badge

Minggu, 03 Januari 2021

Rekomendasi Channel Youtube Keluarga Yang Inspiratif

Hampir satu tahun nih kita bertarung dengan pandemi. Kayanya masih harus memanjangkan sabar. Karena, masih belum keliatan kapan pandemi akan berakhir. Semoga keluarga Indonesia tetap sabar, sehat, dan kuat yaa dalam melewati badai ini. 

Aktivitas yang tadinya biasa dilakukan di luar rumah kaya sekolah, kerja, atau yang lainnya, sekarang harus dikerjakan di rumah. Pusing? Iyaa banget. Eh, itu sih saya deh. Ada 2 anak yang sekolah dan harus melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sejak Indonesia dinyatakan pandemi, sekolah anak-anak sudah mengganti metode belajar dari yang tadinya luring menjadi daring. 

channel youtube keluarga

Senin, 14 Desember 2020

Adaptasi Kebiasaan Baru Bagi Posyandu Sebagai Pemantau Tumbuh Kembang Balita

Di lingkungan rumah saya, tiap hari kamis pekan kedua tiap bulannya, jadi jadwal anak-anak balita datang ke Posyandu. Sejak jam 9 pagi, para ibu sudah datang dengan balitanya. Para balita yang kegirangan karena bertemu para kader Posyandu yang ramah. Mereka ditimbang, diukur tinggi badan, dan diperiksa tumbuh kembangnya. Sebelum pulang, balita-balita lucu 'dihadiahi' makanan sehat seperti bubur kacang hijau, telur rebus, sayur sop, atau puding susu. 

Posyandu di Bekasi



Tapi sejak pandemi, Posyandu tidak diadakan. Patuh pada kebijakan pemerintah setempat, Posyandu pun menghentikan sementara kegiatannya. Tidak tau sampai kapan, karena hingga saat ini, aula yang dijadikan tempat Posyandu belum menunjukan aktivitas

Namun, bukan berarti Posyandu berhenti total. Para kader mendatangi rumah-rumah yang ada balitanya, untuk tetap mendata. Walau harus mengeluarkan tenaga ekstra, para kader tetap semangat. 

Saya pernah menjadi bagian dari kader Posyandu. Jadi tau betul rasanya bagaimana suka dan dukanya. Capek karena harus berurusan dengan ratusan balita, tapi happy kalau lihat grafik pertumbuhan balita tidak di bawah garis merah. Pekerjaan sukarela yang butuh hati seluas samudera. 

Posyandu, Garda Terdepan Untuk Pantau Tumbuh Kembang Balita 


Ketika Indonesia dinyatakan masuk zona Pandemi, banyak aktivitas yang dihentikan. Terutama aktivitas yang mengundang banyak orang atau kerumunan. Sekolah dna kantor pun terpaksa harus ditutup sementara. 

Tidak terkecuali dengan Posyandu. Kegiatan masyarakat ini pun tidak luput dari kebijakan pemerintah. Apalagi kan Posyandu ini jadi tempat berkumpulnya para balita, yang rentan sekali terjangkit virus. 

Akhirnya, banyak Posyandu yang menutup aktivitas mereka atau tidak mengadakan hari buka Posyandu. Hanya ada sekitar 19.2% Posyandu yang tetap melakukan hari buka Posyandu. Ada sekitar 45.9% tidak melakukan aktivitas Posyandu sama sekali, dan 34.4% Posyandu tetap melakukan kegiatan namun sasaran atau balita yang datang berkurang drastis. Sehingga kegiatannya pun jadi tidak optimal. 

Padahal peran Posyandu itu sangat penting sekali di lingkungan masyarakat. Jangan sampai angka anak yang menderita gizi buruk bertambah karena tidak ada yang aware lagi. 

Edukasi Posyandu



Karena pentingnya peran Posyandu, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Kesehatan RI, mengadakan kunjungan ke Posyandu Anggrek 2 Perumahan Tytyan Kencana, Bekasi Utara. 

Dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO selaku Direktur PromKes KemenKes RI menyampaikan bahwa peran serta masyarakat dan kader Posyandu itu sangatlah penting, terutama pada kondisi pandemi seperti sekarang ini. Kader tidak boleh diam, tapi harus tetap bergerak agar nantinya, jika pandemi usai, angka stunting atau anak dengan gizi buruk tidak melonjak. 

