badge

Selasa, 14 Juli 2015

7 Makanan Khas Bekasi


Sebenernya saya bukan orang Bekasi. Tapi berhubung saya menikah dengan orang Bekasi tulen jadilah saya tahu apa aja makanan yang khas di Bekasi. Berikut saya tulis 7 makanan khas Bekasi yang famous di Bekasi. 

1. Sayur Gabus Pucung

Bisa dibilang, sayur ini adalah sayur yang paling dicari orang kalo ke Bekasi. Dan, cuma ada di Bekasi. Walaupun ada daerah lain yang buat, rasanya ngga mungkin sama kaya yang orang Bekasi bikin. Sayur ini berisi ikan gabus yang kata orang harganya melebihi harga daging sapi apalagi ayam. Buat yang suka, ikan gabus ini rasanya enak banget. Ikan gabus dimasak sama kluwek, jadi kuah sayur gabus pucung ini tuh item yang berasal dari kluweknya. 

Sayur Gabus Pucung (source:pondokdaharlaukjogja.blogspot.com)

2. Sayur Asem Bekasi

Sayur asem Bekasi beda, loh sama sayur asem pada umumnya. Sayur asem Bekasi ini warnanya kuning dan lebih asem dibanding sayur asem yang lain. Isinya lebih banyak nangka mudanya. Kalo saya makan sayur ini biasanya pake sambel terasi yang merah dan pedes.

Sayur Asem Bekasi (source: ayobekasi.com)

3. Kue Akar Kelapa

Karena Bekasi masih sodaraan sama Betawi, jadi kue yang ada juga mirip sama yang dimiliki Betawi. Ada kue Akar Kelapa atau orang Betawi bilangnya kue procot/clorot >___<  karena bikinnya diprocotin gitu. Nama akar kelapa sendiri diambil dari bentuk kuenya yang  emang mirip akar kelapa. Akar kelapa jadi makanan khas saat Lebaran. Jadi, orang Bekasi pasti pas lebaran punya kue ini. Kayanya ngga afdol kalo kue ini ngga disuguhin ke tamu pas hari raya. Akar kelapa dibuat dari tepung ketan, gula pasir, margarin, telur dan air. Ada yang menambahkan wijen di adonannya jadi rasanya tambah gurih.

Akar Kelapa (source:adonankue.com)

4. Dodol Bekasi

Dodol udah cukup familiar ya di telinga orang Indonesia. Beberapa daerah punya varian dodol yang berbeda. Kalau dodol bekasi beda dengan dodol garut yang famous itu. Kalau dodol betawi rasanya lebih creamy karena memang ada campuran santannya. Dodol Bekasi terbuat dari tepung ketan, gula merah, gula pasir, santan, dan tambahan daun pandan sebagai aroma. Proses pembutananya lama banget. Menggunakan wajan yang super gede dan adukan kayu yang lumayan panjang. Dodol biasanya dimasak di tungku tradisional berbahan bakar kayu.

Dodol Bekasi (source:dodolbekasi.wordpress.com)


5. Kue Dongkal

Nah.... namanya unik ya. Pertama kali lihat wujudnya juga saya ragu buat makan. Eh.. pas udah dicoba ternyata enak. Dongkal ini khas banget bagi orang Bekasi. Kue Dongkal terbuat dari tepung beras yang digiling tidak terlalu halus, kelapa parut, gula merah, gula pasir dan daun pandan. Cara buatnya juga gampang banget. Tepung beras dicampur dengan kelapa parut dan gula pasir. Masukkan kedalam cetakan, lalu tambahkan irisan gula merah dan tambahkan daun pandan di atasnya. Kukus selama 20 menit dan jadi deh. Gampang kan.

Kue Dongkal (source:kaskus.co.id)


6. Kue Jalabia (Kue Cincin)

Kue ini emang punya 2 nama. Ada yang bilang kue jalabia dan ada juga yang bilang kue cincin. Dari namanya aja pasti udah ketauan, bentuknya emang kaya cincin. Rasanya manis dan gurih. Anak saya suka banget sama kue ini. Kue jalabia ini terbuat dari tepung ketan ketan, tepung beras, kelapa, garam, gula merah, gula pasir dan air. Kue Jalabia biasanya disajikan pas ada hajatan atau acara-acara keluarga. Kalo sekarang sih udah banyak yang jual. Jadi, ngga susah ko dapetinnya.

Kue Jalabia atau Kue Cincin


7. Kue Rangi

Pertama kali nyobain kue rangi, langsung ketagihan. Enak. Kuenya unik dan proses pembuatannya juga cepet. Waktu itu saya penasaran gimana sih kue rangi itu. Eh.. pas ada mamang-mamang yang lewat depan rumah jual kue rangi, langsung beli deh, Kue rangi ini salah satu kue yang juga khas banget di Bekasi juga di Betawi. Terbuat dari tepung sagu yang dicampur kelapa parut kasar dan garam. Diaduk jadi satu, terus dimasak pake cetakan kue pancong. Ngga lama ko buatnya, palingan cuma sekitar 2-3 menit udah siap diangkat. Dan, yang bikin tambah enak itu siraman gula merah yang udah dilarutkan sama sagu. Jadi, saus gulanya itu kental banget. Yummmy... deh.

Kue Rangi (source:tumblr.com)

Nah... itu dia 7 makanan khas Bekasi yang bisa saya share. Sebenernya masih banyak banget makanan khasnya, belum lagi minumannya. Tapi, berhubung blog saya cuma bahas yang serba 7, jadi segitu aja ya.

Bangga kan jadi bangsa Indonesia yang kaya akan warisan kulinernya. Jadi, jangan malu buat melestarikan kuliner Indonesia.

9 komentar:

  1. Kue dongkal dan rangi itu favoritku. Btw, yang kue dongkal kayak awuk (versik Jawa) dan ombus-ombusnya versi orang Sumut deh. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. *toss* ka, aku juga suka banget sama kue dongkal. Iya, aku pernah liat awuk emang mirip ya, cuma namanya aja yang beda.

      Hapus
  2. Mau cicipin Sayur Gabus Puncung, eh tapi kayaknya namanya aja sayur ya, padahal nggak pakai sayur?

    Saya sendiri suka pindang ikan gabus. Rumah saya di Palembang dulu dekat rawa, banyak ikan gabusnya. Ayah suka memancing dan ibu mengolahnya dengan cara menggoreng atau dibuat pindang. Tapi sekarang ikan gabus memang sudah jarang dan kalau beli di pasar harganya mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang bener mas, gabus itu harganya bener-bener ngalahin daging. Di Bekasi, makanan ini tuh kaya makanan mewah gitu.

      Hapus
  3. Kalau ke Bekasi lagi wajib makan yg ini berarti

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajib kang.. hayuuk, kapan ke Bekasi? ^___^

      Hapus
  4. Di kampung saya ikan gabus berlimpah

    BalasHapus
  5. Di kampung saya ikan gabus berlimpah

    BalasHapus
  6. Wah kue rangi itu loh saya cari cari udah jarang banget disini

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...