badge

Rabu, 28 Januari 2015

Cara Hijaber Merawat Rambut Agar Terasa Bagai Lahir Kembali


Sudah alamiyahnya jika seorang perempuan itu ingin selalu tampil cantik. Tapi, cantiknya bukan cuma diluar aja. Cantik dari dalam itu yang paling penting. Ngomong-ngomong soal cantik, salah satu  yang membuat perempuan merasa dirinya cantik adalah rambut. Katanya, sih... rambut itu mahkota perempuan. Itu artinya, rambut harus dijaga dengan sebaik-baiknya. 


(dokpri)

Rambut merupakan bagian teratas dari tubuh kita yang memiliki fungsi melindungi kulit kepala. Bayangkan deh,  kalo kita ga punya rambut, horor banget kan. Pasti, terik matahari yang panasnya ga pake diskon itu akan langsung membakar kulit kepala kita. Hiiiii.... serem.. serem gimana gitu. Kasian ya.. rambut dan kulit kepala kita. Jadi, bersyukurlah para perempuan yang memiliki rambut lebat dan indah. Tak terkecuali juga para hijaber.



Wajah Saat Bad Hair Day (dokpri)

Sebagai seorang perempuan berhijab, awalnya saya ga terlalu aware sama rambut. Saya pikir, toh.. rambut saya tertutup jilbab, jadi ga perlu perawatan segala. Cukup shampo dan selesai. Saya hampir tidak pernah melakukan perawatan rambut seperti hair mask atau creambath. Saya merasa itu pekerjaan yang ribet, lama dan buang waktu. Hohoho.. betapa ga girly nya saya.  

Dan.... lama-lama, saya ngerasa rambut saya ko jadi rapuh. Kalo habis keramas, helaian rambut yang ketinggalan di sisir makin lama makin banyak aja. Hikss... sedih liat rambut rontok. Walaupun menurut para ahli, 100 helai rambut yang rontok itu masih dikategorikan sebagai hal yang wajar, saya tetap sedih liat mereka harus pisah dari teman-temannya hiks..hiks.

Sebagai seorang perempuan berjilbab, perawatan rambut memang bisa dibilang bukan hal yang prioritas. Karena, rambut pun sudah terlindungi oleh selembar kain penutup kepala itu. Jadi, sedikit lebih aman dari rambut bercabang dan kusam karena paparan sinar matahari. Tapi, bagaimanapun juga, rambut tetap mahluk hidup yang butuh dirawat. Sekedar shampo-an aja ternyata ga cukup. Perlu treatment tambahan juga. Apalagi, biasanya perpempuan berjilbab yang memiliki rambut panjang, sebelum pakai jilabb, mereka akan mengikat rambutnya bahkan sampe diuwel-uwel jadi konde *kasiannya...tuh rambut*.

Masalah Rambut Hijaber

Karena para perempuan berhijab itu selalu menutup kepalanya dengan jilbab, kadang banyak masalah yang terjadi pada rambut. Masalah itu seperti;

  • Ketombe yang walau kecil unyu-unyu tapi bikin gatal ga karuan. Kadang kulit kepala ikut luka terkena kuku yang heboh garuk-garuk. Ketombe --yang punya nama ilmiah Pityriasis Capitis-- adalah suatu proses pengelupasan kulit mati yang berlebihan di kulit kepala. Ketombe merupakan salah satu gejala adanya infeksi jamur di kulit kepala. Makanya, efek yang ditimbulkan adalah gatal. Kalau udah gatal, kan, enakknya digaruk. Tapi, ternyata menggaruk kulit kepala secara berlebihan akan menyebabkan kerusakan dan berujung pada infeksi. Duh... tambah serem aja, kan.
  • Rambut Rontok juga merupakan masalah bagi hijaber, dan cukup mengganggu. Penyebab rontoknya rambut ini adalah kurangnya nutrisi dan vitamin yang cukup pada akar rambut. Efekknya, rambut mudah rapuh dan terjadilah kerontokan. Nah.. ini yang saya alami pada rambut saya. Mudah sekali rontok. Dan, ternyata penyebabnya adalah rambut saya kurang gizi :-). 

Akhirnya saya sadar *hiks...hiks..* si rambut butuh dimanja juga. Dan, mulailah saya mencari-cari sesuatu yang bisa saya gunakan untuk memanjakan si rambut. Saat belanja bulanan di supermarket, saya coba hunting.  Apa yaa... yang kira-kira ga peke ribet cara pakainya? Maklum, saya ini super duper simple. Ga suka yang sesuatu yang lamaa. *efek dulu jadi paskibra, semuanya harus cepet* Akhirnya pilihan saya jatuh pada Vitamin Rambut. Saya ngerasa, inilah yang paling simple bagi saya yang simple. Apalagi saya berhijab, makanya saya pilih yang ga terlalu lama pakainya. Karena, kadang-kadang saya harus segera beraktivitas padahal baru saja keramas, Jadi, rambutnya juga harus segera ditutupin.

