badge

Senin, 06 Juli 2015

Ramadhan Dan Haid Pertama



Ramadhan dari tahun ke tahun pasti selalu punya kenangan sendiri. Sejak pertama kali tahu rasanya puasa itu gimana, sampai sekarang yang sudah tahu banget gimana itu puasa, pasti ada aja kenangannya. 


Saya mulai puasa saat masih kelas 1 SD. Papah dan Mamah termasuk orangtua yang selalu ingin anak-anaknya itu jadi anak yang shalih *ehemm*. Seorang anak kecil yang baru petama kali puasa pasti bakal ngeluh dan ngeluh aja. Nangis karena ngga kuat nahan haus, merengek minta buka dan mamah dengan santai bilang "sebentar lagi, ya" padahal kenyataanya 5 jam lagi >____<

Dan ada beberapa kejadian yang sampai sekarang unforgetable banget buat saya. Kalau ngga salah, usia saya saat itu 8 tahun. Saya merengek ke mamah yang lagi sibuk potong-potong sayur buat menu buka kami. Saya bilang "Mah, aku haus.. haus..." dengan rengekan a la anak-anak gitu sambil pasang wajah melas. Mamah cuma liatin saya sebentar dan berkata "mandi aja, biar seger. Sayang, loh kalo dibatalin puasanya" Tanpa babibu lagi, saya langsung lari ke kamar mandi dan ........ *tentu aja main air*

Seger banget kan main air, sampe saya tiba-tiba ko jadi ngantuk berat. Akhirnya, ketiduran di kamar mandi dengan posisi pegang gayung dan lagi basah-basahan. Lelappp banget, deh sampai ngga inget apa-apa. Dan.. pas sadar kalau saya ketiduran itu, pas mamah gedor-gedor pintu kamar mandi. Mungkin bingung kenapa anaknya ngga keluar-keluar. Kagetlah saya, dan bangun. Buru-buru bilang "Iya... mah, sebentar lagi, ya"

Haid Pertama

Moment yang ngga bisa saya lupakan lainnya adalah saat saya haid untuk pertama kalinya. Saat itu lagi puasa, usia saya 13 dan mau masuk ke 14 tahun *lupa tepatnya berapa*. Anak-anak yang hidup di jaman 90an itu, kalo abis shalat shubuh itu pasti pada ngumpul-ngumpul. Ada yang main di tengah jalan raya, karena emang belum banyak mobil yang melintas. Ada juga yang main gebuk-gebukan sarung *ini sih anak laki doang*. Ada yang main sepatu roda a.k.a in line skate di tengah jalan. Dan.. banyak banget yang dilakuin. Nah... saat itu saya juga lagi asyik main. Main kejar-kejaran gitu. Tiba-tiba perut saya sakit, tapi saya abaikan. Dan, tiba-tiba jadi pengen pipis. Saat ke kamar mandi, histerislah saya melihat kenyataan bahwa saya "udah gede" >____<

Saya nangis.... kejer. Mamah bingung, saat itu. Saya speechless, deh pokonya. Akhirnya berani juga bilang ke mamah kalo saya haid. Mamah ngasih pembalut dan saya bingung. Bingung cara pakainya gimana >____< Perasaan saya saat itu pokonya campur aduk, deh. Malu, bingung, sakit, pokonya campur-campur. Setelah tau kalo saya haid, mamah meminta saya buat ngebatalin puasa.

Akhirnya, saya berani bilang bahwa saya "udah gede" setelah saya tahu kalo saya udah haid. Alhamdulillah.

Ramadhan Kareem

Kini, setelah saya berkeluarga dan punya anak, saya berusaha untuk mengajarkan anak-anak untuk gembira menyambut Ramadhan. Karena, akan banyak kejutan yang hadir saat Ramadhan. Dan, kini anak-anak saya pun selalu gembira saat Ramadhan datang.

Mereka lomba untuk mempersembahkan Ramadhan terbaiknya. Berlomba tahan-tahanan sama godaan sepupu-sepupunya yang ngga puasa. Kadang-kadang mereka ngeluh juga, tapi.. saya selalu bilang "pahala orang yang puasa itu banyak banget, jadi kalo ngga puasa sayang, ngga bisa dapat pahala" Alhamdulillah, anak-anak udah paham apa itu pahala *akibat nonton upin ipin*. Jadi ya.. paling mereka merengek sebentar dan setelahnya lupa.

Ramdhan... ngga ada bulan sebaik Ramadhan. Bulan dimana semua kebaikan yang kita kerjakan dilipatgandakan pahalanya. Bulan dimana Allah mengobral pahala bagi mereka yang mau. Bulan yang sangat istimewa.

Ramadhan Kareem... karena ngga ada bulan semulia Ramadhan. Semoga saya dan keluarga serta semua ummat muslim di seluruh dunia mendapatkan keberkahan Ramadhan dan limpahan kasih sayang-Nya. Hingga nanti kita semua akan kembali bersih di hari yang fitri.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...