badge

Rabu, 22 Juli 2015

Comro Dan Misro, Cemilan Favorit Sejak Kecil

Saya bingung, tulisan ini mau kasih judul apa. Karena yang mau dibahas adalah makanan favorit gitu, akhirnya ya udahlah... dikasih judul comro dan misro aja ^______^

Saya punya cemilan favorit sejak kecil. Iya, cemilannya itu namanya comro. Kenapa saya bilang ini cemilan, karena ya emang comro dimakannya pas nyantai, sambil ngobrol atau nonton tivi. 

Comro dan kembarannya, misro merupakan makanan yang katanya berasal dari jawa barat. Iya, karena dilihat dari namanya. Comro itu singkatan dari "oncom di jero", bahasa sunda yang artinya "oncom di dalam". Sedangkan kembarannya, misro singkatan dari "amis di jero" artinya "manis di dalam". 


Comro dan misro itu terbuat dari singkong yang diparut. Ditambah sedikit garam. Kadang ada sih yang nambahin parutan kelapa dan kemudian dicampur sama parutan singkongnya. Lalu, adonan itu diambil sedikit-sedikit kemudian diisi sama oncom yang udah ditumis sama bumbu. Kalo saya suka comro yang didalemnya ada cabe utuhnya, pedes-pedes sedap gitu. Nah.. kalo misro diisinya pake gula merah yang udah di suwir. 

Setelah itu baru deh di goreng. Gorengnya juga ngga boleh lama-lama karena gampang gosong. Asal udah kecoklatan, angkat dan tiriskan. 

Kenapa suka comro dan misro? Alasannya karena enak. Selain itu, comro misro ini kan makanan khas Indonesia. Artinya, dengan saya suka banget sama comro misro, saya juga ikut serta melestarikan kuliner asli Indonesia. 

Comro yang pedes gurih dan misro yang manis, cocok banget dimakan pas ngumpul-ngumpul bareng keluarga atau teman. Kalo saya sih suka rebutan gitu kalo nyemilin comro misro sama anak. Sekarang kan udah banyak tuh yang jual comro misro, harganya juga murah banget, cuma 500 rupiah per buahnya. Saya biasanya belinya campur. Anak-anak suka juga sama comro. Jadi, nanti mereka akan buang ranjau (a.k.a cabe)nya dulu baru deh makan comronya. 

Comro misro enak banget kalo dimakan pas masih panas. Temen makan comro misro itu bisa kopi atau teh manis anget. Tambah seru kalo makannya rame-rame. 

Itu dia cemilan favorit saya sejak kecil, kalo kamu cemilan favoritnya apa?

17 komentar:

  1. saya juga suka comro :D tapi cemilan yg sering dibikin di rumah itu ubi goreng atau rebus.. simpel masaknya. hehe.. apalagi kalau ujan2 makannya sambil kumpul santai bareng keluarga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul.... makanan tradisional emang ngga ada duanya deh ^__^

      Hapus
  2. Hahahaaaa kirain mo berbagi resepnya sekalian ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah.... ntar saya edit deh, nambahin resepnya

      Hapus
  3. aku suka banget makan comro :D
    tapi di sini gak jual yg enak gitu

    BalasHapus
  4. Suka banget ma cenil, horog-horog, dan sebangsanya itu. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tau cenil, kenyal-kenyal gitu ya. enak juga

      Hapus
  5. Aku suka pasang goreng mak.
    Terutama yang lembek menyek2 gitu.
    Kalo yg pisang uli agak2 ga suka.
    Salam kenal mak.

    Akuratu.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya lebih pisang goreng yang garing gitu ya mbak. kranci kranci...

      Hapus
  6. Kalau di Tegal namanya Gejos :). Pas pramuka ada lagunya lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana kang lagunya? *duduk manis nungguin kang ale nyanyi*

      Hapus
  7. Mamahkuuu suka buat combro n misro

    BalasHapus
  8. Maaf aku telat hadir, Mbak suci. *salim*

    Eh kalau di kampungku, yang manis itu namanya JEMBLEM bahannya sama persis. Namanya doang beda ya. Penasaran sama COMRO-nya deh. Belum pernah makan sih. :(

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...