Peran kader sebagai penggerak, penyuluh, dan pencatat bisa tetap dilakukan dengan tetap melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru. Kegiatan Posyandu bisa terus dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan begitu, kader juga bisa memberikan edukasi pada masyarakat. 

Dengan ketat memakai masker dimanapun berada, mencuci tangan sebelum dan sesudah memgang sesuatu, serta menjaga jarak, Insya Allah kita bisa mengurangi penyebaran Covid19.  

Penyuluhan Posyandu



Selain memberikan edukasi, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Kesehatan RI juga memberikan donasi perlengkapan kesehatan seperti masker, sabun cuci tangan, dan face shield. 

Diharapkan, dengan pemberian donasi tersebut, akan makin banyak masyarakat yang peduli akan pentingnya menjaga kesehatan. Terutama di era pandemi saat ini. 

Harus diingat ya, Pandemi still exsist. Masih berlangsung dan entah kapan akan berakhir. Jadi, yuk sama-sama jaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. Kalau semua masyarakat bergerak aktif dan bisa bekerjasama dalam mencegah penyebaran virus, bukan tidak mungkin Pandemi ini akan segera berakhir. 



Rabu, 25 November 2020

[Review] Pengalaman Treatment di Nouria Skin Beauty Solution Summarecon Bekasi

Walau terlahir sebagai perempuan, tapi bisa dibilang, saya itu ngga perempuan banget. Mungkin karena kakak saya itu cowok, jadi pas kecil tuh seringanya diajak main ala cowok. Saya suka banget manjat pohon, even pernah disengat lebah pun, ngga pernah kapok. Trus, suka ngejar layangan putus juga. Duh, kalau inget jaman kecil dulu, suka ketawa sendiri aja.  

Treatment di Nouria Skin Beauty Solution


Pas sudah menikah dan punya 4 anak, mulai dikit-dikit 'kenalan' sama yang berbau perempuan. Kaya pakai skincare, walau masih belum rutin. Ke salon, walau bisa kehitung jari lah. Tapi kalau pas ada kesempatan dan off course 'uang lebih', saya happy sih kalau bisa treatment di salon. Berasa reward aja buat diri sendiri. 

Senin, 23 November 2020

[Review] Scarlett Body Care : Bisa Spa di Rumah Aja

Kalau dihitung, sudah 8 bulan loh kita hidup di tengah pandemi. Kuat juga, ya. Alhamdulillah, masih dikasih sehat dan kuat melewati kondisi yang serba ngga pasti. Walau banyak juga yang mati-matian berjuang demi bisa tetap hidup. Apapun itu, yuk kita bersyukur. Pada diri sendiri yang sudah berjuang sejauh ini.



Buat saya pribadi, pandemi ini banyak kasih pelajaran. Ibarat sekolah, kita lagi banyak mengerjakan soal-soal ulangan. Saking banyaknya ulangan, eh kita lupa kalau diri kita butuh apresiasi. Biar ngga terlalu capek aja gitu. 

Kalau saya, reward atas kerja keras saya menjaga keluarga, bisa melakukan apa yang saya suka sendirian. Pergi sebentar keluar rumah buat sekadar makan, nonton film, belanja bulanan, atau spa dan luluran di rumah. Semuanya bisa bikin mood jadi baik lagi. Jadi, kalau lagi 'sumbu pendek', saya bakal melakukan salah satu hal di atas. 

Rabu, 07 Oktober 2020

5 Film Korea Terbaik Untuk Menemani Kamu Kerja Dari Rumah

6 bulan berlalu dan pandemi belum berlalu. Kalau dipikir-pikir, kuat juga ya kita melalui masa dimana semuanya serba ngga pasti. Bagi yang saat ini masih dianugerahi kesehatan, jangan pernah lupa buat bersyukur setiap hari ya.  Jangan kebanyakan rebahan, biar ngga numpuk penyakit. Karena di kondisi saat ini, kita harus banget jaga imunitas. Biar corona juga enggan mampir. 

Film Korea Terbaik


Buat yang sudah mulai masuk kerja, tetap patuhi protokol kesehatan ya. Selain makan, jangan sampai lepas masker. Buat yang kerjanya masih dari rumah, tetap jaga kesehatan juga. Jangan mentang-mentang kerjanya dari rumah, tapi malah abai sama kesehatan. Karena yang namanya penyakit datangnya ngga terduga. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...