badge

Kamis, 11 Oktober 2018

Saatnya Kita Punya Transportasi Yang Ramah Disabilitas


Kita tahu ya kalau transportasi itu satu hal yang penting bagi sebuah negara. Makin bagus sistem transportasinya, nilai sebuah negara juga jadi makin bagus. Moda transportasi yang ada punya tujuan mempermudah pergerakan kita. Apalagi kalau yang ngga punya kendaraan sendiri. 


Tapi ya, harusnya kemudahan akses transportasi itu bisa dinikmati siapa saja. Berlaku secara umum, baik mereka yang normal dan para difabel atau penyandang diasbilitas.  Karena aktivitas bukan hanya milik orang normal saja ya kan? Difabel juga butuh transportasi. Tentu transportasi yang bisa ramah bagi mereka. Kita tahu kan, kalau difabel adalah kondisi dimana mereka tidak sama dengan manusia normal. Keadaan dimana mereka butuh bantuan kita. Termasuk buat urusan transportasi. Mereka itu butuh banget transportasi yang punya akses bagi kondisi istimewa mereka. 

Jumat, 05 Oktober 2018

Mual Saat Minum Susu? Minum Susu Dengan Protein A2, Deh


Flashback ketika kecil dulu. Tiap pagi sebelum berangkat sekolah, mamah selalu siapin sarapan buat anak-anaknya. Sejak sebelum subuh, mamah sudah bangun buat bikin sarapan. Kalau lagi ngga sempat, biasanya mamah beli sarapan kaya nasi uduk, lontong sayur, atau bubur ayam. Pokoknya, pantang berangkat sekolah tanpa sarapan. 


Selain makanan yang disiapkan mamah buat sarapan, mamah juga siapin susu buat kami semua. Mamah sempat loh langganan susu sapi asli yang diantar ke rumah tiap sore. Saya masih ingat banget deh rasa susunya yang gurih dan ngga bikin eneg. Susunya paling enak kalau diminum pas hangat. Kalau udah dinging, akan ada layer lemak di atas susunya. Tapi saat ngga ada susu, mamah siapin teh manis hangat buat semuanya. 

Sekarang, pas sudah punya anak sendiri, saya ikutin apa yang mamah lakukan ketika saya kecil dulu. Siapin sarapan setiap hari buat anak dan suami. Apalagi ketiga anak saya sudah sekolah semua, jadi sarapan itu memang penting banget. Kasihan kalau sampai mereka berangkat sekolah tapi ngga makan apapun. Khawatir di sekolah jadi lemes dan ngga fokus belajarnya. 

Rabu, 03 Oktober 2018

Ibu Hamil Ngga Boleh Dehidrasi


Jangankan ibu hamil, yang ngga hamil aja ngga boleh dehidrasi. Kenapa? karena akan banyak efek yang bisa terjadi jika tubuh kekurangan cairan. FYI, kalau 70% tubuh kita ini didominasi sama cairan. Jadi, akan sangat wajar sekali kalau kita ngga bisa hidup tanpa minum. Mungkin kita bisa bertahan berhari-hari ngga makan, tapi kalau ngga minum, bisa dipastikan kita ngga bakal kuat. Semaput deh yang ada kalau seharian ngga masuk cairan. 

waspada-dehidrasi-pada-ibu-hamil


Dehidrasi itu kondisi dimana tubuh kita sangat kekurangan cairan. Gejala Dehidrasi biasanya ditandai dengan haus yang berlebihan, mulut dan kulit kering, pusing, serta urine yang berwarna pekat. Kalau kondisi dehidrasi ini dibiarkan, bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Efek terburuknya, bisa menimbulkan kematian. Ngeri banget dong ya. 

Kamis, 27 September 2018

Yang Harus Diketahui Tentang Pengaruh Lingkungan Pada Tumbuh Kembang Anak


Sebagai orangtua, kita pasti maunya kasih yang terbaik buat anak. Kita bakal melakukan apa aja yang penting anak bisa bahagia. Kayanya tuh kalau lihat anak senang, serasa dapat hadiah yang gede banget. Rasanya ngga bisa diungkapkan dengan kata-kata deh. 


Selain memberikan makanan yang bergizi buat menunjang tumbuh kembangnya, pendidikan yang baik buat masa depannya, kita juga pasti berupaya memberikan tempat tinggal yang terbaik buat anak-anak. Tempat tinggal yang nyaman dimana mereka bisa berkembang dengan baik. Karena, tahu ngga sih kalau tempat tinggal berikut lingkungannya sangat memengaruhi tumbuh kembang anak?

Saya sangat percaya lingkungan itu punya peran yang sangat penting dalam memengaruhi pertumbuhan anak-anak. Selain pola asuh yang kita terapkan di rumah, pola asuh lingkungan juga punya bagian dalam tumbuh kembang anak. Ngga kehitung berapa banyak anak yang menjadi baik dan sebaliknya, karena terpengaruh sama lingkungannya. 

Selasa, 25 September 2018

Tentang Filariasis Dan Pencegahannya


Pernah lihat ngga ada orang yang kakinya besar sebelah, mirip kaki gajah? Kalau ngga lihat di lingkungan sendiri, mungkin pernah lihat di televisi gitu. Nah, itu yang dinamankan Filariasis. Masyarakat kita lebih kenalnya dengan penyakit 'Kaki Gajah'.



Karena memang, si penderitanya ini punya kaki dan tubuh bagian bawahnya lebih besar dari ukuran normal. 

Tahu ngga, kalau bulan Oktober ini adalah Bulan Eliminasi Kaki Gajah? Jadi, setiap bulan Oktober, masyarakat yang tinggal di daerah endemis di Indonesia, serentak diberikan obat pencegah kaki gajah. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...