Pilihan Pertama Saat Memutuskan Untuk Pakai Vitamin Rambut (dua butir sudah dipakai, jadi udah ga lengkap. dokpri)

Plihan saya jatuh pada Ellips Hair Vitamin-Hair Treatment. Walau sebenernya rambut saya ga rusak-rusak amat, saya pilih varian ini karena ada kandungan Jojoba Oil. Vitamin Perawatan Rambut ini diperkaya dengan Moroccan Oil. Berharap rambut saya bisa lebih ternutrisi dengan baik. Dan ternyata, rambut saya jadi lembuuut bangget. Tiap helainya jadi mudah diatur. Ga mengembang juga. Walau ga mirp sama Julie Estele-Brand Ambasaddor nya Ellips- saya berasa tambah cantik, hohoho. Setidaknya itu kata suami saya, loh ya. Rambut pun jadi wangii. Pokoknya, rambut saya bener-bener kaya rambut bayi yang halus dan sehat. Istilahnya, bagai terlahir kembali.

Varian Ellips Hair Vitamin (ellipshaircare.com)

Ellips juga yang membuat saya urung untuk potong rambut. Awalnya saya ribet banget kalo punya rambut melewati bahu karena otomatis, si rambut harus dikuncir, diikat, dikonde dan segala macem supaya ga berantakan saat pakai jilbab. Saat menggunakan Ellips, saya jadi ngerasa sayaaaang banget kalo harus potong rambut. Secara mereka--si rambut--jadi lebih bersahabat.

Kenapa Ellips?

Ellips merupakan vitamin rambut yang memiliki nutrisi untuk perawatan rambut sehat. Mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, C, E dan Pro Vitamin B5. Nutrisi-nutrisi inilah yang membuat Ellips berbeda dengan vitamin rambut lainnya. Ellips juga memiliki beberapa varian yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rambut. Mau rambut normal, kering, rontok,  atau rusak semuanya ada. Jadi, tinggal pilih yang paling cocok sama kondisi rambut kita, ya.

Ellips Dengan Pro Keratin Complex

Kini, Ellips punya varian baru yang diperkaya dengan Pro Keratin Complex. Sebelum lanjut, kita cari tau dulu yuuk apa itu keratin. Keratin adalah salah satu keluarga protein skleroprotein yang merupakan materi dasar penyusunan kulit manusia. Termasuk dalam penyusunan rambut dan kuku. Keratin rambut akan berkurang seiiring bertambahnya usia. Hayoo... yang usianya udah banyak, jangan heran ya kalau rambut semakin rapuh *hohoh... jangan marah*. Keratin rambut juga bisa rusak jika kita gemar melakukan proses styling menggunakan bahan kimia seperti keriting rambut, rebonding, coloring dan lain-lain. Dampaknya, rambut jadi kering, kusam dan sulit diatur.

Kini, banyak salon yang menawarkan perawatan keratin rambut. Dan, perawatan ini harus dilakukan oleh penata rambut profesional. Bisa diperkirakan dong, berapa biaya yang harus dikeluarkan jika kita melakukan perawatan keratin rambut di salon. Pastinya mahal, dong. Nah... Ellips dengan Pro Keratin Complex hadir untuk membatu kita dalam merawat rambut tanpa harus ke salon. Pastinya lebih hemat dan ga bikin kantong bolong.

Ellips Hair Vitamin dengan Pro Keratin Complex (ellipshaircare.com)

Ada 3 varian Ellips Pro Keratin Complex yang bisa dipilih, diantaranya;

Hair Repair. Varian ini khusus untuk merawat rambut rusak akibat proses kimiawi. Jadi, buat yang sering melakukan hair styling, varian ini sangat cocok. Mengandung Jojoba Oil yang memberikan nutrisi agar rambut tidak rapuh. Rambut akan lebih sehat bercahaya dan mudah diatur.
Silky Black. Mengandung Kemiri dan Aloe Vera yang berkhasiat menjaga dan merawat kilau hitam rambut. Sebagai pelindung saat rambut harus berada di terik matahari. Dan, membuat kilau hitam rambut semakin bercahaya.
Smooth & Silky. Varian ini membuat rambut terasa lebih halus dan lembut karena kandungan Aloe Vera. Memberikan nutrisi yang baik bagi rambut agar terjaga kelembapannya.


Untuk Ellips Pro Keratin, saya pilih yang Smooth & Silky. Karena, varian ini yang cocok dengan rambut saya. 


Ellips Pro Keratin Complex Smooth & Silky (dokpri)

Buat yang masih bingung bagaimana cara pakai Ellips Hair Vitamin, nih... saya kasih tahu. Supaya ga salah ya...
(dokpri)



Ingat, ya... segera buang cangkang vitamin rambut yang sudah kosong biar ga dimainin sama anak-anak. Pengalaman saya dirumah, anak-anak selalu penasaran dengan bentuknya. Mereka berpikir Ellips adalah "permen" yang enak. Bisa berabe urusan kalo sampai mereka mengganggap Ellips adalah  permen beneran.

Cara pakainya mudah dan cepat, kan. Makanya, saya masih berpikir dua kali kalo mau melakukan perawatan rambut di salon. Karena, pasti makan waktu dan biaya. Saya merasa Ellips sudah cukup memberikan nutrisi pada rambut saya yang selalu tertutup.

