badge

Rabu, 22 Juli 2020

Tak Bisa Qurban Tahun Ini? Ikut Sedekah Daging Aja, Yuk


Setiap masuk bulan Djulhijah, tawaran dan ajakan berqurban pasti jadi banyak banget. Yang memiliki kemampuan untuk berqurban tiap tahun, pasti ngga akan melewati kesepatan untuk bisa berqurban. Buat beli kambing, domba, atau bahkan sapi, dananya ada. Bahagia banget kalau bisa qurban tiap tahun. Apalagi kalau sampai bisa qurban sekeluarga. Siapa sih yang ngga mau berqurban, ibadah yang spesial hanya untuk Allah. 




Sebenernya, kalau mau memaksakan diri untuk nabung demi bisa qurban, pasti bisa aja. Allah yang menjamin rezekinya. Tapi biasanya, kita akan mendahulukan yang lebih prioritas kaya uang sekolah anak-anak dan kebutuhan sehari-hari. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang. Rasanya kok sedih banget. Banyak kepala keluarga yang di PHK, kehilangan pekerjaan, dan bingung bagaimana mencukupi kebutuhan sehari-hari. 

Walau ngga sampai diberhentikan dari tempat kerja, suami sempat ngga bisa masuk kerja sampai hampir dua minggu. Alhamdulillah masih diberi rezeki. Tapi sempat bikin hati was-was. Ngga kebayang kalau sampai suami diberhentikan dari tempat kerjanya. Allah Maha Baik. 

Kembali ke soal qurban nih. Saya, sama seperti yang lain, yang maunya bisa qurban tiap tahun. Apalagi kalau bisa qurban sama orangtua dan keluarga. Tapi apa daya, budgetnya sedang tidak memungkinkan buat membeli hewan qurban. Lihat hewan qurban yang dijual di dekat rumah, jadi sedih bawaannya. Kalau saja, sejak Djulhijah tahun lalu saya mulai nabung, pasti tahun ini bisa beli hewan qurban. 

Sedekah Daging Bareng Dompet Dhuafa 


Minggu lalu, teman sesama blogger memberikan informasi kalau ada Sedekah Daging yang digagas sama Dompet Dhuafa. Awalnya ngga ngerti maksudnya Sedekah Daging itu kaya gimana. Setelah dijelain, oh ya ternyata membantu banget bagi mau berqurban tapi budgetnya belum cukup untuk beli hewan qurban. 

Sedekah Daging yang diadakan oleh Dompet Dhuafa ini target distribusinya adalah daerah pelosok, dimana warganya jarang sekali atau tidak pernah merasakan daging qurban. Jadi, lebih tepat sasaran dalam pendistribusian daging. Dengan begitu, kita seakan memberikan senyum dan kesempatan bagi masyarakat pelosok untuk bisa makan daging. 

Nominal donasi untuk Sedekah Daging ini mulai dari 100.000 dan akan dikonversikan menjadi hewan qurban jika nilai donasi sudah mencukupi. Jadi seperti patungan beli hewan qurban gitu ya. Pas tahu info soal Sedekah Daging ini, jadi semangat mau ikutan. Karena tahun ini belum bisa beli hewan qurban sendiri, setidaknya bisa ikutan sedekah daging qurban. 

Untuk informasi lebih lengkap tentang Sedekah Daging dari Dompet Dhuafa, sila kunjungi websitenya.


Qurban Sebagai Bukti Cinta 


Perintah dan anjuran untuk berqurban telah termuat dalam Al-Quran dan Hadits. 

"Tidaklah seorang manusia melakukan suatu amal pada hari Nahar (10 Djulhijah) yang lebih dicintai Allah SWT daripada menumpahkan darah (menyembelih qurban). Sesungguhnya hewan qurban itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Sesungguhnya Allah SWT telah menerima niat berqurban itu sebelum darahnya jatuh ke tanah. maka bersihkanlah jiwamu dan beribadah qurban". 
(HR. Al Hakim, Ibnu Majah, dan At Tirmdzi)

"Maka laksankanlah shalat karna Tuhanmu, dan berqurbanlah (sebagai ibadah mendekatkan diri kepada Allah)"
(QS. Al Kautsar : 2)

Dari ayat dan hadits di atas, keutamaan berqurban itu memang sangat luar biasa. Kaya pembuktian cinta pada Allah. Karena ngga semua ummat islam mampu berqurban, maknanya jika ada yang berqurban dengan niat hanya untuk Allah, Allah akan mengganjar dengan ganjaran yang setimpal. 

Semoga yang belum berkesempatan melakukan qurban tahun ini, dimampukan oleh Allah untuk bisa berqurban tahun depan. Tahun ini, bisa diganti dengan Sedekah Daging bersama Dompet Dhuafa dulu. Insya Allah, sama-sama akan mendapat perhitungan dari Allah.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...