badge

Sabtu, 13 Juni 2015

7 Tips Melatih Anak-Anak Berpuasa



Ramdhan tingggal hitungan hari lagi. Menyambutnya dengan penuh suka cita menjadi keharusan bagi tiap muslim. Bagaimana dengan orangtua yang ingin mengajarkan si kecil berpuasa. Biasanya pada usia 5 tahun si kecil sudah bisa diajarkan untuk berpuasa. Ada 7 tips  melatih anak-anak berpuasa yang bisa dilakukan orangtua. 

1. Tujuan Puasa 

Beri penjelasan pada si kecil tentang kemuliaan bulan suci Ramadhan. Tentunya dengan bahasa yang mudah dimengerti sesuai dengan usianya. Biasanya, anak-anak akan bertanya kenapa Allah mewajibkan ummat islam untuk berpuasa. Jelaskanlah bahwa ini adalah kewajiban yang memang Allah perintahkan hanya untuk orang-orang yang beriman.

2. Setengah Hari

Jika tahun ini adalah kali pertama si kecil berpuasa, orangtua bisa menerapkan sistem puasa setengah hari. Biarkan si kecil berbuka pada saat dzuhur kemudian lanjutkan untuk menyempurnakannya hingga maghrib tiba. Cara ini bisa menjadi stimulasi yang efektif agar si kecil tidak kaget ketika mereka harus menahan lapar dan haus.

3. Reward

Di awal berpuasa, kebanyakan si kecil akan mengeluh dan merengek. Beri semangat dan reward yang akan mereka dapatkan jika bisa menuntaskan puasnya. Si kecil pun akan kembali bersemangat. Jika terus saja merengek, mintalah mereka untuk istirahat dan orangtua bisa menemani mereka sampai mereka terlelap.

4. Siapkan Menu Favorit

Siapkan menu sahur dan berbuka yang menarik. Orangtua bisa menanyakan pada si kecil mau dibuatkan apa untuk sahur dan berbuka. Siapkan makanan yang telah mereka pilih. Tentunya makanan yang dipilih harus memenuhi kebutuhan energinya selama berpuasa.

5. Kegiatan Selama Puasa

Ajarkan juga si kecil untuk mengisi ramadhannya dengan mengaji dan shalat tarawih bersama. Beri pejelasan mengapa di bulan Ramadhan harus memperbanyak ibadah kepada Allah. Untuk anak laki-laki, Ayah bisa mengajaknya ke masjid atau mushola. Dan, untuk tadarus atau tilawah Al-Qur'an bisa dilakuakan bersama seluruh anggota keluarga di rumah. 

6. Kejutan Akhir Ramadhan

Siapkan reward untuk si kecil yang berhasil berpuasa di bulan Ramadhan walaupun puasa mereka tidak penuh. Pilihlah reward yang bermanfaat seperti tas sekolah baru, sepatu baru atau baju baru. Komunikasikan kepada si kecil perihal reward yang nantinya bisa mereka dapatkan dan minta ia untuk mengajukan pilihan dengan catatan barang yang nantinya didapatkan haruslah barang-barang yang bermanfaat.

7. Beri Pujian 

Beri mereka pujian dengan kata-kata yang membangkitkan semangat. Pujian akan membuat mereka semakin bangga karena berhasil melewati bulan istimewa Ramadhan dengan ikut serta berpuasa. Jangan pelit juga, ya,  untuk sekedar memeluk dan mencium kening si kecil, ketika ia berhasil melewati puasanya selama satu bulan. 


Dengan melatih si kecil berpuasa, kita telah mengajarkan si kecil mentaati perintah Allah. Kelak usia mereka bertambah dan kewajiban berpuasa sudah ada, mereka tidak berat menjalaninya ataupun mengeluh. Mereka akan terbiasa melaksanakan puasa karena telah terlatih sejak kecil. Jangan membiarkan anak-anak kita melewati Ramadhan tanpa ikut serta berpuasa dengan alasan kasihan karena mereka masih kecil. Yakinlah bahwa si kecil mampu menjalaninya. Dengan dukungan dan semangat dari orangtua, si kecil pasti mampu berpuasa.





[Risalah Husna]




       




12 komentar:

  1. Waah makasih tips nya mak, aku pake buat melatin anak2ku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pake ko mbak... soalnya emang pengalaman pribadi ^__^

      Hapus
  2. Terimakasih tips nya.. jadi bikin anak semangat puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mbak arin, semog anak-anak tetep semangat puasanya ^__^

      Hapus
  3. Praktis dan bisa dilakukan.
    Thx

    BalasHapus
  4. Sip.... tips yang bagus sekali. Thanks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bro' yanto. Btw, ini bisa diterapkan buat calon anak nanti yaaa ^__^

      Hapus
  5. Walaupun aku belum punya anak, aku juga menerapkan hal - hal di atas untuk sepupu - sepupuku. Biar mereka sudah terbiasa dengan puasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, puasa memang harus dilatih dari kecil. Salam untuk sepupu-sepupunya yang mau puasa ya. Semoga pol puasanya.

      Hapus
  6. selamat puasa yah buat semua :)

    BalasHapus
  7. Makasih banget mba artikelnya, sangat bermanfaat :)

    salam kenal ya..
    dari penulis Perkembangan Islam di eropa

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...