Video kenapa kita harus pakai ellips, let's check it out


Nah.. sekarang bagaimana merawat rambut bagi para hijaber? berikut saya berikan tipsnya agar rambut perempuan berjilbab tetap sehat dan tidak mudah rapuh.

  • Pilih jilbab berbahan katun atau kaos. Karena, bahan jilbab itu memiliki pori-pori yang berfungsi sebagai sirkulasi udara. Hindari juga untuk memakai jilbab dengan model yang rumit, karena membuat rambut akan mudah berkeringat. Keringat ini yang jadi pencetus hadirnya ketombe di rambut kita. 
  • Hindari memakai jilbab dalam kondisi rambut yang masih basah. Karena ini akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Dan... lagi-lagi bisa menimbulkan ketombe.
  • Gunakan sisir yang bergigi jarang untuk menghindari kerontokan rambut. 
  • Jika rambut kita panjang, gelung atau ikat rambut dengan ikatan yang tidak terlalu kencang. Kenapa? karena mengikat rambut terlalu kencang dapat menimbulkan sakit kepala. 
  • Jaga kebersihan kulit kepala dengan keramas minimal 2 sampai 3 kali seminggu. Ingat ya, selalu pilih shampo yang sesuai dengan jenis rambut.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6, B12 dan C. Gunakan juga vitamin rambut untuk memberikan nutrisi tambahan. Ellips Hair Vitamin dengan Pro Keratin Complex akan membantu menjaga, menutrisi, dan menjadikan rambut lebih sehat, kuat dan bercahaya.
Berjilbab, Rambut Harus Tetap Sehat (dokpri)
Jadi, hijaber juga perlu merawat rambut. Jika ga suka ke salon *kaya saya*, Ellips sudah sangat membantu agar rambut para hijaber tetap sehat dan tidak mudah rapuh. Mudah, murah dan cepat. Rambut pun terasa bagai lahir kembali.



[Risalah Husna]



Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Contest Ellips



Referensi

http://www.ellipshaircare.com/news/read/398-Ellips-Vitamin-Rambut-dengan-Pro-Keratin-Complex
http://www.pesona.co.id/gaya.cantik/cantik/7.tip.perawatan.rambut.berjilbab/005/002/71
http://id.wikipedia.org/wiki/Keratin
http://www.teruskan.com/11173/merawat-rambut-dengan-keratin.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Ketombe
http://penyebabrambutrontok.com/

16 komentar:

  1. Aku juga pakai ellips pro keratin complex yg hair repair mak. Rasanya memang nyaman dan lembut bgt di rambut:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. whuaa.... ada mak arifah mampir *tutup muka*. Ini pengalaman pertamaku pake vitamin rambut, dan emang berasa bedanya. Makasih udah mau mampir ya makk :-D

      Hapus
  2. aku pakai ellips yang item, mak :)

    Udah lama ngga pake, akhirnya balik lagi pake ellips hehehe ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana rasanya mak? Pasti rambut jadi wangiiii dan jatuhnya lembuut banget ya.
      Makasih udah mampir ya mak.

      Hapus
  3. wahhh ternyata masalah kita hampir sama yahhh. tapi sekarang rambut bagai terlahir kembali seperti rambutku juga Kecantikan Rambut Di Balik Hijab, My World Hair http://www.novawijaya.com/2015/01/kecantikan-rambut-di-balik-hijab-my.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ya makk :-) Makasih sudah mampir. Saya juga sudah mampir di rumahmu, mak.

      Hapus
  4. aku juga pakai mbak,yang hitam dan kuning,rambut jadi lembut dan wangi...
    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak Zwan (semoga ga salah panggil, ekekek). Makasih sudah mampir ya mbak.

      Hapus
  5. Wah ternyata banyak yg cocok pake Ellips ya..aku juga ngerasain rontok mulai berkurang :)
    Salam kenal mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... semoga bayak para hijaber yang terbantu dengan pake Ellips. Secara rambut para hijaber kan rentan kena rontok. Makasih udah mampir ya mak :-)

      Hapus
  6. Ellips itu wangi dan melembutkan, makanya rambut seolah terlahir kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... ada mak ketje mampir. Salam buat Michi ya makk, aku jadi gemess sama dia :-)

      Hapus
  7. Kalau saya pakai yang hitam Mak, biar hitam berkilau :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga rambutnya tambah berkilau dan kinclong ya makk :-) Makasih ya.. udah mampir

      Hapus
  8. Aku juga pernah punya bad hair day, rasanya nggak nyaman banget ... Tapi sekarang berkat Ellips rambutku jadi sehat kembali seperti pengalamnku di http://queenmeiri.blogspot.com/2015/01/rambut-bagai-terlahir-kembali.html, jangan lupa mampir ya :)

    BalasHapus
  9. bad hair day emang ga enak banget ya... seneng ya, punya rambut sehat apalagi buat perempuan berjilbab. Makasih udah mampir ya :-)

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...