badge

Rabu, 24 Juni 2015

7 Tips Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

(Photo by Adhy)

Membaca merupakan suatu aktivitas yang sangat bermanfaat. Segala informasi bisa didapatkan dengan membaca. Istilah membaca adalah jembatan ilmu sangat benar adanya. Karena dengan membaca, ilmu asing sekalipun bisa diketahui.

Merutinkan diri untuk membaca memang butuh kebiasaan. Tidak hanya bagi orang dewasa, bagi anak-anak pun, minat baca perlu ditumbuhkan agar nantinya bisa menjadi kebiasaan. Bagaimana menumbuhkan minat baca pada anak, berikut 7 tips menumbuhkan minat baca pada anak:

1. Ajak Ke Toko Buku. 

Ajaklah anak-anak untuk mengunjungi toko buku. Bisa dirutinkan tiap satu bulan sekali. Mengunjungi toko buku bisa dijadikan ajang rekreasi. Jika biasanya rekreasi ke tempat hiburan, rekreasi di toko buku akan menjadi awal ketertarikan anak untuk gemar membaca.

2. Biarkan Anak Memilih

Biarkan mereka mencari sendiri buku yang menarik menurut mereka. Jangan memaksakan satu judul buku untuk dibaca oleh anak. Bebaskan mereka untuk menentukan pilihan. Karena, buku yang menurut mereka menarik akan mengundang minatnya untuk membaca

3. Buku Bergambar

Tawarkan buku dengan gambar-gambar yang menarik. Biasanya anak-anak suka sekali dengan buku bergambar (picbook). Buku dengan gambar warna-warni terlihat sangat menarik bagi mereka daripada buku dengan deretan huruf saja. 

4. Buku Dari Film Favorit

Anak-anak memiliki film favorit. Sebut saja upin ipin, boboiboy, doraemon, dragon ball, thomas and friends dan lain-lain. Buku dari film favorit tentu akan menarik minat anak untuk membaca. Anak akan antusias dengan buku-buku yang berhubungan dengan film yang memang biasa mereka tonton. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan keinginan mereka untuk membaca. Anak juga dilatih untuk tidak sekedar menonton tapi juga membaca. 

5. Tempat membaca yang nyaman. 

Jika memungkinkan, buatlah ruang khusus untuk membaca. Isi ruangan tersebut dengan lemari buku dengan susunan yang menarik. Jika tidak ada ruangan khusus, bisa gunakan ruang tengah atau ruang keluarga. Rutinlah untuk merapikan buku yang terdapat di dalam lemari agar terlihat lebih indah. Suasana yang nyaman akan membuat aktivitas membaca jadi semakin menyenangkan.

6. Kurangi Interaksi Dengan TV atau Games

Bagi anak yang terbiasa menonton televisi atau bermain games, memang butuh perjuangan untuk membuat mereka menyukai buku. Namun, bukan berarti tidak bisa sama sekali. Batasi waktu mereka menonton televisi. Orangtua memiliki peran penting dalam mengurangi kebiasaan mereka menonton televisi atau bermain games. Ganti dengan memberikan buku sebagai teman mengisi waktu. Awalnya mereka mungkin tidak bisa bertahan lama untuk membaca. Namun, jika kegiatan ini dibiasakan, mereka pun akan menikmatinya.


7. Reward

Beri reward atau penghargaan bila anak-anak telah menyelesaikan satu judul buku. Misalnya, sebuah buku baru atau peralatan sekolah baru. Ini akan menjadi pancingan agar anak mau terus membaca. Reward yang diberikan juga bisa berupa pujian atau kata-kata positif. Pujian dan kata-kata positif dapat membangun rasa percaya diri anak untuk membaca. 

Menumbuhkan minat baca pada anak memang butuh perjuangan. Namun, kreativitas orangtua sangat penting agar minat baca anak dapat tumbuh. Membaca memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan kecerdasan anak. Sudah selayaknya orangtua membantu memfasilitasi anak-anak agar minat bacanya dapat tumbuh.






[Risalah Husna]










       

14 komentar:

  1. Pilih buku karya Ali Muakhir kalo ke Toko Buku #ehhhh. Nice tip Sistah

    BalasHapus
  2. yuup... recomended book ^___^

    BalasHapus
  3. Baru nyadar, Mbak Husna emang spesial bikin tips dengan 7 poin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas koko, khusus yg serba 7. Karena saya lahir tgl 7, itu aja sih awalnya. Semoga manfaat ^___^

      Hapus
  4. mengajarkan anak membaca sedini mungkin sangat penting ya mba...
    salam kenal :) sudah saya follow blognya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat penting, karena dengan rutin membaca, anak2 bisa makin cerdas. Salam kenal juga mba santi. Nanti saya folbek ya.

      Hapus
  5. Poin 1-5, ama poin 7 udh OK, tp poin no 6 masih susyyyeh mbak Suci, gimana ya? Secara si Nay beli buku berapa aja sekali lahap, hadeeuuh..bukunya habis, ke TV lagi deh, hehehe...Mungkin mba Suci bisa share di artikel tentang hal ini ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixiixii... nay emang jagoan deh kalo udah baca, kereeen banget. Kalau gitu, mba mila harus nyetok banyak buku dong ya dirumah. Ngga papa nonton tivi asalkan yang ditonton ada manfaatnya. For example, upin ipin ^___^ Insya Allah, kalo bahannya udah ada, saya bikin postingan tentang "cara mengurangi kebiasaan nonton tivi". Soalnya saya juga butuh eksperimen dulu.

      Hapus
  6. Anakku senengnya yang bergambar...makaish infonya mak

    Blognya udah aku follow ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir semua anak-anak pasti suka buku bergambar. Makasih udah di follow, nanti aku folbek ya teh ^__^

      Hapus
  7. Tips penting nih, wajib dieksekusi supaya Sera ngga kebanyakan nonton di hape.. Makasih tipsnya & kita follow2an yuk Bunn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bunda sera... yuuk kita follow2an ^__^

      Hapus
  8. Poin 1-5, ama poin 7 udh OK, tp poin no 6 masih susyyyeh mbak Suci, gimana ya? Secara si Nay beli buku berapa aja sekali lahap, hadeeuuh..bukunya habis, ke TV lagi deh, hehehe...Mungkin mba Suci bisa share di artikel tentang hal ini

    http://cara-judi-sbobet.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Anakku senengnya yang bergambar...makaish infonya mak

    Blognya udah aku follow ya http://cara-judi-sbobet.blogspot.com

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...