya karena influenza (Centers for Disease Control and Prevention)


Pekan lalu, saya diundang sama The Urban Mama dan ngobrolin soal vaksin flu. Karena temanya menarik banget, saya pun excited banget buat ikutan. Ada dr. Attila Dewanti Sp.A(K) yang menjadi narasumber. Di situlah dijembreng ((dijembreng)) tentang vaksin flu.

Sebenernya saya sendiri sudah pernah dengar soal vaksin flu. Namun, saya masih bertanya-tanya seberapa penting sih vaksin ini diberikan, terutama buat anak.

FYI, flu itu menular. Jadi kalau ada anak yang flu main dengan teman-temannya yang sehat, kemungkinan besar ada temannya yang tertular flu. Penyakit pernapasan ini menyebar lewat bersin, batuk, dan kontak dengan barang-barang yang sudah tersentuh dan terkontaminasi virus flu.



Buibu, coba deh perhatikan gejala influenza pada anak berikut ini deh :

  • Bersin-bersin
  • Pilek dan hidung tersumbat
  • Sakit kepala 
  • Merasa kelelahan
  • Batuk dan sakit tenggorokan 
  • Demam 39,4'C - 40,5'C

Kalau anak menunjukan gejala flu, bisa konsultasi ke dokter. Namun, kalau masih dirasa belum perlu ke dokter, minta anak untuk istirahat saja. Berikan cairan agar dia tetap terhidrasi. Lalu, bisa gunakan obat yang aman.

Lalu, gimana cara melindungi anak dari virus flu?

  • Biasakan cuci tangan, terutama sebelum makan, dengan sabun dan air. Atau, bisa gunakan antiseptik yang mengandung alkohol untuk mematikan bakteri. 
  • Jauhi kontak langsung dengan penderita flu 
  • Memberikan vaksin flu tahunan yang bisa diberikan pada anak mulai usia 6 bulan. 

Cegah Flu Dengan Vaksin Flu 


Menurut dr. Attila, cara yang efektif untuk mencegah virus flu adalah dengan vaksin flu. Vaksin ini sudah bisa didapatkan di rumah sakit-rumah sakit. Vaksin flu sudah dinyatakan aman karena dibuat dengan prosedur dan keamanan yang ketat. 

Vaksin flu mengandung strain yang lebih lengkap, sehingga bisa memberikan proteksi yang maksimal. 

Manfaatnya? off course bisa melindungi keluarga dan orang lain dari penularan virus flu. Serta, mengurangi risiko terkena flu dan komplikasinya. Ingat, flu adalah penyakit yang paling mudah menular. Kadang kita suka menanggap flu itu penyakit ringan. Padahal, kalau tidak diobati, malah bisa menimbulkan komplikasi hingga menyebabkan kematian. 

Mau tahu lebih banyak soal vaksin flu ? ikutin deh akun instagramnya @kenapaharusvaksin karena banyak sekali informasi soal virus flu dan vaksin flu. 

Sehat Itu Lebih Baik 


Semua pasti maunya kan selalu hidup sehat. Dan semua ibu pasti ingin semua anggota keluarga sehat. Kalau ada satu saja yang sakit, ibu itu bisa kepikiran banget. Makanya, ibu itu biasanya akan terus berupaya buat memberikan yang terbaik. Menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi, memberikan vitamin atau suplemen tambahan, sampai memastikan kalau rumah bersih bebas bakteri. 

Anak Sehat, Impian Semua Ibu 

Sehat itu rezeki yang kadang lupa disyukuri. Baru sadar kalau sehat itu mahal ketika jatuh sakit. Padahal mencegah itu kan lebih mudah daripada mengobati. Yuk lah hidup sehat. Buat para ibu, tetap semangat menjaga keluarga ya. Jika lelah, segera istirahat dulu supaya ibu tidak sakit. 




#KenapaHarusVaksin
#4BetterProtection 
#LawanFluDiSekolah
#TUMBloggersMeetUp



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...